HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Berikut Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Anda

Aplikasi kasir atau sering disebut dengan POS (Point Of Sale) memiliki fungsi yang penting pada sebuah bisnis. Strategi bisnis yang bagus tanpa diimbangi dengan pencatatan keuangan yang baik terutama dari kasir hasilnya juga tidak akan baik karena ada kaitannya dengan perputaran keuangan bisnis.

Bisa di bayankan jika dalam sebuah bisnis semua kasir di catat secara manual, maka akan memerlukan waktu berapa lama yang dibutuhkan untuk mencatat semua transaksi yang masuk dan yang keluar.

Dengan aplikasi mesin kasir pencatatan transaksi keuangan menjadi lebih mudah, cepat dan aman. Tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan biaya karena banyak aplikasi mesin kasir gratis yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Namun jika dibandingkan dengan aplikasi mesin kasir berbayar ada beberapa perbedaan tetapi aplikasi mesin kasir gratis sudah cukup untuk kebutuhan toko skala kecil, bisnis rintisan, bisnis rumahan, UMKM dan sejenisnya

Berikut Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis

1. Kasir Pintar Free-Point of Sales & PPOB

Aplikasi kasir pertama yang bisa menjadi rekomendasi yakni Kasir Pintar dari PT Kasir Pintar Internasional. Aplikasi ini sangat memudahkan dalam manajemen dan transaksi dari usaha atau jasa yang sedang dijalankan. Tidak perlu repot harus mencatat satu persatu, semua bisa diinputkan ke aplikasi dan jika nantinya dibutuhkan tinggal tap dan gunakan sesuai kebutuhan.

Yang paling menarik ialah laporan transaksi bersifat grafik sehingga memudahkan pengguna dalam melihat keuntungan dan kerugian. Selain itu juga dapat melakukan sinkronisasi akun anda ke kasirpintar.co.id, sehingga nantinya tidak akan ada data yang hilang atau terhapus.

Ada dua versi yang dihadirkan oleh PT Kasir Pintar Internasional yakni versi gratis dan pro. Untuk yang pro, fitur dan manajemen usaha hadir dengan opsi menu lebih banyak. Jika tertarik bisa unduh langsung melalui Play Store sekarang juga.

Menu-menu yang di tampilkan pada aplikasi KASIR PINTAR FREE :

  1. Barang dan Jasa, bisa menambahkan barang akan di jual dan jasa untuk bertansaksi.
  2. Kategori Barang, Mengelompokan jenis-jenis barang yang akan di jual, sehingga menjadi kategori pada barang tersebut.
  3. Pembelian barang, Menambahkan stok barang yang masuk ke dalam toko dari suplayer (untuk di aplikasi KASIR PINTAR FREE ini terkunci).
  4. Pelanggan, menambahkan data pelanggan atau costumer (untuk di aplikasi KASIR PINTAR FREE ini terkunci).
  5. Kredit/Piutang, bisa menggkredit barang pembelian setelah bertransaksi (untuk di aplikasi KASIR PINTAR FREE ini terkunci).
  6. Pajak, Pengelolaan pajak pembelian atau penjualan barang (untuk di aplikasi KASIR PINTAR FREE ini terkunci).

Keunggulan aplikasi KASIR PINTAR FREE sebagai berikut :

  1.  Penyimpanan produk dan update kapan saja.
  2.  Mengetahui harga pada sceening barcode pada barang yang sudah terdata di aplikasi KASIR PINTAR FREE.
  3.  Laporan penjulan dan melihat hasil untung rugi pada penjualan toko,
  4.  Cetak struk dengan alat printer atau bisa di share ke aplikasi masage sepeti email.whatsapp atau lainya.
  5.  Bisa melihat laporan stok,transaksi dan laporan lainya di website KASIR PINTAR FREE.
  6.  Pembackup data agar data anda aman pada saat aplikasi mengalami masalah.

2. Kasir Toko Portable-Point of Sales

Kasir Toko Portable dari GentaTekno yang mudahkan segala kebutuhan transaksi dan pembukuan dari usaha UMKM. Aplikasi ini sangat cocok untuk segala kebutuhan bisnis kecil ataupun menengah, entah itu warung, toko, apotek, onlineshop, franchise, serta berbagai jenis usaha lainnya.

Tidak perlu pusing lagi dalam manajemen stok produk, mengecek harga dan data produk, invoice atau order, ataupun mengatur keuangan. Semuanya dapat dengan mudah dikelola hanya dengan menggunakan aplikasi ini.

Informasi yang dihadirkan bisa bermacam-macam, mulai dari produk barang atau jasa seperti halnya bengkel atau jenis usaha lainnya. Dapat melakukan input satu produk dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan levelnya. Bisa juga mendapatkan opsi diskon pada produk tertentu.

Untuk kebutuhan laporan, semuanya tersedia lengkap, baik harian, bulanan, hingga tahunan. Selain itu, informasi laporan dapat di export ke dalam bentuk file Excel. Adapun untuk nota pembelian, aplikasi bisa dihubungkan ke printer via Bluetooth.

Fitur-fitur unggulan  :

  1. Dapat diakses melalui smartphone dan komputer dengan koneksi WIFI lokal.
  2. Multioperator dimana memiliki hak akses yang berbeda-beda.
  3. Dapat memasukan produk barang dan jasa sehingga dapat digunakan untuk bengkel atau jenis usaha jasa yang lain.
  4. Terdapat sistem paket diskon untuk memudahkan memberikan promo diskon suatu produk.
  5. Terdapat sistem level harga dimana satu produk dapat memiliki harga yang berbeda-beda.
  6. Dapat melakukan transaksi tunai maupun kredit dan otomatis tercatat dalam data hutang piutang.
  7. Terdapat Laporan Harian, Bulanan, Tahunan dan Laporan Saldo.
  8. Dapat Import dan Export data produk ke file Excel.
  9. Sistem dibuat secara lengkap dan dengan tampilan yang mudah untuk dipaham.

3. Olsera POS

Olsera POS dari PT Olsera Indonesia Pratama yang merupakan aplikasi kasir android paling fleksible dengan hadirkan berbagai fitur terlengkap mudahkan para pegiat usaha UMKM. Tidak hanya pada versi Android, aplikasi ini juga tersedia untuk iOS dan Windows (Desktop).

Semua kebutuhan dalam manajemen usaha dan transaksi akan terasa lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini. Bahkan untuk setiap resi transaksi dapat dikirim melalui email ataupun SMS, bisa juga cetak melalui Printer dengan menghubungkannya ke Bluetooth.

Keunggulan Olsera POS dan dijamin lebih baik dari POS yang lain :

  1. Dapat mencatat laporan POS secara lebih lengkap dan mendetil.
  2. Produk dari Excel bisa diimpor secara langsung.
  3. Supervisor bisa mengendalikan POS dan para pegawai bisa mengoperasikannya.
  4. Dapat dioperasikan untuk kepentingan outlet/toko/cabang lebih dari satu.
  5. Bisa dioperasikan baik dalam kondisi offline maupun online.
  6. Saat proses transaksi catatan singkat bisa ditambahkan.
  7. Sangat kompatibel, khususnya bagi iOS 6 ke atas dan Android 4.0 ke atas dengan Point of Sale software free download.
  8. Device-device tertentu bisa ditentukan oleh pengelola sehingga sistem POS bisnis bisa diakses lebih nyaman dan leluasa. Ini sebenarnya adalah hal yang dibutuhkan oleh pengelola supaya risiko atas akses kasir toko di luar jam operasional bisa diminimalisir.
  9. Dapat menginformasikan sisa stok produk yang diperdagangkan secara nyata.
  10. Pencatatan saldo kas di akhir dan awal per harinya menjadi lebih mudah dan praktis.
  11. Memberikan dukungan program POS untuk komputer yang paling tidak sudah menggunakan Windows 7 SP1.

4. Chromis POS

Chromis POS sebuah terobosan open source point of sale dunia  secara gratis free download 100% gratis tanpa syarat menjadikan lebih mudah dalam pembukuan dan mempercepat transaksi kasir, fitur yang lengkap menjadikan sempurna dalam kebutuhan.

Chromis POS memiliki berbagai kelebihan untuk digunakan sebagai retail shop store maupun untuk kebutuhan restoran cafe kuliner dan masih banyak lainnya. Pembagian schema divisi menjadikan lebih lengkap dan powerfull dalam kecepatan pembukuan dan transaksi kasir pada mesin kasir.

Pada divisi usaha retail penggunaannya dengan pembagian divisi sesuai dengan kebutuhan dengan share databased system mulai dari warehouse inventori divisi, divisi penjualan kasir, divisi admin dan berbagai divisi lain nya. Pada restoran cafe dan usaha kuliner dapat menggunakan pembagian schema divisi dengan pembagian waiters order mencatat pesanan pelanggan dan meneruskan order ke kitchen bisa via printer atau kitchen display – kasir – admin back office semakin memudahkan dan melengkapi technology terbaik dalam penggunaan nya.

Keunggulan dari aplikasi kasir gratis Chromis POS :

  1. Kustom struk belanja.
  2. Logo minimarket atau retail serta ucapan terima kasih yang nantinya akan tercetak pada struk.

5. TruePOS

Aplikasi toko dari India ini hadir dalam dua versi. Versi pertama bisa dinikmati oleh yang memiliki usaha kecil dan menengah (UMKM) karena anda tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkannya.

Namun, True POS versi gratis punya sejumlah keterbatasan. Beberapa di antaranya adalah aplikasi hanya bisa digunakan pada satu mesin kasir dengan jumlah transaksi yang tak lebih dari 100 setiap bulannya.

Versi True POS yang kedua cocok buat anda yang punya bisnis ritel dalam skala enterprise sekali pun. Bukan hanya tak dibatasi jumlah mesin kasir yang bisa menggunakannya, versi ini tak memiliki keterbatasan jumlah transaksi. Selain itu, True POS versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap.

6. Omega POS

Untuk menganalisa penjualan dengan mudah, tentunya membutuhkan aplikasi yang sepenuhnya terintegrasi dengan modul accounting dan inventory. Di sini, Omega POS patut untuk di pertimbangkan. Omega POS sendiri memiliki keunggulan berupa manajemen stok, yang mana fitur ini digunakan untuk mengecek barang di beberapa toko sekaligus.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat menganalisa perilaku pelanggan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Dengan begini dapat meningkatkan penjualan di toko sesuai dengan permintaan pelanggan.

Lagi-lagi, Omega POS juga memungkinkan untuk mencoba aplikasi selama 14 hari. Untuk menggunakan di hari selanjutnya, Anda diminta untuk melakukan pembayaran. Satu hal lagi, sebelum mendownload aplikasi ini pastikan smartphone yang akan digunakan memiliki layar minimal 7 inci. Hal ini bertujuan supaya tampilan aplikasi dapat bekerja lebih optimal.

7. VendHQ-Point of Sale

Vend telah digunakan oleh lebih dari 20 ribu retailer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perusahaan berbasis POS yang berasal dari Inggris tersebut mengintegrasikan beberapa fitur utama mereka, seperti inventory, pembayaran, point of sale, hingga laporan keuangan. Fyi, Vend bisa dicoba secara gratis namun ada biaya berlanggan apabila ingin menggunakannya dalam waktu lama.

Data di Vend sudah tersinkronisasi dengan sistem cloud sehingga kamu bisa membukanya baik melalui iPad maupun laptop. Selain itu, Vend juga memastikan perangkat mereka bisa digunakan secara offline dan semua data akan tersimpan secara otomatis ketika sinyal ataupun wifi sudah kembali tersedia.

8. ProfitCentre

Profit Centre merupakan salah satu sistem aplikasi kasir gratis PC paling recommended. Profit centre dikembangkan oleh Dale Haris seorang insinyur elektronik yang membuat sendiri aplikasi ini. Dale Haris mengembangkannya dari aplikasi toko online Cash Register Keyhut yang terkenal.

Dengan aplikasi kasir ini bisa menjaga stok persediaan barang sehingga tetap aman. Salah satunya ditunjang dengan adanya fitur order otomatis. Selain itu terdapat juga beberapa fitur lain seperti penamaan label rak dagangan dan print bar code.

Sayangnya program ini baru bisa support untuk komputer Windows saja untuk menggunakannya, cukup menyediakan pemindai bar code, PC dan printer. Fitur yang tersedia untuk aplikasi kasir komputer ini seperti update gratis, free support, support berbagai mata uang dan berbagai fitur lainnya termasuk melihat kinerja keuangan bisnis Anda Tentunya sangat membantu kasir untuk lebih cepat dalam melayani konsumen.

Fitur unggulan seperti :

  1. Dapat digunakan pada smartphone atau tablet Android.
  2. Cetak/Kirim struk.
  3. Scan Barcode.
  4. Kelola data dan stok barang.
  5. laporan penjualan laba rugi, omzet, piutang.
  6. Kelola Data Supplier dan Data Pelanggan.
  7. Laporan Barang Kulakan.
  8. Layanan Tagihan Bulanan.
  9. Layanan Reservasi Tiket Pesawat, Pelni dan Kereta.
  10. Layanan Pengiriman Barang.
  11. Layanan Transfer Uang antar bank.
  12. Layanan Keagenan.
  13. Layanan Penjualan Barang online.

9. MokaPOS

Program POS yang satu ini bisa dibilang ramah dengan para pelaku bisnis kecil dan menengah berkat harganya yang cukup murah. Moka POS memberlakukan sistem berlangganan dengan harga yang bersahabat, yakni Rp. 250.000 per bulannya.

Murah tak berarti murahan. Moka POS punya sejumlah fitur andalan yang membuatnya banyak dilirik pengusaha di Indonesia. Contohnya, Moka POS hadir dalam bentuk aplikasi Android dan iOS, fleksibel antara penggunaan online dan offline, dan mampu memberikan laporan secara real-time.

Kelebihan lainnya dari Moka POS adalah software POS ini berbasis cloud. Fitur yang satu ini memungkinkan anda untuk membuat menu secara online untuk bisnis restoran, memeriksa transaksi, hingga mengecek ketersediaan barang.

10. Keyhut

Aplikasi kasir ini didesain untuk memajukan UKM yang ada di masyarakat. Aplikasi ini dari segi font dan background memiliki warna yang mirip sekali dengan tampilan BIOS tetapi ini adalah aplikasi kasir berbasis desktop. Dengan Keyhut dapat terhubung dengan mesin kasir, printer atau komputer. Bahkan, rencananya akan ditambahkan kompatibilitas terhadap tablet sehingga mempermudah pekerjaan seorang kasir.

Jika usaha yang dimiliki masih usaha mikro, software bisa berjalan di PC. Walau gratis, aplikasi kasir ini bisa diandalkan. Sistemnya bagus, bisa menjalankan beberapa jenis reports sekaligus termasuk laporan penjualan yang dicatatkan tiap-tiap karyawan.

Ada fitur manajemen karyawan dasar, CRM, dan fitur inventory tracking yang mendukung lebih dari 1 mesin kasir.

11. Ubequ POS

Aplikasi kasir berikutnya ada Ubequ POS dari Vixelmedia dengan dukungan kebutuhan manajemen produk dan transaksi penjualan berbasis cloud server. Hadir dengan UI simple dan user friendly tentunya dapat memudahkan dan memanjakanmu saat menggunakan aplikasi ini.

Yang paling menarik dari aplikasi ini adalah, anda bisa melakukan banyak hal seperti melacak inventaris, menerima feedback dari para pelanggan, dan melakukan analisis sehingga nantinya anda bisa tahu item apa yang paling laku, barang apa yang hampir habis, kapan jam paling sibuk dalam melayani pelanggan, dan masih banyak lagi.

12. Pawoon-Kasir / POS Online

plikasi Pawoon  dari developers Pawoon, hadir dengan desain simple dan user friendly yang mudah untuk digunakan. Aplikasi ini dapat membantu anda sebagai pemilik bisnis kecil atau menengah (UMKM) dalam mengembangkan dan memaksimalkan bisnis yang anda jalankan.

Aplikasi ini cocok untuk semua kebutuhan, baik itu dalam bidang retail, waralaba, kafe, hingga resto. Dalam melakukan manajemen stok (inventory management), aplikasi ini sangat handal, akurat, dan real-time dimapaun dan kapanpun. Melihat laporan harian terlihat lebih mudah dari sebelumnya, semuanya serba instan dan tidak menyita banyak waktu. Tidak membutuhkan karyawan lebih untuk mengelola bidang usaha.

Aplikasi ini dapat berjalan secara online dengan menggunakan cloud server dan offline dengan menggunakan memori internal smartphone.  Jika ingin mencetak struk pembelian, tinggal hubungkan aplikasi ke printer struk thermal atau dot matrix via Bluetooth atau LAN.

 

Itulah beberapa software dan aplikasi kasir gratis dan berbayar yang dapat kami sampaikan untuk Anda.

Semoga bermanfaat

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

View Comments

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 hours ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 hours ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

1 day ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

1 day ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

3 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago