HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

5 Package yang Harus Ada di Termux!

Pernahkan Anda mengenal sebuah aplikasi yang bisa melakukan banyak hal hanya dengan bantuan smartphone android? Ya, aplikasi tersebut bernama Termux. Bagi Anda yang belum atau sudah pernah mengenal aplikasi Termux, mari kita bahas lebih dalam tentang aplikasi Termux.

Apa itu Aplikasi Termux?

Aplikasi yang diciptakan oleh Fredrik Fornwall ini merupakan sebuah emulator terminal android dan environtment Linux. Termux dapat dijalankan langsung tanpa membutuhkan rooting pada smartphone android terlebih dahulu.

Sebagai terminal emulator android, Termux memiliki perbedaan dengan terminal emulator yang lain. Salah satunya, yaitu Termux memiliki paket tersendiri dengan banyak kegunaan, seperti mengoperasikan linux di android dan melakukan hacking atau defacing sebuah website.

Tapi sebelumnya, apa itu terminal? Terminal adalah sebuah istilah untuk perangkat elektronik atau electromechanical yang digunakan untuk memasukkan data, menampilkan atau mencetak data dari komputer atau sistem komputer. Sebelum ada aplikasi Termux, sebuah terminal memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu DECVT100 atau IBM 2471. Namun, dengan kehadiran Termux hal tersebut menjadi lebih simple dan handy sebab dapat dijalankan melalui smartphone.

Cara Menggunakan Termux

Aplikasi Termux dapat diinstall pada Google Palystore. Namun, aplikasi Termux hanya bisa dioperasikan pada Android dengan OS 5.0 atau Android Lollipop. Supaya bisa dijalankan, Termux harus mendapatkan izin dari pengguna. Yaitu dengan cara:

1) Masuk ke menu setting > Pilih Apps > Termux > Pilih Permissions

2) Setelah itu jalankan termux-setup-storage pada aplikasi Termux.

Selain itu, Termux hanya bisa di-install pada memori internal. Sebab pada umumnya memori external memiliki format FAT32 atau exFAT yang tidak support untuk mengizinkan unix (unix permissions) dan beberapa file khusus misalnya sockets atau symlinks. Dan sistem Android memaksa menggunakan noexec mount untuk penyimpanan user yang berarti pengguna tidak bisa menjalankan binaries.

Package yang Harus Ada di Termux

1) Aria2C

Aria2C adalah sebuah package yang bisa membantu pengguna untuk meletakkan file yang didownload ke tempat-tempat yang diinginkan. Untuk menginstall Aria2C Anda bisa menggunakan pkg install aria2 .

Cara menggunakan Aria2C cukup mudah, yaitu dengan memasukkan URL yang ingin didownload dan Aria2C akan menunjukkan proses download dari file tersebut. Untuk menjalankan perintah download Anda bisa menggunakan aria2c -i links.txt --file-allocation=none -c --auto-file-renaming=false . Dengan perintah tersebut Aria2C akan mendownload file dengan URL yang sudah ada pada file links.txt . Lokasi penyimpanan file yang sudah berhasil didownload bisa dicek dengan penggunakan perintah pwd .

2) Tree

Tree merupakan sebuah aplikasi yang dapat menunjukkan letak file yang terselip di sebuah folder tersembunyi. Untuk melihat letak file tersebut bisa dengan memberikan perintah tree . , sedangkan untuk menginstallnya bisa dengan pkg install tree .

3) Unrar

Package Unrar bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan meng-unrar file pada media penyimpanan. Jadi, pengguna memiliki opsi lain selain aplikasi android yang biasanya memiliki banyak iklan didalamnya. Dan untuk menjalankan package unrar bisa menggunakan pkg install unzip && pkg install unrar.

4) AG

AG adalah sebuah package yang bisa digunakan untuk mencari file atau bahkan frasa yang terdapat pada sebuah file. Package AG dapat diintegrasikan dengan package lain, seperti Vim 8 atau NeoVim. AG dapat bekerja untuk mencari sebuah file di sebuah folder yang punya banyak sub folder. Untuk menggunakan package ini cukup mudah, yaitu dengan memasukkan url pada ag –i “url” . Dan untuk mencari file atau kata kunci yang terkandung pada file bisa dengan cara memasukkan ag –i “url” file.txt .

5) NeoVim

Neovim merupakan sebuah package yang berguna sebagai file editor. NeoVim dapat digunakan untuk membuka sebuah file lewat SFTP dan FTP sehingga bisa mengedit file yang diletakkan di hosting tanpa harus menginstall yang lainnya. Namun, pastikan Anda telah menginstall Python 2 atau 3. Untuk menggunakan package ini cukup memasukkan  nvim foo.bar dengan mengganti nama file yang dibuka pada bagian foo.bar.

Itulah penjelasan singkat mengenai Aplikasi Termux. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

5 hours ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

7 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

2 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

2 days ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

3 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

3 days ago