HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Nslookup Dalam Layanan DNS

Saat Anda mengalami masalah dengan layanan pencarian DNS, salah satu cara untuk mendiagnosis masalah tersebut adalah dengan menggunakan nslookup di command prompt. Nslookup memungkinkan Anda menanyakan layanan DNS Anda. Alat ini biasanya digunakan untuk mendapatkan nama domain melalui acommand line interface anda, mendapatkan detail pemetaan alamat IP, dan mencari data DNS.

Pengertian NSLookup

Nslookup (Name Server Lookup) adalah nama program yang memungkinkan pengguna memasukkan nama host dan mengetahui alamat IP atau catatan Domain Name System (DNS) yang sesuai. Pengguna juga dapat memasukkan perintah nslookup untuk melakukan pencarian reverse DNS dan menemukan nama host dari alamat IP tertentu. Nslookup dapat digunakan di command line bagaikan command prompt untuk pengguna Windows dan terminal window untuk pengguna Unix. Selain itu, kini terdapat sejumlah layanan yang memungkinkan penggunaan nslookup secara online.

Program ini mengambil informasi alamat yang relevan langsung dari cache DNS name server. Suatu proses yang dapat dicapai melalui dua mode berbeda yang dapat dipilih oleh pengguna, yaitu mode non interaktif dan mode interaktif. Dalam mode non interaktif, program ini memeriksa catatan sumber daya (yang disebut entri alamat dalam cache DNS) yang disimpan di name server lokal. Dalam metode standar, mode ini sangat proposional untuk kueri sederhana yang hanya perlu mencari satu entri domain.

Saat Anda ingin menggunakan server DNS yang berbeda untuk mencari dan melakukan proses pencarian yang lebih kompleks, Anda memerlukan mode interaktif. Dimana program command line harus dimulai secara terpisah dari awal. Anda mungkin ingat command Ping, Namun keduanya mempunyai perbedaan yang sangat mendasar. command Ping dapat menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Sedangkan command nslookup hanya bisa berfungsi jika informasi yang Anda butuhkan tersedia dan tersedia di server DNS.

Fungsi NSLookup

Perintah nslookup digunakan untuk memecahkan masalah DNS dan menguji jaringan. Selain itu, program ini juga dapat digunakan untuk alasan keamanan. Ancaman sering kali menggunakan spoofing DNS dalam serangan phishingnya. Mereka sengaja salah mengeja nama domain dan menambah atau menghapus tanda baca untuk memikat korban ke situs web palsu. Pengguna biasa mungkin tidak terlalu memperhatikannya, misalnya google.com vs gogle.com.

Nslookup juga dapat membantu menghindari DNS cache poisoning. Dengan serangan ini, pelaku jahat menemukan data palsu dan mendistribusikannya ke server rekursif DNS, yang menunjuk ke server otoritatif palsu. Dalam kasus ini, peretas mengirimkan data ke caching resolvers yang mengarah ke server otoritatif yang palsu. Selain alasan keamanan, Anda dapat memeriksa beberapa catatan DNS umum dengan nslookup,diantaranya termasuk:

  1. Periksa data name server domain.
  2. Lihat catatan MX. Data MX bertanggung jawab atas pertukaran email. Anda dapat memeriksa apakah semua server email aktif dan berjalan.
  3. Lakukan pencarian reverse DNS. Ini memeriksa apakah alamat IP dikaitkan dengan nama domain.
  4. Periksa catatan Start of Authority (SOA). Di sini Anda dapat menemukan informasi domain dan server resmi seperti email admin, nomor seri, dan lain-lain.
  5. Tampilkan semua catatan DNS. Itu menunjukkan semua catatan DNS yang tersedia. Setelah melihatnya, Anda akan dapat melakukan pencarian spesifik untuk berbagai jenis data DNS.
  6. Cari informasi tentang server nama tertentu. Anda dapat menggunakan nslookup untuk mengetahui apakah server DNS tertentu aktif dan merespons secara tepat waktu.
  7. Lihat pointer records. Ini membantu Anda memeriksa apakah alamat IP ada di domain dengan menjalankan kueri DNS terbalik.

Cara Test nslookup dari SSH atau CMD

Pemeriksaan nslookup CMD atau SSH digunakan untuk menemukan Domain Name Server atau record tertentu. Berikut langkah-langkah untuk menguji nslookup dari SSH atau CMD:

1. Cek A Record Domain

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, nslookup merupakan sebuah alat berupa command line atau baris perintah untuk mengeksekusi query pada Domain Name Server dan memetakan nama domain ke alamat IP atau sebaliknya atau data pada Domain Name Server lainnya. Pertama, dalam metode pengecekan nslookup dari SSH atau CMD, Anda perlu memeriksa Domain Name Server dengan baris perintah yaitu nslookup example.com.

2. Cek NS Record Domain

Kemudian untuk mengetahui cara mengecek nslookup dari SSH atau CMD Anda bisa masuk ke command line yaitu nslookup -type=ns example.com. Dengan mencantumkan nama server primer dan sekunder untuk domain.

3. Memeriksa SOA Record Domain

Kemudian untuk memeriksa nslookup dari SSH atau CMD Anda dapat memasukkan baris perintah yaitu nslookup -type=soa example.com. Menunjukan host paling otoritaf untuk zona DNS. Zona mengelompokan beberapa domain dalam organisasi yang sama.

4. Memeriksa MX Record Domain

Kemudian untuk mengetahui cara memeriksa nslookup dari SSH atau CMD Anda dapat memasukkan baris perintah yaitu nslookup -query=mx example.com. Menyediakan informasi tentang server email dalam domain.

5. Menemukan Semua Domain Name Server Record Domain

Kelima, untuk mengetahui cara cek nslookup dari SSH atau CMD, Anda bisa masuk ke command line yaitu nslookup -type=any example.com. Berisi tentang domain. Administrator sering menggunakan bidang ini untuk memverifikasi kepemilikan dan mencegah spam.

6. Cek nslookup Menggunakan Server Domain Name Server Tertentu

Kemudian untuk memeriksa nslookup dari SSH atau CMD Anda dapat memasukkan baris perintah yaitu nslookup example.com ns1.nsexample.com. Mencantumkan alias untuk host.

7. Cek Reverse Domain Name Server

Perlu Anda tau bahwa reverse Domain Name Server mencakup penerjemahan alamat IP menjadi nama host (hostname). Reverse Domain Name Server ini adalah kebalikan dari ping (melihat IP suatu domain). Untuk itu untuk mengetahui cara cek nslookup dari SSH atau CMD anda bisa masuk ke command line yaitu nslookup 10.20.30.40. Digunakan untuk mengetahui nama host berdasarkan pada informasi alamat IP.

Cara Menggunakan NSLookup

Untuk menggunakan nslookup di Windows, Anda bisa memulai dengan membuka command prompt dan mengetik perintah nslookup untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada dua mode perintah nslookup, yaitu mode non-interaktif dan mode interaktif.

1. Mode non interaktif

Mode non-interaktif ini menampilkan output dari querytertentu.Untuk masuk ke mode ini, sintaksnya adalah: nslookup [option] domain-anda.  Misalnya dalam hal ini kita akan mencoba melihat name server dari instagram.com, maka kita menggunakan query: Nslookup -type=ns instagram.com

2. Mode interaktif

Dalam mode interaktif, ini memungkinkan Anda menulis beberapa query sekaligus untuk mendapatkan informasi server yang Anda perlukan.Untuk masuk ke mode ini, sintaksnya adalah:
nslookup

Nevacloud sekarang akan memberikan contoh penggunaannya. Misalnya Anda ingin melihat data DNS dari nama domain instagram.com. Kemudian Anda dapat memasukkan query seperti ini: Instagram.com

Jika anda ingin keluar dari mode interaktif ini, anda hanya perlu mengetikkan perintah exit.

Sekarang Anda memahami apa itu nslookup, apa fungsinya, dan cara kerjanya. Sederhananya, nslookup ini akan membantu Anda memperbaiki berbagai masalah terkait DNS. Juga, jika Anda ingin menggunakan server cloud tanpa kerumitan.

 

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

57 mins ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

2 hours ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

3 hours ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

3 hours ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

1 day ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

1 day ago