HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tentang Google Scholar

Pengertian Google Scholar

Google scholar adalah layanan Google yang memberikan kemudahaan bagi pengguna khusus para pelajar, mahasiswa dan akademisi untuk melakukan pencarian literatur dan publikasi ilmiah. Pengguna google scholar dapat melakukan pencarian di seluruh bidang ilmu dan referensi dari satu tempat: makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya.

Google Scholar memiliki fasilitas untuk menghitung Citation Index yang meliputi perhitungan
jumlah sitasi, h-index dan juga i10 index dari sitasi pada karya penulis. Sehingga Google Scholar
memberikan cara yang mudah bagi peneliti atau penulis untuk melacak kutipan atas artikel yang
dibuat. Peneliti dapat memeriksa siapa yang mengutip publikasinya, membuat grafik kutipan dari
waktu ke waktu, serta menghitung metrik kutipan.

Google Scholar adalah hasil karya seorang mantan akademisi bernama Anurag Acharya yang bergabung dengan tim web-indexing Google pada tahun 2000.

Manfaat Google Scholar

Pada umumnya Google Scholar hanya diketahui sebagai mesin pencari bahan rujukan akademis, tetapi sebenarnya manfaat Google Scholar lebih dari itu.

Berikut beberapa manfaat Google Scholar yang harus diketahui agar dapat dimanfaatkan secara maksimal :

1. Mencari Artikel Dan Jurnal

Manfaat utama dari Google Scholar adalah mencari artikel dan jurnal penelitian yang relevan dengan kata kunci yang digunakan. Sehingga hasil pencarian tersebut dapat digunakan sebagai rujukan bahan pembelajaran.

2. Membuat Perpustakaan Pribadi

Dapat membuat perpustakaan pribadi dengan menyimpan hasil pencarian anda pada Google Scholar.

3. Membuat Profile Untuk Penulis Dan Peneliti

Bagi para penulis ilmiah dan peneliti, dapat membuat profile khusus yang bisa digunakan untuk membagikan tulisan dan hasil penelitiannya.

4. Mengatur Pengingat

Jika sedang mengikuti perkembangan suatu isu tertentu, Google Scholar dilengkapi dengan fitur dimana dapat menghidupkan notifikasi jika artikel dan jurnal akademik baru telah diterbitkan.

Cara Mencari Jurnal Google Cendekia

Berikut ulasan mengenai cara mencari jurnal di Google Cendekia, yaitu :

1. Login ke Google Scholar Indonesia

Akses Scholar Indonesia melalui klik atau ketik https://scholar.google.co,id/ untuk masuk ke tampilan awal Google Cendekia berikut ini :

2. Mencari Topik yang Dibutuhkan

Ketik topik atau hal yang dicari pada kotak pencarian kemudian tekan ENTER. Contohnya membutuhkan referensi mengenai dunia politik Indonesia. Maka cukup ketik “Politik Indonesia” seperti di bawah ini :

Kemudian tekan ENTER. Hasil yang didapatkan adalah seperti ini :

Kini sudah mendapatkan daftar jurnal yang terkait dengan Politik Indonesia. Apabila belum mendapatkan tulisan yang dibutuhkan, dapat mencobanya melalui halaman-halaman lain yang tertera di bagian bawah daftar.

Namun hasil yang ditampilkan bersifat umum dari berbagai tulisan dan penulis tanpa memiliki batasan tertentu seperti penulis dan tahun publikasi. Untuk mencari jurnal yang spesifik dapat memanfaatkan menu yang terdapat pada Google Cendekia seperti pada penjelasan berikutnya di bawah ini.

3. Mencari Tulisan Berdasarkan Batasan Tahun

Misalkan sedang mencari jurnal Politik Indonesia dengan batasan waktu publikasi paling lama 4 tahun terakhir. Maka pada hasil pencarian yang di pilih tahun yang tertera pada bagian kiri tampilan.

Klik pada bagian tahun yang dilingkari dan diberi tanda panah, dalam contoh ini adalah “Sejak 2016”. Maka akan mendapatkan jurnal yang dibutuhkan dalam 4 tahun terakhir saja.

Juga dapat mencari jurnal yang terbit pada rentang waktu tertentu. Caranya adalah dengan klik pada bagian “Rentang Khusus” pada bagian di bawah pencarian tahun.

Seperti pada contoh di atas, klik Menu “Rentang Khusus” dan akan muncul dua kotak yang harus diisi dengan batasan waktu. Contohnya mencari jurnal yang terbit antara tahun 2000 hingga 2010 untuk menemukan terbitan di antara tahun tersebut. Tekan ENTER atau kotak “Telusuri”, maka hasil yang dicari akan ditampilkan pada bagian sebelah kanan halaman.

4. Mencari Tulisan Berdasarkan Penulis

Cara mencari jurnal di Google Cendekia berdasarkan penulis merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Cukup dengan menuliskan nama penulis pada kotak pencarian.

Jangan lupa untuk mengetik dengan format lengkap yaitu nama depan dan nama belakang. Hal ini dikarenakan untuk lebih tepat menemukan penulis yang diinginkan.

Contohnya membutuhkan artikel atau buku dari pengarang Miriam Budiardjo, maka tampilannya adalah sebagai berikut :

Dapat lihat pada contoh di atas yang diberi lingkaran dan tanda panah merah. Nama penulis yang dicari dan seperti apa hasil pencarian terpampang di bagian bawahnya.

5. Mengunduh File

Mengunduh file jurnal yang dibutuhkan adalah hal yang paling dibutuhkan dalam cara mencari jurnal di Google Cendekia. Tulisan-tulisan pada Google Cendekia perlu di unduh agar dapat digunakan atau baca dengan mudah.

Apabila Anda membutuhkan untuk mengunduh file yang dicari dapat melakukannya melalui klik bagian sebelah kanan dari judul artikel atau buku yang bertuliskan “[PDF] Semanticscholar]org” pada contoh di bawah. “[PDF]” menunjukkan jenis file yang tersedia. Pada contoh ini berarti tulisan akan diunduh dalam bentuk PDF.

6. Menggunakan Halaman Metrik

Apabila mencari jurnal yang paling banyak dicari di Google Cendekia, maka dapat memanfaatkan layanan Halaman Metrik. Halaman Metrik memuat 100 publikasi jurnal teratas atau terbanyak dikutip oleh pencari di Google Cendekia.

Caranya adalah dengan masuk ke link scholar.google.com/citations. Hasilnya adalah seperti di bawah ini :

Dapat melihat jurnal apa saja yang terbanyak diakses oleh pengguna Google Cendekia dalam Bahasa Inggris sesuai keterangan pada bagian kanan atasnya yang bertuliskan “Inggris”.

Apabila membutuhkan informasi jurnal teratas dalam Bahasa Indonesia, maka hanya perlu klik pada bagian “Inggris” tersebut yang akan menampilkan pilihan Bahasa dan pilih “Indonesia”. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut :

7. Mengutip Tulisan

Hal yang sangat dibutuhkan selain mencari file tulisan yang dibutuhkan adalah mengutip tulisan sebagai bukti referensi atau keperluan penyusunan Daftar Pustaka. Terdapat cara yang mudah dapat dilakukan melalui mengklik tanda ” yang terdapat pada bagian bawah judul yang dipilih seperti contoh berikut :

Kotak yang muncul adalah berjudul “Kutip” yang berisikan informasi mengenai tulisan dan penulis dapat di copy dan paste ke dalam Daftar Pustaka.

8. Manfaatkan Fungsi Notifikasi

Fungsi Notifikasi dapat membantu mendapatkan tulisan yang dibutuhkan yang akan dikirim ke email. Berikut adalah caranya :

Klik pada tanda “tiga garis” seperti yang dilingkari di atas. Berikutnya akan ditampilkan sebagai berikut :

Maka akan tampilan deretan menu dan pilih “Notifikasi”. Tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut :

Untuk mengisi tulisan yang dibutuhkan, klik menu “Buat Lansiran”. Tampilan yang muncul adalah sebagai berikut :

Ketik tema yang dibutuhkan pada kotak “Kueri lansiran” kemudian pada kotak “Jumlah hasil” dapat mengisi jumlah tulisan yang akan dikirim ke email. Pilihan yang diberikan adalah dari 10 hingga 20 tulisan. Setelah klik maka tampilan akhirnya adalah sebagai berikut :

Kelebihan Google Scholar

Berikut beberapa kelebihan Google Scholar yang harus diketahui, yaitu :

1. Lingkup luas dari berbagai bidang ilmu

Google Scholar merupakan layanan yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Scholar mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah berbagai bidang ilmu.

2. Bisa mencari jurnal berbayar dan gratis

Hasil pencarian jurnal itu, pengguna akan direkomendasikan untuk pilihan tipe jurnal yakni: gratis atau yang berbayar. Ketika ada layanan jurnal berbayar tentunya jurnal tersebut memiliki kualitas yang ditawarkan untuk penggunanya.

3. Mudah mencari jurnal yang relevan dengan kita

Dalam hal teknik pencarian jurnal, Google Scholar menyediakan fitur fitur ini seperti: Rentang waktu, Urutkan menurut relevansi atau tanggal, Sertakan paten dan Mencakup kutipan. Yang tersedia di sidebar sebelah kiri halaman Google Scholar.

4. Artikel yang muncul di atas adalah yang paling relevan

Inilah yang paling saya suka, ketika mencari jurnal dengan keyword judul. Lalu mengaktifkan fitur “Urutan menurut relevansi”. Maka Google Scholar akan menampilkan judul judul jurnal yang relevan dengan keyword yang dicari.

5. Artikel bisa didonwload dalam bentuk PDF

Selain itu, manfaat lainnya dari Google Scholar adalah hampir semua artikelnya bisa di donwload dalam bentuk file PDF. Hal itu akan mempermudah dalam membaca jurnal atau juga bisa di-print out jika dibutuhkan.

Kekurangan Google Scholar

Berikut ini beberapa kekurangan dari Google Scholar, yaitu :

1. Artikel tidak berasal dari jurnal bereputasi. Tetapi artikel berasal dari mana pun, misal : aper seminar, laporan dll.

2. Artikel yang berasal dari jurnal bereputasi muncul di hasil pencarian  Google Scholar, tetai tidak dapat di unduh full text.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

9 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago