SEO tools sangat penting jika anda punya bisnis online. Dengan optimasi web, bisnis anda akan lebih sukses dan dikenal oleh banyak orang. Optimasi web akan meningkatkan peringkat pencarian website anda pada pencarian Google. Hal ini sangat penting karena ketika orang membutuhkan suatu barang dan mencari barang tersebut di Google, hasil pencarian awal cenderung lebih banyak dipilih.

Untuk melakukan optimasi website, kita bisa menggunakan berbagai macam tools. Salah satunya adalah RankingCoach, yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Apa itu RankingCoach?

RankingCoach adalah tool atau alat yang memungkinkan anda untuk melakukan pengawasan atau memonitor kinerja website anda. Tool ini akan memonitor kinerja website anda secara terus menerus dan mengumpulkan laporan kinerja harian atau mingguan, sehingga anda dapat dengan mudah mengetahui seberapa efektif tindakan SEO yang anda lakukan.

Tool semacam ini sebenarnya sudah tersedia secara cuma-cuma pada dashboard Blogspot, WordPress, Google Analytics, dan lain-lain. Namun, dengan menggunakan RankingCoach, selain melihat kinerja situs kita juga bisa melihat informasi tentang kinerja situs-situs lain yang bersaing dengan situs anda.

Dengan mengetahui kinerja situs-situs pesaing, anda dapat menyusun strategi yang lebih baik untuk dapat unggul dibandingkan para pesaing. Karena itu, tool statistik seperti RankingCoach harus dimiliki agar anda selalu menjadi yang terbaik dibandingkan kompetitor anda

Keunggulan RankingCoach

1. Gagasan untuk Konten

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para blogger adalah menentukan gagasan atau ide untuk artikel atau konten yang akan dibuat setiap harinya. Dengan mengetahui keyword yang paling populer, kita bisa menemukan ide yang sedang trending untuk bisa dijadikan artikel/konten. Jika anda mengetahui jenis konten yang sedang trending, anda dapat dengan mudah melakukan riset terhadap konten tersebut dan mengumpulkan beragam topik sesuai dengan konten tadi.

2. Pola Kerja Lebih Teratur

Ketika melakukan suatu riset, anda akan menyusun skala prioritas keyword yang berpotensi untuk dijadikan konten. Dengan mengetahui tingkat kompetisi untuk bermacam keyword, anda akan bisa menentukan keyword mana yang bisa dikerjakan terlebih dulu dan keyword mana yang bisa dikerjakan di akhir. Hal ini akan membuat pekerjaan anda menjadi lebih efisien.

3. Menjadi Trend Setter

Saat anda mengetahui apa-apa saja yang diperkirakan akan menjadi tren, anda bisa membuat konten yang sesuai dengan tren dan bahkan membuat suatu tren sendiri. Dengan demikian, akan semakin banyak pengunjung yang tertarik mengunjungi website anda.

Meningkatkan Urutan Pencarian Website Anda 

1. Keyword yang Relevan

Keyword adalah faktor pertama yang menentukan keunggulan anda terhadap para pesaing. Temukan keyword yang relevan dan buat judul berdasarkan keyword tersebut.

Cara termudah untuk membuat judul adalah menggunakan empat frasa panjang yang relevan dengan kata kunci yang dipilih. Hal ini akan memaksimalkan posisi website kita pada search engine. Kita juga bisa melakukan riset tentang keyword dengan menggunakan RankingCoach, sehingga kita bisa melihat konten apa yang paling banyak dicari.

2. Buat URL yang Mendukung Keyword

Agar dapat masuk dalam index robot Google, kita harus mendaftarkan alamat domain pada Google Webmaster. Setelah itu, kita bisa buat permalink yang diinginkan, sebaiknya sesuai dengan judul dan keyword. Dianjurkan menggunakan kata yang berbeda dengan di dashboard dan dipisahkan menggunakan tanda (-)

3. Membuat Konten Blog

Usahakan untuk melakukan update konten anda setiap hari, karena akan mempengaruhi SEO di Google. Saat menulis suatu artikel/konten, usahakan untuk membuat variasi pada awal dan akhir paragraf. Jangan lupa untuk menuliskan keyword, namun jangan sampai berlebihan agar tidak dianggap sebagai website spam oleh Robot Google

Keyword tersebut akan menjadi kunci untuk search engine agar dapat menemukan artikel anda. Selain keyword, tambahkan juga persamaan kata dan hal-hal yang mungkin berhubungan dan sering dicari bersamaan dengan keyword anda.

4. Temukan Backlink yang Berkualitas

Backlink yang baik adalah yang relevan dengan website kita. Namun untuk mencarinya biasanya cukup sulit. Namun, satu link yang berkualitas akan lebih baik dibandingkan banyak link namun relevansinya kurang. Backlink yang lebih bervariasi akan lebih baik hasilnya dalam meningkatkan peringkat anda.

5. Manfaatkan Sosial Media

Saat ini, sangat banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan traffic website, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, Pinterest, dan lainnya. Traffic yang tinggi bisa dicapai dengan memanfaatkan layanan-layanan gratis tersebut.

 

Penutup

Dalam membangun bisnis online, anda harus selalu mempertahankan kredibilitas dan membangun brand awareness dengan melakukan berbagai macam promosi. Menggunakan RankingCoach, anda dapat dengan mudah mengetahui kinerja situs website dan mengetahui efisiensi tindakan SEO yang dilakukan.

Dengan meningkatkan peringkat website pada situs pencarian, selain membuat website anda lebih terkenal, juga berfungsi sebagai strategi marketing karena pengunjung website akan lebih tertarik membeli produk yang muncul pada pencarian di halaman pertama search engine.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dengan strategi marketing ini. Buat konten yang menarik sesuai dengan tren, dan pengunjung situs anda akan meningkat.

 

 

0 Shares