HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Sistem Keamanan Jaringan Serta Jenis Ancamannya

Dalam jaringan komputer memiliki ancaman-ancaman yang sering meresahkan penggunanya salah satunya cyber crime yang memberikan dampak buruk terhadap keamanan jaringan yang dapat terjadi kapanpun.Jika masalah ini tidak segera ditangani maka akan muncul hal lain yang lebih berbahaya berhubungan erat dengan data pribadi maupun data penting yang ada di dalam komputer tersebut.Karena itu,disarankan untuk menambah sistem keamanan jaringan komputer untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai pentingnya sistem keamanan jaringan pada komputer.

Pengertian Sistem Keamanan Jaringan

Sistem keamanan jaringan merupakan sebuah sistem yang bertanggung jawab atas pencegahan sekaligus mengidentifikasi sesuatu yang tidak sah atau mencurigakan di dalam jaringan sebuah komputer pengguna.Dengan adanya sistem keamanan jaringan,segala tindakan negatif para penyusup yang ingin mengakses komputer melalui sistem jaringan dapat dihentikan atau dicegah.

Tujuan dari adanya sistem keamanan jaringan yakni sebagai upaya dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman yang mengganggu keamanan sistem pada jaringan komputer baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jenis Ancaman Keamanan Jaringan

Berikut ini 4 jenis ancaman keamanan jaringan yang sering kali dijumpai pada cyber security :

  • Fabrication

Ancaman jenis ini merupakan masalah sistem keamanan jaringan yang terjadi ketika oknum penyerang atau penyusup berhasilkan menyisipkan sebuah objek palsu atau tipuan di dalam sistem yang ditargetkan menjadi sasaran.

  • Interception

Ancaman ini merupakan ancaman pada keamanan jaringan yang terjadi ketika terdapat pihak yang berhasil mengakses sebuah informasi dan data-data yang ada pada suatu komputer tanpa adanya hak dan wewenang secara sah untuk mengaksesnya.

  • Intteruption

Ancaman selanjutnya yakni merupakan jenis ancaman yang terjadi ketika penyerang atau penyusup telah memiliki akses pada sebuah sistem namun belum secara keseluruhan dan administrator atau pengguna masih dapat login atau masuk ke sistem tersebut.

  • Modification

Ancaman yang terakhir yakni merupakan ancaman yang terjadi ketika penyerang atau penyusup berhasil merusak sistem jaringan dan melakukan perubahan terhadap keseluruhan sebuah sistem jaringan.Ancaman jenis ini dianggap sebagai ancaman keamanan jaringan yang paling fatal.

Bagaimana Cara Untuk Meningkatkan Sistem Keamanan Jaringan ?

Kemungkinan ancaman yang dapat terjadi dalam sistem jaringan komputer,pasti membuat kalian khawatir.Namun,tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya peretasan maupun masalah lainnya.Dalam melakukan upaya pencegahan keamanan jaringan komputer,ada banyak aspek yang perlu diperhatikan.

Berikut ini simak beberapa cara untuk meningkatkan keamanan jaringan pada sistem komputer :

  • Pengamanan Secara Fisik

Kalian dapat mengamankan sistem keamanan jaringan komputer dengan bantuan perangkat yang berbentuk fisik.Dengan meletakkan pengaman secara fisik yang berbentuk perangkat keras atau hardware pada lokasi yang tepat dan aman,maka akan memberikan kemudahan dalam mengawasinya.

Bukan hanya itu,meletakkan perangkat keras keamanan jaringan harus di dalam ruangan yang bersih.Disarankan supaya meletakkan pengaman pada ruangan yang memiliki AC untuk menghindari adanya debu serta suhu lembab.Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kalian perlu menyediakan kunci pengaman khusus.Hal tersebut ditujukan agar tidak ada seorangpun yang masuk,kecuali dengan alasan dan kepentingan tertentu.

  • Pengamanan Akses

Cara selanjutnya untuk meningkatkan sistem keamanan jaringan yakni dengan penggunakan pengaman akses.Untuk menghindari adanya penyalahgunaan terhadap akses ke sistem,seorang administrator pastinya harus memberikan izin akses kepada orang yang berhak dan pantas saja.Selain itu,untuk meningkatkan keamanannya perlu membuat username dan password unik dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak dengan mudah orang lain dapat mengingatnya.

  • Pengamanan Data

Cara selanjutnya untuk menjaga sistem keamanan jaringan,kalian dapat melakukan pengamanan data.Pengamanan data sendiri ditujukan agar pengguna hanya mendapatkan akses yang memang haknya saja.Pengamanan data dilakukan dengan membuat hak ases pada masing-masing pengguna.

Masing-masing pengguna tersebut hanya dapat melakukan akses pada sebuah data tertentu yang sudah disesuaikan dengan hak akses yang dimiliki oleh masing-masing pengguna.Dengan demikian,para pengguna lain tidak dapat mengakses sembarangan informasi atau data lain yang bukan miliknya dan pengguna akan aman dengan adanya hak akses tersebut.

  • Pengamanan Komunikasi Jaringan

Terakhir,untuk meningkatkan sistem keamanan jaringan,kalian dapat melakukan pengamanan komunikasi jaringan.Tujuan utamanya untuk mengamankan setiap komunikasi yang dilakukan di dalam jaringan.

Pengamanan komunikasi jaringan dilakukan dengan menggunakan bantuan kriptografi.Dengan adanya kriptografi,seluruh data dan informasi yang sensitif dan penting tersebut dapat dienkripsi.Enkripsi data tersebut dilakukan mulai dari proses pengiriman hingga penerimaan data dilakukan sehingga proses dapat berjalan dengan aman.

Tips Menjaga Sistem Keamanan Jaringan

Berikutnya kita akan membahas beberapa tips yang sangat berguna untuk menjaga keamanan sistem jaringan komputer.Berikut ini tipsnya :

  • Menggunakan Enkripsi Di Akses Nirkabel

Tips ini yakni menggunakan enkripsi pada akses nirkabel.Pasalnya,dalam hasil yang didapatkan saat melakukan survei,lebih dari 50 % jaringan nirkabel yang saat ini ada dan terbuka lebar tidak memiliki pengaman jaringan.Hal tersebut yang biasanya dapat menjadi celah yang berujung fatal yang dimanfaatkan oleh siapapun yang hendak melihat dan memasuki lalu lintas data serta berbagai macam informasi yang bersifat rahasia hingga sensitif.

Jenis enkripsi yang banyak digunakaan saat ini adalah enkripsi WPA2. Enkripsi WPA2 ini memiliki tingkat keamanan yang sudah pasti terjamin kualitasnya.

  • Mengganti Alamat SSID

Tips selanjutnya yakni mengganti alamat SSID.Ketika sedang memberikan nama router jaringan,sangat disarankan untuk tidak memakai nama SSID yang dapat menunjukkan di mana lokasi maupun kepemilikan bisnis.

Misal “Tempat Wisata Bunga Cantik” atau “PT. Usaha Bintang Angkasa”. Hal ini dianggap cukup riskan dan berbahaya.Pasalnya, para peretas dapat melacak dengan mudah dan memiliki kemungkinan untuk melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

  • Matikanlah Fitur Antar Muka Router

Tips selanjutnya yakni mematikan akses pada manajemen router.Hal tersebut ditujukan agar pihak luar tidak dapat mengakses dengan sembarangan.Ketika ada pihak yang mendapatkan akses untuk masuk ke dalam dashboard router tersebut,maka penyusup tersebut akan membaca dokumen atau file log yang tersimpan dalam router dengan mudah.Untuk itu,kalian harus mematikan fitur ini agar keamanan terjaga.

  • Melakukan Backup

Tips selanjutnya yakni kalian harus mulai melakukan backup pada komputer terutama pada file-file atau data yang penting.Setelah melakukan backup,kalian dapat menyimpan hasilnya pada hardisk eksternal maupun pada penyimpanan cloud agar lebih aman.

  • Menggunakan Anti Virus

Hal yang terakhir yang dapat dilakukan dalam menjaga sistem keamanan jaringan adalah memasang anti virus.Kalian harus memastikan bahwa komputer sudah terpasang dan menggunakan anti virus.Jika sudah menggunakan antivirus,sangat disarankan untuk selalu mengupdate.

 

Sekian artikel penjelasan mengenai sistem keamanan jaringan.Semoga penjelasan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kalian semua terutama berkaitan dengan keamanan jaringan komputer.

Jika kalian ingin mencegah dan mengatasi berbagai macam permasalahan dan ancaman yang dapat terjadi di website kalian dapat menggunakan SSL.Karena segala hal yang berhubungan dengan digital memiliki permasalahannya masing-masing,terutama website inilah.SSL dapat memberi kemungkinan bahwa koneksi yang ada aman mulai dari web server hingga pada browser maupun sebaliknya.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

20 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

21 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 days ago