HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
internet

Penasaran Apa Itu Microsite? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Strategi pemasaran yang sering digunakan saat ini adalah pembuatan microsite. Namun selain membangun brand awareness, Anda juga harus memanfaatkan hal lain secara maksimal dalam pemasaran Anda. Di bawah ini kami akan menjelaskan secara detail apa itu microsite dan memberikan contohnya.

Apa Itu Microsite?

Microste adalah situs web terpisah yang memiliki domainnya sendiri dan oleh karena itu terpisah dari situs web inti. Dalam istilah awam, microsite adalah situs mini bagi merek Anda untuk mencapai tujuan tertentu.

Microsite biasanya memiliki URL yang berbeda dengan situs web utama. Faktanya, tampilan dan nuansa situs web Anda serta kontennya bisa sangat berbeda dari situs web utama milik brand.

Meskipun microsite ini dibuat untuk campaign brand, microsite ini juga dapat membantu Anda mengirimkan konten yang disesuaikan dengan target audiens Anda. Sederhananya, dengan membuat microsite untuk meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. Keistimewaan microsite adalah biasanya tidak berisi informasi spesifik seperti about us atau the team di halaman web.

Contoh Microsite

1) YearInMusic.Spotify.com 

Contoh microsite yang pertama adalah YearInMusic.Spotify.com. Microsite ini berfungsi sebagai pengingat berapa banyak lagu yang Anda dengarkan melalui aplikasi Spotify selama setahun. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah ini merupakan microsite yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna.

Alasannya adalah melalui YearInMusic.Spotify.com Anda dapat membuat ringkasan pribadi yang menggabungkan detail spesifik. Lagu pertama yang diputar, artis top berdasarkan musim, waktu yang dihabiskan untuk mendengarkan musik di aplikasi Spotify, dan banyak lagi. Tentunya bagi pengguna internet, berbagi lagu terbaiknya kepada orang lain merupakan sebuah pengalaman baru dan unik.

Microsites juga memudahkan berbagi konten dengan tombol otomatis di pojok kanan bawah layar.

2) DangersOfFracking.com

Untuk membangun dukungan terhadap FRAC Act (Fracturing Responsibility and Awareness Act), Desainer Interaksi dan Industri Linda Dong membuat microsite yang mengkomunikasikan bahaya rekahan hidrolik.

3) UrWhatUPost.com

Contoh lain dari microsite adalah UrWhatUPost.com yang menunjukkan jumlah percakapan di media sosial kepada orang-orang. Percakapan di media sosial mencakup diskusi mengenai pola makan yang sehat dan tidak sehat. Hal ini biasanya melibatkan pengumpulan hashtag #UrWhatUPost, melacak jenis makanan yang dibagikan di media sosial, dan membandingkan makanan sehat dan tidak sehat.

Tujuan dari website ini adalah untuk mengubah cara berpikir dan memposting orang tentang makan sehat. Bolthouse Farms pemilik microsite ini membuktikan bahwa situs yang berani menampilkan berbagai warna, animasi, serta kata dan angka yang inspiratif juga mampu menarik perhatian banyak orang.

4) Dominosdxp.com

Microsite ini dibuat oleh Domino’s Pizza untuk memperkenalkan mobil pengiriman pizza yang disebut DXP. Domino’s Pizza akhirnya memutuskan untuk membuat microsite ini karena mereka ingin memodifikasinya khusus untuk pengiriman pizza.

Untuk meningkatkan pelayanan, Domino’s Pizza telah menambahkan oven, ruang penyimpanan pizza, dan ruang penyimpanan khusus saus dan minuman di pintu samping kiri mobil.

Mereka meluncurkan microsite domino’s dxp.com untuk memamerkan kehebatan dan memperkenalkan mobil terbarunya, sebagai brand awareness. Selain itu, microsite yang dibuat sangat bagus karena menampilkan animasi yang membantu pelanggan mengenal mobil DXP lebih baik.

5) EmojiTracker.com

Microsite yang dibuat oleh Matthew Rothenberg, mantan Kepala Produk di Flickr dan Bitly, sebagai eksperimen pelacakan real-time dari semua emoji yang digunakan di Twitter.

Microsite yang satu ini melibatkan pengunjung dalam gerakan Underwood dan membantu menggalang dukungan untuk isu-isu “penting” seperti ketidaksetaraan, ketidakadilan, dan hak asasi manusia.

6) WhatTheF*ckShouldIMakeForDinner.com

Layout microsite satu ini sangat sederhana. Cukup dengan memiliki tema hitam putih sederhana dan gunakan huruf besar semua untuk menyajikan kata-kata ajakan kepada Anda.

7) Inside.Chanel.com

Perlu Anda ketahui juga bahwa Chanel juga membuat microsite untuk meningkatkan brand awareness dan menyebutnya sebagai Inside Channel. Dengan mengakses microsite, Anda dapat melihat kembali produk lama, tokoh, lokasi pemotretan, dan banyak lagi yang menjadi saksi sebuah kesuksesan.

Anda juga dapat melihat foto dan video dalam format bab atau chapter. Apabila diperhatikan secara baik-baik, pada tampilan seperti produk ini dapat memberikan kesan simpel dan elegan.

8) BurgerBff.com

Ini adalah microsite yang dibuat oleh orang-orang di Mellow Mushroom, waralaba restoran pizza yang didirikan di Atlanta, Georgia. Tujuan pembuatan microsite ini adalah untuk mendukung kampanye Burger BFF. Kampanye ini diluncurkan untuk menarik perhatian terhadap menu baru.

Mellow Mushroom sendiri menggunakan microsite untuk mempromosikan sebuah kontes, memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk memenangkan perjalanan pulang pergi ke Denver atau Seattle bersama sahabat mereka. Dan dengan cara yang sangat lucu dan menarik.

Misalnya, salah satu bagian situs mengundang pengunjung untuk mengikuti kontes berbagi foto burger terbaik mereka di Instagram menggunakan tagar #BurgerBFF. Tapi bukan itu saja. Situs ini juga menawarkan beberapa cara interaktif dan menarik untuk berpartisipasi dalam kontes, termasuk kuis dan generator bercerita bergaya Mad Libs.

9) Nytimes.com

The New York Times Magazine menawarkan kepada pengguna microsite yang benar-benar unik yang memungkinkan mereka menjelajahi jalanan New York dari jarak jauh atau secara virtual.

Situs ini menggunakan data dari Google Maps untuk membawa Anda melakukan tour mendalam ke kawasan paling populer di kota ini dan mempelajari lebih lanjut tentang beberapa lokasi paling bersejarah di The Big Apple.

10) Ahumanproject.com

Tim inovator ini bekerja untuk mencari solusi permasalahan sosial seperti pendidikan dan kesehatan. Dan memberikan wawasan singkat namun terfokus tentang apa yang sebenarnya direncanakan oleh microsite di masa depan.

Ini adalah situs kecil yang sangat efektif. Hanya video dan beberapa paragraf pernyataan misi yang Anda perlukan untuk mendapatkan gambaran bagus tentang apa tujuan mereka.

11) Loveandpower.com

Untuk menyoroti bahwa microsite dapat digunakan di industri apa pun, lihat bagaimana tim pemasaran artis musik Halsey menggunakannya untuk album dan tur mendatangnya. Situs web ini menampilkan video musik terbarunya dan tanggal tur, serta pra-penjualan untuk album barunya Manic. Semua media sosial terhubung ke website dan ada juga tombol yang membawa Anda ke toko merchandise resmi.

Hal ini sepertinya merupakan hal biasa bagi seorang musisi, namun yang membuat website Halsey berbeda adalah dia membuat website baru setiap kali merilis album baru. Mereka semua mempunyai gaya dan merek mereka sendiri, sesuai dengan reputasinya dalam menciptakan cerita dan dunia di sekitar albumnya.

Ini adalah cara yang sangat sukses untuk memberikan informasi dan produk yang mereka cari dengan cepat kepada penggemar, sekaligus memberikan informasi mendetail tentang topik album individual.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Tak Kalah Keren! Intip Platform Blogging Menarik Ini

Selain 3 platform blog populer yang sudah dikulik sebelumnya, ini dia  beberapa platform blogging lain…

9 hours ago

Mengoptimalkan Proses ETL untuk Analisis Data yang Efektif

Pada saat anda terjun ke dunia data science atau big data, maka anda kan menemukan…

9 hours ago

Rekomendasi Slogan Generator untuk Menciptakan Tagline Menarik

Jika Anda seorang pebisnis, Anda mungkin ingin perusahaan Anda selalu diingat ketika pelanggan memikirkan produk…

1 day ago

Ingin Mencoba Blogging? Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangan Platform Blog Populer

Selain mencari hosting, domain, dan TLD terbaik, memilih platform blogging adalah salah satu aspek terpenting…

1 day ago

Moodle: Panduan untuk Pemula dalam Dunia E-Learning

Membuat kursus pembelajaran online kini bukan lagi hal yang sulit. Saat ini sudah banyak platform…

1 day ago

Situs Web Freelancer Terpopuler dan Kreatif

Masih kurang puas dengan rekomendasi situs freelance sebelumnya? Tenang saja, kami masih ada beberapa rekomendasi…

1 day ago