HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Pengertian dan Fungsi Localhost Bagi Pemula

Bagi yang masih baru mempelajari cara orang mengakses website, pasti banyak menjumpai istilah-istilah asing yang jarang terdengar, termasuk localhost. Selain localhost, Anda akan menemukan istilah domain, hosting, shared hosting, domain name server, WordPress, content management system dan lain-lain.

Pengertian Localhost

Localhost adalah program komputer yang bertindak sebagai server virtual yang hanya dapat diakses melalui jaringan lokal. Tugasnya yaitu memenuhi semua kebutuhan data agar program dapat berjalan. Perangkat komputasi yang Anda gunakan dapat dianggap sebagai server lokal. Jadi website yang tersimpan di localhost tidak dapat diakses secara online melainkan hanya secara lokal.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya server adalah kumpulan komputer yang digunakan untuk menyimpan data namun memiliki spesifikasi yang tinggi. Komputer atau laptop yang Anda miliki sebenarnya bisa digunakan sebagai server, namun dari segi ketahanan dan performanya bisa tertinggal jauh dari komputer server. Solusi yang mungkin adalah menginstal localhost untuk kebutuhan server lokal. Sebelum Anda menginstalnya, Anda harus mengetahui berbagai server lokal yang dapat Anda pilih.

Anda dapat mengakses server lokal pada perangkat Anda. Server lokal sendiri adalah domain dengan alamat IP 127.0.0.1 yang juga dikenal sebagai alamat loopback.

Apa Itu Loopback IP Address 127.0.0.1?

Loopback address adalah alamat IP yang digunakan untuk mengakses localhost atau server virtual di komputer Anda. Jika Anda mengakses 127.0.0.1 melalui koneksi IPv4, Anda akan diarahkan ke server Anda sendiri dan hal tersebut disebut loopback.

Hasilnya, Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP) akan segera mengetahui bahwa Anda ingin memanggil komputer Anda secara lokal jika Anda memasukkan alamat yang dimulai dengan tiga digit ini. Faktanya, ICANN menetapkan kode 127 ke IP untuk mengaktifkan loopback. Akibatnya, tidak semua situs web yang dihosting online akan menggunakan kode 127 di blok alamat IP pertamanya.

Perbedaan Localhost Dengan Web Hosting

Anda mungkin telah mengetahuibahwa server lokal mirip dengan server web. Namun meski sama-sama berperan sebagai server, server lokal dan web hosting memiliki cara kerja yang berbeda. Localhost adalah server yang menyediakan ruang penyimpanan secara lokal, hanya di komputer Anda. Dengan cara ini, tidak ada orang lain yang bisa mengaksesnya kecuali pemilik komputer itu sendiri.

Sedangkan web hosting adalah server online yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data yang diakses secara online. Sehingga orang lain bisa mengaksesnya melalui perangkat apa pun, selama memiliki izin. Baik localhost maupun web hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat Anda pertimbangkan saat membangun sebuah situs web.

Macam Server Localhost

Server hosting untuk keperluan website tidak dapat berfungsi tanpa adanya web server. Saat ini terdapat dua web server dengan pengguna terbanyak di dunia, NginX dan Apache. Begitu juga dengan localhost masih membutuhkan server web. Berikut beberapa macam server localhost yang bisa Anda pilih:

1. XAMPP

XAMPP adalah server localhost dengan pengguna terbanyak sejauh ini. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim Apache yang meliputi Core Team, Development Team dan Support Team. XAMPP merupakan program localhost yang mendukung sistem operasi Windows, Linux, Mac OS dan Solaris. Linux, Mac OS dan Solaris.Anda perlu tahu bahwa XAMPP sebenarnya merupakan gabungan dari banyak kata. X berarti sistem operasi ini dapat berjalan di beberapa sistem operasi. A singkatan dari Apache, M singkatan dari MySQL, P singkatan dari PHP dan terakhir P singkatan dari Perl. Lisensi XAMPP ini bersifat open source sehingga Anda dapat mendownloadnya secara gratis. Ada beberapa bagian penting XAMPP yang perlu Anda ketahui:

  • localhost adalah awalan yang perlu Anda ketik ketika ingin mengakses website secara offline, diikuti dengan nama foldernya.
  • htdoc adalah folder XAMPP yang berguna untuk menempatkan semua file website yang sedang Anda kerjakan. Ingatlah untuk memberi nama pada folder karena XAMPP sangat peka terhadap huruf besar-kecil sehingga Anda harus berhati-hati saat memberi nama file.
  • phpMyAdmin, phpMyAdmin memiliki fungsi untuk mengelola database MySQL yang tersimpan di komputer.
  • Control Panel, XAMPP Control Panel mempunyai fungsi untuk mengatur layanan dan fitur yang ada pada XAMPP. Dari Control Panel ini Anda dapat memulai dan menghentikan semua fungsi server localhost ini.

2. AMPPS

AMPPS identik dengan XAMPP, sebuah aplikasi localhost open source yang dibuat oleh Softaculous. Untuk kelengkapan fitur AMPPS lebih lengkap dibandingkan dengan fitur XAMPP yaitu Apache, MySQL, MongoDB, PHP, Python, Perl dan auto installer Softaculous. Berkat fungsi auto installer, AMPPS dapat menginstal WordPress, PrestaShop, phpBB, Joomla, Drupal dan beberapa aplikasi lainnya.AMPPS dapat digunakan secara offline maupun online karena fitur AMPPS mendukung aplikasi software yang memerlukan koneksi Internet untuk menginstal beberapa aplikasi yang Anda perlukan. AMPPS juga telah terintegrasi dengan hosting panel dan pengaturan domain untuk memudahkan akses website secara online.

3. WampServer

WampServer merupakan aplikasi web server yang hanya dapat Anda gunakan pada sistem operasi Windows. Sebab, seperti namanya, Wamp yang merupakan singkatan dari W merupakan singkatan dari Windows dan komponen paket inti:Apache, MySql dan PHP.

WampServer hampir sama dengan XAMPP, yang membedakan adalah XAMPP dapat digunakan di berbagai platform. WampServer hanya mendukung bahasa PHP dan MySQL dan WampServer tidak menyediakan SSL. Konfigurasi WampServer lebih mudah dibandingkan XAMPP. WampServer juga lebih ringan. Namun dari segi performa, WampServer dan XAMPP tidak memiliki banyak perbedaan dan bisa tergolong web hosting terbaik.

4. MAMP

MAMP adalah singkatan dari Macintosh, Apache, MySQL, dan PHP. Ini pada dasarnya adalah perangkat lunak ringan untuk MacOS dan Windows. Perangkat lunak ini gratis, tetapi ada juga versi premium yang tersedia dengan beberapa PHP, kemampuan untuk mengatur server virtual dalam jumlah tidak terbatas, dan kemampuan untuk menginstal WordPress secara otomatis.

Untuk web server menggunakan Apache dan Nginx, untuk manajemen database bisa menggunakan MySQL atau MariaDB. Apalagi software ini juga menawarkan bahasa pengembangan web seperti PHP, Perl dan Python atau Ruby. Anda juga dapat membayar untuk menambahkan lebih banyak fitur seperti Cloud MAMP untuk server dan pencadangan database, sehingga memudahkan pengguna mentransfer data dengan cara yang paling aman.

5. LAMP

LAMP adalah singkatan dari Linux, Apache, MySQL, dan PHP. Perangkat lunak sumber terbuka dapat diunduh dan diinstal secara pribadi. Aplikasi ini didedikasikan untuk pengembang aplikasi web pada sistem operasi Linux dengan server web Apache. Untuk pemula, LAMP agak rumit dengan banyak pengaturan rumit yang dapat membingungkan bagi yang belum berpengalaman.

Fungsi Localhost

Meski tidak sepopuler web hosting, localhost merupakan server lokal yang menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki server online. Berikut fungsi localhost bagi yang ingin mencobanya:

1. Menjadi server offline

Fungsi utama localhost adalah menjadi server offline yang memfasilitasi modifikasi halaman web sebelum dapat diakses melalui Internet. Dengan demikian, fitur localhost dapat meminimalisir kesalahan pada saat pengembangan website.

2. Menguji website secara offline

Jika Anda menguji situs secara online, ini akan memakan waktu relatif lebih lama.Anda perlu upload dan seting untuk dapat memeriksa apakah ada masalah. Dengan pengujian secara offline, keuntungannya adalah prosesnya bisa lebih cepat dan real-time. Ini sangat berguna jika Anda seorang pengembang situs web.

Dengan localhost, Anda dapat memastikan bahwa website atau aplikasi yang Anda buat berfungsi dengan baik sebelum diunggah ke server online. Tentu saja Anda bisa melakukannya dengan web hosting. Namun, membuat situs web offline tidak memerlukan biaya apa pun. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang batasan bandwidth di server Anda.

3. Melakukan cek koneksi internet

Fungsi localhost yang ketiga adalah untuk mengecek koneksi internet apakah sudah terhubung ke jaringan atau tidak. Bagi yang menggunakan Windows, silahkan buka command prompt dan ketik “ping localhost” atau bisa juga “ping 127.0.0.1”. lalu cek hasilnya apakah sudah terhubung atau belum.

4. Blokir akses website Tertentu

Saat Anda mengunjungi situs web, Domain Name Server (DNS) memberikan alamat IP kepada pengguna yang memasukkan alamat nama domain Anda ke browser. Namun jika Anda sudah memblokirnya, hal ini tidak dapat terjadi. Caranya, ubah alamat IP setiap URL website dengan IP 127.0.0.1 yang merupakan alamat standar localhost. Untuk memfasilitasi proses ini, komputer Anda menyimpan semua alamat situs web yang Anda kunjungi dan alamat IP-nya dalam file pengaturan yang disebut “hots file”.

Secara umum, fungsi localhost adalah untuk memeriksa bagaimana tampilan dan cara kerja situs web atau aplikasi web yang diinstal di komputer Anda. Hal ini dilakukan dengan mengetikkan “localhost” atau alamat IP 127.0.0.1 ke dalam bilah alamat browser. Selain untuk membuat website dengan penyimpanan offline, localhost juga digunakan ketika Anda ingin memeriksa status koneksi internet dan memblokir akses ke website tertentu.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

15 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

18 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago