HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Anchor Podcast : Pengertian, Fitur dan Cara Membuatnya

Pengertian Anchor Podcast

Anchor podcast merupakan sebuah platform all-in-one di mana bisa membuat, mengunggah dan memonetisasi podcast secara gratis. Simak artikel ini untuk mengetahui panduan step-by-step membuat podcast dengan aplikasi Anchor dan mempublikasikannya agar bisa didengar oleh audiens.

Bisa menggunakan dan mengakses Anchor melalui web, tablet, maupun ponsel. Audio podcast yang dibuat melalui satu platform, akan secara otomatis tersinkronisasi di semua akun Anchor di platform lainnya. Panduan berikut ini adalah cara untuk membuat podcast di aplikasi Anchor menggunakan ponsel pintar.

Fitur Unggulan Anchor Podcast

Berikut ini fitur-fitur yang ditawarkan Anchor yang bisa menggunakan dengan mudah, yaitu :

1. Unlimited free hosting

Membuat podcast memakai Anchor ialah kapasitas hosting yang unlimited. Pengguna bebas memproduksi konten podcast sepuasnya. Durasi waktunya pun tidak dibatasi. Mau 5 menit hingga 60 menit lebih pun bisa.

Tidak semua platform podcast menyediakan free hosting seperti ini. Jika ditelusuri lebih jauh, banyak platform lain yang mengharuskan penggunanya menyewa hosting tambahan untuk menampung konten podcastnya.

2. Distribusi podcast yang luas

Pengguna dimanjakan sekali dengan adanya fitur distribusi dari Anchor. Cukup memproduksi dan publish konten podcast di Anchor saja. Lalu, setelah podcast terbit, pihak Anchor akan mendistribusikan ke konten atau ke platform podcast yang lain.

3. Monetize podcast

Bentuk atau format monetize di Anchor ada beberapa tipe. Satu ialah tipe sponsorships dan kedua tipe listener support. Untuk tipe pertama, Anchor akan mencarikan brand atau merk bisnis yang sesuai dengan konten podcast. Jika setuju bisa memilih episode mana yang akan diselipkan materi promosi di dalamnya. Lalu akan dibayar setiap ada yang mendengarkan konten podcast yang ada materi promosi di dalamnya.

Sedangkan untuk listener support, bentuknya lebih kepada donasi bulanan dari para pendengar. Tujuannya untuk mendukung podcast supaya bisa terus berjalan dan berkembang. Sayangnya, metode monetize ini belum masuk ke Indonesia. Saat tulisan ini diterbitkan, podcast yang bisa di-monetize hanya yang berada di Amerika Serikat saja.

4. Merekam podcast bersama teman

Anchor menyediakan cara seru untuk membuat episode podcast. Salah satunya ialah kolaborasi dengan teman. Jadi bisa melakukan rekaman dari lokasi yang berbeda secara bersama-sama. Jika ingin mengundang teman atau bintang tamu ke dalam acara, Anchor sudah menyediakan fasilitasnya.

Syaratnya hanya satu. Bintang tamu atau undangan cukup memiliki akun Anchor saja. Selanjutnya bisa invite bintang tamu untuk bergabung dan membuat episode podcast bersama-sama.

5. Data analytics

Di sini bisa melihat perkembangan channel podcast. Bagaimana pertumbuhan pendengarnya? Episode mana yang paling banyak didengarkan? Hingga aplikasi apa yang digunakan pendengar untuk menyimak konten podcast di Anchor.

6. Kemudahan untuk merekam podcast

Cukup menggunakan smartphone saja untuk merekam. Di aplikasi Anchor sudah disediakan fasilitas recording secara langsung. Tidak perlu repot untuk menggunakan aplikasi lain lalu hasilnya diupload ke Anchor. Microphone bawaan smartphone sudah bisa digunakan untuk memulai produksi konten podcast. Jadi, tidak perlu modal besar untuk memulai channel podcast di Anchor. Bisa menggunakan gear atau alat yang sudah tersedia.

7. Episode builder

Fitur menarik berikutnya ialah episode builder. Setelah menyelesaikan rekaman konten, tiba waktunya untuk menerbitkan konten tersebut. Proses menyusun dan editing ini dilakukan di episode builder. Misalnya ingin menambahkan sesi rekaman yang lain, transitions music, dll.

Bisa menemukan builder ini di Anchor versi website dan smartphone. Penggunaannya sangat mudah. Secara visual juga nyaman dan enak dipandang.

8. Editing tools

Setelah selesai merekam konten baru untuk podcast, bisa melakukan editing langsung di Anchor. Tidak perlu memindahkan audio ke aplikasi editing lainnya. Ada fasilitas untuk melakukan proses editing audio secara sederhana. Misalnya untuk trimming bagian awal atau akhir audio hingga menyingkirkan bagian yang tidak ingin disimpan.

9. Voice message

Para pendengar bisa ikut berpartisipasi dan menanggapi acara favoritnya. Jika di Instagram, fitur ini dikenal dengan nama Direct Message.

Di Anchor pun sama. Berhubung di sini kontennya berbentuk audio, maka bentuk private message yang disediakan Anchor juga berbentuk audio. Para pendengar bisa merekam tanggapan maupun pertanyaan yang akan ditujukan kepada penyiar favoritnya secara langsung.

10. Import or upload existing audio

Jika tidak ingin merekam di Anchor, bisa bebas menggunakan voice recorder apapun. Setelah selesai merekam audio, bisa lakukan editing terlebih dahulu dengan aplikasi lain. Saat sudah puas dengan hasilnya bisa upload audionya ke dalam Anchor.

11. Add Transitions, Sound Effects, and Background Music

Bisa menambahkan aneka musik sebagai latar (background). Selain background music, Anchor juga menyediakan berbagai sound effects dan transitions music di dalam koleksinya. Jika punya koleksi sendiri di Apple Music atau Spotify, juga bisa menambahkan musik tersebut. Bisa di-customize sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Anchor Podcast

Berikut adalah cara membuat anchor podcast, yaitu :

1. Download anchor podcast

Bisa download Anchor dari App Store yang sudah tersedia baik untuk iOS maupun Android. Setelah itu bisa melakukan login dengan akun yang sudah ada, atau membuat akun baru menggunakan Facebook atau alamat email.

2. Membuat episode

Saat pertama kali dibuka, aplikasi Anchor akan dimulai dengan halaman Trailers. Di sini bisa merekam perkenalan singkat untuk podcast dan bahkan bisa ditambahkan background music juga. Jika memutuskan untuk tidak langsung merekam perkenalan atau trailer ini di awal, tetap diberi pilihan kembali ke halaman ini dan merekamnya di kemudian hari.

  • Setelah itu, klik simbol (X) di bagian atas layar, untuk mengarahkan ke Episode Builder.
  • Dari Episode Builder, ketuk tombol berwarna ungu untuk melihat podcasting tools.

  • Ketuk Record untuk mulai merekam audio.

  • Ketuk X untuk menghentikan rekaman.

Merekam suara melalui Anchor versi mobile app dibatasi maksimal durasi 60 menit. Namun tetap bisa merekam beberapa segmen, lalu menyatukannya di Episode Builder. Dengan demikian, segmen-segmen tersebut akan terdengar seperti satu kesatuan audio yang utuh.

  • Bisa melakukan preview rekaman di layar selanjutnya.
  • Jika perlu, lakukan editing dengan mengetuk Trim.

  • Pindahkan slider untuk menandai di mana rekaman harus dimulai dan diakhiri.

  • Untuk menambahkan background music, ketuk Add Background Music.

  • Bisa memilih berbagai pilihan background music dengan opsi mood dan tema yang berbeda-beda.

  • Ketuk tanda check untuk menyimpan rekaman. Rekaman pun akan tersimpan di Episode Builder.

Setelah rekaman tersimpan bisa melakukan hal-hal berikut ini :

  • Ketuk dan drag segmen untuk mengatur ulang urutannya.
  • Bisa mengetuk tombol ungu untuk melihat tools lainnya.
  • Bisa menambahkan audio yang sebelumnya sudah pernah direkam atau upload, dengan mengetuk Library.
  • Pastikan untuk selalu mengetuk Save di akhir.

  • Untuk upload audio ke Library (halaman Library akan selalu memiliki background berwarna ungu seperti gambar di bawah ini), ketuk logo folder berwarna ungu di bagian bawah layar dan ketuk Import di bagian kanan atas layar.
  • Bisa memilih file audio dari ponsel untuk di-upload.

  • Bisa menambahkan Sound sebagai efek, Interludes untuk transisi antara segmen dan Voice Messages untuk menambahkan audio yang dikirim langsung oleh pendengar.
  • Ketuk tiga titik (•••) di setiap segmen dalam Episode Builder untuk melihat menu dan opsi untuk segmen tersebut.

3. Mempublikasikan episode

Saat sudah selesai membuat episode podcast, saatnya untuk klik Publish. Kemudian akan diarahkan untuk memberikan episode tersebut judul dan deskripsi. Tulis judul dan deskripsi dengan jelas, ringkas dan menarik. Judul dan deskripsi akan muncul dalam podcast directories dan search, yang tentunya bisa membantu calon pendengar menemukan podcast.

4. Pengaturan podcast

Sebelum mengunggah episode perdana, terlebih dahulu podcast harus diberi nama dan deskripsi yang berkesan.

  • Buat sendiri dan upload cover art, atau pilih gambar, font dan color customization dengan menggunakan Cover Art Creator. Cover art harus berbentuk segi empat 1:1, dengan ukuran 3000×3000 pixel, yang dengan jelas menampilkan nama podcast.
  • Setelah nama dan deskripsi terisi, maka podcast sudah siap diterbitkan.
  • Untuk memilih penerbitan secara otomatis oleh Anchor, pastikan untuk klik “Great, thanks.” Namun, jika lebih memilih untuk menerbitkan podcast sendiri melalui platform selain Anchor, maka klik pada “I’d rather do this myself (advanced)
  • Kini podcast sudah bisa didistribusikan ke platform lain selain Anchor.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

24 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago