HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pasti Mudah! Belajar Copywriting untuk Marketing Strategy

Copywriting kini menjadi salah satu elemen dalam strategi pemasaran Anda yang dapat meningkatkan tingkat konversi. Dengan copywriting tepat, Anda dapat menarik perhatian calon pelanggan dan pada akhirnya mengubah mereka menjadi pembelian. Apakah Anda tertarik untuk menulis salinan efektif yang meningkatkan penjualan? Pelajari copywriting hari ini dan jadilah copywriter berpengalaman! Anda bisa berlatih menjadi copywriter dengan mengikuti kursus yang ada atau, Anda bisa memulainya dengan belajar bersama teman atau sendiri. Butuh beberapa tip untuk belajar copywriting? Anda membaca artikel yang tepat!

Cara Belajar Copywriter

Pada dasarnya, Anda bisa mempelajari apa saja dengan dua cara: formal dan informal. Secara formal, hal ini dapat dicapai dengan berpartisipasi dalam pembelajaran akademik seperti kursus dan kursus. Serta untuk informal, Anda bisa belajar secara mandiri, atau dari teman, dan kenalan. Hal yang sama berlaku untuk mempelajari copywriting. Dua saran berikut ini cocok untuk pemula yang belajar copywriting.

Ikuti Kursus

Cara belajar copywriting untuk pemula yang pertama adalah dengan mengikuti kursus berbayar. Jika Anda mengikuti kursus yang saat ini ditawarkan di berbagai platform, tips untuk mempelajari copywriting yang efektif adalah menghindari kursus yang menjanjikan saran umum tentang copywriting. Seringkali, itu hanyalah pengulangan dari apa yang dapat Anda temukan di buku gratis atau murah.

Anda sebaiknya membeli kursus yang berfokus pada bidang keahlian tertentu, seperti copywriting email. Spesialisasi yang berbeda sangat berbeda satu sama lain. Mengambil spesialisasi kedua atau ketiga jauh lebih mudah dibandingkan yang pertama, namun jangan buang waktu Anda mempelajari lebih dari satu spesialisasi dalam waktu bersamaan. Jadi fokuslah pada satu hal.

Mohon diperhatikan juga evaluasi kusus yang diselenggarakan. Banyak kursus copywriting yang akan mengajari Anda cara kerja gaya copywriting tertentu, namun kursus tersebut tidak akan mengajari Anda banyak tentang cara menarik atau bekerja dengan client di dunia nyata. Pastikan pilih kursus yang benar.

Belajar Mandiri

Selain kursus, Anda juga dapat mulai mempelajari copywriting secara self-taught atau otodidak. Istilah ini mengacu pada pembelajaran yang tidak melibatkan kegiatan formal dan biasanya dilakukan secara mandiri.

Temukan Sumber Gratis

Anda mungkin ingin memulai dengan mencari referensi berupa buku dan artikel yang membahas tentang copywriting gratis. Ada juga beberapa podcast berkualitas tinggi yang tersedia untuk didengarkan secara gratis saat ini.

Buat Copywriting Untuk Teman

Cara terbaik untuk menjadi seorang copywriter yang baik tentu saja dengan menulis banyak salinan. Copywriter dinilai berdasarkan satu kriteria: penjualan. Semakin baik salinan yang Anda tulis, semakin besar dampaknya terhadap penjualan, dan semakin banyak Anda belajar. Jika teman Anda mempunyai bisnis (baru atau lama), cobalah membantunya dengan copywriting.

Gabung Menjadi Freelancer

Salah satu teknik belajar yang paling efektif adalah praktek langsung. Akan sangat sulit bagi kaum muda atau “fresh graduate” untuk diperhatikan oleh perusahaan di bidang copywriting. Namun, tidak perlu khawatir karena tersedia berbagai macam pekerjaan freelance. Menjadi seorang freelancer sebenarnya memberi Anda lebih banyak pengalaman karena Anda bisa menjadi lebih ahli dalam copywriting dan bertemu client secara langsung.

Apakah Kamu Akan Dibayar?

Menjadi copywriter freelance pasti akan memberi Anda gaji dan fee yang ideal. Bagi junior, harga mungkin tidak terlalu penting. Karena junior tentunya lebih tertarik dengan pengalaman yang didapat. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa biaya tersebut ternyata dapat memperlancar proses pembelajaran.

Menemukan Pekerjaan Freelance Copywriter

Banyak dari pekerjaan ini dapat ditemukan di platform freelance seperti Upwork, Freelancer, dan Sribulancer. Salah satu kekhawatiran yang biasanya dimiliki oleh calon freelancer adalah kepercayaan diri mereka dalam mendapatkan client. Bagaimana Anda bisa mendapatkan client potensial untuk bekerja dengan Anda?Jawabannya adalah: cari pekerjaan sebanyak mungkin dan lamar dengan portofolio yang sudah Anda siapkan.

Langkah Demi Langkah Belajar Copywriting Untuk Pemula

Untuk menjadi copywriter yang lebih baik di tempat kerja atau mempersiapkan portofolio copywriting, bacalah instruksi di bawah ini tentang cara belajar Copywriting untuk Pemula.

Komitmen dan Pelajari Dasar-dasar Copywriting

Salah satu pertanyaan terpenting yang perlu Anda jawab adalah: Seberapa antusias Anda menjadi seorang copywriter? Ya, ini karier yang hebat Tapi itu hanya jika Anda benar-benar menikmatinya, dan tidak ada cara untuk mengetahuinya tanpa terjun ke lautan copywriting terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu buku dan literatur lain mengenai copywriting. Jika Anda menikmatinya, silakan lanjutkan. Jika tidak, Anda bisa berhenti dan melakukan sesuatu yang lebih cocok untuk Anda.

Pilih Spesialisasi dalam Bidang Copywriting dan Tekuni

Setelah Anda memutuskan untuk menjadi copywriter dan mempelajari dasar-dasar dari buku dan membaca, Anda dapat memilih spesialisasi copywriting dan menguasainya. Jadi, langkah selanjutnya adalah membeli salah satu kursus di salah satu spesialisasi copywriting. Ada beberapa spesialisasi dalam copywriting, antara lain:

  • Marketing copywriting, ini adalah jenis copywriting yang familiar bagi kebanyakan orang. Saat menulis copywriting pemasaran, segala sesuatu yang bersifat promosi dapat dilihat dan didengar.
  • Social media copywriting, tentu saja ditujukan untuk promosi, tetapi sebenarnya lebih dari itu, yaitu berkomunikasi secara lebih efektif dengan audiens Anda.
  • Brand copywriting, menulis salinan yang bagus untuk menggambarian brand Anda.
  • Email copywriting, salinan email yang bagus adalah salah satu cara terbaik untuk terhubung langsung dengan audiens yang ditargetkan Anda.
  • Technical copywriting, dalah teks yang dimaksudkan untuk menjelaskan teknologi yang digunakan untuk menjual suatu produk.
  • SEO copywriting, dan banyak lagi.

Berlatih Membuat Salinan

Jika Anda memiliki akses ke saluran seperti daftar email, blog, atau grup media sosial, Anda dapat mencoba menulis salinan persuasif Anda sendiri untuk mempromosikan produk Anda sendiri atau produk orang lain. Jika Anda tidak memiliki akses ke channel ini, tawarkan untuk menulis salinan penjualan untuk teman yang menjalankan bisnis.

Segera Terjun dalam Dunia Kerja

Ini bagian tersulit. Tidak ada seorang pun yang suka ditolak dari suatu pekerjaan, tapi itu adalah bagian dari proses awal. Jika Anda menemui banyak kendala saat proses pendaftaran, seperti penolakan, jangan berkecil hati dan teruslah mendaftar di tempat lain. Hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan adalah mendaftar di beberapa situs pekerjaan, termasuk situs freelance seperti Upwork, dan melamar banyak pekerjaan copywriting lainnya.

Tips-tips Belajar Copywriting untuk Pemula

Copywriting adalah seni menulis yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan mempelajari cara copywriting yang menarik dan efektif, Anda dapat mengembangkan kreativitas dan menggunakan kata-kata yang tepat untuk berhasil menjual produk dan layanan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Baca banyak contoh copywriting yang bagus : Pertama, carilah contoh copywriting yang bagus dari berbagai sumber, termasuk iklan, situs web, dan surat penjualan. Ini akan membantu Anda memahami cara menulis secara persuasif dan efektif.
  • Pelajari tentang struktur copywriting : Mempelajari tentang struktur copywriting akan membantu Anda menulis dengan lebih efektif. Ini termasuk pendahuluan, struktur, dan kesimpulan.
  • Pelajari lebih lanjut tentang persuasion : Copywriting adalah tentang membujuk orang untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, belajar tentang persuasion sangatlah membantu. Hal ini mencakup pembelajaran tentang psikologi pembelian, argumen yang kuat, dan cara membuat orang merasa perlu membeli produk atau layanan Anda.
  • Pelajari lebih lanjut tentang headline : Headline adalah bagian penting dalam copywriting karena merupakan hal pertama yang dilihat orang. Mempelajari cara menulis headline yang menarik dan efektif akan membantu Anda menarik perhatian orang.
  • Latihan Copywriting : Latihan Copywriting adalah cara terbaik untuk belajar copywriting. Pertama, tulis salinan untuk produk dan layanan yang Anda sukai, lalu tulis salinan untuk produk dan layanan yang tidak Anda sukai.
  • Dapatkan feedback : Dapatkan feedback tentang salinan Anda dari orang lain. Ini akan memberi tahu Anda apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat menemukan kesalahan dan memperbaiki tulisan Anda.
  • Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru: Copywriting adalah proses yang berkesinambungan, jadi jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Ini akan membantu Anda menemukan gaya yang cocok untuk Anda dan menjadi copywriter yang lebih baik.

Berlatihlah Sekarang dan Jadilah Seorang Copywriter Profesional!

Menjadi seorang copywriter adalah sebuah perjalanan yang luar biasa. Tentu saja pembelajaran harus diimbangi dengan keterlibatan yang matang. Anggap saja belajar copywriting itu menyenangkan. Anda bisa belajar copywriting untuk pemula dengan antusias bahkan mulai mempelajari dasar-dasar copywriting. Anda kemudian dapat memilih spesialisasi yang Anda rasa cocok. Cara belajar copywriting selanjutnya adalah dengan terus berlatih dan terjun di dunia profesional. Ini juga merupakan proses yang panjang. Tapi kamu sedang dalam perjalanan. Sekarang Anda memiliki peta jalan untuk memandu Anda melalui semua langkah yang perlu Anda ambil dan pada akhirnya mencapai tujuan Anda. Semoga artikel ini membantu proses belajar copywriting Anda!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

4 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

8 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 day ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago