HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Teknologi 5G Dan Kecanggihannya

Pada perkembangannya,Kebutuhan internet dengan koneksi yang cepat kini membuat para ahli tertantang untuk memberikan inovasi terbaru.Penemuan teknologi 5G menjadi salah satu hal yang cukup menghebohkan setelah sebelumnya teknologi 4G LTE seakan menggeser teknologi 3G dari peradaban dunia.Lalu bagaimana perkembangan dari teknologi 5G ini?

Perkembangan Teknologi 5G

Teknologi 5G di Indonesia tidak lepas dari penemuan yang dilakukan oleh para ahli di bidang IT.Penemuan-penemuan ini sengaja dilakukan untuk mendukung perkembangan zaman ke arah lebih modern lagi daripada sebelumnya.Jaringan 5G saat ini belum banyak digunakan oleh masyarakat.Harga yang dipatok pada sebuah gadget sekelas 5G masih pada kisaran harga yang mahal.Hal ini karena teknologi sangat baru dan penawaran yang diberikan apabila digunakan lebih canggih dibandingkan dengan teknologi 4G LTE. Harga yang sangat mahal tentu membuat masyarakat belum seluruhnya mampu untuk memiliki teknologi 5G.

Pengertian Teknologi 5G

Jaringan 5G merupakan jaringan generasi kelima dari teknologi wireless broadband setelah 4G LTE yang dianggap sebagai teknologi yang paling cepat.Teknologi 5G sangat membantu bagi masyarakat dalam hal transfer data.Sehingga dapat dipastikan nasib dari teknologi 4G LTE di masa depan akan ditinggalkan dan berpindah kepada teknologi 5G yang lebih canggih.Teknologi 5G bisa mentransfer data lebih cepat daripada teknologi 4G LTE. Kecepatan yang dihasilkan bahkan mencapai puluhan gigabite per detik.Sehingga bisa dipastikan kalian akan merasakan penggunaan transfer data yang sangat cepat ketika menggunakan 5G.

Teknologi 5G sendiri merupakan sebuah perangkat aturan dasar teknis yang menentukan sebuah cara kerja dari jaringan seluler. Antara lain yang menjadi bagian dari teknologi ini adalah frekuensi radio yang digunakan dan bagaimana komponen chip komputer serta antena yang menangani sinyal radio, bertukar data. Beberapa hal tersebut adalah keunggulan yang dimiliki oleh teknologi ini.

Penggunaan ponsel yang sampai hari ini sudah sangat banyak sekali digunakan membuat banyak pula para ahli yang setuju dengan rangkaian spesifikasi baru untuk jaringan seluler.Maka tak mengherankan apabila para ahli IT selalu berupaya untuk menemukan teknologi-teknologi baru yang di kembangkan untuk mendukung terselenggaranya pemakaian ponsel yang lebih baik.

Kecepatan Teknologi 5G

Pada umumnya,kecepatan menjadi salah satu bagian paling penting dan menjadi titik utama dari teknologi.Teknologi 5G mengklaim bisa memberikan sebuah keunggulan yang ada pada kecepatan yang akan dihasilkan nantinya.Salah satu keunggulan yang dimiliki dari teknologi 5G terletak pada kecepatan transfer data.Namun jawaban dari kecepatan teknologi ini dapat diakses secepat apa,tergantung dimana posisi kediaman kalian.Seperti layanan 4G layanan ini juga membutuhkan posisi lokasi dimana kalian tinggal.

Jika tinggal di wilayah perkotaan dan wilayah itu,sudah bisa diakses oleh layanan 5G,maka dapat merasakan kecepatan luar biasa.Apabila tinggal di lokasi yang belum memakai layanan 5G maka,belum bisa merasakan kecepatan penggunaan teknologi 5G ini.Selain itu,layanan nirkabel dan kapan kalian mengambil 5G plunge juga menjadi salah satu jawaban apabila ingin mengetahui seberapa cepat teknologi 5G.

Dari pembuat chip nirkabel bernama Qualcomm,kecepatan download yang dihasilkan dari teknologi 5G mencapai puncak ketika sudah memasuki 4,5 giga per detik dengan kecepatan median awal sekitar 1,4 gigabit.Maka dipastikan bahwa menggunakan layanan ini adalah pilihan yang tepat.Kecepatan 5G lebih cepat 20 kali lipat dari pada ketika kalian menggunakan 4G.Ketika download sebuah film kalian hanya akan membutuhkan waktu cukup singkat apabila memakai layanan 5G.

Cara Kerja Teknologi 5G

Teknologi 5G menjadi jenis teknologi baru yang memiliki prospek atau branding bagus di dunia,khususnya jika diterapkan di Indonesia.Kelebihan dari teknologi 5G ini dapat membantu mendatangkan manfaat yang bisa digunakan oleh konsumen.Dengan berkembangnya teknologi ini,maka tidak menutup kemungkinan ada sebuah branding bisnis baru yang akan muncul selaras dengan kemunculan teknologi ini.Dengan kelebihan teknologi yang menghasilkan kecepatan super cepat maka teknologi 5G kemudian mulai dikembangkan di seluruh dunia.

Cara kerja teknologi 5G yakni dengan memanfaatkan latensi yang sangat rendah dan konektivitas yang tidak tertandingi.Sehingga 5G memiliki layanan pada pengguna dengan hasil super cepat.Maka dari itu branding bisnis dan penggunaan pada pengguna juga bertambah pesat seiring dengan adanya perkembangan dari layanan 5G ini.Latensi yang rendah dan konektivitas yang tidak tertandingi ini sebenarnya terjadi karena layanan 5G bekerja sama dan menggunakan teknologi seperti eMBB (enchanced Mobile Broadband),URLLC (Ultra Reliable & Low Latency Comunications) dan Mmtc (MASSIVE Machine-Type Communications).Dari teknologi-teknologi tersebut,layanan teknologi 5G menjadi branding yang luar biasa dengan kecepatan tinggi yang dimiliki.

Pemanfaatan teknologi tersebut membawa dampak luar biasa bagi layanan 5G.Dalam layanan 5G sendiri investasi yang sangat besar dibutuhkan. Namun mengingat pada keuntungan yang dihasilkan yang lumayan besar,banyak ahli menyatakan bahwa investasi tersebut merupakan hal yang wajar meski harus mengeluarkan dana yang lumayan besar.

Kapan Teknologi 5G Akan Rilis ?

Kapan bisa menggunakan teknologi 5G tentu bersumber pada siapa penyedia layanan yang dipilih saat ini untuk digunakan.Lokasi tempat kalian tinggal juga berpengaruh tinggi.Beberapa yang sudah hadir di Indonesia,misalnya dari AT&T,perusahaan tersebut telah memperkenalkan layanan seluler pada teknologi ini di setiap pasar di Amerika Serikat pada akhir tahun 2008.

Namun,ternyata hal ini belum bisa berjalan dengan sempurna karena terdapat hambatan dan kurangnya smartphone yang memiliki support layanan 5G.Selanjutnya seperti pada perusahaan Verizon,perusahaan tersebut memiliki sebuah planning khusus untuk meluncurkan sebuah jaringan 5G pada tahun 2018.Sprint dan T-Mobile berencana menyebarkan pada tahun 2019.

Namun,saat ditelusuri lebih jauh,beberapa perusahaan tersebut juga tidak bisa memastikan kapan tanggal secara pasti teknologi 5G dapat berkembang dan tersebar di seluruh penjuru dunia atau khususnya negara atau lokasi yang menjadi target mereka.Memang untuk mengetahui secara pasti kapan teknologi 5G akan hadir dan merambah pada seluruh bagian penjuru dunia atau khususnya di Indonesia bukanlah sesuatu hal yang mudah.Hal ini karena banyak faktor lain yang melatar belakangi ketersediaan layanan ini pada kehidupan masyarakat luas.Banyak faktor yang harus diperbaiki terlebih dahulu untuk menemukan sebuah titik terang.Selain itu agar hambatan yang selama ini muncul dapat teratasi terlebih dahulu.

Kecanggihan Pada Teknologi 5G

1.Memiliki Kecepatan Koneksi Yang Tinggi

Setelah perilisan teknologi ini,banyak provider baru mulai muncul dengan menggunakan teknologi 5G.Teknologi yang sempat booming beberapa tahun sebelumnya yaitu 4G LTE bahkan mulai dibatasi penggunaannya.Hal ini karena banyak perusahaan provider dan telekomunikasi mulai beralih untuk menggunakan teknologi 5G.Karena layanan yang diberikan kepada pengguna berimbas juga pada perusahaan mereka.Ketika suatu perusahaan provider telah menyediakan layanan ini,maka perusahaan provider lainnya harus mengikuti perkembangan yang dilakukan oleh provider tersebut.Ini sama halnya dengan penggunaan layanan 5G yang mulai banyak sekali di pakai oleh provider di Indonesia.

Layanan 5G ternyata sudah diuji coba sejak tahun 2017 di Indonesia.Sehingga layanan ini pasti memiliki kecepatan yang tinggi karena sebelumnya telah diuji coba dan berhasil.Kecanggihan yang di tawarkan oleh layanan 5G ini tentunya terletak pada kecepatan transfer data yang diberikan.Akses data lebih cepat sehingga para pengguna semakin merasa mendapatkan layanan yang super nyaman dan kemudahan yang tinggi.

2.Teknologi Yang Memiliki Kecepatan Unduh Tinggi

Kebanyakan orang pasti tidak suka apabila sedang mendownload sesuatu namun download yang dilakukan sangat lambat.Maka dari itu layanan 5G memberikan kemudahan melalui koneksi yang dikatakan sangat cepat tersebut.Teknologi 5G menggunakan sebuah spektrum dalam rentang frekuensi LTE antara 600 MHz hingga 6Ghz.Sehingga bisa dibayangkan betapa cepat teknologi 5G ini dapat dipakai dan digunakan untuk memenuhi keinginan dari para pengguna agar selalu mendapatkan hasil yang maksimal dalam menggunakan layanan 5G ini.

Kecepatan yang ditawarkan oleh layanan 5G sebenarnya diklaim 20 kali lebih cepat dari pada penggunaan pada teknologi 4G.Perkembangan 5G sampai hari ini adalah karya NASA pada tahun 2008.Setelahnya negara Korea Selatan mulai tertarik mengembangkan layanan 5G ini. Sehingga dilakukan sebuah riset tentang teknologi dan layanan 5G ini apabila digunakan oleh masyarakat.

3.Hemat Daya Saat Digunakan

Pada penggunaan 5G,layanan ini memberikan sebuah branding kepada penggunanya untuk mendapatkan layanan yang tidak terlalu banyak mengambil daya pada ponsel.Sehingga saat digunakan pun layanan 5G tidak akan membuat daya baterai ponsel cepat habis meskipun pada saat bekerja layanan 5G ini memberikan sebuah hasil yang cepat,tapi dia tidak menyerap daya yang ada di ponsel kalian untuk terus berkurang dan cepat habis.Layanan 5G menggunakan sebuah sistem sel yang membagi wilayah menjadi sektor-sektor dan mengirim data yang disandikan pada sebuah gelombang radio.Maka dari itu,setiap sel yang ada kemudian terhubung ke situs backbone jaringan.Hal ini kemudian saling berkoneksi kepada kabel dan nirkabel.

Dengan cara kerja yang demikian,banyak orang yang mengira bahwa kecepatan yang dimiliki akan berimbas pada daya pada ponsel yang cepat habis.Namun justru hal lain atau sebaliknya yang akan didapatkan yaitu layanan 5G mengklaim bahwa dengan menggunakan layanan ini maka ponsel akan hemat daya.Jaringan 5G sendiri menggunakan jenis pengkodean OFMD yang hampir mirip dengan pengkodean yang ada pada jaringan 4G LTE.

4.Menjadi Layanan Membuat Provider Berpendapatan Tinggi

Sebelum mendapatkan pendapatan yang sangat tinggi,perusahaan juga perlu melakukan sebuah investasi dengan dana yang bisa dikatakan sangat besar.Sehingga pastinya perusahaan akan membutuhkan pendaapatan yang tinggi pula untuk mengembalikan uang hasil investasi yang telah di keluarkan selama itu.

Internet telah berkembang semakin luas dan menjadi kebutuhan utama seluruh masyarakat.Maka dari itu kesempatan ini tentunya dimanfaatkan oleh para provider di Indonesia untuk memberikan sebuah iklan khusus terkait kecanggihan yang dimiliki oleh layanan 5G.Kecepatan yang ditawarkan oleh layanan ini dapat mengubah dunia meskipun memiliki dampak positif yang lumayan banyak namun penggunaan yang berlebihan pada sebuah teknologi juga tidak baik.

Beberapa bidang lain juga terbantu dengan adanya layanan 5G ini.Layanan ini memberikan sebuah manfaat.Dengan segala manfaat yang dimiliki tersebut maka perusahaan provider berupaya untuk mewujudkan layanan ini pada setiap layanan yang diberikan kepada masyarakat.Investasi secara besar-besaran juga diberikan secara khusus untuk membuat teknologi ini benar-benar dapat diterapkan di Indonesia.Hal ini juga selaras dengan hasil yang akan di berikan nantinya.

Manfaat Adanya Teknologi 5G

1.Manfaat 5G Pada Bidang Kesehatan

Kecepatan akses di bidang kesehatan menjadi salah satu manfaat yang bisa diberikan oleh teknologi 5G.Dalam dunia kesehatan pemanfaatan internet yang tinggi diperlukan dengan kecepatan yang ditawarkan tersebut,maka dokter akan semakin cepat dalam melakukan pemeriksaan kesehatan.Saat ini segala hal membutuhkan koneksi internet begitu juga dalam dunia kesehatan.Tenaga kesehatan memanfaatkan hal ini tentu sebagai sarana dalam memudahkan pasien menerima sebuah layanan yang mereka lakukan.Dalam beberapa hal di bidang kesehatan teknologi ini memiliki sifat sangat membantu.

Contoh : saat pemeriksaan kesehatan,operasi dan bedah jarak jauh bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi 5G.Teknologi ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi maka wajar apabila penggunaan pada bidang kesehatan akan membuat banyak terobosan baru yang mungkin muncul.

2.Manfaat 5G Pada Bidang Keamanan Lalu Lintas

Dengan internet yang memiliki kecepatan tinggi,maka komunikasi yang dilakukan antara satu orang dengan orang lain bisa menjadi lebih lancar.Teknologi seperti drone tentunya bisa menjadi salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan sebuah patroli lalu lintas dengan melalui jalur udara.Disini sebuah drone akan menghasilkan sebuah gambar hasil rekaman atau sebuah hasil live streaming dengan kecepatan tinggi yang bisa dipantau oleh polisi. Sehingga hasil yang akan didapatkan adalah hasil yang maksimal.

Layanan 5G mampu mendukung sebuah resolusi 8K sehingga akan memberikan sebuah tampilan video dengan resolusi yang cukup tinggi. Detail gambar yang ditawarkan juga memiliki sebuah kualitas yang sangat tinggi.5G sendiri merupakan sebuah teknologi yang bisa dipakai untuk memberikan hasil pantau dengan sangat jelas.Sehingga setiap pelanggar yang melanggar akan terekam jelas dan sudah pasti bisa diketahui oleh polisi yang bertugas sebagai penjaga.Hal ini di kemudian hari bisa ditingkatkan lagi dengan kerja sama bersama teknologi-teknologi lainnya yang memiliki tingkat modernitas yang tinggi.Jadi bisa diaplikasikan pada penggunaan keamanan lalu lintas yang baik.

3.Manfaat 5G Pada Bidang Kebersihan

Kedatangan 5G sebagai sebuah teknologi sangat berperan penting dalam hal ini.Dengan sebuah kecanggihan di bidang kecepatan akses maka informasi dapat diterima secara cepat dari satu orang ke orang lain.Sehingga ketika informasi dapat tersampaikan secara cepat penanganan yang lebih baik untuk sebuah kebersihan lingkungan akan mulai teratasi.Smart Trash Bin pada ponsel Hawaii merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan layanan kebersihan dengan memanfaatkan teknologi 5G.Petugas kebersihan akan semakin mudah untuk mengerjakan dan membersihkan lingkungan dengan memanfaatkan aplikasi ini.Kemampuan untuk melakukan monitoring yang sangat cepat membuat petugas tidak akan kesulitan dalam melakukan pendataan terkait berat sampah yang akan diangkut.

Petugas akan semakin dimudahkan dalam pengambilan sampah sehingga tidak perlu lagi untuk datang ke tempat dimana sampah tersebut ada. Selain itu petugas hanya tinggal menunggu aplikasi tersebut bekerja untuk memberikan data kapan sampah harus diangkut. Hal ini tentunya sangat memudahkan bagi petugas kebersihan yang sedang bekerja bukan.

4.Manfaat 5G Pada Bidang Perikanan

Teknologi 5G akan bekerja untuk memberi tahu bagaimana kondisi air kepada nelayan.Jadi disini harus ada sebuah aplikasi khusus yang membantu agar layanan 5G bisa digunakan secara maksimal. Perlu adanya sebuah penemuan terbaru pada sebuah aplikasi yang bisa dijadikan sebagai alat untuk melihat bagaimana kondisi di dalam air serta kapan waktu yang tepat untuk memberi makan seekor ikan.

Layanan ini tentunya akan memakai sebuah layanan dari 5G.Layanan 5G yang dipakai nantinya akan memberikan sebuah kondisi hasil yang sangat baik karena bantuan dari layanan yang diberikan oleh 5G.Teknologi buatan atau aplikasi 5G bisa digunakan oleh nelayan atau peternak dalam melakukan monitoring kesehatan ikan dan pemeliharaannya.Sehingga hasilnya tentu akan lebih akurat.Pada bidang perikanan,layanan 5G akan memberikan sebuah hasil yang maksimal untuk seorang peternak dan nelayan.Hal ini tentu akan memberikan kemudahan untuk mengurangi beban manusia dalam melakukan sebuah pekerjaan.Selain itu dengan adanya teknologi ini maka hasil yang maksimal bisa diperoleh oleh seorang petani atau nelayan ikan.

5.Manfaat 5G Pada Bidang Penyiaran

Menggunakan teknologi 5G juga sangat berpengaruh dalam dunia penyiaran,dimana alat yang biasa harus dibawa dan dipakai pada saat melakukan penyiaran bisa di minimalisir menjadi lebih sederhana,sehingga sebagai orang-orang yang berada di balik penyiaran,kita juga akan merasa bahwa beban yang biasa di alami akan semakin ringan.Beban pengeluaran atau biaya yang dikeluarkan pun lebih rendah apabila memanfaatkan teknologi 5G.

Dengan adanya teknologi 5G,maka banyak hal-hal yang baru dan bisa dilakukan tanpa memanfaatkan banyak sekali personil tambahan. Sehingga tugas mereka tergantikan dengan layanan 5G.Banyak sekali hal-hal baru atau teknologi baru yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi 5G sebagai gantinya.Menggunakan teknologi ini akan mengurangi beban sebuah perusahaan dalam mengeluarkan uang yang lebih banyak dari pada biasanya.

Nah itulah penjelasan mengenai Teknologi 5G,semoga teknologi ini lekas terlaksana di Indonesia,agar semakin memudahkan bagi khalayak umum 🙂 Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

11 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

15 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago