HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

15 Keunggulan Microsoft Powerpoint Untuk Presentasi

Pastinya kalian sudah familiar dengan Microsoft Powerpoint ? Namun,bagi kalian yang belum tahu apa itu Microsoft Powerpoint,jangan khawatir sebab kita akan jelaskan sedikit tentang definisinya.

Aplikasi berbasis presentasi ini menawarkan beragam fitur menarik untuk melakukan pembuatan,penyuntingan,desain dan publikasi slide presentasi dengan beragam fitur menarik.Pada Microsoft Powerpoint juga menikmati kelebihan yang ditawarkan seperti kemudahan operasional,export import presentasi,downloadable templates dapat ditemui di aplikasi ini menjadikan penggunanya dalam mengoperasikan dan membuat presentasi yang bukan hanya menarik dari sisi estetika visual tetapi juga mampu menciptakan presentasi yang bersifat interaktif dimana presentasi dapat disisipkan objek dinamis guna menambah kesan hidup pada presentasi yang dibuat.

Microsoft Powerpoint cukup mudah digunakan dan dioperasikan bahkan oleh pemula sekalipun.Ada berbagai tutorial dan panduan penggunaan aplikasi powerpoint tersedia di Internet untuk didownload dan dipelajari.Menu dan toolbar yang ramah pengguna,ikon yang familiar,fitur built-in help untuk membantu pengguna mencari referensi pengoperasional aplikasi disediakan di microsoft powerpoint.

Selanjutnya kita akan membahas tentang kelebihan apa saja yang dimiliki oleh Microsoft Powerpoint :

  • Export Dan Import Presentasi

Presentasi yang dibuat dengan powerpoint bisa diexport ke berbagai format langsung dari aplikasi Microsoft Powerpoint.Beberapa format yang didukung yakni pdf, .xps, .mp4, .wmv, .jpg, .png, .gif, .bmpp, .tif, .wmf, .emf, .odp, .gif dan .rtf

Fungsi ekspor format ini berguna untuk keperluan tertentu,mmisal mentransfer file hasil expor ke flashdisk atau yang lainnya.

  • Downloadable Templates

Fitur yang tidak ketinggalan adalah dukungan template yang dapat didownload dan digunakan untuk presentasi kalian.Template merupakan kerangka siap pakai yang digunakan untuk dimodifikasi.

  • Clip art dan autoshapes

Clipart merupakan gambar siap pakai yang siap disisipkan ke presentasi kalian sedangkan autoshape merupakan bentuk datar 2D yang biasa digunakan untuk flowchart atau bagan alir,alur proses dan diagram.

  • Editing foto on-the-fly

Pengoperasian editing foto seperti Crop,Resizing,Pengaturan kontras bisa dilakukan langsung di aplikasi powerpoint melalui Tab Picture atau Format di Ribbon powerpoint.

  • Banyak Preset animasi dan slide 

Preset merupakan kombinasi dari slide dan transisi siap pakai yang sudah dikustomisasi.Dengan microsoft powerpoint,berbagai preset siap pakai telah disiapkan untuk digunakan dan dikustomisasi.

  • Pembuatan presentasi yang dinamis

Pembuatan presentasi di microsoft powerpoint bersifat dinamis bukan hanya membuat sebuah presentasi statis tetapi juga interaktif.Presentasi yang dihasilkan bisa dibuat objek yang lebih interakif seperti Button dan Link,audio dan web URL.Di powerpoint disediakan sekitar 50 efek (Masuk, penekanan dan keluar).

  • Membuat motion path

Motion path merupakan efek linear objek yang dibuat dengan powerpoint.Objek yang dibuat slide powerpoint bisa diatur pergerakannya. Seperti pergeseran objek dari satu titik ke titik lain di slide yang sama dengan mudah.

  • Membuat Narasi & Komentar

Narasi menjadi fitur penambahan audio pada slide,seperti layaknya narasi.Narasi bisa dibuat dengan merekam sebelum atau bersamaan dengan saat pembuatan presentasi.Ada opsi untuk menjalankan narasi apakah saat presentasi dijalankan atau saat diklik.Narasi dibuat untuk membuat presentasi dijalankan secara otomatis.Narasi diperlukan untuk keperluan meeting agar hasil presentasi diputar ulang.

Sedangkan komentar digunakan untuk menambahkan keterangan pada slide yang menjelaskan fungsi slide atau informasi tambahan mengenai slide tersebut yang berfungsi sebagai catatan tapi tidak akan ditampilkan saat presentasi di preview.

  • Menyisipkan konten external ke slide

Konten external dimungkinkan dengan fitur OLE (Object Linking and Embedding) yang disematkan pada aplikasi powerpoint ini.Fitur OLE memungkinkan pengguna untuk menyisipkan objek external seperti audio,video,file doc,excel, dan bitmap file langsung kedalam slide powerpoint.

  • Fitur Quick Styles untuk autoshape

Quick style merupakan preset yang terdiri dari pewarnaan objek,border,ketebalan,background dan lainnya.Dengan quick styles,maka pengguna bisa melakukan pemformatan objek dengan mudah tanpa perlu mengatur satu per satu properti yang ada.

  • Grouping Slide ke Section

Fitur yang menarik lainnya dari aplikasi Microsoft Powerpoint yakni adanya fitur penggabungan Slide-slide kedalam section. Section merupakan penggabungan beberapa slide yang disimpan didalam tab dengan nama tertentu untuk memudahkan pengorganisasian presentasi dengan jumlah slide yang banyak.Slide-slide disimpan didalam section dan untuk membuka slide,pengguna tinggal melakukan Expand pada nama section atau sebaliknya untuk menyembunyikan daftar slide di section,pengguna melakukan Collapse pada nama section.

  • Membuat objek animasi format GIF

GIF merupakan format animasi bergerak berukuran ringan dan kecil.Dengan microsoft powerpoint ini,pengguna bisa membuat objek animasi berformat GIF dengan mudah tanpa tools tambahan.

  • Menyisipkan statistik ke dalam slide

Pengguna bisa dengan mudah menyisipkan statistik untuk keperluan menampikan data riset.Data bisa diambil melalui file dan dengan mudah statistik akan disisipkan di slide.

  • Fitur Smart lookup

Smart Loookup berfungsi melakukan pencarian kata dari dokumen yang dibuka tanpa perlu membuka browser,mencari keyword di search engine dan mencari hasil pencarian yang relevan.Tidak hanya memunculkan teks hasil pencarian,hasil pencarian dengan search engine Bing, artikel wiki dan pencarian di website juga bisa ditampilkan.

  • Fitur Sharing Presentasi

Fitur Sharing presentasi ini menjadi hal penting dimana sekarang sudah memasuki era dimana dokumen dapat dibagi dan dikolaborasikan dengan cloud-team.Fitur sharing sendiri sudah digunakan sebagai bagian dari aplikasi Microsoft Powerpoint.

 

Demikian artikel pembahasan tentang Microsoft Powerpoint.Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan aplikasi pembuatan presentasi aplikasi Microsoft Office Powerpoint.

Microsoft Powerpoint merupakan aplikasi pembuatan presentasi yang cukup banyak digunakan bukan hanya oleh pengguna yang Casual tetapi juga oleh para Professional pun menggunakannya,memang dengan fitur yang melimpah dan downloadable templates,Para pengguna bisa dengan mudah membuat presentasi yang dibutuhkan dengan cepat.

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago