HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Aplikasi Terapi Online Terbaik 2023

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, tetapi terkadang komitmen hidup dan jadwal yang padat membuat sulit untuk mendapatkan bantuan.

Saat memilih aplikasi terapi online terbaik untuk daftar ini, sangat menekankan pada seberapa mudah terapi tersebut dapat diakses. Hal yang dimaksud yaitu layanan menawarkan kemudahan dan kemampuan perpesanan di luar sesi terjadwal. Selain itu juga mengevaluasi pilihan berdasarkan apakah mungkin bagi klien untuk mendapatkan layanan lain yang diperlukan.

Saat mencoba memilih aplikasi terapi online terbaik untuk situasi, penting untuk mengingat tujuan, kebutuhan, dan preferensi saat berhubungan dengan konseling. Jika tahu merespons terapi perilaku kognitif dengan baik atau sedang mencari terapis dengan latar belakang spiritual yang sama, pastikan layanan yang dipertimbangkan memiliki penyedia yang cocok. Selain itu juga ingin memastikan aplikasi memiliki jenis sesi interface yang dicari, apakah itu obrolan langsung atau video, karena semuanya menawarkan opsi yang berbeda.

Daftar Aplikasi Terapi Online

Menggunakan aplikasi terapi online bisa sedikit berbeda dengan pergi ke pusat konseling langsung dalam hal pembayaran. Tidak semua penyedia asuransi mencakup layanan kesehatan jarak jauh dalam hal kesehatan mental, dan beberapa aplikasi tidak berfungsi dengan penyedia asuransi meskipun milik sendiri. Berikut aplikasi terapi online yang mungkin dapat bisa anda jadikan opsi.

1. 7 Cups: Therapy & Support

7 Cups bekerja secara berbeda dari kebanyakan aplikasi terapi online lainnya di daftar ini. Sesi terapi tradisional tersedia melalui platform telehealth aplikasi, tetapi pengguna juga mendapatkan akses gratis ke obrolan dukungan yang tersedia 24/7. Obrolan dukungan dikelola oleh sukarelawan, tetapi dapat membantu untuk situasi non-darurat di luar jam kerja ketika hanya perlu mengetahui seseorang mendengarkan. 7 Cups of Tea juga menawarkan jalur dan panduan pertumbuhan mandiri untuk membantu lebih memahami apa itu kesehatan mental, bagaimana hal itu dipengaruhi oleh faktor lain, dan bagaimana dapat mulai bergerak menuju tempat yang lebih baik.

2. BetterHelp

BetterHelp adalah Pilihan Teratas kami karena memiliki konseling individu dan pasangan serta sejumlah besar penyedia untuk memastikan mendapatkan kecocokan terbaik untuk situasi. Mengisi kuesioner singkat dan memasukkan rincian tagihan (bantuan keuangan tersedia bagi mereka yang disetujui), dan kemudian akan dicocokkan dengan terapis dalam waktu 24 jam. Dapat mengubah konselor kapan pun diinginkan jika tidak langsung mengklik, dan tersedia berbagai opsi sesi, termasuk video, obrolan langsung, dan perpesanan asinkron.

3. Talkspace

Talkspace adalah aplikasi terapi online yang juga dapat menyediakan layanan psikiatri jika diperlukan. Ini memiliki berbagai opsi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik, termasuk layanan perpesanan tidak terbatas dan sesi tradisional yang dilakukan melalui video. Untuk memulai Talkspace, yang harus dilakukan hanyalah mengisi survei asupan singkat dan memberikan detail pembayaran. Langsung dicocokkan dengan penyedia dan dapat membuat janji temu dalam waktu 48 jam. Talkspace menawarkan manfaat bekerja dengan beberapa penyedia asuransi dan terkadang juga dapat ditagih sebagai penyedia di luar jaringan, tergantung pada asuransi.

Di setiap sesi terapi akan diberikan catatan hasil terapi. Tapi sayangnya, aplikasi Talkspace tidak diperuntukkan untuk penggunaan gratis alias berbayar.

4. Regain

Regain berfokus pada konseling hubungan dan sebagian besar merupakan layanan konseling pasangan, tetapi konseling individu tersedia bagi mereka yang mengalami masalah hubungan tetapi tidak ingin menggunakan konseling bersama. Kedua pasangan berbagi satu akun, yang penting untuk diketahui jika ingin berbicara secara pribadi dengan terapis. Tersedia sesi obrolan langsung dan video, dan Anda atau pasangan juga dapat mengirim pesan kepada terapis di antara sesi. Regain menawarkan uji coba gratis tujuh hari penuh sehingga dapat memastikan layanan ini sesuai dengan yang dicari sebelum mendaftar untuk berlangganan penuh.

5. Moodmission

Tidak seperti aplikasi lain untuk terapi, MoodMission didasarkan pada bukti untuk membantu mengatasi kecemasan dan depresi. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan mengirim berbagai misi untuk diselesaikan yang akan memberi pemahaman yang lebih baik tentang cara menjalani hidup yang lebih bahagia dan lebih sehat. Misi ini bervariasi tergantung pada apa yang dirasakan dan apa yang diceritakan pada aplikasi tentang apa yang dirasakan. Aplikasi ini mendorong terapi online ke level berikutnya, karena lebih tidak langsung dan mendorong untuk mengambil lebih banyak tindakan.

6. Teen Counseling

Teen counseling memberikan cara bagi remaja untuk terlibat dalam terapi pada waktu dan persyaratan mereka sendiri. Sesi tersedia melalui telepon dan video, tetapi remaja juga dapat melakukan sesi yang sepenuhnya berbasis obrolan. Pesan asinkron tersedia, sehingga anak remaja dapat mengirim pesan ke terapis mereka kapan pun mereka mau dari mana pun mereka berada. Konseling Remaja memiliki lebih dari 7.000 terapis, dan dapat beralih antar terapis sesuai kebutuhan untuk memastikan kecocokan terbaik.

7. Moodfit

Moodfit adalah aplikasi terapi online yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android untuk melatih mood. Dengan Moodfit dapat menetapkan tujuan atau sasaran tertentu setiap hari dan menerima wawasan tentang hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan suasana hati. Alat terapi mental Alat online ini akan melacak suasana hati harian, memberikan pengingat, membantu memahami bagaimana tidur dan olahraga memengaruhi, dan memberikan wawasan tentang perawatan terkait suasana hati.

8. Calm

Bagi yang mencari cara menangani rasa cemas berlebih, aplikasi terapi kecemasan ‘Calm’ boleh menjadi pilihan. Calm adalah aplikasi terapi untuk atasi kecemasan, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur dan hidup secara keseluruhan.

Aplikasi Calm menyediakan berbagai opsi untuk dipilih, masing-masing memiliki tujuan spesifik sendiri, yaitu :

  • Meditation, mengajarkan kamu untuk bermeditasi.
  • Sleep, membagikan cara terbaik agar mendapatkan tidur lebih nyenyak dan bisa bangun lebih segar.
  • Music, membantu relaksasi, bersantai, tidur, dan meningkatkan fokus.
  • Body, menunjukkan metode penting tentang gerakan yang bermanfaat meningkatkan fokus dan peregangan ringan.
  • Masterclass, kursus yang diinstruksikan oleh para ahli untuk membantu kamu menjadi lebih sadar.
  • Scenes, memberi pemandangan dan suara alam untuk membantu rileks dan fokus.

9. Larkr

Mirip dengan Talkspace, Larkr adalah aplikasi terapi kesehatan berbayar yang menyediakan banyak sumber daya bagi individu. Ini adalah aplikasi terapi terbaik dalam memberikan terapi kesehatan untuk depresi. Sebagaimana halnya terapi di Talkspace, aplikasi Larkr juga menawarkan layanan yang sama yaitu obrolan dengan terapis profesional. Bedanya, Talkspace memungkinkan kamu untuk mengobrol melalui video call.

Keunggulan Larkr lainnya yaitu menyediakan panduan meditasi harian, cara untuk meningkatkan kesehatan emosional, serta ruang untuk mencatat hasil terapi secara gratis.

10. What’s Up?

Aplikasi terapi mental gratis yang dapat diunduh langsung di Google Play Store dan iOS. Aplikasi ini menggabungkan aspek dari terapi CBT dan terapi komitmen untuk mengatasi masalah personal, seperti stres, kecemasan, dan depresi. Sebagai pengguna akan diarahkan pada panduan sederhana dan teknis pernapasan mudah untuk mengatur menurunkan kadar stres atau depresi yang dialami.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

7 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

13 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago