HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Menakjubkan! 10+ Aplikasi Mockup Website Populer Di Kalangan Web Designer

Berapa banyak situs web yang Anda kunjungi bulan ini? Baik untuk tujuan pendidikan, penelitian, atau sekadar tujuan pribadi, Anda pasti telah mengunjungi puluhan bahkan ratusan situs web. Ada banyak jenis situs web di Internet. Berdasarkan warna dan isi website tersebut, jelas berbeda jika dibandingkan satu sama lain.

Bagi yang ingin membuat website atau sekedar ingin mengetahui cara pembuatan website, artikel ini memberikan pengetahuan tentang cara pembuatan website. Artikel ini secara khusus membahas dengan rinci tentang proses mockup.

Saat pertama kali website dibuat, ada beberapa istilah yang digunakan, antara lain wireframe, mockup, dan prototype. Istilah-istilah ini sangat berguna saat membuat website baru. Sayangnya, banyak orang yang belum memahami arti dari istilah-istilah tersebut.

Apa Itu Wireframe?

Wireframe, sederhananya adalah blueprint dunia situs web. Setelah Anda memiliki draft kasar yang akan membantu semua anggota tim mengerjakan desain situs web baru Anda, langkah selanjutnya dalam proses ini adalah mockup.

Apa Itu Mockup?

Mockup adalah versi wireframe yang lebih detail. Wireframe biasanya tidak berwarana hal ini berbeda dengan mockup yang jelas lebih berwarna, memiliki berbagai gaya, dan  sudah memiliki tombol meskipun tidak dapat digunakan untuk interaksi.

Mockup biasanya sangat mirip dengan desain sebenarnya. Jika Anda ingin berbagi desain dengan clinet, Anda perlu menunjukkan mockup-nya kepada mereka. Kelemahan atau kesalahan dalam desain situs web Anda dapat dengan mudah diidentifikasi ketika pelanggan Anda melihat mockup-nya secara langsung.

Manfaat lain dari mockup adalah memudahkan seluruh anggota tim mendiskusikan detail desain. Mockup memudahkan pengujian dan implementasi desain Anda. Ada juga banyak fungsi situs web online yang tersedia secara online yang memungkinkan Anda membuat mockup dengan mudah. Dengan kata lain, mockup menentukan apakah Anda dapat melanjutkan desain Anda segera atau perlu menyempurnakannya terlebih dahulu.

Mengenai website yang biasa digunakan oleh para web designer untuk membuat mockup, berikut 11 aplikasi mockup website online yang populer yaitu .

Aplikasi Mockup Website Terbaik

Di bawah ini adalah aplikasi mockup website terbaik saat ini.

  1. Aplikasi Mockup Website Adobe XD

XD menawarkan fasilitas yang mudah untuk digunakan, powerful, dan cepat. Selain itu, XD juga dirancang untuk orang yang menginginkan pengalaman merancang berbagai jenis produk.

Beberapa fungsi yang tersedia di XD antara lain: Pengubahan ukuran yang responsive resize, repeat grid, dan auto-animated yang menghemat waktu Anda dan memberi Anda banyak ruang untuk kreativitas. Manfaat lain dari XD adalah Anda dapat dengan mudah berkolaborasi dengan tim Anda secara real time. Oleh karena itu XD merupakan aplikasi yang memudahkan desainer dan klien berinteraksi tanpa harus bertemu langsung.

XD menawarkan beberapa paket untuk web designer, termasuk starter plan yang tidak memerlukan biaya sepeser pun. XD dikenakan biaya sebesar S$12,28 per bulan dan XD untuk Teams berharga S$34,16 per bulan untuk tiap pengguna, termasuk menyelenggarakan seminar.

  1. Aplikasi Mockup Website Balsamiq Cloud

Balsamiq adalah mockup aplikasi handphone yang sangat terkenal. Salah satu ciri mockup ini adalah desain gambar tangan.

Aplikasi ini sangat interaktif dan menggunakan sistem drop-and-drag functionality sehingga sangat mudah digunakan. Balsamiq termasuk dalam kelompok low-fidelity karena aplikasi ini tidak mengizinkan terlalu banyak warna dan hanya berfokus pada struktur dan kemudahan penggunaan.

Aplikasi ini berfokus pada kecepatan pada waktu desain. Bahkan aplikasi ini lebih cepat digunakan dibandingkan jika kita menggunakan pulpen, dan kertas. Aplikasi ini tentunya juga bisa digunakan untuk berkolaborasi secara langsung dengan tim.

Plan yang ditawarkan bervariasi mulai dari $9 per bulan hingga $199 per bulan.

  1. FluidUI Aplikasi Mockup Website Berbasis UI

Mengikuti moto “Membuat Web dan Prototipe dalam Hitungan Menit”, FluidUI memungkinkan desainer membuat mockup hanya dalam 15 menit. Materi yang disediakan di perpustakaan juga tersedia untuk pengguna sistem iOS dan Mac.

FluidUI menggunakan teknologi modern seperti HTML5, JavaScript, dan CSS. Fungsi unik lainnya dari FluidUI adalah menyediakan fungsionalitas yang dapat digunakan oleh semua tim yang terlibat dalam desain situs web untuk berinteraksi langsung di beberapa perangkat.

Semua perangkat yang disebutkan adalah ponsel pintar, tablet, dan komputer. FluidUI menawarkan tiga paket plan yakni solo, pro, dan team.

  1. Moqups

Moqups adalah web-based platform yang digunakan oleh 1,5 juta desainer web. Aplikasi berbasis website ini memberikan kemudahan bagi para desainer untuk bekerja dari mana saja dan di berbagai perangkat tanpa harus terburu-buru mendownload file yang sedang dikerjakannya.

Mulailah dengan simple wireframe, solid model dan UI concepts, atau gunakan langsung dari templat bawaan yang disediakan. Beberapa perusahaan besar seperti Intel, Cisco, Microsoft, dan Amazon juga menggunakan platform ini.

  1. io

Proto.io menyediakan desain dengan high fidelity tanpa memerlukan pengkodean. Kelebihan dari aplikasi mockup website ini adalah memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan proses desain website, memberikan feedback di awal pembuatan mockup. Pengguna juga dapat melihat hasil mockup secara offline di semua jenis perangkat smartphone baik iOS maupun Android.

Proto.io menawarkan uji coba gratis selama 15 hari kepada desainer web. Di sisi lain, paket harga yang ditawarkan dengan berlangganan mulai dari $29 per bulan dan $199 per bulan.

  1. HotGloo

HotGloo adalah aplikasi mockup website untuk membuat dan berbagi hasil desain website, dengan kemampuan mengumpulkan feedback selama proses pembuatan desain. Perpustakaan aplikasi ini berisi lebih dari 2.000 icons, elements, dan widgets. Ini berarti HotGloo memiliki seperangkat alat yang paling beragam dibandingkan aplikasi desain situs web lainnya.

HotGloo juga memberikan tutorial untuk membantu pemula mendesain website. Paket yang ditawarkan mulai dari $13/bulan dan $54/bulan.

  1. Justinmind

Justinmind adalah aplikasi yang berisi segala jenis alat untuk membuat high-fidelity mockup. Aplikasi ini lebih ekslusif pada aplikasi smartphone karena tersedianya alat desain yang populer saat ini seperti transisi dan efek interaktif.

Tidak diperlukan proses coding untuk menggunakan aplikasi ini. Hal lain yang membuat aplikasi ini mudah digunakan adalah tersedianya sistem antarmuka drag-and-drop.

Selain itu, semua desain siap pakai aplikasi ini dapat memenuhi standar semua jenis ukuran layar. Paket yang tersedia mulai dari $19 per bulan.

  1. Pidoco

Pidoco adalah cloud-hosted mockup yang menyediakan templat dan elemen interaktif. Aplikasi ini dibuat secara efisien untuk membantu desainer menyelesaikan desainnya dengan cepat. Mencoba mockup smartphone baru biasanya menghabiskan banyak uang dan waktu.

Namun, dengan Pidoco, Anda dapat langsung menggunakan mockup interaktif di iOS dan Android, tepat sebelum menginstal mockup itu sendiri. Pidoco menggunakan elemen khusus untuk iOS dan Android, sehingga memudahkan desainer untuk bekerja di smartphone.

Pidoco juga menawarkan free trial untuk satu jenis proyek. Selain itu, jika seorang desainer ingin mengerjakan proyek tanpa batas dengan dukungan prioritas, tersedia paket dengan biaya bulanan sebesar $199.

  1. UXPin

UXPin adalah aplikasi mockup website yang memungkinkan Anda menggabungkan wireframe, desain UX, dan mockup dalam satu aplikasi. UXPin berinisiatif menjadi aplikasi interaktif dan memiliki komponen coding. Ini merupakan keunggulan UXPin, karena sebagian besar aplikasi desain situs web tidak menawarkan fitur ini.

UXPin menawarkan fitur baru yang disebut fitur aksesibilitas yang membuat desain Anda sesuai dengan kontras standar WCAG. Ini membantu pengguna berkebutuhan khusus yang menderita salah satu dari delapan jenis buta warna.

Beberapa fitur akan segera ditambahkan pada aplikasi UXPin, seperti komponen kode dan impor HTML, yang akan memudahkan pekerjaan Anda tanpa harus melakukan cetak biru ulang.

  1. MarvelApp

MarvelApp juga merupakan kombinasi wireframing, mockup, dan prototype yang memungkinkan Anda menyelesaikan segala jenis desain yang terlihat dengan cepat dan memiliki beragam alat. MarvelApp memungkinkan Anda membuat design specs secara langsung. Selain itu, MarvelApp memberikan kemampuan untuk menghidupkan desain situs web Anda melalui screen transitions.

Aplikasi ini memungkinkan jenis desain mulai dari low fidelity hingga high fidelity. Pelanggan MarvelApp berkisar dari Fortune top 100 companies hingga startups dan sekolah. Pelanggan menggunakan aplikasi ini karena mereka dapat dengan cepat membuat model di awal proses desain dan desainer dapat berkolaborasi langsung menggunakan aplikasi tersebut.

  1. InVision

InVision adalah aplikasi desain web yang menggunakan gambar ­vector-based pada proses desain awal. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur, mulai dari smart-swipe transitions, timeline, editing, hingga auto-layer linking. Karena desain dibuat di papan putih, semua anggota tim dapat melihatnya secara langsung dan meninggalkan masukan di halaman untuk digunakan saat merevisi desain nanti.

Setelah model desain selesai, desain memulai proses akhir pembuatan prototype. Anda belum tahu apa itu prototype? Pengertian prototype adalah high-fidelity mockup yang lebih interaktif dan fungsional. Baru setelah melalui semua proses ini website baru Anda akan dibuat.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Menjelajahi TCP/IP: Fungsi, Layer, dan Proses Kerja yang Perlu Anda Ketahui

 Jaringan adalah aspek yang sangat penting dalam ilmu teknologi dan informasi. Selain hardware dan software,…

3 hours ago

Kenali Berbagai Macam Jenis Web Server Hanya Di Sini

Pernahkah anda mendengar istilah web server? Siapapun yang mengetahui tentang server dan website pasti mengetahui…

8 hours ago

Ingin Install Nginx di CentOS? Yuk Simak Panduan Lengkap Ini

Apakah Anda sering bingung bagaimana cara menjalankan website di cloud VPS? Cloud VPS dan hosting…

9 hours ago

Simak Apa Saja Perbedaan Nginx Dengan Web Server LiteSpeed

Nginx merupakan web server yang pertama kali dikembangkan oleh Igor Sysoev pada tahun 2002. Seiring…

10 hours ago

Mbps vs. MBps: Arti dan Perbedaannya untuk Pengguna Internet

Anda mungkin sering menemukan istilah Mbps saat menggunakan Internet. Mbps biasanya merupakan satuan yang digunakan…

1 day ago

Penasaran Dengan Nginx? Yuk Simak Artikel Berikut!

Dengan adanya koneksi internet biasanya terjadi proses komunikasi atau transfer data antara client dan server.…

1 day ago