HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Aplikasi Rekomendasi Untuk Stok Gudang Dan Inventory Barang

Apa Itu Aplikasi Gudang ?

Aplikasi Gudang merupakan perangkat lunak yang bisa di pasang pada perangkat smartphone dan laptop/PC yang di gunakan untuk mendukung sistem managemen pergudangan seperti mencatat jumlah barang yang keluar dan masuk,mencatat nomor seri dan tanggal kadaluarsa barang dan mencatat mutasi antar barang dan stok di gudang.

Manfaat Aplikasi Gudang

Salah satu tantangan terbesar dengan menjalankan bisnis perdagangan adalah kebutuhan untuk mengelola inventaris secara efektif.Masalahnya adalah ketika bisnis bertumbuh,tantangan ini justru meningkat.Untuk dapat meningkatkan penjualan dengan berbagai saluran penjualan agar bisnis berkembang,penggunaan aplikasi gudang menjadi kebutuhan mendasar bagi sebuah perusahaan.

Berikut sejumlah manfaat dari penggunaan aplikasi gudang :

  • Mengatur Saldo

Membantu memudahkan pengaturan saldo,Di dalam aplikasi gudang akan ada fitur khusus yang berisi rekapan atau laporan dari keuangan perusahaan.Dengan demikian, pengaturan saldo menjadi lebih mudah.Misal : memastikan stok atau jumlah barang dan sebagainya menjadi lebih tertata sehingga tidak perlu khawatir kekurangan saldo dan sebagainya.Hal ini akan membuat keuangan perusahaan menjadi lebih sehat.

  • Akurat dan Efisien

Manfaat paling mendasar dari pelacakan inventaris adalah mengurangi jumlah inventaris yang harus dimiliki perusahaan sekaligus meningkatkan akurasi pesanan.Dengan mengurangi persediaan yang disimpan,perusahaan dapat menghemat banyak biaya dan tenaga.Beberapa perusahaan yang menggunakan aplikasi gudang sebenarnya dapat menutup satu atau lebih lokasi gudang sehingga menghemat uang.Selain itu,aplikasi gudang bermanfaat untuk melacak tingkat persediaan barang secara cermat,termasuk mendata barang apa saja dan berapa banyak yang dibutuhkan dalam waktu dekat.Mengadopsi beberapa strategi ini dapat meningkatkan ROI perusahaan.

Menggunakan perangkat lunak yang mengelola stok secara otomatis sangat memudahkan perusahaan untuk melakukan rekapan atau pembukuan secara berkala,karena biasanya,aplikasi tersebut sudah terintegrasi langsung dengan pencatatan laporan keuangan.Dengan kata lain,bila ada pemasukkan atau pengeluaran barang,maka akan langsung terdeteksi ke dalam laporan sehingga stok akan otomatis diperbarui.Tidak perlu lagi melakukan perubahan manual sehingga tidak membuang-buang waktu. Laporan yang dibuat pun lebih akurat dan rapi.

  • Memangkas Biaya

Akurasi yang lebih tinggi sama dengan kesalahan yang lebih sedikit yang berarti lebih sedikit pengeluaran untuk mengendalikan kerusakan.Pengaturan barang juga mengurangi uang yang dihabiskan untuk menyimpan barang-barang yang tidak perlu.Karena sistem mengidentifikasi jumlah yang tepat dari produk tertentu,manajer gudang dapat dengan tenang mengetahui hal-hal penting untuk diperbarui secara otomatis.Hal ini membuka ruang bagi rangkaian produk yang lebih luas dan mengurangi uang yang dihabiskan untuk menyimpan barang.Mengintegrasikan otomatisasi ke dalam proses manajemen inventaris juga menghemat banyak waktu dan uang.Lebih sedikit tangan yang dibutuhkan untuk mengambil,mengemas dan menyiapkan barang untuk pengiriman bila sistem teknologi dimanfaatkan dengan benar.

  • Meningkatkan Visibilitas dan Perencanaan Data

Fitur dalam aplikasi gudang memungkinkan transfer data secara mudah.Dengan menggunakan informasi ini,perusahaan dapat menjawab pertanyaan seperti ke mana perginya barang dan pelanggan apa yang dilayani.Dalam dunia bisnis berteknologi tinggi,kecerdasan bisnis adalah kuncinya.Ini memungkinkan perusahaan untuk menyempurnakan proses pemasaran dan jangkauan mereka,yang pada akhirnya meningkatkan konversi dan mendorong keuntungan.Jadi,meski manajemen gudang sangat membantu di sisi produksi,dia juga berguna di sisi pemasaran.

  • Mencegah Kelebihan Stok

Menjaga keseimbangan tingkat persediaan barang adalah tugas berat yang harus dihadapi manajer inventori setiap hari.Membiarkan tingkat inventaris berjalan tanpa pemeriksaan rutin dapat dengan cepat menyebabkan kelebihan atau kekurangan stok yang diperlukan.Skenario buruk yang terjadi yakni tidak cukup memesan produk sehingga kehabisan stok dan mengakibatkan pelanggan marah.Memiliki terlalu banyak inventori dan tidak bisa memindahkannya memakan ruang pergudangan.Perangkat lunak gudang dapat turun tangan untuk mencegah terjadinya kejadian yang ditakuti ini yang dapat menghancurkan seluruh rantai pasokan.

  • Koordinasi Sejumlah Lokasi

Aplikasi gudang memungkinkan perusahaan dapat mengkonsolidasikan banyak gudang yang dimilikinya.Dengan cara sama,sistem ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola beberapa lokasi secara efektif.Jika sebuah perusahaan memiliki 10 atau lebih gudang,perangkat lunak pelacakan inventaris dapat diterapkan ke masing-masing gudang untuk memberikan analisis gambaran besar yang lebih baik guna membuat keputusan jangka panjang.

  • Menghemat Waktu 

Aplikasi gudang dapat digunakan untuk memindai kode barang sehingga tidak perlu lagi memakai proses manual seperti mengetikkan nomor produk atau nomor kotak satu per satu.Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat waktu memindai kode barang dan kelebihan waktu dapat diisi dengan mengerjakan pekerjaan lainnya.

Inilah beberapa rekeomendasi aplikasi stok gudang yang bisa untuk kalian coba :

Sortly : Inventory Simplified

Sortly : Inventory Simplified merupakan Aplikasi gudang yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Sortly Inc yang bisa di gunakan sebagai solusi managemen inventaris sederhana pada bisnis kita.

Dengan menggunakan aplikasi Sortly,tim dan karyawan pada bisnis kita dapat melacak stok barang, lokasi barang, pemilik barang, waktu barang tiba dan keluar di gudang menggunakan perangkat apapun, baik itu smartphone maupun komputer dan dapat di gunakan dengan mudah tanpa harus membaca buku panduan.Aplikasi Sortly telah di percaya sebagai aplikasi managemen inventaris gudang terbaik dan digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti perusahaan HP,Lyft,Honeywell,Sanford Health, Yale,Coors dan perusahaan lainnya dengan jumlah total sortiran lebih dari 15 juta barang.

Karena kelebihannya itu,aplikasi Sortly pernah di review oleh beberapa surat kabar asal amerika serikat seperti majalah Forbes, ABC News, Fox, dan New York Post.

Fitur Aplikasi Sortly : Inventory Simplified

  • Akses Web di Smartphone dan Tablet : dengan menggunakan aplikasi ini maka kita bisa mengakses web inventaris baik itu dari perangkat handphone maupun tab.
  • Sinkronikasi Data : dengan menggunakan aplikasi Sortly maka data inventaris akan secara otomotis di sinkronisasi ( terhubung) melalui cloud pada semua perangkat yang kita gunakan (handphone, tab, komputer).
  • Interface Sederhana : memiliki tampilan sistem yang sederhana sehingga memudahkan pengguna dalam menjalankannya.
  • Folder Item : dengan menggunakan fitur ini maka kita bisa mengelompokan barang berdasarkan lokasi dan kondisi keluar masuknya barang di gudang baik oleh pelanggan maupun karyawan.
  • Barcode Scan & Label QR : dengan fitur ini,bisa menyimpan dan menautkan Barcode & Label QR barang ke folder pada aplikasi.Sehingga kita bisa mencari,memindahkan atau memperbarui data barang yang ada di gudang melalui aplikasi.
  • Buat dan Cetak Label QR : Setelah data barcode & label QR barang tersimpan pada folder aplikasi,selanjutnya kita bisa mencetak label QR tersebut dan nantinya label QR di tempel pada kemasan barang.
  • Recover Data Hilang : dengan menggunakan fitur ini maka kita bisa mengembalikan data inventory yang telah hilang atau terhapus pada aplikasi dalam jangka waktu selama 90 hari.
  • Impor atau Ekspor Mudah : dengan menggunakan fitur ini,mudah mengimpor dan mengekspor data inventaris pada aplikasi dengan file berformat PDF, CSV dan Dropbox( CSV +Foto).

Aplikasi Sortly Inventory memiliki nilai rating 4.0 di layanan Google Playstore.Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus memiliki smartphone android versi 5.0 ke atas.Aplikasi Sortly Inventory memiliki ukuran file sebesar 47 MB dan telah di unduh oleh lebih 100 ribu pengguna.

Netscore WMS Mobile for Netsuite

Aplikasi bernama Netscore WMS Mobile For Netsuite merupakan Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Netscore Technologies.Aplikasi ini dapat membantu mengelola managemen sistem pergudangan,seperti : penerimaan,penyimpanan dan pengiriman barang dengan sistem kode QR melalui smartphone android dan tab.

Fitur Aplikasi Netscore WMS Mobile for Netsuite

  • Shipping (Pick Pick Ship) : pengguna bisa menentukan biaya pengiriman barang atau produk kepada pelanggan.
  • Receiving : pengguna bisa mencatat penerimaan order barang baik dari pengirim,QC maupun bagian inspeksi.
  • Put Away : pengguna bisa mencatat lokasi dan tempat dimana barang di simpan atau di pindahkan.
  • Inventory Managemen : pengguna bisa mengatur dan mengelola ketersediaan barang atau bahan yang ada di gudang.
  • Inventory Adjusment : pengguna bisa menyesuaikan jumlah persediaan yang tercatat di aplikasi dengan jumlah barang sebenarnya yang ada di gudang.
  • Pick Order : pengguna bisa mencatat dan mengetahui barang mana saja yang sudah di pindahkan dari gudang ke konsumen.
  • Pack Order : pengguna bisa mencatat barang mana saja sudah melewati proses packing seperti proses penyortiran, pengecekan dan pengemasan barang.
  • Shipping Label : pengguna bisa membuat stiker kertas yang berisi data informasi terkait barang atau paket yang di kirim seperti nama pemesan,alamat tujuan dan nomor registrasi barang.
  • Printing QR and Barcodes : bisa memberikan dan mencetak sebuah kode QR atau Barcode pada produk yang ada di gudang sebagai penanda dan pembeda di setiap barang.
  • Transfer Order : pengguna bisa mencatat barang mana saja yang telah di kirim dan di ditribusikan ke banyak pelanggan.

Aplikasi Netscore WMS Mobile For Netsuite memiliki nilai rating 4.6 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini,pengguna di haruskan memiliki Hp Android versi 4.4 ke atas.Aplikasi Netscore WMS memiliki ukuran file sebesar 5.4 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih dari 500 pengguna.

Fishbowl Go

Aplikasi bernama Fishbowl Go merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Fishbowl yang bisa di gunakan pengguna untuk menangani managemen warehouse sistem dan inventaris pada bisnis yang kita miliki.Aplikasi Fishbowl Go dapat digunakan melalui perangkat apapun dengan sistem operasi android seperti perangkat smartphone dan tab,aplikasi ini memiliki beberapa fungsi seperti pemindaian (scanning) barang atau aktifitas lain dalam managemen inventaris pada sistem pergudangan.

Aplikasi Fishbowl Go memiliki beberapa fitur yang bisa di gunakan pengguna seperti fitur pick (mencatat perpindahan barang),pack (mencatat pengemasan barang),ship (menentukan biaya pengiriman),add inventory (membuat catatan inventaris gudang),Receive (menghitung jumlah penerimaan barang),sales order (mencatat jumlah penjualan barang),delivery (mencatat jumlah barang yang telah terkirim ke pelanggan) dan fitur lain.

Aplikasi Fishbowl Go memiliki nilai rating 3.4 di layanan Google Playstore.Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.4 keatas. Aplikasi Fishbowl Go memiliki ukuran file sebesar 11 MB (Mega Byte) dan sudah di unduh oleh lebih 5 Ribu pengguna.

Inventory Management

Aplikasi bernama Inventory Management merupakan aplikasi yang di kembangkan oleh perusahaan bernama Inventory Releases dan bisa di gunakan pengguna untuk mengelola gudang yang kita miliki menggunakan fitur managemen inventaris pada aplikasi.Dengan aplikasi ini kita bisa mengontrol pergerakan dan penyimpanan bahan-bahan di gudang dan juga memproses transaksi barang seperti proses pengiriman,penerimaan,penundaan dan pengambilan barang di gudang.

Fitur Aplikasi Inventory Management

  • Manage Item : bisa mencari,membuat dan menghapus data barang pada data inventaris.Selain itu bisa mengedit nama barang sebagai bukti transaksi.
  • Manage Transaction : bisa membuat daftar pembelian barang,menghapus data penjualan dan mencari nama barang pada data inventaris.
  • Export & Import : bisa mencatat riwayat transaksi,daftar barang yang sudah keluar dan masuk dan juga barang yang sudah habis di gudang menggunakan file berjenis CSV yang juga bisa terbaca menggunakan aplikasi Ms. Excel.
  • Clear Transaction : bisa menghapus semua data transaksi yang telah di buat sehingga data transaksi kembali ke awal.
  • Notification Setting : akan memberi notifikasi peringatan bila stok barang yang ada di gudang tinggal sedikit atau habis.Secara default aplikasi memberikan notifikasi peringatan bila barang hanya tinggal 2 item.Namun kita juga bisa mengubah angkanya sesuai dengan yang di inginkan.
  • Barcode Support : bisa membuat data barcode barang pada aplikasi lalu mencetaknya sehingga bisa kita tempel di kemasan barang.
  • Pricing Support : bisa membuat data transaksi pada barang yang ada di gudang seperti harga jual barang,keuntungan,kerugian dan lainnya pada riwayat transaksi.
  • Multiple Language : salah satu kelebihan aplikasi Inventory Management yakni aplikasi ini telah tersedia beberapa bahasa yang bisa di pilih pengguna seperti : bahasa Inggirs,Prancis,Yunani, Potugis,Indonesia,Chinese,Hindi,Spanish dan Rusia.

Aplikasi Inventory Management memiliki nilai rating 4.0 di layanan Google Playstore.Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna diharuskan memiliki smartphone android versi 4.0 ke atas.Aplikasi Inventory Management memiliki ukuran file sebesar 4.0 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 100 ribu pengguna.

Stock and Inventory Simple

Aplikasi bernama Stock And Inventory Simple merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Chester SW dan bisa digunakan pengguna untuk mengelola stock barang dan data inventaris di gudang dengan database yang bisa di sinkronisasi (terhubung) secara online melalui cloud yang tersedia pada aplikasi.Dengan aplikasi ini,bisa mengontrol stock barang di gudang dan membuat data inventaris untuk proses pembelian dan penjualan barang.Interface pada aplikasi ini cukup sederhana sehingga memudahkan pengguna yang baru pertama kali menggunakannya.

Selain bisa digunakan untuk mengelola bisnis perusahaan,aplikasi ini bisa di gunakan untuk mengelola barang yang ada di rumah.Contoh : mengelola persediaan makanan,perhiasan,pakaian,anggur, komponen listrik,alat olahraga,koleksi sepatu dan lainnya sehingga barang di rumah tertata rapi.

Fitur Aplikasi Stock and Inventory Simple

  • Folder Item : bisa menambahkan barang ke katalog barang pada aplikasi yang bisa di  kelompokan berdasarkan nama folder dan kategori barang.
  • Image & Barcode Items : bisa mengunggah foto barang pada aplikasi menggunakan foto dari kamera atau menu galeri ponsel dan selanjutnya barang tersebut kita labeli Barcode atau QR Code.
  • Create Document to Register Change : bisa membuat dokumen untuk mendaftarkan perubahan pada stok barang yang dimiliki seperti saat pembelian barang dan penjualan barang.
  • Import & Eksport Document : bisa mengimpor dan mengekspor data inventaris pada aplikasi ke file spreadsheet excel yang selanjutnya file data inventaris tersebut bisa dibagikan ke akun email,google drive atau situs layanan cloude dropbox.
  • Reporting : bisa membuat laporan terkait data inventaris pergudangan dan analisa pada bisnis yang di kelola seperti data mengenai riwayat barang,pergerakan stok barang,jumlah penjualan berdasarkan barang dan waktu dan juga laporan terkait keuntungan dan kerugian pada bisnis yang dimiliki.
  • Pertanyaan dan Saran : bisa bertanya dan memberikan saran terkait masalah dan penggunaan setiap fitur pada aplikasi.

Aplikasi Stok and Inventory Simple memiliki nilai rating 4.7  di layanan Google Playstore.Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus memiliki smartphone android versi 4.0.3 ke atas.Aplikasi Stock and Inventory Simple memiliki ukuran file sebesar 22 MB dan telah di unduh oleh lebih 500 ribu pengguna.

3/5 - (1 vote)
feni

View Comments

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

19 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago