HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Blogspot VS WordPress: Mana Yang Terbaik Diantara Keduanya?

Ada banyak platform blogging yang tersedia saat ini. Dua di antaranya yang sangat populer: WordPress dan Blogspot. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun platform mana yang terbaik?

Masih bingung platform mana yang tepat bagi Anda untuk memulai sebuah blog? Kali ini Team Hoseteko akan menjelaskan perbandingan Blogspot dan WordPress. Ini pasti akan menjawab kebingungan Anda. Jangan diskip ya, simak terus sampai akhir!

Blogspot vs WordPress: Deskripsi Platform Individual

a) Blogspot

Blogspot adalah platform blogging populer milik Google, perusahaan mesin pencari terbesar. Blogspot adalah milik Google, sehingga fitur Blogspot juga terhubung dengan fitur Google lainnya. Contohnya termasuk Google Ads, Gmail, dan Drive.

Blogspot sendiri pertama kali muncul pada tahun 1999 dan didirikan oleh Pyra Labs. Sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2002. Saat ini Blogspot sedang banyak diminati oleh masyarakat yang ingin membuat blog.

b) WordPress

Pada tahun 2003, WordPress dirilis oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Sebelumnya ada b2 atau biasa disebut Cafelog yang merupakan cikal bakal dari WordPress. Saat ini, b2/Cafelog lebih dikenal dengan nama b2evolution.

WordPress dibagi menjadi dua bagian. Yaitu WordPress sebagai platform blogging (WordPress.com) dan WordPress sebagai Content Management System (WordPress.org). Untuk memudahkan, kami akan menyingkat penjelasan “wordpress.com” menjadi “.com” dan wordpress.org menjadi “.org”.

Perbedaan mendasar antara WordPress.com dan WordPress.org adalah kostumisasi. WordPress.com digunakan untuk membuat blog dengan cepat, dan WordPress.org digunakan untuk membuat blog menggunakan alamat domain dan server Anda sendiri.

Blogspot vs WordPress: Hak dan Biaya kepemilikan

a) Blogspot

Blogspot memerlukan akun email Google. Jika Anda memiliki akun email Google, Anda memiliki akses ke semua yang ditawarkan Google. Keuntungan lainnya adalah tidak dipungut biaya untuk mendaftar akun Google.

Begitupun saat Anda menggunakan Blogspot ini. Pilih alamat blog gratis dengan domain .blogspot.com dan dapatkan ruang penyimpanan file sebesar 15 GB. Anda juga dapat menyesuaikan domain dasar tanpa tambahan .blog spot, dengan biaya tambahan. Sayangnya, kendali yang Anda miliki saat menggunakan Blogspot hanya terbatas.

b) WordPress

.COM

Seperti Blogspot, WordPress.com memberi Anda kesempatan untuk berkreasi dengan blog Anda secara gratis. Kapasitas penyimpanan yang diberikan cukup besar yakni 3 GB. Anda juga bebas memilih alamat blog dengan domain .wordpress.com. Namun, seperti Blogspot, Anda memiliki kendali terbatas atas pengelolaan blog.

.ORG

Faktanya, WordPress.org adalah CMS (Content Management System) yang hanya dapat digunakan jika Anda memiliki server dan alamat domain sendiri. Berbeda dengan WordPress.com atau Blogspot, WordPress.org memungkinkan Anda berkreasi dan memodifikasi serta membuat jenis blog apa pun yang Anda suka.

Namun, WordPress.org memerlukan domain dan hosting yang dapat Anda beli. Harga domain dan hosting bervariasi tergantung pada penyedia layanan hosting, kapasitas penyimpanan dan bandwidth, serta fitur lainnya.

Blogspot vs WordPress: Keamanan

a) Blogspot

Blogspot dikelola oleh Google, jadi penggunaan Blogspot sangat aman. Dengan Blogspot, serangan hacker jarang terjadi di dunia blogging. Sistem keamanan telah diatur sebelumnya secara default dan tidak dapat disesuaikan.

b) WordPress

.COM

Seperti halnya Blogspot, keamanan WordPress.com sangat bisa diandalkan. Namun, tidak banyak yang dapat Anda ubah dari WordPress.com. Seperti disebutkan sebelumnya, menggunakan WordPress.com berarti blogging. Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan situs web atau plugin mana yang akan dipasang. Semuanya dikelola oleh WordPress sendiri.

.ORG

Berbeda dengan dua platform sebelumnya, WordPress.org memberikan lebih banyak kebebasan kepada pemilik blog untuk melindungi situs webnya. Contohnya termasuk penggunaan Secure Socket Layer (SSL) dan menginstal plugin keamanan. Anda benar-benar mempunyai kendali penuh atas blog Anda.

WordPress.org Blog sering kali menjadi korban serangan peretasan, namun tidak perlu khawatir. WordPress.org selalu melakukan pembaruan rutin untuk melindungi blog Anda dengan sebaik-baiknya. Yang terpenting, tidak ada aplikasi atau plugin pihak ketiga yang tidak dikenal yang akan dipasang di blog Anda.

Blogspot vs WordPress: Kemudahan

a) Blogspot

User interface Blogspot sangat sederhana. Bahkan orang awam pun bisa dengan mudah memahami fungsi-fungsi yang disediakan oleh Blogspot. Tapi bukan itu saja. Blogspot juga memungkinkan Anda menambahkan widget dengan mudah menggunakan drag and drop.

b) WordPress

.COM

WordPress didasarkan pada bahasa pemrograman PHP, sehingga beberapa bagian WordPress terutama bagian coding menggunakan perintah PHP. WordPress sebenarnya cukup mudah digunakan, namun ada beberapa fitur yang terbatas untuk pengguna gratis. Jika Anda menginginkan lebih banyak fitur, Anda dapat mengupgrade WordPress dengan biaya tertentu.

.ORG

Saat Anda membuat blog dengan CMS WordPress.org, Anda dapat dengan mudah dan bebas meng-custom blog Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan berbagai plugin gratis dan berbayar untuk menambahkan fungsionalitas yang Anda perlukan ke blog Anda.

Blogspot vs WordPress: Fitur

a) Blogspot

Blogspot sebenarnya cukup lengkap fiturnya. Khusus untuk blogger pemula, semua yang dibutuhkan sudah tersedia. Namun, fungsinya terbatas dan tidak dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Jika Anda ingin menambahkan widget dan menyesuaikan tampilan SEO, Anda dapat melakukannya menggunakan menu pengeditan XHTML. Anda juga dapat menemukan tutorial dan dokumentasi blogging di internet.

b) WordPress

.COM

Mirip dengan Blogspot, fungsionalitas WordPress.com cukup terbatas. WordPress.com sangat sederhana dan hanya menawarkan fitur untuk membantu Anda menulis dan mempublikasikan artikel di blog Anda. Apalagi Anda juga mendapatkan tema gratis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

.ORG

Dari semua platform, CMS WordPress adalah alat yang paling komprehensif. CMS WordPress tidak hanya memberi Anda kebebasan untuk mengedit tampilan eksterior dan interior blog Anda, tetapi juga memungkinkan Anda mengoptimalkan blog Anda dengan mudah.

Interface WordPress yang rumit mungkin cukup sulit untuk dipahami (terutama bagi pemula), namun ada banyak panduan dan dokumen yang tersedia online untuk membantu Anda terbiasa menggunakan WordPress.

Itulah perbandingan Blog Spot dan WordPress. Semua platform blog memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda menginginkan blog gratis, Anda bisa menggunakan Blogspot atau WordPress.com. Namun, jika Anda ingin serius menggeluti dunia blogging, WordPress.org adalah pilihan terbaik. Selamat menikmati blognya!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

17 hours ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

23 hours ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

5 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

5 days ago