HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
pengetahuan umum

XenForo : Pengertian, Fitur Dan Cara Install

Pengertian XenForo

XenForo adalah content management system (CMS) untuk membangun forum komunitas. XenForo dibangun dengan menggunakan Zend Framework dan pertama kali dirilis pada tahun 2011. Pendirinya adalah developer ternama Bulletin Kier Darby dan Mike Sullivan yang keluar dari vBulletin.

Dari cara instalasi XenForo akan bisa menemukan sebuah sistem berbasis PhP yang bisa menyediakan berbagai macam keunggulan itu sendiri. XenForo sendiri berbasis PHP yang didesain untuk di-deploy dari remote web server. Memang cara kerjanya mirip dengan CMS forum lainnya seperti phpBB, vBulletin, dan masih banyak lagi.

Tetapi XenForo ini tidak open-source seperti CMS lainnya. CMS yang satu ini premium. Saat ini, XenForo sudah menjadi salah satu CMS yang paling terkenal dan paling banyak digunakan.

Fitur XenForo

Salah satu alasan kepopuleran XenForo adalah karena fitur-fitur yang dimilikinya. Berikut ini adalah beberapa fiturnya, yaitu :

  • Trophies

Salah satu fitur utama XenForo adalah sistem awardnya. Award-award ini disebut dengan istilah trophies dan bisa di kustomisasi melalui control panel software. Bisa memilih untuk membuatnya berdasarkan jumlah like pada sebuah postingan atau memposting sejumlah postingan di forum.

  • Alerts

User bisa mendapatkan notifikasi berkaitan dengan beberapa events. Misalnya seseorang membalas postingan di forum.

  • Add-Ons

Meskipun XenForo tidak open-source, masih ada banyak add-ons yang bisa customer lakukan untuk mengkustomisasi instalasinya.

  • Recent Activity Stream

XenForo juga memiliki fitur recent activity stream dimana bisa melihat postingan dan reply baru dari seorang user. User juga bisa mengkustomisasi stream-nya. Developer juga bisa membuat add-ons sendiri.

  • Kustomisasi

User bisa mengubah tampilan dengan color picker. Ini tentunya memudahkan bisnis untuk membuat forum dengan warna yang sesuai dengan warna color scheme perusahaan. Selain itu juga bisa menggunakan HTML dan CSS serta style property editor untuk mengkustomisasi tampilan forum lebih jauh lagi.

  • SEO

XenForo juga mengintegrasikan fungsionalitas SEO. Ini mungkin bisa berguna untuk perusahaan yang menggunakan forum untuk menyediakan support. Customer bisa mencari informasi resmi perusahaan melalui search engine tanpa masalah.

Jadi kalau ada yang mencari sesuatu tentang perusahaan dan itu sudah pernah dibahas di forum, bisa langsung menemukannya.

  • Licensing

Jika membeli basic license XenForo akan mendapatkan ticket support selama satu tahun. CMS ini juga menyediakan beberapa pilihan upgrade. Termasuk di dalamnya adalah pilihan untuk menghapus branding XenForo, install di server, aplikasi galeri media, resource manager dan fitur search yang lebih canggih.

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Install XenForo

Sebelum menginstall XenForo memerlukan dua hal yaitu :

  • Hosting XenForo.
  • Lisensi XenForo.

Untuk membeli lisensi Xenforo bisa didapatkan di website resmi XenForo. Jika sudah langsung bisa login di member area XenForo dan bisa langsung memasukkan detail nama domain yang akan digunakan untuk menginstall forum.

Cara Install XenForo

Cara instalasi XenForo akan bisa diterapkan sebagai berikut. Tentu harus memastikan bahwa memiliki lisensi terlebih dahulu dari XenForo itu sendiri.

  • Setelah memasukkan detail lisensi, pilih versi terbaru XenForo dan download ke desktop. File nya biasa berukuran sekitar 20MB jadi tidak membutuhkan waktu lama untuk mendownload. Selain itu, jika melihat ada opsi untuk mendownload “upgrade package only” jangan centang opsi itu.
  • Jika sudah, login ke FTP Account dan upload file XenForo yang tadi di download ke root domain dimana ingin menginstall forum. Bisa menggunakan FileZilla untuk melakukan ini. Ini hanya membutuhkan beberapa menit. Setelah itu bisa melanjutkan proses instalasi.
  • Setelah semua file sudah di upload, perlu mengubah file permission ke dua direktori. Update permission folder data dan internal_data menjadi 0777. Setelah itu buka domain.com/install/ di brower dan akan melihat XenForo Installation Wizard.
  • Klik “Begin Installation” untuk memulai proses instalasi. Perlu login ke cPanel dan membuat database secara manual.
  • Klik “test and generate configuration”, yang akan memberi konfirmasi di halaman berikutnya dimana perlu klik “continue with installation”. Di halaman selanjutnya akan memverifikasi semuanya dan klik “begin installation” untuk menginstall software XenForo forum. Ini akan mengambil waktu beberapa menit untuk menyelesaikan proses instalasi dan setelah selesai bisa mengkonfigurasi XenForo.
  • Klik “create administrator” dan mengatur halaman setup. Yang perlu dilakukan adalah menambahkan site title, check email admin dan selesaikan setup. Setelah selesai dengan semua langkah ini, sekarang bisa login ke forum XenForo dan melakukan langkah-langkah lain setelah instalasi untuk mengkonfigurasi forum. Bisa mengakses panel admin forum dengan masuk ke domain.com/admin.php.

Konfigurasi Forum XenForo

Cara instalasi XenForo lanjutan yang berikutnya adalah bagaimana sebaiknya mengatur setup atau konfigurasi dari CMS yang satu ini :

  • Masuk ke Home > Options > Basic Board Information dan masukkan Meta Description, pilih time-zone dan pilih “Use Full Friendly URLs” dan “Romanize Titles in URLs”.
  • Selain itu, masuk ke Home > Options > Performance > SelectGoogle Ajax API CDN” sebagai source jQuery.
  • Bisa mengintegrasikan Google Analytics di Home > Options > Statistics and metrics.
  • Masuk ke Tools > Diagnostics > File Health Check dan cek integritas setiap files
  • Masih ada banyak konfigurasi yang bisa dilakukan seperti menambahkan honeypot Project API, integrase Facebook dan SEO settings.

Ini hanya beberapa langkah saja dan kemungkinan akan memakan waktu 1-2 jam untuk membaca dan menerapkan semua pengaturan yang disarankan dari panduan bantuan resmi.

Sekarang tinggal menyesuaikan forum agar sesuai dengan tampilan dan nuansa merk. Ada banyak template Xenforo yang tersedia secara gratis atau juga dapat menyewa freelancer untuk mendesain template Xenforo khusus untuk forum.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

21 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

24 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago