HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
software

Mengenal Apa Itu Editor HTML dan Beragam Fungsinya

Terkadang kesalahan tidak dapat dihindari dalam berbagai situasi. Saat Anda berinteraksi, beraktivitas, maupun saat bekerja.  Oleh karena itu, untuk mengurangi kesalahan, kami menggunakan alat khusus seperti spellcheck untuk memperbaiki ejaan dan tata bahasa atau grammar.

Dalam dunia pengembangan web, ada alat yang disebut editor HTML. Alat ini menawarkan banyak fitur untuk membantu pemrogram dan pembuat kode mengurangi kesalahan kode. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa editor HTML terbaik.

Ayo lihat!

Apa Itu Editor HTML?

Dasar situs web dapat diedit oleh editor teks apa pun. Tentu saja tidak menjadi masalah jika Anda memerlukan editor HTML untuk melakukan ini. Alat ini dapat digunakan untuk menambah fungsionalitas, memeriksa kesalahan atau error, dll.

Mengaktifkan editor HTML membuat segalanya semakin mudah, misalnya saat menulis kode (alat ini akan meng-highlight syntax), menambahkan elemen dan struktur HTML yang digunakan, dan terapkan fitur autocompletion.

Teks dapat diterjemahkan ke bahasa lain seperti CSS, XML atau JavaScript menggunakan editor HTML. Hanya saja, seperti yang kita ketahui sekarang, segala sesuatu tidak diciptakan sama. Ada editor teks yang lebih unggul di kemudahan penggunaan, namun ada pula yang lebih unggul di jumlah fitur yang mereka tawarkan.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Editor HTML?

Selalu, jika memungkinkan selamanya! Editor HTML adalah alat penting bagi pemula dan developer yang sudah berpengalaman.

Meng-highlight syntax serta penambahan elemen dan autocompletion HTML adalah contoh fungsi utama editor HTML. Semua fungsi alat ini bertanggung jawab untuk memastikan fungsionalitas kode tertulis dan mencegah kesalahan pengetikan.

Misalnya, jika Anda lupa menyertakan end tag </ dalam elemen kode, editor akan mengingatkan Anda. Kami menyarankan Anda memiliki lebih dari satu editor agar Anda tidak lupa sesuatu secara tidak sengaja saat menulis kode.

Ada dua jenis editor, yaitu WYSIWYG editor dan tekstual. Pertama-tama kita akan membahas editor WYSIWYG dan terakhir editor HTML tekstual.

Editor HTML Tekstual dan WYSIWYG Editor

WYSIWYG

WYSIWYG adalah adalah singkatan dari What You See Is What You Get. Editor ini menyediakan editing interface yang menampilkan tampilan kode pada halaman web aktif.

Anda tidak perlu mengetahui pengkodean atau bahasa pemrograman lainnya untuk menggunakan editor WYSIWYG, ini adalah alat alternatif yang sempurna untuk pemula atau mereka yang tidak tahu banyak tentang pengkodean.

Editor HTML Tekstual

Seperti namanya, HTML editor tekstual adalah editor berbasis teks. Untuk menggunakan editor jenis ini, Anda perlu memahami HTML terlebih dahulu.

Semua editor memiliki banyak fungsi yang tersedia, termasuk membuka file, baik itu file single, keseluruhan proyek, atau beberapa proyek. Jika menggunakan editor berbasis teks, Anda tidak bisa langsung melihat hasilnya pada halaman yang aktif (live preview).

Dengan menggunakan alat pengeditan jenis ini, Anda dapat memiliki kontrol lebih besar dan mengatur opsi berbeda. Anda juga berhak mengoptimalkan website Anda agar muncul di mesin pencari.

Misalnya, Anda dapat membuat situs web menggunakan HTML seperti yang direkomendasikan oleh Web Content Accessibility Guidelines (WCAG), sehingga orang tanpa akses login pun dapat melihat dan membaca konten situs web Anda.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

13 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

14 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

15 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

2 days ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

2 days ago

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah "reboot". Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan,…

2 days ago