Saat Anda sedang berjalan-jalan kesitus website orang, pernahkah Anda melihat adanya live chat yang bisanya berada disebelah pojok kanan bawah? Fitur tersebut berguna untuk membantu Anda jika Anda ingin menanyakan sesuatu yang Anda tidak tahu kepada situs yang sedang Anda kunjungi.

Fitur ini sangat berfungsi bagi Anda yang berprofesi sebagai pelaku bisnis terutama bisnis online. Karena di era digital seperti saat ini semua sudah dilakukan dengan menggunakan cara online. Tidak harus bertemu langsung dengan pelanggan Anda karena sudah ada kemudahan seperti ini.

Berikut beberapa plugin live chat gratis yang dapat Anda gunakan.

 

  1. Live Chat by Formilla

Plugin ini adalah plugin yang memiliki banyak sekali keunggulan. Dengan plugin ini membuat live chat menjadi lebih mudah.  Terdapat dua metode yang dapat Anda lakukan yaitu menambahkan fitur ini ke halaman secara otomatis atau menggunkana Widget agar Anda punya kontrol lebih terhadap live chat. Anda juga dapat memonitor aktivitas user melalui control panel plugin dan memulai obrolan dengan pelanggan.

Plugin ini dapat dijadwalkan kapan live chat akan muncul secara otomatis. Namun lebih baik jika Anda  menggunakan sistem yang natural. Plugin ini menawarkan sejumlah fungsionalitas dan interface yang rapi.

 

 

  1. WPMudev Live Chat

Plugin chatting ini dikembangkan oleh WPMU DEV dan kompatibel terhadap wordpress terbaru 3.9.1.  plugin ini memiliki dua versi yaitu gratis Obrolan Lite yang dapat diunduh secara gratis ari direktori plugin wordpress dan chat versi premium Pro yang dapat dibeli dan diunduh dari Wpmudev.

Plugin ini menawarkan diri menjadi tuan rumah live chat untuk kontrol lebih besar atas solusi Anda yang inin berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan Anda di website.

 

 

  1. Tawk.to Livechat

Plugin ini dimanfaatkan sebagai platform livechat dengan pelanggan, plugin livechat ini juga digunakan untuk monitor visitor website Anda secara real time dan dapat diakses melalui desktop dan mobile.

 

  1. AVChat Video

Merupakan plugin yang melayani sebagai video chatting. Plugin ini mendukung kedua privat dan publik chat room dan fitur teks chat, video chat, emoticon, upload file, sharing YouTube dan pemberitahuan.

Anda bebas untuk memilih mode tampilan untuk pop up di halaman Anda. Pengunjung dapat login menggunakan Facebook atau Twitter Account, Anda dapat membatasi akses chatting atau beberapa chatting ke tinggat anggota tertentu mendorong tAnda upgrade.

 

 

  1. Click to Chat for WhatsApp Chat

Plugin ini berfungsi untuk menambahkan tombol chat ke website. Cara kerja plugin ini sama dengan aplikasi WhatsApp di smartphone.

Plugin ini memiliki popularitas yang menanjak di berbagai belahan dunia dan banyak yang menggunakan plugin ini sehingga  akan memudahkan Anda dalam mengoperasikan plugin ini. Namun menggunkan WhatsApp berarti Anda harus menggunakan nomor Anda agar dapat terlihat oleh client. Jadi Anda harus menggunakan nomor khusus yang digunakan untuk pelanggan Anda.

 

 

  1. Live Chat by OggFlow

Plugin ini menggabungkan fitur livechat, helpdesk, dan social media dalam satu plugin. Menggunakan plugin ini Anda tidak hanya dapat livechat saja namun dapat melayani pertanyaan via email dan social media dalam satu panel.

 

  1. Zendesk Livechat (Zopim)

Zopim adalah plugin livechat yang berbasis web aplikasi chatting yang ditampilkan dalam top 10 apps web asia pada tahun 2010. Plugin ini menawarkan Anda untuk dapat preset dan secar otomatis mengirimkan undangan pribadi chatting kepada pengunjung berdasarkan histori aktivitas pengunjung dan proses mengobrol simultan dengan pengunjung yang berbeda.

 

 

Diatas merupakan beberapa plugin live chat yang gratis dan dan dapat Anda gunakan sebagai tambahan dalam situs Anda. Plugin ini akan menambahkan nilai lebih kepada Anda dan menjadikan lebih profesional. Semoga dengan menggunakan plugin diatas dapat menaikkan trafik pengunjung Anda dan bisnis Anda menjadi semakin lancar karena memberikan kemudahan akses kepada pelanggan Anda untuk bertanya.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀