HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mengubah Testimoni Online Shop Buruk Menjadi Baik

Pastinya kalian pernah menerima testimoni online shop negatif.Tentunya testimoni negatif membuat buruk nilai toko online.Tapi jangan khawatir,sebab artikel ini akan menjelaskan cara mengubah testimoni online shop yang buruk menjadi baik.Langsung saja,yuk kita simak pembahasan berikut ini :

Pentingnya Testimoni Online Shop

Jangan mengabaikan testimoni online shop.Dalam dunia e-commerce ada 3 alasan utama mengapa testimoni pembeli di toko online kita sangat penting :

  • Meyakinkan Calon Pembeli

Pastinya konsumen lebih memercayai kata-kata sesama pembeli.Apabila pembeli terdahulu mengatakan produk kalian bagus dan bermanfaat untuknya,maka besar kemungkinan calon pembeli akan mencoba produk yang sama.Contoh kata-kata testimoni yang baik dari pembeli bisa menunjukkan betapa terpercaya dan berkualitasnya toko kalian.Apalagi di ranah bisnis online,calon konsumen tidak dapat melihat langsung bentuk,rupa dan kualitas produk asli yang dijual.Alhasil mereka juga semakin bergantung kepada testimoni.

  • Meningkatkan Ranking Toko

Olshop yang memiliki beragam contoh kata-kata testimoni yang baik sanggup menduduki peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google. Sistem terbaru Google bisa menilai kualitas bisnis online melalui sejumlah faktor salah satunya yakni testimoni toko.Semakin baru testimoni yang diterima sebuah online shop,maka nilai bisnis tersebut semakin bagus.Bisnis kalian dapat dengan mudah menduduki posisi teratas Google jika sanggup mengumpulkan banyak review positif setiap hari.

  • Memberikan Bukti Sosial

Semakin sering memperlihatkan contoh kata-kata testimoni yang baik dari konsumen ke masyarakat,maka semakin besar kemungkinan calon pembeli baru datang berkunjung.Sudah ada banyak sekali toko online sukses mendatangkan omset besar hanya karena mereka sering membagikan review pembeli sebelumnya.Pengunjung baru cenderung tertarik ketika melihat orang lain menyukai,merekomendasikan dan menggunakan sebuah produk yang memiliki testimoni bagus.

Manfaat Review Buruk (Bad Review)

Testimoni online shop ada 2 jenis : good review (review baik) dan bad review (review buruk).Kebanyakan orang awam menganggap testimoni yang bagus dan bermanfaat hanyalah good review saja.Akibatnya,orang-orang cenderung menghindari,mengabaikan dan menghapus bad review.Namun,bad review juga ternyata bermanfaat.Berikut ini beberapa manfaat testimoni buruk yang mungkin belum diketahui :

  • Membangun Kepercayaan

Review buruk juga bisa membangun kepercayaan sama baiknya dengan review baik.Konsumen masa kini sudah sangat cerdas.Konsumen paham bahwa tidak ada satupun produk yang sempurna di dunia ini.Meskipun kalian mengiklankan sisi terbaik produk,pada kenyataannya konsumen masa kini tetap cermat saat berbelanja online.

Karena itu,mereka sering melihat poin review buruk sebuah produk.Terbukti,ada 82% orang sering cek testimoni buruk dan baik sebuah produk sebelum memutuskan membeli.Mengapa konsumen cek sisi buruk produk ? Hal ini untuk mengetahui kondisi asli dari produk tersebut.Andai kata keburukan produk tidak dirasa mengganggu atau masih bisa disiasati,maka mereka bisa mencari solusi dan tidak merasa kecewa berat.

  • Memberi Masukan Perbaikan

Testimoni buruk memberikan masukan perbaikan atau improvisasi bisnis.Jadi saat kalian sengaja mencari cara menghapus review pembeli di Shopee,Tokopedia dan e-commerce lain,maka itu sama dengan ikut menghapus poin-poin perbaikan yang seharusnya dilakukan.

Kenyataannya,konsumen merupakan orang yang berinteraksi langsung dengan toko,pelayanan dan produk.Konsumen yang mengetahui langsung apa saja kelebihan dan kekurangan suatu toko.Jadi ketika mereka merasa dikecewakan atau mengalami kendala,maka semuanya akan dituangkan ke dalam testimoni buruk.Tapi di sisi lain,komplain serta saran konsumen membantu kalian lebih cepat dalam memperbaiki kesalahan atau kekurangan di toko.

  • Membuka Kesempatan Menunjukkan Jati Diri

Review buruk memperlihatkan sisi kelemahan dari toko maupun produk kalian,tetapi review jenis ini juga membuka kesempatan kalian untuk menunjukkan jati diri atau image ke masyarakat lewat cara menanggapi komplain.

Mungkin kalian pernah mendengar atau melihat sebuah brand bangkrut karena tidak bisa menanggapi kritik konsumen dengan baik.Alih-alih meletakkan masalah konsumen sebagai prioritas bisnis justru balik mencaci-maki konsumen.Hindari sikap tidak ramah seperti ini,karena akan mempengaruhi image bisnis kalian.Lebih baik manfaatkan momen bad review untuk memperlihatkan betapa profesionalnya bisnis kalian dalam melayani kebutuhan pembeli.Bisnis yang mengetahui bagaimana caranya menyenangkan konsumen pastinya mudah menarik perhatian dan selalu laris-manis dikunjungi.

Cara Ampuh Mengatasi Review Buruk Konsumen

Mengatasi ulasan buruk pembeli sejatinya tidaklah sulit.Berikut ini cara ampuh mengatasinya :

  • Respon Secepat Mungkin

Keunggulan online shop adalah kecepatan. Apalagi dengan teknologi smartphone dan internet canggih masa kini, apapun bisa terasa serba instan. Oleh sebab itu, usahakan merespon ulasan negatif pembeli secepat mungkin. Pemberian respon balik yang cepat dan tepat menunjukkan bahwa bisnis Anda selalu memperhatikan dan peduli dengan suara konsumen.

  • Awali Dengan Maaf

Tterkadang beberapa kendala belanja online datang dari pihak pembeli,kalian wajib mengawali respon balik ke konsumen dengan kata maaf.Kata maaf menunjukkan kerendahan serta kebaikan hati.Ketika konsumen komplain dan marah-marah,kalian tidak bisa menimpalinya dengan amarah juga.Ingat, meminta maaf (baik salah atau tidak) tidak selalu menunjukkan bahwa kalian kalah dan salah.Justru kata maaf juga bisa menunjukkan bahwa kalian berempati dengan permasalahan konsumen.Pada akhirnya,emosi konsumen bisa mereda dengan sendirinya.

  •  Jangan Menghapus Review Buruk

Banyak tips cara menghapus review pembeli di Shopee,Tokopedia dan e-commerce lain,disarankan bagi kalian untuk jangan pernah menghapus review buruk dari toko.Konsumen saat ini tidak hanya mengandalkan review baik saja untuk memutuskan hendak membeli barang.Mereka juga turut mencari review buruk untuk menilai produk.Cara menghapus review pembeli di Shopee,Tokopedia dan e-commerce lainnya justru akan membuat konsumen ragu atau merasa ada hal yang disembunyikan.

  • Perhatian Dengan Permasalahan Konsumen Sepenuhnya

Fokus perhatian kalian kepada konsumen dan permasalahannya.Jangan sampai kalian hilang fokus,teralihkan atau menunjukkan kesan tidak niat mengurus permasalahan pembeli,karena ini konsumen bisa semakin marah.

Cara kalian mengatasi permasalahan konsumen tidak hanya berlaku untuk satu orang melainkan untuk semua konsumen.Ketika kalian gagal atau terkesan mau tidak mau mengurus  permasalahan satu orang,akibatnya semua konsumen kalian akan merasa dirinya juga akan mendapat perlakuan yang sama.Untuk menghindari munculnya kesan negatif,kalian harus selalu menuntaskan komplain dengan sepenuh hati,sekecil apapun masalahnya.

  • Beri Tanggapan Sendiri Bukan CoPas

Beberapa olshop sengaja memasang sistem Bot otomatis atau pesan copy paste untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan pembeli (FAQ).Tapi ketika menangani review negatif, jangan coba-coba untuk menggunakan teks copy-paste atau Bot otomatis.Hal ini tidak akan menyelesaikan masalah dan hanya akan menambah kekesalan pembeli.Untuk mengembalikan rasa percaya konsumen,kalian harus memberikan tanggapan sendiri.Berinteraksilah langsung dengan konsumen,tanya permasalahannya lalu berikan semua hal yang sebisa mungkin dapat menyelesaikan masalah.

  • Bersikap Jujur

Kedepankanlah sikap jujur kepada konsumen.Jika memang ada masalah dalam transaksi, akui kesalahan dengan lapang dada,kalian juga wajib untuk memaparkan fakta yang ada supaya meminimalisir kesalahpahaman dengan konsumen.Berani bersikap terbuka dapat menolong bisnis kalian keluar dari krisis review buruk dengan mudah.

  • Ucapkan Terima Kasih

Selain kata maaf, jangan lupa untuk mengungkapkan terima kasih atas semua saran dan kritik yang diberikan konsumen.Ungkapan terima kasih mampu menurunkan kadar emosi konsumen.Selain itu,konsumen juga akan merasa pendapatnya didengarkan oleh perusahaan.Setelah emosi mereda,barulah kalian bisa mencari solusi atas kendala yang terjadi.

  • Mengajukan Jalur Damai

Ajukan jalur perdamaian dengan konsumen.Sejumlah perusahaan melakukan hal ini untuk menjaga citra mereka di mata konsumen.Ketika masalah terjadi karena kelalaian pihak penjual,kalian bisa menawarkan perdamaian dengan memberikan voucher diskon,penggantian item/produk baru,hadiah bonus atau mungkin menggratiskan transaksi (refund).

Cara-cara diatas terbukti ampuh membuat konsumen kecewa,memaafkan kesalahan dan ingin berbelanja lagi di tempat kalian.

Contoh Kata-Kata Testimoni Yang Baik

Untuk mengimbangi ulasan buruk,kalian harus aktif mempromosikan berbagai testimoni yang baik dari konsumen.Apalagi jika testimoni bagus jumlahnya lebih banyak dari review buruk.Calon pembeli pastinya akan merasa bahwa kekurangan produk tidak perlu untuk dipermasalahkan berlebihan.

Di bawah ini ada beberapa contoh kata-kata testimoni yang baik yang bisa kalian promosikan :

  • “Produk berkualitas bagus,mantap.”
  • “Paket mendarat dengan selamat.”
  • “Meskipun produk murah tapi kualitasnya juara.”
  • “Produk ORI 100%.”
  • “Pengiriman sangat cepat.Pesan barang pagi,sore sudah sampai.”
  • “Pengemasan paket sangat aman,dilapisi bubblewrap dan kardus tebal.”
  • “Seller komunikatif, ramah dan selalu membalas pertanyaan dengan cepat.”
  • “Toko yang recommended, kalian wajib belanja di sini!”

Review buruk memang tetap bisa dikemas dalam contoh kata kata testimoni yang baik,Contohnya seperti :

  • “Pengiriman paket cepat,namun pengemasan masih perlu ditingkatkan karena kemasan produk sedikit lecet.Mungkin bisa ditambahkan bubblewrap dan kardus lagi agar lebih aman.Tapi tidak apa-apa,karena produk berkualitas baik dan sesuai dengan harganya.”
  • “Produk bagus sesuai dengan harga,meskipun respon seller lama.”
  • “Pengiriman cepat,tapi barangnya tipis tidak sesuai gambar,tapi pengemasan rapi dan seller baik,it’s ok”

Itulah artikel pembahasan tentang cara mengolah testimoni online shop yang buruk menjadi baik.Sekian artikel ini,semoga bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago