HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kenali Perbedaan AMD dan Intel

Intel dan AMD adalah dua merek prosesor yang terkenal dan dominan di pasar komputer. Kedua brand ini menawarkan model dan generasi prosesor yang berbeda dengan keunggulannya masing-masing. Penting untuk memahami perbedaan Intel dan AMD sebelum membeli laptop agar Anda dapat memilih prosesor yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Prosesor merupakan  komponen penting dalam suatu sistem komputer. Prosesor bertanggung jawab untuk melakukan tugas pemrosesan data dan instruksi di komputer. Dalam konteks laptop, prosesor memainkan peran yang menentukan dalam  kinerja dan kecepatan komputer. Orang yang mencari laptop baru sering kali mencari perbedaan performa, harga, efisiensi daya, dan kompatibilitas antara Intel dan AMD.

Intel telah lama mendominasi pasar prosesor dengan reputasi kinerja tinggi dalam tugas pemrosesan tunggal. Di sisi lain, AMD hadir dengan prosesor yang menawarkan performa multi-core lebih baik dengan harga  lebih terjangkau. Kedua brand terus berinovasi dan meluncurkan prosesor generasi baru  dengan peningkatan performa, efisiensi daya, dan fitur terkini. Jadi, sebelum membeli laptop, penting untuk mempertimbangkan perbedaan antara Intel dan AMD serta memilih prosesor yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Pengertian Intel dan AMD

Intel

Intel Corporation adalah perusahaan multinasional yang berbasis di Amerika Serikat yang terkenal karena merancang dan memproduksi mikroprosesor dan memiliki keahlian dalam sirkuit terintegrasi. Selain itu, Intel juga mengembangkan kartu jaringan, chipset motherboard, komponen dan perangkat lainnya. Saat ini Intel telah meluncurkan prosesor generasi terbarunya, khususnya lini produk Intel Core generasi ke-13.

AMD

AMD (Advanced Micro Devices) merupakan perusahaan teknologi yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Mereka berspesialisasi dalam desain dan pembuatan sirkuit terpadu (IC) dan prosesor. AMD telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam menghadapi persaingan dari Intel. Tonggak sejarah terbaru, AMD telah meluncurkan seri prosesor terbarunya yang diberi nama Ryzen 7000.

Perbedaan Intel dan AMD

1. Harga

Tentu saja perbandingan yang paling sering dilakukan antara prosesor Intel dan AMD didasarkan pada harga. Soal harga sangat penting  untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli laptop dengan prosesor AMD VS Intel. Tak bisa dipungkiri, spesifikasi lainnya juga  patut dipertimbangkan.

Dari segi harga, prosesor Intel dan AMD mempunyai perbedaan harga yang cukup signifikan. Saat ini, laptop yang menggunakan prosesor Intel  sedikit lebih mahal dibandingkan AMD. Jika Anda ingin membeli laptop murah dengan  spesifikasi tinggi, Anda bisa langsung memilih laptop dengan prosesor AMD. Namun jika Anda ingin membeli laptop dengan kemampuan pemrosesan multimedia yang baik, pilihlah laptop dengan prosesor Intel.

2. Efisiensi

AMD dikenal memiliki keunggulan efisiensi energi dibandingkan Intel. Hal ini terutama terlihat pada proses manufaktur yang digunakan oleh kedua perusahaan. AMD menggunakan proses litografi 7nm (nanometer), sedangkan Intel masih menggunakan proses litografi 10nm atau bahkan 14nm. Semakin kecil ukuran litograf maka semakin efisien penggunaan daya CPU.

3. Manajemen Suhu

Saat menggunakan Clock SpeedBoost pada prosesor Intel dengan proses litografi 14nm, prosesor mungkin menghasilkan lebih banyak panas. Ini karena ketika Clock Speed ​​​​Boost diaktifkan, prosesor beroperasi pada frekuensi yang lebih tinggi sehingga dapat menyebabkan suhu meningkat.

Di sisi lain, prosesor AMD biasanya lebih dingin dibandingkan prosesor Intel, terutama pada pengaturan yang sama karena  menggunakan proses litografi yang lebih kecil. Pada saat penulisan, AMD menggunakan proses litografi 7nm yang diproduksi oleh TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company).Proses litografi yang lebih kecil menghasilkan transistor yang lebih padat dan menghasilkan panas dengan lebih efisien. Hal ini memberikan keuntungan termal pada prosesor AMD, yang cenderung menghasilkan lebih sedikit panas saat beroperasi.

4. IPC (Instructions Per Cycle)

IPC pada prosesor Intel (Rocket Lake) lebih rendah dibandingkan  AMD (Zen 3), sedangkan AMD memiliki IPC (Zen 3) lebih tinggi dibandingkan Intel (Rocket Lake). Pada sebagian besar prosesor desktop AMD, iGPU tidak ada kecuali  seri AMD. APU (Accelerated Processing Unit).

Seri APU ini dirancang khusus untuk menggabungkan unit pemrosesan pusat (CPU) dan unit pemrosesan grafis (GPU) dalam satu chip. Performa iGPU pada APU AMD secara umum dianggap lebih baik dibandingkan iGPU pada prosesor Intel. Hal ini memberikan keuntungan bagi pengguna yang membutuhkan kemampuan grafis  lebih baik tanpa harus menggunakan kartu grafis diskrit.

5. Kecepatan Jam

Intel telah mencapai dan melampaui kecepatan clock 5,0 GHz pada beberapa model prosesornya. Beberapa prosesor Intel Core i9 dan Core i7 kelas atas mampu menghasilkan frekuensi clock yang sangat tinggi, terutama berkat teknologi Turbo Boost. AMD juga telah mengembangkan prosesor dengan kecepatan clock hingga 5,0 GHz. Misalnya saja, beberapa model prosesor AMD Ryzen seri 5000 mampu mencapai frekuensi  tinggi menggunakan teknologi Precision Boost.

6. iGPU (Integrated Graphics Processing Unit)

iGPU hadir di hampir semua CPU seri Core i dari Intel (kecuali seri Core i F), sementara AMD iGPU hanya hadir pada seri AMD APU dengan performa GPU yang lebih tinggi dibandingkan dengan iGPU Intel (HD Graphics).

7. Kemampuan Multiprosesing

Dalam hal kemampuan multiprosesor, Intel dapat memiliki hingga 4 soket dan 28 inti pada beberapa model prosesornya. Sedangkan AMD memiliki kemampuan multiprocessing yang lebih tinggi dengan dukungan hingga 8 soket dan 128 core pada prosesor servernya, seperti seri AMD EPYC.

8. Popularitas

Di sisi Intel, rangkaian prosesor  terkenal dan populer antara lain Intel Core i3, i5, i7 dan i9. Lini produk ini menawarkan berbagai tingkat kinerja dan harga, mulai dari prosesor tingkat pemula hingga prosesor kelas atas yang bertenaga.  Intel Core i7 dan i9 sering dipilih oleh pengguna yang membutuhkan performa terbaik dalam aplikasi seperti gaming, pemrosesan media, atau komputasi  berat.

Di sisi AMD, prosesor AMD Ryzen menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Seri AMD mencakup Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, Ryzen 9, dan Threadripper. Prosesor AMD menawarkan kombinasi performa bagus dengan harga bersaing. Ryzen 5 dan Ryzen 7 sering dipilih oleh pengguna yang menginginkan performa tinggi untuk tugas gaming dan  produktivitas, sedangkan Ryzen 9 dan Threadripper ditujukan untuk para profesional yang membutuhkan performa multi-core  tinggi.

9. Grafis dalam Game

AMD mengungguli Intel dalam hal grafis dalam game. Gambar tampak lebih jernih dan tidak pecah. AMD sebenarnya telah mencapai kemajuan  signifikan dalam performa grafis dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan lini produk  AMD Radeon. Prosesor AMD dengan grafis terintegrasi yang kuat seperti seri Ryzen dengan grafis Vega atau seri AMD Mobile dengan grafis Radeon dikenal dengan performa grafisnya yang superior dibandingkan dengan solusi grafis terintegrasi Intel. Intel.

10. Multimedia

Sebagai produsen prosesor ternama, Intel sudah lama mendominasi pasar komputer, termasuk sektor multimedia. Intel telah mengembangkan teknologi khusus seperti Intel Quick Sync Video, yang merupakan teknologi pengkodean dan penguraian video yang efisien. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengedit dan memutar video  lebih cepat dan memberikan kejernihan gambar yang baik.

Namun, AMD juga telah mencapai kemajuan  signifikan dalam beberapa tahun terakhir dengan diluncurkannya serangkaian prosesor bertenaga dan inovatif. Misalnya, prosesor AMD Ryzen terbaru telah dipuji karena kemampuan multi-threadingnya yang kuat dan performa grafisnya yang tinggi, yang juga penting dalam aplikasi multimedia.

Tidak sulit untuk memahami perbedaan prosesor AMD dan Intel sebelum membeli laptop. Meski dari segi prosesor merek Intel dinilai lebih unggul dari AMD namun semua tergantung  Anda. Sebelum membeli laptop, penting untuk menyesuaikan kebutuhan dan budget Anda. Kedua prosesor sama bagusnya, keduanya punya kelebihan dan kekurangan.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

12 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

16 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 days ago