HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Begini Cara Cek Backlink Paling Mudah

Backlink kini menjadi cara paling mutakhir untuk meningkatkan SEO di mesin pencari. Banyak platform pencarian marketing populer mempublikasikan fakta bahwa Google Ranking sangat dipengaruhi oleh link.

Sekitar 50 hasil menyatakan bahwa setidaknya ada satu link eksternal yang membuat banyak pengguna internet mengeklik suatu website. Dengan begitu, jika website kamu memiliki banyak backlink maka peluang untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari Google akan lebih besar.

Hanya saja algoritma Google menambahkan logika terhadap website mana yang asli dan mana yang palsu. Berkat algoritma ini, pencari informasi lebih mungkin menerima konten berkualitas tinggi sesuai dengan permintaan pencarian.

Bicara tentang backlink, maka kamu harus tahu cara cek backlink. Ini dilakukan agar kamu tidak salah dalam mengambil keputusan untuk memperbaiki isi konten. Yuk, langsung saja cari tahu cara cek backlink di sini ya!

Cara Cek Backlink Paling Mudah

Ketika membahas cara terbaik untuk cek backlink maka kamu harus memeriksa seluruh daftarnya di sini. Ada banyak cara untuk cek backlink, namun beberapa hasilnya mungkin tidak akurat. Hasil yang tidak akurat dapat menyebabkan manager pengelola website mengambil keputusan yang salah dalam memperbaiki isi konten.

Jika kamu ingin menggunakan website yang akurat dalam cek backlink, berikut ini adalah rekomendasi website cek backlik yang bisa kamu coba:

  • MOZ

Website MOZ dengan domain berupa Moz.com sering digunakan oleh para SEO specialist untuk mencari informasi cek backlink. Informasi ini pasti akan berguna saat membuat konten. Kekuatan algoritmanya menjadikan Moz sebagai market leader karena software website MOZ dapat menampilkan jumlah backlink secara akurat.

Jika kamu sudah terbiasa dengan dunia pembuatan konten website, kamu mungkin sudah familiar dengan istilah Domain Authority (DA). Istilah DA banyak digunakan oleh pengguna internet ketika mencari parameter utama untuk mengakses website berkualitas melalui backlink. Tentu saja ini bukan acuan sembarangan sehingga dapat DA menjadi acuan penting yang perlu diperhatikan dalam mengelola SEO website.

MOZ sendiri terus memperbarui algoritmanya untuk mengikuti perkembangan algoritma Google. Websitenya sendiri berani mengklaim bahwa nilai DA menjadi acuan paling akurat untuk memprediksi peringkat suatu domain di Google.

Uniknya, pengguna tidak perlu login saat menggunakannya. Akses terhadap data lengkap hanya dapat dilakukan jika pengguna telah memberikan alamat email yang valid. Untuk mendapatkan data yang sangat lengkap, kamu perlu berlangganan dan membayar biaya tertentu.

  • Ahrefs

Cara cek backlink selanjutnya adalah dengan menggunakan Ahrefs. Cara ini dianggap yang terbaik. Kamu dapat menggunakan cek backlink versi premium dan gratis. Seperti biasa, akses terhadap versi gratis ini sangat terbatas. Jika kamu ingin terus menggunakan cek backlink melalui platform ini, maka kamu perlu berlangganan versi premium.

Oleh karena itu, website ini mengharuskan kamu mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan data yang lengkap. Website ini sendiri memiliki algoritma yang sangat baik untuk mengevaluasi algoritma Google terkait peringkat website di mesin pencari.

Salah satu fitur Ahrefs yang banyak diminati orang adalah Domain Rank (DR). Fitur ini memberikan hasil berupa nilai acuan yang akurat dan dapat digunakan sebagai alternatif fungsi PageRank Google. Fitur ini memungkinkan pemilik website mengidentifikasi apakah ada backlink yang bisa diikuti robot atau tidak.

  • SEMrush

Cek backlink paling akurat selanjutnya adalah SEMrush. Cek backlink ini memungkinkan marketer menggunakan fitur SEOquake-nya yang otomatis. Kelebihan SEOquake adalah pemilik website bisa secara otomatis mengecek jumlah page backlink dan backlink domain tanpa harus mengeceknya satu per satu.

Untuk menggunakan SEMrush, kamu harus menginstal bagian ekstensi SEMrush di browser. SEO metrics ini akan langsung muncul secara otomatis di link SERP Google. Meskipun penggunaan SEMrush saat ini kurang populer untuk cek backlink versi berbayar. Namun, banyak orang yang senang menggunakan cek backlink meski dengan versi gratis.

  • Alexa

Jika kamu ingin mengetahui performa dari kompetitor, kamu juga bisa menggunakan Alexa. Cek backlink Alexa memungkinkan pengguna mengetahui website mana yang memiliki backlink berkualitas tinggi dibandingkan kompetitornya.

Dengan informasi yang kamu terima setelah menggunakan cek backlink Alexa, kamu dapat merencanakan untuk membangun backlink baru sambil terus memantau apa yang dilakukan kompetitor.

Kamu juga dapat menggunakan analisis backlink kompetitor untuk memahami perkembangan konten kompetitor yang berdampak langsung pada peringkat. Sehingga kamu dapat meniru langkah kompetitor tersebut agar konten kamu bisa menjadi lebih baik ke depannya.

  • Openlinkprofiler.org

Cek backlik yang tersedia secara gratis adalah Openlinkprofiler.org. Informasi yang diberikan tidak hanya tentang website pengguna, tetapi juga website kompetitor. Sehingga ini memudahkan kamu untuk mengecek kompetitor secara online dan gaya informasi yang diberikan tidak terlalu berbeda dengan alat pengecekan backlink lainnya.

Namun, versi gratisnya memiliki batasan berapa kali kamu dapat menggunakannya. Kamu tidak bisa leluasa menggunakan fitur tools cek backlink ini. Pengguna versi gratis dapat menggunakannya minimal 5 kali sehari. Jika ingin digunakan kembali, bisa digunakan mulai keesokan harinya.

  • SEO SpyGlass

Tools ini bisa dipakai secara gratis setiap kali kamu cek backlink. Sistem penggunaan yang disediakan SEO SpyGlass ini unik dan mirip dengan aplikasi desktop. Itu sebabnya berbeda dengan tools cek backlink lain yang menggunakan sistem website. Dengan menggunakan tools ini, kamu dapat mengecek link yang mengarah ke website yang dikelola. Ini akan membantu kamu memeriksa kualitas backlink yang mengarah ke website kamu.

Tools ini sekarang dapat menjelajahi setidaknya 7,1 miliar halaman setiap hari. Kecepatan pendeteksian ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan cek backlink ternama Ahrefs dan Majestic.

Satu hal yang harus diwaspadai terkait backlink adalah spam backlink. Jika backlink tersebut mengarah ke website kamu maka reputasi website yang kamu kelola bisa saja turun. Namun, jangan khawatir karena tools ini memungkinkan kamu mengetahui email dari pemilik website yang dianggap spam backlink. Selain itu, kamu juga dapat membandingkan profil backlink kamu dengan kompetitor. Bahkan cek backlink ini dapat memberikan nilai SEO dari backlink kompetitor.

  • SmallSEOTools

Selain sebagai website yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi plagiarisme suatu konten, SMAllSEOTools juga bagus untuk cek backlink. Didalamnya terdapat fitur untuk mengecek DA dan PA suatu website. Cek backlink ini disediakan secara gratis, jadi kamu bisa menggunakannya sepuasnya.

  • Majestic

Website yang satu ini berguna sebagai tools untuk cek backlink website kamu sendiri dan kompetitor. Banyak internet marketer merekomendasikan penggunaan Majestic untuk cek backlink.

Hasilnya juga sama akuratnya dengan tools backlink website lainnya. Hasilnya mencantumkan trust flow dan citation flow yang lengkap. Selain trust flow dan citation flow, fitur lain seperti visibility flow, topical trust flow, flow metric scores, dan lain-lain juga tersedia.

Dengan fitur visibility flow, kamu dapat mengecek link style editorial yang cocok dan memiliki trust flow tinggi. Sedangkan, topical trust flow menunjukkan bagaimana suatu topik bisa relevan dengan halaman website.

Tools ini mencakup hingga 800 kategori dari beberapa website terbaik. Sehingga ini memungkinkan pengguna lebih memahami hubungan antara topik dan websitenya.   Fitur terakhir yang menjadi kelebihan Majestic adalah fitur yang memiliki kemampuan menampilkan data yang menunjukkan nilai berbeda yang memengaruhi konten website kamu.

Nah, itulah cara cek backlink, kamu dapat memanfaatkan tools-tools di atas untuk cek backlink. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

20 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 days ago