HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu GSM dan CDMA?

Pengertian GSM

GSM kepanjangan dari Global System For Mobile merupakan teknologi komunikasi seluler yang bersifat digital dan dapat mengirimkan data pada sebuah slot waktu tertentu.

Sejarah GSM

Jaringan GSM diciptakan Tahun 1982 dari pertemuan para ahli komunikasi tingkat tinggi pada Konferensi European Conference of Postal and Telecommunications Administrations.Awalnya pertemuan ini memiliki tujuan mengatasi infrastruktur seluler di Eropa,tapi kemudian meluas ke negara lain dengan cepat.Banyak standar dan prosedur operasional jaringan GSM diterbitkan dalam jurnal tahunan,membantu merampingkan protokol komunikasi dari satu sistem ke sistem lainnya.Pengguna GSM pun semakin lama semakin bertambah.Pada akhir Tahun 2005,pelanggan GSM di dunia telah mencapai 1,5 miliar pelanggan.Akhirnya GSM tumbuh dan berkembang sebagai sistem telekomunikasi seluler yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Fungsi GSM

Untuk memberikan fasilitas akses yang lebih mudah pada platform seluler dan satelit di seluruh jalur internasional menggunakan teknologi digital,baik melalui suara ataupun saluran data dalam sistem.Saluran ini beroperasi pada jaringan generasi kedua (2G),tapi sudah banyak yang menggunakan jaringan generasi ketiga (3G) atau yang lebih tinggi untuk menawarkan layanan yang memuaskan kepada pengguna.Dengan teknologi ini,pengguna pun bisa melakukan pertukaran informasi data berkecepatan tinggi melalui satelit dan menara seluler di seluruh jaringan dan perusahaan.

Frekuensi Penggunaan GSM

Beroperasi pada frekuensi yang berbeda,tergantung pada sistem yang digunakan,yakni : 2G atau 3G.Setiap frekuensi kemudian dibagi menjadi saluran berbeda yang memungkinkan untuk melakukan pengiriman singkat informasi digital melalui koneksi GSM.Contoh : jaringan di Amerika Utara beroperasi pada frekuensi berbeda dari jaringan di Asia atau Eropa. Perbedaan ini sebagian besar berhubungan dengan volume penggunaan ponsel di bagian-bagian tertentu di dunia.

Arsitektur jaringan GSM

Secara umum,network elemen dalam arsitektur jaringan GSM dapat dibagi menjadi :

  • Mobile Station :perangkat yang digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pembicaraan.
  • Base Station Sub System :
  • Network Sub-system.
  • Operation and Support System :sub sistem jaringan GSM,berfungsi sebagai pusat pengendalian,diantaranya fault management,configuration management,performance management dan inventory management.

Kelebihan GSM

  •  Kualitas suara yang dihasilkan melalui jaringan lebih jernih daripada CDMA.
  •  Jaringan lebih luas karena telah ada banyak provider GSM di seluruh Indonesia.
  • Memiliki sinyal yang lebih baik karena telah memiliki jaringan yang luas.

Kekurangan GSM

  • Sistem informasi yang dilakukan mudah diakses atau bocor.
  •  Sistem keamanan kurang baik sehingga mudah disadap.
  • Biaya yang diperlukan relatif lebih mahal.

Cara kerja GSM

Akibat kenaikan redaman atas kenaikan frekuensi,biasanya sub-band terendah dipakai untuk uplink,agar daya yang ditransmisikan oleh MS (mobile system atau handphone) ke BTS (Base Transmitter Station) yaitu seperti sentral telepon di PSTN atau POTS,namun memiliki fungsi lebih,Kalau digunakan sub-band satu lagi,mungkin kalian perlu melakukan recharge batere handphone berulang kali untuk mendapatkan kualitas sama dengan saat ini.
Kemudian kedua sub-band tersebut dibagi lagi menjadi kanal-kanal,sebuah kanal pada satu sub-band memiliki pasangan dengan sebuah kanal pada sub-band lain.Tiap sub-band dibagi menjadi 124 kanal,kemudian masing-masing diberi nomor yang dikenal sebagai ARFCN(Absolute Radio Frequency Channel Number).Jadi sebuah MS dialokasikan pada sebuah ARFCN akan beroperasi pada satu frekuensi untuk mengirim dan satu frekuensi untuk menerima sinyal.
Pada jaringan GSM,jarak antar pasangan dengan ARFCN sama selalu 45MHz dan bandwidth tiap kanal sebesar 200kHz. Kanal pada tiap awal sub-band digunakan sebagai guard band.Silakan hitung,maka spektrum GSM akan menghasilkan 124 ARFCN,masing-masing diberi nomor 1 sampai 124. Kanal sebanyak 124 ini nantinya dibagi-bagi untuk operator-operator GSM yang ada di suatu negara.
Untuk mengantisipasi perkembangan jaringan di masa mendatang,telah dilokasikan tambahan 10MHz frekuensi pada masing-masing awal sub-band.Ini dikenal sebagai EGSM (Extended GSM).Jadi spektrum EGSM ini 880MHz – 915MHz untuk uplink dan 925MHz – 960MHz untuk downlink.Hal ini memberi tambahan 50 ARFCN menjadi 174.Tambahan ARFCN ini diberi nomor 975 – 1023.
GSM merupakan teknologi untuk pelayanan telepon selular digital dimana GSM bekerja berdasarkan metode multiplexing TDMA (Time Division Multiple Accesss) dan FDMA (Frequency Division Multiple Accesss).

Pengertian CDMA

CDMA singkatan dari Code Division Multiple Access merupakan bentuk komunikasi atau pengiriman data dengan kode unik.Kode unik inilah yang akan menentukan alur serta pengaturan agar data dapat diterima.Peran CDMA sangat penting dalam perkembangan teknologi komunikasi seluler generasi ke tiga atau dikenal dengan 3G.

Perkembangan CDMA

  • CDMAOne

Merupakan nama yang digunakan CDG sebagai teknologi seluler berbasis data 95.IS-95 distandarisasi oleh Telecommunication Industry Association (TIA) dan Electronic Industry Association (EIA) pada bulan Juli 1993.Pada tahun 1995,IS-95A dipublikasikan.Jaringan IS 95 menggunakan lebar pita kelipatan 1,25 MHz dan beroperasi pada frekuensi 800 dan 1900 MHz CDMAOne dapat melayani hingga kecepatan (data rates) 14.4 kbps.

  • CDMA 2000

CDMA2000 yang diadopsi ITU-T (International Telecommunication Union) sebagai salah satu teknologi 3G dalam standar IMT-2000 (International Mobile Telecommunication) dengan nama CDMA Multi-Carrier (MC). Teknologi ini pertama kali dikomersil pada tahun 2000 di Korea Selatan.Generasi awal CDMA 2000 1x yang menggunakan 1,25 MHz.CDMA 2000 pada awalnya mendukung mode single carrier (1x) dan multi carrier (3x),tapi multi karier tidak pernah dikembangkan dan digunakan sampai pada standar CDMA Rev.B. Pada CDMA 2000 1x kecepatan downlink dan uplink hanya 153 kbps.

  •  CDMA 1xEVDO Revision 0

CDMA 1xEV-DO Rev 0 singkatan dari Evolution Data Optimized atau Evolution Data Only,sudah mendukung paket data internet yang lebih cepat dibandingkan dengan CDMA2000. Kecepatan data rate EV-DO sampai pada 2,4 Mbps pada penggunaan lebar pita 1,25 MHz. Kecepatan CDMA 1xEVDO Rev 0 downlink 2,4 Mbps dan uplink 153 kbps.

  • CDMA 1xEVDO Revision A

Teknologi CDMA 1xEVDO Revision A dipublikasikan Tahun 2006.Sedangkan untuk teknologi CDMA 1xEVDO Rev.A merupakan evolusi dari CDMA 1xEVDO Rev.0 yang telah distandarkan oleh Third Generation Partnership Project 2 (3GPP2). Keduanya mendukung layanan wireless paket data dengan cepat.Akan tetapi pada CDMA 1xEV-DO Rev A dapat mendukung data dan suara dengan baik, sedangkan CDMA 1xEVDO Rev 0 hanya dapat mendukung untuk layanan data.Kecepatan CDMA 1xEVDO Rev A downlink 3,1 Mbps dan Uplink 1,8 Mbps.

  • CDMA 1xEVDO Revision B

CDMA 1xEVDO Rev B atau CDMA2000 3x menggunakan lebar pita 3,75 MHz.CDMA 1xEVDO Rev B Fase 1 merupakan pengembangan dari jaringan EVDO Rev A yang menawarkan kecepatan maksimum CDMA 1xEVDO Rev B untuk Downlink 9,3 Mbps dan Uplink 5,4 Mbps,sedangkan untuk CDMA 1xEVDO Rev Fase 2 kecepatan Downlink 14,7 Mbps dan Uplink 5,4 Mbps.

Fitur CDMA

  • Sinyal pesan pita sempit (narrowband)digandakan dengan penyebaran sinyal pita lebar (wideband) atau pseudonoise code.
  • Setiap pengguna mempunyai kode pseudonoise (PN) sendiri-sendiri.
  • Soft capacity limit : performansi sistem akan berubah untuk semua pengguna begitu jumlah pengguna meningkat.
  • Near far problem (masalah dekat-jauh).
  • Interferensi terbatas : kontrol daya diperlukan.
  • Lebar bandwidth menimbulkan keaneka ragaman,sehingga meggunakan raker receiver.
  • Membutuhkan semua komputer yang pernah dibuat di bumi untuk memecahkan kode dari satu setengah percakapan dalam sistem CDMA.

Kelebihan CDMA

  • Biaya yang diperlukan relatif lebih murah dibandingkan mengunakan GSM.
  • Kualitas panggilan lebih baik dan lancar.

Kekurangan CDMA

  • Jaringan komunikasi sering terganggu.
    Jaringan CDMA terbatas atau kurang luas di Indonesia karena hanya pada beberapa daerah yang support CDMA ini.

Cara kerja CDMA

Cara kerja CDMA adalah ketika pengguna mobile melakukan suatu aktivitas dengan menggunakan perangkat berbasis teknologi ini,maka data yang dikirimkan akan berbentuk potongan-potongan kecil atau dalam bentuk sistem kode (coding) unik untuk meminimalisir terjadinya kebocoran atau komunikasi silang.

Kesimpulan :

Baik GSM atau CDMA merupakan standar global untuk komunikasi seluler.Faktor utama yang mempengaruhi kualitas panggilan adalah jaringan itu sendiri, bukan metode yang digunakan dalam mengirimkan informasi.Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika tiba waktunya untuk memilih antara CDMA dan GSM. Sebagai permulaan,ponsel CDMA tanpa slot SIM terikat pada operatornya dan tidak dapat ditransfer ke jaringan lain. Sebaliknya,ponsel GSM cukup mudah untuk dibuka dan ditransfer ke jaringan lain.Selain itu,beberapa produsen pihak ketiga sering menjual ponsel yang dirancang untuk jaringan GSM,karena mereka tidak memerlukan akses band operator tertentu.Telepon GSM bahkan berfungsi di negara-negara dengan jaringan GSM yang kompatibel.

Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

 

2/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago