HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi 7+ Aplikasi Edit Video untuk Smartphone dan PC/Laptop Tanpa Watermark

Baik itu audio digital maupun video, industri digital semakin berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini salah satu hal yang banyak digandrungi oleh banyak orang untuk berbagai tujuan adalah video, baik video pendek maupun panjang.

Video pendek adalah hal biasa di media sosial. Mirip dengan aplikasi TikTok dan aplikasi sejenis lainnya. Saat ini video berdurasi panjang seperti film dan video klip musik sudah umum dikenal. Oleh karena itu, tidak mudah untuk mencapai hasil yang mengesankan baik untuk video pendek maupun panjang.

Pengeditan video harus dilakukan menggunakan program pengeditan video berbayar atau gratis. Ada banyak sekali aplikasi edit video dengan berbagai ukuran, dari yang ringan hingga yang sangat besar. Tentu saja masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sayangnya, beberapa aplikasi pengeditan video menyediakan fitur pengeditan yang menambahkan watermark pada video yang dibuat. Hal ini menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi para pembuat konten.

Tapi jangan khawatir. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi edit video tanpa watermark. Simak ulasannya berikut ini:

Aplikasi Edit Video Bebas Watermark Untuk Smartphone

Watermark adalah teks atau pola yang terlihat seperti font atau bayangan penyedia layanan. Adanya watermark dapat mempengaruhi tampilan video Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, memilih aplikasi edit video yang tepat menjadi salah satu faktor penting.

Dulunya pengeditan video harus dilakukan melalui PC, namun kini lebih mudah dengan aplikasi mobile. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk memindahkan file video dari smartphone ke laptop atau komputer hanya untuk mengeditnya. Anda dapat mengedit video hanya di ponsel cerdas Anda, sama seperti yang Anda lakukan di PC.

Tertarik dengan aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan tanpa watermark di ponselmu? Yuk simak terus!

1. Inshot

Aplikasi pertama yang biasa digunakan untuk mengedit video tanpa watermark adalah Inshot. Jika Anda penggemar video pendek pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Software InShot Inc menawarkan fitur pengeditan video yang sangat mudah digunakan oleh semua orang, termasuk pemula.

Beberapa fitur dasar disediakan secara gratis, antara lain efek, stiker, memperpendek durasi video, mempercepat atau memperlambat pemutaran, dan tentu saja menghilangkan tanda air atau watermark.

Namun terdapat beberapa keterbatasan dalam penggunaan fitur tersebut, seperti hanya dapat menghilangkan watermark beberapa kali saja. Ini berbeda dengan layanan versi berbayar. Aplikasi edit video tanpa watermark ini bisa diunduh di App Store untuk pengguna iPhone dan Google Play Store untuk pengguna Android.

2. KineMaster

Di urutan kedua ada Kinemaster. Orang yang suka merekam video di smartphone pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. KineMaster merupakan salah satu aplikasi edit video profesional yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Tak heran jika aplikasi tambahan ini tidak hanya memiliki kemampuan cut paste saja, namun juga beberapa fitur profesional seperti Chroma Key yang sering digunakan oleh para youtuber gaming.

Fitur lain dari KineMaster termasukpro Audio Features, Speed Control, Multiple Layers, Instant Preview, Multi Track Audio, Blending Modes, Voice Recording dan banyak lagi. Bagi yang membutuhkan fungsionalitas komplit, KineMaster memiliki dua versi yakni berbayar dan gratis. Setelah Anda berlangganan KineMaster, Anda akan menikmati banyak fitur menarik, seperti penghapusan watermark.

3. VN Video Editor Maker VlogNow

Seperti namanya, VN Video Editor Maker VlogNow sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat vlog menggunakan smartphone. Apalagi ini merupakan aplikasi edit video yang bisa digunakan baik oleh pengguna profesional maupun pemula. Alasannya adalah karena aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana, menarik, dan ramah pengguna.

VN Video Editor Maker juga memiliki beragam fitur pengeditan video dasar serta filter yang dapat ditentukan, dikonfigurasi, dan digunakan sendiri oleh pengguna. Misalnya efek video, subtitle, musik, dll.

4. FilmoraGo

Aplikasi edit video menggunakan smartphone selanjutnya adalah FilmoraGo yang tersedia untuk pengguna Android dan iPhone. Aplikasi ini memiliki fitur dasar yang memungkinkan Anda mengedit video dengan lebih indah.

Menariknya lagi, Anda bisa mengedit video tanpa watermark meski menggunakan FilmoraGo gratis. Jadi, jangan lupa tambahkan FilmoraGo ke daftar aplikasi yang wajib kamu coba.

5. Adobe Premiere Rush

Selain merilis aplikasi edit foto, Adobe juga mempunyai aplikasi edit video bernama Adobe Premiere Rush. Ini menyediakan fitur pengeditan otomatis untuk dokumen video dan foto.

Aplikasi ini memungkinkan Anda mengedit video secara manual dan menyisipkan berbagai efek, suara, musik, dan alat yang tersedia di Adobe Premiere Rush. Namun aplikasi ini lebih dioptimalkan untuk mengedit video horizontal.

6. Quick

Apakah Anda penggemar GoPro? mungkin sudah mengetahui aplikasi edit video yang satu ini. Quick adalah aplikasi edit video dari produsen kamera aksi populer GoPro. Aplikasi ini awalnya hanya digunakan untuk mengedit video langsung dari kamera GoPro.

Namun, seiring waktu, Quick tersedia gratis untuk pengguna Android. Karena dibuat oleh produsen action cam ternama, ia dikemas dengan fungsi-fungsi menarik, mulai dari fungsi dasar hingga fungsi pengeditan otomatis yang sesuai dengan musik latar.

7. PowerDirector

Aplikasi edit video selanjutnya adalah PowerDirector. Tersedia untuk ponsel pintar iOS dan Android. Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana sehingga mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Selebihnya, PowerDirector mirip dengan aplikasi pengeditan untuk PC, sehingga pengeditannya mudah.

Proses editingnya akan lebih mudah dan hasilnya pun lebih keren. Di sini Anda dapat dengan mudah menambahkan efek, audio, transisi, stiker, dan fitur lainnya untuk menyempurnakan video Anda. Ingin membuat video menarik dengan gaya sinematik? PowerDirector sepertinya pilihan yang tepat.

8. VivaVideo

VivaVideo masuk dalam daftar aplikasi edit video untuk smartphone yang dinilai paling mudah digunakan. Terutama direkomendasikan bagi mereka yang ingin mencoba mengedit video di ponsel smartphone.

Seperti aplikasi kebanyakan, VivaVideo dapat diunduh secara gratis dari Apple Store atau Google Play Store. Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan yang patut ditonjolkan, seperti tampilan yang ramah pengguna, tersedia juga lebih dari 200 efek dan filter menarik, penyesuaian kecepatan video, dan input teks. Proses editing menjadi mudah berkat antarmuka berbasis storyboard.

Sayangnya, tidak banyak jenis musik latar yang tersedia secara gratis. Jika ingin lebih banyak pilihan, aplikasi VivaVideoPro berbayar adalah pilihan yang lebih baik.

9. Video Show

Mau tahu aplikasi edit video keren tanpa watermark, tunjukkan jawabannya Video Show! Aplikasi ini sangat cocok untuk semua kalangan, baik yang sudah ahli maupun pemula. Berbagai fitur menarik juga tersedia di aplikasi ini.

Anda juga dapat menambahkan gambar, teks, efek suara, dan melakukan overdub pada rekaman audio Anda sendiri. Selain itu, aplikasi tayangan video ini memungkinkan Anda melakukan fungsi dasar seperti memotong, menempel, memperlambat atau mempercepat pemutaran video, mengompresi ukuran video, dll. Tanpa mengurangi kualitas video aslinya.

10. VidTrim – Video Editor

Bagi mereka yang hanya membutuhkan pengeditan video dasar, VidTrim adalah pilihan yang bagus. Aplikasi ini memiliki empat fungsi utama yaitu merger atau menggabungkan video, memotong video, mengompres ukuran video, dan mengonversi video.

Selain keempat fitur tersebut, VidTrim Video Editor juga memiliki fitur lain seperti filter. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan sehingga banyak orang yang tertarik.

11. ActionDirector Video Editor

Awalnya aplikasi ActionDirector Video Editor hanya tersedia untuk pengguna laptop dan PC. Namun karena meningkatnya permintaan penggunaan seluler, aplikasi ini kini juga tersedia untuk Android. Jadi Anda tidak perlu lagi memindahkan file hanya untuk mengedit video.

Sama seperti aplikasi pengeditan video lainnya, Anda dapat menambahkan musik, memotong video, mengatur kecepatan video, dan menyisipkan stiker, gambar lain, teks, dll. ActionDirector memiliki tampilan yang mudah digunakan dan mendukung format video 4K. Dan yang lebih penting lagi, Anda bisa menggunakan fitur edit video bebas watermark secara gratis. Namun, iklan yang ada di dalamnya bisa sangat membuat terganggu.

Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark Untuk PC atau Laptop

Selain menggunakan smartphone, mengedit video tentunya lebih mudah menggunakan PC atau laptop. Para profesional biasanya lebih suka mengedit video melalui PC untuk hasil yang lebih baik.

Nah, bagi yang baru ingin mempelajari dasar-dasar editing video tidak perlu khawatir karena ada juga aplikasi yang dirancang khusus untuk pemula.Untuk lebih jelasnya simak rekomendasi aplikasi edit video tanpa watermark untuk PC berikut ini.

1. VSDC Free Video Editor

Yang pertama adalah VSDC Free Video Editor yang dirancang bagi pemula untuk belajar mengedit video. Meski ditujukan untuk pemula, namun fungsinya tidak mudah digunakan. Aplikasi ini sudah memiliki menu ekspor yang sesuai dengan kriteria video yang diunggah.

Misalnya saja Anda ingin mengupload video ke Instagram, maka saat Anda mengekspor file tersebut, maka otomatis format video akan berubah sesuai dengan format video Instagram. Fitur pendukung lainnya juga sangat lengkap seperti pengeditan video tanpa watermark yang gratis untuk digunakan.

Perangkat lunak pengeditan video ini juga memiliki versi pro dengan fitur-fitur canggih seperti sulih suara, alat topeng, kunci kroma, dan lainnya untuk proyek profesional. Biaya yang harus Anda bayarkan untuk menggunakan alat ini adalah $19,99.

2. MovieMaker (VideoEditor)

Rekomendasi aplikasi edit video kedua untuk PC adalah MovieMaker (VideoEditor). Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan di laptop dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Keunggulan lain dari aplikasi MovieMaker adalah kemampuannya dalam mengedit video hingga resolusi 4K. Anda juga dapat menambahkan efek transisi ke klip apa pun, overlay untuk mempercantik video Anda, dan banyak lagi. MovieMaker apk mempunyai fitur yang sangat lengkap sehingga tidak heran jika aplikasi edit video ini selalu menjadi idaman para pecinta film.

3. OpenShoot Video Editor

Pernahkah Anda mendengar aplikasi bernama OpenShoot Video Editor? Ini adalah aplikasi pengeditan video yang sangat populer. Selain kelebihannya bisa mengedit video tanpa watermark, aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuat animasi 3D dan kunci kroma yang tersedia di dalamnya. Fitur ini cocok bagi pemula yang ingin membuat konten untuk channel YouTube atau media sosialnya.

Selain fitur dasar seperti pengeditan video, Anda juga dapat membuat video bergaya sinematik dengan menyesuaikan kecepatan video, mengubah ukuran klip, dan menggabungkan informasi audio menggunakan alat seret dan lepas sederhana. Jika Anda mencari perangkat lunak berfitur lengkap, namun memiliki presentasi yang jelas dan mudah digunakan untuk proyek video pendek, OpenShoot Video Editor cocok untuk Anda. Meskipun software ini tidak memiliki kemampuan pengeditan multicam, namun memiliki banyak fitur canggih untuk para profesional.

4. Lightworks – Editor Video Gratis

Butuh software pengeditan video profesional? Lightworks mungkin bisa menjadi pilihan Anda berikutnya. Ya, aplikasi ini digunakan dalam editing film-film terkenal Hollywood seperti Pulp Function, The Wolf of Wall Street, dll. Lightworks tidak membatasi durasi video Anda, sehingga Anda dapat mengedit video berdurasi panjang sekalipun.

Yang lebih menarik lagi adalah komunitas online Lightworks yang sehat dapat membantu pemula dengan berbagi tip dan trik efektif untuk membuat proyek berkualitas tinggi.Versi gratis menawarkan hampir semua fitur versi berbayar, jadi Anda tidak perlu berlangganan untuk menikmati fitur-fitur canggih. Namun, Lightworks versi gratis memiliki keterbatasan dalam bidang format output.

5. Blender

Editor video pembuatan 3D ini menyediakan alat canggih bagi para profesional secara gratis. Blender adalah salah satu alat yang populer di kalangan penggemar video karena jalur rigging 3D, animasi, pemodelan, jalur animasi 2D, simulasi, pengomposisian, dan pelacakan gerak. Alat pengeditan yang paling penting mencakup VFX, editor, pemahatan, dan animasi 2D. Setiap klip memiliki 32 slot untuk menambahkan animasi, elemen, dan efek. Kemampuan animasi 3D, VFX, dan 2D software ini setara dengan aplikasi profesional, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

Blender memperbarui platform editor secara berkala. Aplikasi edit video ini juga tidak meninggalkan jejak watermark yang akan sangat mempengaruhi hasil video keren nantinya. Pemula mungkin menganggap Blender agak sulit, namun karena menavigasi alat yang tersedia memerlukan pengetahuan yang cukup luas. Namun, bagi mereka yang menginginkan perangkat lunak open source yang menjamin privasi, Blender adalah alternatif yang menarik.

Pemilihan software edit video harus benar-benar berdasarkan kebutuhan dasar pengguna dan dimulai dari pemilihan perangkat, apakah cukup smartphone atau dibutuhkan PC atau laptop. Aplikasi edit video bebas watermark yang direkomendasikan di atas dilengkapi dengan beragam fitur interaktif yang bisa Anda andalkan untuk membuat proyek berkualitas tinggi. Semua perangkat lunak gratis dan mudah diunduh. Namun, beberapa perangkat lunak mengharuskan pengguna berlangganan paket berbayar untuk memanfaatkan layanan sepenuhnya.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

16 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

21 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago