HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Apa itu FAQ? Fungsi beserta Cara Membuatnya

Salah satu elemen penting dan tidak terpisahkan dalam menjalankan sebuah website bisnis adalah FAQ. Adanya FAQ dapat memudahkan pelanggan memahami produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, FAQ juga dinilai dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan sehingga akan membuat website bisnis kamu semakin gemilang.
Lantas, sebenarnya apa itu FAQ? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai FAQ.

Apa itu FAQ?

Secara istilah, FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Questions yang berarti pertanyaan yang sering diajukan. Dalam hal ini, FAQ adalah daftar pertanyaan sekaligus jawaban yang sering diajukan pelanggan atau user terkait sebuah topik, terutama yang berkaitan dengan produk, layanan, dan kegunaan platform/aplikasi yang ditawarkan oleh pemilik website.

Sebenarnya, topik-topik di atas bisa diketahui melalui laman blog. Namun, bagi pelanggan blog akan menyulitkan mereka untuk menemukan jawaban yang tepat, serta menyita waktu yang lebih banyak. Oleh sebab itu, FAQ hadir untuk membantu pelanggan atau user mendapatkan jawaban seputar produk atau jasa dalam proses yang singkat.

 

Apa Fungsi FAQ?

Selain memudahkan pelanggan, FAQ ternyata juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting, terutama bagi pemilik, yaitu:

  • Meningkatkan Peringkat SEO

Menampilkan FAQ adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat SEO di mesin pencari atau search engine. FAQ berisi kata kunci yang relevan dan sering dicari oleh pelanggan. Sehingga keberadaan FAQ menjadi acuan search engine dalam memberikan ranking website. Semakin tinggi peringkat SEO FAQ, semakin besar pula peluang website diklik oleh pelanggan.

  • Menghemat Waktu

Bisa dipastikan bahwa segelintir orang tidak memiliki banyak waktu untuk menjelajahi blog atau halaman web. Dengan demikian, tanpa adanya FAQ akan mempersulit pengunjung dalam menemukan informasi atau topik yang mereka cari dalam website.

Namun, dengan adanya FAQ pada suatu website, hal seperti di atas dapat teratasi dengan baik. Sebab, FAQ berfungsi untuk menghemat waktu pengunjung dalam mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang mereka lontarkan. FAQ tidak hanya menghemat waktu pengunjung, tetapi juga pemilik website. Dengan terjawabnya pertanyaan pengunjung melalui FAQ, pemilik tidak perlu membalas satu per satu pertanyaan yang sama dari konsumen yang berbeda.

  • Membangun Kepercayaan dan Profesionalisme

Membangun kepercayaan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap pemilik website bisnis. Tujuannya adalah untuk menyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, jika halaman FAQ dibuat dengan baik akan menunjukan kalau perusahaan selalu memperdulikan pelanggan atas pertanyaan dan masalah yang dihadapi pelanggan. Dengan hal ini, pelanggan juga akan semakin yakin dan percaya terhadap website bisnis kamu.

 

Bagaimana Cara Membuat FAQ?

Berdasarkan fungsi FAQ di atas, dapat disimpulkan bahwa keberadaan FAQ amat penting bagi website bisnis. Bagi kamu yang ingin membuat FAQ, berikut ini langkah-langkah membuat FAQ yang bisa kamu ikuti:

  • Kumpulkan Semua Pertanyaan

Hal yang sering dilakukan oleh pemilik website bisnis adalah membuat daftar pertanyaan yang menurut mereka diinginkan oleh pelanggan. Akibatnya, pertanyaan-pertanyaan yang ditulis di halaman FAQ tidak sepenuhnya sesuai dengen kebutuhan pelanggan. Maka dari itu, langkah awal yang perlu dilakukan dalam pembuatan FAQ adalah mengumpulkan pertanyan aktual dari pelanggan melalui survei. Atau juga bisa dengan menanyakan kepada tim Customer Service terkait pertanyaan atau masalah apa yang paling sering muncul.

  • Berikan Jawaban yang Jelas

Dalam menyusun jawaban di halaman FAQ hindari penjelasan yang berlebihan, bertele-tele, dan tidak relevan sebab akan membuat pelanggan sulit memahaminya. Susunlah jawaban FAQ yang jelas, ringkas, mudah dicerna, akurat, dan komprehensif. FAQ adalah halaman yang akan dicari pelanggan untuk menemukan solusi atas masalah mereka, bukan mencari masalah dengan penjelsan yang sulit dipahami.

  • Pantau dan Perbarui Halaman FAQ

Selanjutnya, setelah halaman FAQ sudah dibuat dan ditayangkan, kamu harus melakukan analisis kegunaannya secara teratur. Buatlah analisis berbasis data untuk menentukan apakah perlu menambahkan daftar pertanyaan baru, atau menempatkan ulang halaman FAQ di tempat yang lebih mudah diakses oleh pelanggan.

  • Pastikan Halaman FAQ Mudah Ditemukan

Yang perlu diingat dan diperhatikan dalam membuat FAQ adalah pastikan halamannya mudah ditemukan dan diakses oleh pelanggan. Jangan sampai pelnggan bingung dan kesulitan mencari letak FAQ pada website. Buat FAQ di halaman tersendiri dan tampilkan ikon atau keterangan di menu navigasi atau footer website.

Itulah penjelasan singkat mengenai Pentingnya FAQ pada suatu website bisnis. Semoga membantu!

 

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Dwi H

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

19 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

21 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

3 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

3 days ago