HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blogpengetahuan umum

Apa Itu YouTube Go? Berikut Pengertian Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu YouTube Go? YouTube Go merupakan aplikasi Android yang bertujuan untuk membuat YouTube lebih mudah diakses. Dengan menggunakan aplikasi Go, maka Anda bisa mengunduh dan membagikan video dengan pengguna lain.

Lalu, apa itu YouTube Go, apa bedanya dengan YouTube biasa, bagaimana cara download YouTube Go dan install-nya? Semua jawaban ini bisa Anda temukan dalam artikel yang telah Hosteko rangkum di bawah. Mari disimak!

Apa Itu YouTube Go?

YouTube Go adalah versi sederhana dari aplikasi YouTube yang sengaja dirancang khusus. Jadi, aplikasi ini diciptakan untuk memfasilitasi pengguna YouTube di tempat-tempat yang memiliki koneksi internet buruk atau kuota yang mahal.

Pengguna masih bisa mendownload video bahkan jika koneksi internet yang dimiliki buruk, melakukan pratinjau video sebelum ditonton, dan juga mengontrol kualitas video. Jadi, tidak heran kalau YouTube Go juga disebut sebagai aplikasi nonton video yang ramah kuota.

Negara-negara yang bisa mengunduh YouTube Go awalnya adalah negara berkembang, seperti India, Indonesia, Nigeria, dan lainnya. Namun, kini Google memutuskan untuk menghentikan aplikasi YouTube Go karena dirasa sudah tidak diperlukan lagi.

Google menyebutkan bahwa kemajuan kinerja ponsel dan infrastruktur yang semakin berkembang membuat koneksi internet jauh lebih stabil dan harga kuota juga semakin terjangkau.

Agar Anda lebih memahami perbedaan, berikut Hosteko uraikan secara singkat perbedaan antara YouTube biasa dan YouTube Go.

  • YouTube Biasa (Original)
    • YouTube Go Kompatibel di HP flagship.
    • Tidak memiliki informasi kuota di setiap video.
    • Perlu adaptasi.
    • Interface cukup rumit.
    • Loading sesuai koneksi.
  • YouTube Go
    • Tetap kompatibel di HP versi lama.
    • Terdapat informasi kuota yang akan terpakai sebelum memutar video.
    • Mudah dioperasikan.
    • Interface sederhana.
    • Loading lebih cepat (tidak terpengaruh kualitas koneksi).

YouTube Go memang memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi YouTube biasa. Tentu sangat disayangkan jika kelebihan YouTube Go yang hemat kuota tersebut Anda lewatkan.

Oleh karena itu, sebelum Google benar-benar menghentikan aplikasi ini di bulan Agustus, inilah saatnya bagi Anda untuk download YouTube Go.

Kelebihan YouTube Go

Perlu Anda ketahui, bahwa pada akhir tahun 2017 lalu, Google membesut beberapa aplikasi yang bertajuk Go. Aplikasi ini merupakan upaya dari Google untuk para pengguna handphone low end agar tetap bisa menikmati layanan lengkap selayaknya handphone canggih.

Aplikasi Go ini memiliki kapasitas beberapa MB saja. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk menginstall YouTube Go dan menikmatinya pada handphone dengan RAM 1 GB atau bahkan handphone dengan RAM 512 GB.

Setelah Anda mengetahui apa itu YouTube Go, maka Anda juga perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut.

Nah, berikut ini akan dijelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan dari YouTube Go :

1. Tidak menghabiskan memori

Kelebihan pertama dari aplikasi Go ini adalah aplikasinya yang sangat ringan. Aplikasi Go ini memiliki ukuran file sebesar 9,4 sampai 25 MB saja.

Namun, meski ukurannya terbilang kecil, fitur yang ada dalam aplikasi Go ini sama dengan aplikasi YouTube reguler. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika aplikasi Go ini akan menghabiskan ruang penyimpanan pada ponsel Anda.

2. Irit kuota

Aplikasi Go ini memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan maupun memainkan video sesuai dengan ukuran yang mereka inginkan.

Fitur ini tentunya akan membuat Anda boros kuota, malah sebaliknya kuota Anda akan jauh lebih irit. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh video yang Anda inginkan untuk menontonnya lain waktu. Video yang bisa Anda unduh ini memiliki pilihan kualitas yang berbeda-beda.

Mulai dari Basiq Quality sebesar 144p, Standard Quality dengan besar 360p, dan terakhir adalah High Quality sebesar 480p.

Kualitas video ini bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

3. Lebih mudah dalam membagikan video

Aplikasi YouTube Go ini juga memungkinkan para penggunanya untuk berbagi video. Nah, video yang bisa dibagikan adalah video yang sudah selesai didownload.

Anda hanya tinggal klik menu share yang ada pada bagian atas tampilan aplikasi Go. Setelah itu, video bisa langsung Anda kirim.

4. Kompatibel dengan OS rendah

Keuntungan lain dari apa itu YouTube Go adalah bahwa aplikasi ini sangat kompatibel dengan os rendah. Aplikasi Go ini bisa Anda pasang pada handphone yang memiliki OS 4.2.1 Jelly Bean.

5. Mengatur data

Para pengguna aplikasi Go ini bisa mengatur data yang akan mereka gunakan untuk melihat video. Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa banyak data yang sudah digunakan untuk menonton video.

6. Memiliki fitur preview

Aplikasi Go ini tentunya berbeda dengan aplikasi YouTube reguler. Pada aplikasi ini, Anda bisa menyaksikan cuplikan video yang akan Anda tonton nantinya.

Dengan begitu, maka Anda tidak akan membuang kuota secara percuma.

Kekurangan YouTube Go

Jika ada kelebihan, tentunya ada kekurangan. Begitu pula dengan aplikasi Go ini yang juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui.

1. Kualitas gambar jelek

Bagi Anda yang mungkin pernah mencoba memainkan sebuah video melalui aplikasi Go ini dalam ukuran yang kecil, tentunya akan terganggu dengan kualitas videonya.

Dengan ukuran video yang kecil inilah yang bisa membuat Anda menghemat kuota. Namun sayangnya, hal ini mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

Kualitas gambar yang akan Anda dapatkan adalah gambar yang pecah-pecah dan tidak begitu jelas. Mungkin, bagi sebagian orang kualitas gambar tidak menjadi masalah.

Namun, untuk sebagian lagi akan cukup terganggu dengan kualitas gambar yang buruk.

2. Tidak ada kolom komentar

Kekurangan lain dari YouTube Go ini adalah tidak adanya kolom komentar layaknya aplikasi YouTube pada umumnya.

Aplikasi Go ini tentunya memiliki fitur yang berbeda dari YouTube biasa. Jadi, untuk Anda yang ingin berkomentar terkait dengan video yang Anda lihat, maka ada baiknya jika Anda menggunakan YouTube versi biasa saja.

3. Tidak bisa masuk ke profil

Ketika Anda membuka video dan ingin mengunjungi profil atau kumpulan video lainnya dari channel tersebut, maka hal tersebut tidak akan bisa Anda lakukan pada aplikasi Go ini.

Jadi, jika Anda memang ingin mencari video lainnya, maka Anda bisa mencari video tersebut dengan cara search satu per satu.

Fungsi YouTube Go

Setelah Anda memahami apa itu YouTube Go, kelebihan dan kekurangannya. Maka, Anda juga harus tau apa saja fungsi dari aplikasi Go ini.

Sekilas, YouTube Go ini merupakan aplikasi streaming video yang hemat data. Dengan begitu, maka aplikasi ini bisa Anda jalankan ketika kecepatan internet Anda sedang melambat.

Untuk bisa mencoba fitur yang ada dalam aplikasi Go ini, maka Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang aktif. Tujuannya adalah untuk memantau teman yang juga menggunakan aplikasi Go tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa memasukkan alamat email sebagai akun aplikasi Go. Terakhir, Anda akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS dan memasukkan kode tersebut pada tempat yang sudah tersedia dalam aplikasi Go.

Hal yang membedakan antara YouTube biasa dengan YouTube Go adalah dari pilihan kualitas video yang akan Anda tonton. Kualitas video yang bisa Anda pilih mulai dari Basic Quality (114p), Standard Quality (360p), dan High Quality (480p).

Selain itu, Anda juga akan diberikan pilihan untuk bisa langsung menonton video dengan menu play. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menonton video dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu melalui menu download.

Apabila video sudah Anda unduh, maka secara otomatis video tersebut bisa Anda nikmati juga ketika handphone tidak terhubung dengan jaringan internet.

Fitur menarik lainnya dari aplikasi apa itu YouTube Go ini adalah send dan receive. Kedua fitur ini bisa memudahkan Anda untuk berbagi video dengan sesama pengguna aplikasi Go. Anda bisa berbagi video melalui koneksi Bluetooth maupun Wi-Fi Direct.

Terdapat tiga hal yang paling ditekankan dari YouTube pada aplikasi Go ini :

  • Pertama adalah dari segi kemudahan para penggunanya untuk bisa mengakses video YouTube dari seluruh dunia.
  • Kedua, para pengguna bisa menikmati video YouTube ketika tidak ada koneksi internet yang tersambung pada handphonenya. Cara menikmati video tanpa kuota ini adalah dengan cara mengunduh video tersebut.
  • Ketiga, Anda dan para pengguna aplikasi Go yang lain bisa berbagi video YouTube dengan teman maupun keluarga dengan mudah.

Memulai YouTube Go

Proses login ke YouTube Go cukup mudah. Namun, hal ini akan dipengaruhi dari jumlah akun Google yang aktif pada perangkat seluler yang Anda gunakan.

Untuk itu, Anda harus online terlebih dahulu untuk bisa login ke aplikasi Go ini :

  1. Silahkan Anda buka aplikasi YouTube Go.
  2. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan. Klik berikutnya.
  3. Jika Anda belum memiliki akun Google, maka pilih tambahkan akun Google dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  4. Jika perangkat seluler Anda memiliki dua akun Google, maka pilih saja salah satu akun yang ingin Anda gunakan untuk mendaftar.
  5. Anda juga bisa memilih topik yang Anda sukai jika Anda mau.
  6. Tinjau Izin.
  7. Pilih dan klik Mulai.

Bagi Anda yang ingin mengubah bahasa dari apa itu YouTube Go, maka Anda bisa masuk ke menu profil. Lalu, silahkan Anda pilih setelan, klik bahasa, dan pilih bahasa yang ingin Anda gunakan.

Aplikasi Go ini akan memudahkan Anda untuk menemukan dan mengunduh video terbaru dan yang paling populer dari seluruh dunia.

Anda bisa menonton video yang sudah berhasil di download kapan saja tanpa perlu akses internet.

1/5 - (1 vote)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

19 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago