HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Affiliasi : Pengertian, Cara Kerja, Keuntungan, dan Contohnya

Banyak orang yang ingin menjadi Affiliate. Namun, banyak juga yang bingung tentang afiliasi. Nah, sedikit informasi bahwa afiliasi merupakan salah satu hal yang membawa keuntungan. Keuntungan seperti apa sih? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Afiliasi

Menurut wikipedia, afiliasi merupakan cara mengembangkan pemasukan dengan cara mendaftarkan diri pada sebuah perusahaan atau lembaga yang sedang membuka peluang untuk menjualkan produknya dengan cara afiliasi sehingga badan usaha atau individu akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama.

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata afiliasi adalah hubungan antara anggota atau cabang.

Secara singkat, afiliasi juga bisa diartikan sebagai bentuk kerjasama untuk mendapatkan keuntungan dengan melalui pemasangan ‘link’ atau ‘banner’ di suatu situs.

Sedangkan, pengertian afiliasi bagi internet marketer adalah cara mendapatkan uang dengan menjual produk dari perusahaan yang menyediakan jasa afiliasi dan Anda akan dibayar setelah produk terjual.

Cara Kerja Afiliasi

Sistem kerja afiliasi merupakan hal yang paling mudah. Anda hanya memasarkan produk melalui media sosial ataupun situs tanpa perlu menyetok barang terlebih dahalu.

Berikut ini penjabaran mengenai cara kerja afiliasi dan istilah-istilah dalam afiliasi yang perlu kamu ketahui.

1) Daftar Program Afiliasi

Setelah kamu mendaftarkan diri kepada affiliate merchant untuk bergabung dengan bisnis afiliasi. Selanjutnya, Anda akan diberikan link atau URL khusus untuk mengidentifikasi bahwa nantinya penjualan produk itu berasal dari kamu yang bisa di generate dari link afiliasi.

Bagi kamu yang bingung dengan istilah affiliate merchant, affiliate merchant (penyedia jasa) yaitu perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang akan mereka pasarkan melalui internet.

Dan bagi kamu yang ingin tertarik mendalami bisnis afiliasi, ada beberapa merchant yang menyediakan program afiliasi diantaranya :

  • Afiliasi Shopee
  • Markethealth
  • ShareAsale
  • Amazon
  • CJ.com
  • Clickbank
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • UCbrowser

2)  Promosikan Produk Afiliasi

Setelah selesai mendaftar afiliasi dan telah akun afiliasi Anda sudah aktif. Selanjutnya Anda harus mempromosikan produk afiliasi tersebut. Salah satunya, yaitu dengan melakukan iklan menggunakan banner di website.

3) Menunggu Kode Referral Afiliasi yang Digunakan Orang-orang

Saat Anda berafiliasi, perusahaan penyedia jasa pasti memberikan link atau kode referral tertentu kepada afiliator. Link atau kode referral ini digunakan sebagai tanda bahwa isi dari link atau kode referral itu berupa produk yang dikenai afiliasi. Jadi, ketika pengunjung atau user meng-klik link atau kode referral dan melakukan pembayaran, artinya Anda sudah berhasil menjadi afiliator dan tentu akan mendapatkan komisi.

4) Mendapatkan Komisi

Afiliator akan mendapatkan komisi setelah pengunjung atau pembeli melakukan pembayaran produk afiliasi. Umumnya, komisi tiap produk yang ditawarkan berbeda- beda sehingga Anda akan mendapatkan komisi yang berbeda juga di setiap produk.

Keuntungan Afiliasi

Mayoritas pemilik program afiliasi tidak perlu membayar untuk mendapatkan link afiliasi. Bahkan jika ada orang yang membeli melalui link yang Anda berikan, Anda bisa langsung mendapatkan komisi di akun Anda.

Jadi untuk mengikuti bisnis ini, Anda tidak perlu membutuhkan modal yang banyak. Anda hanya perlu bermodal kemauan dan pengetahuan agar bisa sukses menjadi affiliate.

2) Kerja dari Mana Saja

Seorang afilitor tidak perlu berangkat ke kantor untuk bisa mendapatkan penghasilan sebab yang Anda butuhkan hanya koneksi internet dan website atau media sosial untuk memasarkan produk.

3) Passive Income

Dengan menjadi afiliator Anda bisa mendapatkan passive income, yaitu penghasilan tanpa perlu bekerja.

4) Jam Kerja Fleksibel

Dalam bekerja seorang afiliator tidak terpatok pada jam kerja. Jadi, Anda bisa bekerja kapan pun dan dimana pun untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis ini.

Contoh Afiliasi Menguntungkan

1) Program Afiliasi Amazon

Jika Anda ingin berafiliasi dengan Amazon, Anda harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  • Memiliki website sebagai media promosi link afiliasi dari Amazon
  • Akun media sosial yang kamu punya harus dalam keadaan aktif

Nantinya saat pengunjung meng-klik link afiliasi yang diberikan oleh Amazon dan melakukan pembayaran, artinya Anda sudah berhasil menjadi afiliator Amazon dan mendapatkan keuntungan.

2) Program Afiliasi Tokopedia

Jika Anda ingin menjadi afiliasi Tokopedia, caranya gampang banget. Cukup dengan mendaftar sebagai afiliator dan pilih produk yang akan Anda promosikan. Program afiliasi Tokopedia boleh diikuti oleh siapapun asalkan memiliki akun Tokopedia dan akun media sosial yang aktif.

3) Program Afiliasi Tiket.com

Produk afiliasi dari tiket.com ini berupa tiket perjalanan. Untuk memulainya Anda bisa mendaftar diri sebagai partner tiket.com. Namun, khusus afiliasi ini hanya dapat dilakukan oleh perusahaan yang sudah berbadan hukum dan memiliki platform online berupa situs atau aplikasi.

Itulah sederet penjelasan tentang affiliasi dan beberapa keuntung yang akan Anda dapatkan jika menjadi seorang affiliator. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

7 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

9 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

1 day ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago