HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Mengenal Lebih Dalam tentang Personal Computer, Fungsi dan Komponen Penyusunnya

Di masa serba modern dan digital ini, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah Personal Computer atau yang lebih dikenal dengan sebutan PC. Lantas, apa itu PC? Secara umum, PC merupakan istilah yang ditujukan pada komputer yang digunakan untuk pemakaian pribadi. Adanya PC tentu sangat memudahkan segala pekerjaan manusia, mulai dari mendapatkan informasi hingga pengelolaan informasi atau data.

 

A. Pengertian PC (Personal Computer)

PC adalah singkatan dari ‘Personal Computer‘. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Personal Computer diartikan sebagai komputer pribadi. PC merupakan istilah yang merujuk pada sebuah perangkat elektronik untuk mengolah data dan menghasilkan informasi sesuai perintah penggunanya.

Umumnya, PC adalah sebuah perangkat yang digunakan oleh perorangan. PC dapat dijumpai di rumah, sekolah, kantor, bahkan pusat perbelanjaan sehingga spesifikasi yang diberikan pun beragam sesuai dengan kebutuhan. Keberadaan PC sangat membantu penggunanya untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan mudah dan praktis.

Dulu, istilah PC pertama kali dicetuskan oleh IBM (Internasional Business Machines Corporation). Personal Computer pada awalnya dibuat oleh IBM dalam skala kecil. Komputer tersebut dibuat untuk mematahkan tradisi penggunaan komputer pada era itu yang mana umumnya digunakan untuk komputasi terminal. Dengan adanya Personal Computer yang diproduksi oleh IBM maka orang-orang memiliki kesempatan untuk menggunakan komputer yang lebih minimalis (mikrokomputer) dengan harga yang relatif lebih murah. Mikrokomputer inilah yang dikenal sebagai Personal Komputer (PC).

 

B. Fungsi Personal Computer

Sekarang ini komputer tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai kemudahan bisa kamu dapatkan dalam penggunaanya. Mulai dari membantu pekerjaan agar bisa dilakukan lebih mudah dan lain sebagainya. Namun sebenarnya, apa aja sih kegunaan dan fungsi yang bisa dilakukan oleh Personal Computer?

  • Membantu Transfer dan Menerima Data

Bagi kamu yang pekerjaannya berhubungan dengan komputer, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan fungsi PC yang satu ini. PC berfungsi untuk menerima dan menyimpan data atau informasi dari luar, baik dari perangkat lain maupun informasi yang didapat dari internet. Selain itu, PC juga dapat dipakai untuk transfer atau memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain. Misalnya, transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Atau dari komputer ke handphone maupun perangkat elektronik lainnya.

  • Membantu Mengelola Data hingga Menghasikan suatu Karya

Bagi kamu si penggiat seni dan design visual, tentu komputer telah menjadi sahabat seperjuangan kamu. Dengan memanfaatkan komputer, kamu bisa menghasilkan suatu karya dengan mudah dan praktis. Berbagai karya baik berupa tulisan, gambar, video, grafik dan lainnya, bisa kamu hasilkan dengan menggunakan komputer.

  • Membantu Membuka Peluang Bisnis

Fungsi komputer selanjutnya, yaitu bisa membuka pulang bisnis yang cukup menjanjikan. Sederet bidang usaha dapat diciptakan dengan memanfaatkan komputer. Misalnya, bisnis warnet, rental komputer, percetakan, kursus komputer, dan lain sebagainya.

  • Sebagai Media Hiburan dan Edukasi

Setelah lelah bergelut dengan tugas dan deadline, pasti kamu membutuhkan hiburan. Dari berbagai media hiburan yang ada di dunia ini, komputer bisa jadi salah satu media yang bisa kamu manfaatkan. Apalagi dengan perkembangan internet saat ini. Dimana internet dan komputer akan membantu kamu untuk memperoleh hiburan yang kamu inginkan. Seperti untuk mendengarkan musik, bermain game, hingga maraton film.

Tidak hanya sebagai media hiburan saja, komputer juga memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran. Melalui komputer, pengajar dapat menyiapkan berbagai materi edukasi dengan lebih mudah dan menyenangkan. Misalnya, menjelaskan materi dengan presentasi, video interaktif, dan lain sebagainya. Selain itu, komputer juga memudahkan siswa untuk mengerjakan tugas dengan lebih mudah.

 

C. Komponen-Komponen Personal Computer

Dari banyaknya fungsi dan kemudahan yang didapatkan dari Personal Computer, hal ini tak luput dari peran komponen-komponen yang menyusunnya. Ada tiga jenis komponen utama dalam komputer, yaitu:

  • Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras yang dimaksud disini adalah perangkat yang dapat dilihat secara fisik. Hardware terdiri dari 5 bagian pendukung, yaitu:

a) Input Device (Perangkat Masukan), perangkat yang berfungsi untuk memasukan data dalam bentuk tulisan, gambar, video, audio, dan lainya ke komputer. Seperti power supply, mouse, keyboard, scanner, dan lainnya.

b) Process Device (Perangkat Proses), bagian pendukung perangkat keras yang menjalankan proses mengolah data masukan. Seperti motherboard, VGA, hardisk, CPU & RAM, dan lain sebagainya.

c) Output Device (Perangkat Keluaran), perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data oleh komputer. Seperti printer, monitor, proyektor, dan lain-lain.

d) Storage Device (Perangkat Penyimpanan), memiliki fungsi untuk menyimpan data dari komputer. Seperti hardisk, flashdisk, dan opticaldisk.

e) Peripheral Device (Perangkat Tambahan), perangkat yang umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet, seperti modem.

  • Software (Perangkat Lunak)

Berbeda dengan hardware, software adalah komponen personal komputer yang tidak dapat dilihat dan diraba secara fisik. Software merupakan sebuah sistem yang bekerja di dalam perangkat keras dengan memproses segala perintah yang diberikan pada komputer. Software terdiri dari beberapa elemen pendukung, yaitu:

a) Operating System (Sistem Operasi), berfungsi untuk mengendalikan atau mengorganisir seluruh komponen yang ada di dalam komputer, mulai dari cara komputer menyimpan file, menjaga keamanan, hingga berkomunikasi dengan periferal. Seperti Windows, Linux, Mac OS, dan lainnya.

b) Programming Language (Bahasa Pemograman), elemen software yang memungkinkan user untuk memberikan perintah dengan bahasa yang dimengerti oleh komputer. Seperti JavaScript, Python, PHP, dan bahasa lainnya.

c) Program Aplikasi, adalah suatu program yang penggunaannya ditujukan untuk bidang tertentu, seperti Microsoft Excel, Microsodt Word, Microsoft PowerPoint, dan lain sebagainya.

d) Utility (Software Pembantu), berfungsi sebagai perangkat tambahan untuk membantu sistem operasi komputer. Seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, aplikasi antivirus, dan masih banyak yang lainnya.

  • Brainware (Pengguna)

Pengguna adalah orang yang menggunakan PC untuk mengolah dan memberikan instruksi pada komputer. Selain itu, pengguna atau manusia juga mengambil bagian dalam merancang dan mengelola sistem pada komputer agar dapat digunkan sesuai kebutuhan.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu Personal Computer, Fungsi, dan Komponen Penyusunnya. Semoga Bermanfaat!

 

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

15 hours ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

19 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

2 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

2 days ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

3 days ago