HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Microsoft Office 365 : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Serta Manfaat Bagi Bisnis

Pengertian Microsoft Office 365

Microsoft office selalu meluncurkan program program terbarunya, hal ini membuktikan di jaman yang semakin modern ini microsoft office tetap menunjukkan eksistensinya. Salah satu program microsoft office terbaru yang belum lama dirilis yaitu office 365.

Microsoft Office 365 adalah satu paket aplikasi yang terdiri dari : Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Publisher dan Access. Yang membedakan Microsoft Office 365 dengan Office biasa adalah fitur Office 365 selalu up to date. Sedangkan pada Office biasa, jika ingin mendapat fitur terbaru harus beli Office versi terbaru. Office 365 cocok banget bagi yang menyukai tambahan fitur baru terus menerus.

Selain itu, Office 365 adalah aplikasi yang pas bagi yang membutuhkan aplikasi Office yang bisa dipasang di berbagai perangkat dan saling terhubung satu sama lain. Sebagai tambahan, jika membutuhkan layanan cloud storage yang besar, disarankan memilih Office 365.

Paket Program Lengkap Microsoft Office 365

  • Microsoft office professional plus, paket original pada office 365 yang merupakan program office seperti microsoft word, excel, access, powerpoint, publisher, dll.
  • Exchance online adalah bagian dari paket program office 365 yang digunakan sebagai tempat pertukaran informasi. Program ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan sebesar 50 GB yang memungkinkan dapat diisi untuk menyimpan hasil kerja. Bahkan hasil kerja ini bisa diakses dengan mudah secara fleksibel.
  • Lync online merupakan program office 365 yang berguna untuk melakukan komunikasi antar pengguna dengan menyimpan kontak pengguna. Pada program lync online ini digunakan untuk bertukar informasi dan berbagi informasi maupun hasil kerja antar pengguna.
  • Share point online adalah program office 365 yang digunakan sebagai wadah untuk mengerjakan sesuatu secara bersama sama dengan pengguna lain dan melakukan share dengan mudah antar pengguna. Bahkan hasil kerja ini bisa diakses dimanapun anda berada dengan mudah.
  • Office 365 Home. Pembaruan langganan otomatis 1 tahun, Untuk 5 PC atau Mac, 5 tablet termasuk iPad, Android atau Windows, plus 5 telepon, Versi penuh dan terinstall Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote, dll, Penyimpanan awan 1TB per pengguna untuk hingga 5 pengguna, Akses berkelanjutan ke pembaruan.
  • Office 365 Personal, Pembaruan langganan otomatis 1 tahun, Untuk 1 PC atau Mac, 1 tablet termasuk iPad, Android, atau Windows, plus 1 telepon, Versi penuh dan terinstall Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote, dll, Penyimpanan awan 1TB, Akses berkelanjutan ke pembaruan.

Harga Microsoft Office 365

Microsoft Office 365 dapat dipakai di 5 komputer berbeda (bisa PC atau Mac) dengan satu harga. Setidaknya ada tiga versi, Office 365 Small Business Premium, Office 365 Enterprise dan Office 365 ProPlus.

Jika menginginkan semua kelebihan Office 365 bisa membayar Rp 119.999 per bulan, atau Rp 1.199.999 per tahun. Tidak masalah apakah hanya menggunakannya di satu komputer atau 5 komputer, tetap membayar dengan biaya sejumlah itu.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office 365

Apa saja kelebihan dan kekurangan Office 365. Meski dilihat dari segi harga lebih murah dan fiturnya selalu up to date, namun Office 365 tetap memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding Office biasa.

1. Kelebihan Microsoft Office 365

  • Lebih Lengkap. Selain dapat aplikasi Office standar, dapat cloud storage OneDrive 1TB dan Skype 60 menit per bulan.
  • Fiturnya Selalu Up to Date. Fitur Office 365 selalu diperbarui secara otomatis. Fitur terbaru tersebut bisa langsung dinikmati tanpa membayar biaya tambahan
  • Bisa Dipakai di Semua Perangkat. Tidak cuma bisa dipakai di 1 PC, bisa dipakai dan install Office 365 di laptop Windows, laptop macOS, smartphone dan tablet.
  • Bonus Cloud Storage 1 TB. Memudahkan untuk simpan data dan mengakses dari mana saja dan kapan saja. Tidak perlu membawa flashdisk atau hardisk lagi.
  • Dukungan penuh. Pengguna Office 365 akan mendapat dukungan bantuan baik melalui email, telepon, atau chat.

2. Kekurangan Microsoft Office 365

  • Lebih Mahal. Karena sifatnya berlangganan harus membayar per bulan atau per tahun. Sementara itu, walau Office biasa lebih mahal namun bisa dipakai selamanya. Jika ingin yang lebih ekonomis lebih baik pilih Office biasa
  • Membutuhkan Jaringan Internet. Untuk mendapatkan performa maksimal dan fitur yang up to date, Office 365 harus terus menerus terhubung ke internet. Jika tidak, lebih baik pilih Office biasa.

Manfaat Microsoft Office 365 Bagi Bisnis

Dengan Microsoft 365, bisnis bisa menghubungkan karyawan ke orang, informasi dan konten yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan terbaik dari perangkat apa pun. Microsoft Office 365 for Business lebih dari sekadar Microsoft Office di cloud. Ini menawarkan banyak manfaat untuk bisnis, membantu pertumbuhan, menghemat uang untuk beberapa nama. Berikut manfaat Microsoft 365 untuk bisnis :

  • Skalabilitas

Office 365 memberi fleksibilitas untuk skala bisnis dengan cepat karena dapat berkembang bersama. Bisnis memiliki kemampuan untuk mencampur dan mencocokkan aplikasi untuk membuat solusi kustom sendiri untuk setiap pengguna atau departemen dan mudah untuk menambahkan atau menghapus pengguna hanya dengan menambahkan atau menghilangkan lisensi. Karena dapat meningkatkan sesuai kebutuhan, tim dapat terus bekerja dengan alat yang mereka kenal saat berkembang, tidak perlu mengubah ke sistem baru atau beradaptasi dengan alat baru.

  • Tanpa batasan

    Salah satu manfaat utama Office 365 adalah kemampuan untuk bekerja dari mana saja selam memiliki konektivitas internet. Karena sepenuhnya berbasis cloud, email, file dan program Office (termasuk Word, PowerPoint, Excel, dll) dapat diakses dari lokasi mana pun dan perangkat apa pun. Dapat membuat, mengedit, dan berbagi dari PC, Mac, atau perangkat iOS, Android, atau Windows dengan siapa pun secara real time. Ini sangat bermanfaat bagi perusahaan dengan banyak lokasi, karyawan jarak jauh, atau karyawan yang sering bepergian.

  • Kemudahan kolaborasi kerja

    Setiap orang yang perlu berkontribusi atau mengedit dokumen, atau spreadsheet, presentasi, dll, dapat mengerjakan versi yang sama dan mendapatkan perubahan waktu nyata (real-time) daripada memiliki banyak salinan. Pembuatan versi juga disertakan jika perlu kembali ke versi yang lebih lama. Selain itu, dengan video HD multipartai, kalender bersama dan obrolan tim, anggota tim akan selalu sinkron.

  • Model berbasis langganan untuk pertumbuhan bisnis yang scalable

    Office 365 memberi fleksibilitas yang ditingkatkan dan dapat mempercepat skala seperti halnya bisnis. Sebagai permulaan akan dapat mencampur dan mencocokkan aplikasi bisnis untuk membuat solusi kustom sendiri untuk memenuhi kebutuhan yang tepat dari setiap pengguna atau departemen. Salah satu manfaat utama model berbasis langganan Office 365 adalah dapat menambahkan atau menghapus pengguna hanya dengan menambahkan atau menghapus lisensi.

Jika seorang karyawan pergi dapat berhenti membayar perangkat lunak sebagai layanan daripada terus membayar akun yang tidak lagi digunakan. Jika karyawan baru bekerja dapat menambahkan akun baru tanpa harus mengubah seluruh sistem. Tanpa harus membuat komitmen permanen untuk lisensi perangkat lunak untuk setiap karyawan, bisnis dapat ditingkatkan dengan cara yang disederhanakan dan hemat biaya.

  • Kolaborasi bisnis yang efisien

    Jika memiliki banyak karyawan jarak jauh dalam bisnis, kolaborasi dapat terganggu ketika setiap anggota tim tidak bekerja dari lokasi yang sama. Tanpa interaksi tatap muka yang konstan, karyawan akan memerlukan akses ke alat kolaborasi bisnis modern yang memungkinkan untuk bertukar pikiran, bekerja sama dalam sebuah proyek, atau melakukan pengeditan dan persetujuan dari jarak jauh dan waktu nyata. Karena Office 365 adalah layanan berbasis langganan yang menggunakan fitur konektivitas online, fitur kolaborasinya dirancang dengan mempertimbangkan pekerja jarak jauh.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

7 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago