HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Ampuh Memanfaatkan Blog Sebagai Sumber Cuan

Blog merupakan salah satu media yang paling sederhana dan mudah yang dapat digunakan banyak orang untuk menulis sesuatu. Dengan blog, Anda bisa mengatakan apa pun yang ingin Anda tulis. Ada banyak jenis blog yang bisa Anda jadikan topik, seperti blog travelling, blog review produk, blog tutorial, blog resep, ataupun blog yang berisi pengalaman pribadi.

Nah, kebanyakan orang enggan membicarakan blogging karena tidak menghasilkan uang. Banyak orang mengira menulis blog hanya membuang-buang waktu dan tidak mengeluarkan uang.

Tapi tahukah Anda bahwa ada cara menghasilkan uang dari blog? Anda dapat menghasilkan banyak uang tanpa berinvestasi banyak. Apakah Anda ingin tahu caranya? Simak 8 cara menghasilkan uang dari blog menurut Hosteko!

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

1. Mulailah Membuat Blog Sekarang!

Jangan ragu untuk memulai! Buat blog Anda sekarang!

Bagi pemula, ada berbagai platform yang dapat Anda gunakan untuk blogging seperti Blogger, WordPress, Ghost, dll. Salah satu tema yang paling populer adalah WordPress. Sekitar 30% orang di dunia menggunakan WordPress sebagai platform blog/website mereka. Hal ini dikarenakan WordPress mudah digunakan oleh para pengembang dan memiliki banyak fitur, tema, dan plugin yang dapat dikustomisasi dengan mudah.

Untuk menghasilkan uang dari blog, Anda perlu menggunakan hosting domain agar blog Anda terlihat profesional. Ada beberapa penyedia domain berkualitas yang dapat diorder. Bagi pemula, ada banyak cara membuat blog/website, baik secara manual maupun otomatis.

Bagi Anda yang tidak ingin repot, kini telah hadir teknologi Web Instan yang dapat membuat halaman web secara instan. Namun jangan lupa tentukan topik blog Anda terlebih dahulu!

2. Memperbaiki Tampilan Blog

Setelah blog/website sudah ada, dan tujuan blog sudah ditentukan, sekarang saatnya memperbaiki tampilan blog. Tampilan suatu blog merupakan kesan pertama pengunjung suatu website. Semakin banyak pengunjung blog yang Anda dapatkan, semakin banyak uang yang Anda peroleh.

Untuk WordPress, ada banyak tema yang bisa Anda pilih. Anda dapat menggunakan beberapa plugin untuk menambahkan foto dan video. Pastikan Anda mencocokkan gaya blog dengan topik yang sedang dibahas di blog.

Jangan biarkan blog Anda menjadi hitam pekat sedangkan topik berhubungan dengan memasak atau resep. Tentu tidak menyenangkan bukan?

3. Content is Everything

Saatnya membicarakan konten blog. Ingatlah bahwa konten adalah jiwa dan kekuatan sebuah blog. Jadi pastikan Anda menulis blog berdasarkan topik blog tersebut.

Jangan memulai dengan kalimat yang panjang, karena akan mengganggu pengunjung. Jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata, kecuali blog pribadi yang menampilkan pengalaman pribadi.

Selalu tulis sesuatu dari hati dan bermanfaat bagi orang lain! Walaupun blog ini tentang menghasilkan uang, namun jangan lupakan tujuan utamanya. Blog yang informatif dan bermanfaat bagi pengunjungnya akan masuk pada peringkat pertama pada search engine Google. Jangan lupa tambahkan gambar pendukung agar menarik.

4. Kamu Bukan NEWBIE

Newbie adalah sebutan untuk seseorang yang baru memulai atau pendatang baru. Sebagai seorang pemula, ada banyak hal yang harus dipelajari dalam hal keterampilan dan gaya blogging. Jadi usahakan jangan terlalu terlihat seperti newbie ya!

Selalu hapus halaman template “hello world” dan kolom metadata agar blog Anda tidak terlihat baru. Dari segi tampilan sebaiknya pastikan huruf dan warna blog tidak berbeda. Jika blog Anda “labih” dan berubah setiap saat, mungkin blog Anda tidak terlihat profesional. Jangan lupa untuk mengkategorikan konten.

5. Menghasilkan Uang Dari Blog

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog. Anda bisa menggunakan bantuan Google Adsense, konten berkualitas dan afiliasi. Jika Anda ingin menggunakan Google Adsense, pastikan Anda mendapatkan page view yang tinggi. Bagaimana caranya?

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk “mempromosikan” postingan di blog. Namun, isi dulu blog Anda dengan konten berkualitas. Konten yang berkualitas adalah konten yang profitable dan bermanfaat bagi banyak orang. Misalnya, blog Anda berisi tutorial, cara, dan solusi masalah. Tentu banyak orang yang mencari blog dengan konten tersebut.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari afiliasi marketing. Afiliasi adalah sistem di mana Anda merekomendasikan seseorang ke situs web untuk sesuatu melalui URL tertentu. Anda dibayar jika seseorang membeli produk melalui link/banner yang dipasang di blog.

6. Yeah, Kumpulkan Email Sebanyak- banyaknya!

Adapun cara lain untuk menghasilkan uang dari blog tanpa mengeluarkan biaya. Anda bisa mengumpulkan pengunjung email sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan traffic blog Anda. Bagaimana bisa?

Apabila ada postingan blog terbaru, pastikan Anda memberitahu ini kepada orang lain. Siapa tahu mereka tertarik dan membuka blog Anda! Bagaimana cara mendapatkan lebih banyak email? Tenang! Anda dapat menggunakan layanan email marketing.

Cara termudah menghasilkan uang di Internet tanpa modal adalah dengan membuat blog. Anda bisa membuat website atau blog yang sudah terinstall di laptop, domain dan hosting murah dengan ide yang bagus!

Untuk menghasilkan uang dari blog Anda, Anda bisa mulai dengan memikirkan apa yang dicari orang dan solusinya. Misalnya cara setting komputer, cara membuat website, cara membuat toko online, atau cara mengindeks website di Google. Enjoy keep blogging everyone!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal Apache Tomcat: Server Aplikasi untuk Java Web

Apache Tomcat merupakan web server yang dipakai untuk menjalankan aplikasi berbasis Java di lingkungan server.…

30 mins ago

Optimasi Kinerja Web dengan Lighttpd: Cara Kerja dan Fungsinya

Lighttpd web server yaitu software yang bertindak sebagai server HTTP. Lighttpd didesain untuk menangani beban…

2 hours ago

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

24 hours ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

1 day ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

1 day ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

1 day ago