HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun, mungkin ada beberapa kendala dalam mendaftarkan nama domain. Hal ini biasanya terjadi karena nama domain sudah menjadi milik orang lain.

Jika hal tersebut terjadi, kamu tidak harus langsung mengubah pilihan karena kamu bisa cek pemilik domain terlebih dahulu. Sekalipun suatu nama domain sudah menjadi milik orang lain, namun tetap dapat diambil alih. Oleh karena itu, cek dulu pemilik domainnya.

Cara Cek Pemilik Domain

Sebelum membeli domain, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah nama domain tersebut sudah menjadi milik orang lain atau belum. Jika sudah, sebaiknya kamu segera mencari tahu siapa pemilik domain tersebut dan mengetahui siapa yang harus dihubungi mengenai hal ini.

Nah, berikut adalah cara cek pemilik domain yang bisa kamu coba:

1. Kunjungi Website

Memiliki domain tentunya lebih mudah jika pemiliknya membelinya sebagai investasi, yaitu dengan kemampuan untuk menjualnya kembali kepada orang lain. Jadi, mulailah dengan cek siapa pemilik website tersebut.

Apabila memang pemilik mengumumkan domainnya akan dijual, mereka biasanya memberikan informasi kontak dan formulir yang harus segera diisi. Dalam beberapa kasus, informasi kontak dapat ditemukan di halaman “Tentang Situs Website” meskipun domain sedang digunakan secara aktif.

Jika kamu cukup beruntung mendapatkan nama domain menggunakan langkah ini maka kamu tidak perlu melakukan dua langkah berikutnya.

2. Periksa Direktori WHOIS

Siapapun yang mendaftarkan nama domain, pasti akan dicatat untuk mengumpulkan informasi kontak. Informasi tersebut kemudian dikirim ke direktori WHOIS, yang di dalamnya berisi informasi tentang operator setiap website. Oleh karena itu, langkah selanjutnya untuk cek pemilik domain adalah dengan memeriksa direktori WHOIS.

Untuk mengetahui siapa pemilik domain menggunakan direktori WHOIS, kamu bisa masukkan nama domain yang kamu cari atau gulir ke bawah untuk menemukan semua data yang tercantum di direktori WHOIS untuk domain tersebut.

Data yang tercantum biasanya mencakup informasi kontak pemilik domain. Meskipun terkadang data yang ditampilkan tidak selalu lengkap, namun informasi tentang pendaftar domain dan tanggal kedaluwarsanya selalu ditampilkan. Jadi, ini juga akan memberi tahu kamu apakah domain akan segera diperpanjang. Jika ya, kamu mungkin bisa mendapatkannya lebih murah dibandingkan membelinya langsung saat masa berlakunya sudah habis.

3. Hubungi Pendaftar Domain

Banyak pendaftar yang kini menawarkan privasi nama domain sehingga informasi pribadi pemiliknya tidak terdaftar di direktori WHOIS. Tentu saja ini berarti pemiliknya tidak bisa diketahui langsung melalui direktori WHOIS. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa mengetahui siapa pendaftar domain tersebut.

Caranya, kunjungi webiste pendaftar domain dan temukan informasi kontak. Hubungi atau kirim email untuk memberi terkait domain yang ingin kamu beli dan minta pemiliknya memberikan rinciannya.

Nah, negitulah cara mengetahui siapa pemilik domain website. Tapi bukan itu saja, diperlukan beberapa langkah lagi untuk menghubungi pemilik domain.

Langkah Selanjutnya Setelah Cek Pemilik Domain

Setelah kamu mengetahui informasi pemilik domain, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya, yaitu.

1. Hubungi Pemilik Nama Domain

Jika salah satu langkah di atas mengarahkan kamu ke pemilik website, sebaiknya segera hubungi pemiliknya. Silakan kirim email kepada mereka untuk memberi tahu bahwa kamu tertarik untuk membeli nama domain.

Pastikan email yang kamu kirim, dikirimkan secara profesional agar tidak terlihat sebagai spam. Setidaknya kamu memiliki alamat Gmail yang sedikit lebih formal. Harap pastikan email yang kamu kirim berisi, sebagai berikut:

  • Informasi Kontak Pribadi Kamu

Kamu harus memberikan informasi kontak pribadi yang jelas dan lengkap, baik berupa email maupun nomor telepon. Ini dilakukan agar mereka dapat dengan mudah menghubungi kamu.

  • Sampaikan Jika Kamu Bersedia utnuk Membayar Nama Domain

Selanjutnya, harap tunjukkan juga di email kamu bahwa kamu bersedia membayar untuk nama domain tersebut. Hal ini karena pemilik domain lebih cenderung merespons jika mereka mengetahui bahwa itu adalah tawaran bisnis.

  • Tunjukkan Legitimasi

Satu-satunya cara untuk meyakinkan pemilik domain bahwa kamu serius ingin membelinya adalah dengan menunjukkan legitimasi. Contohnya, seperti tautan ke websiye yang sudah kamu jalankan atau ke profil LinkedIn.

2. Pertimbangkan Nama Domain Baru

Namun, ada kemungkinan besar juga bahwa setelah menyelesaikan semua langkah ini, pemilik domain tidak ingin menjual domainnya atau hanya menerima harga lebih tinggi dari yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mempertimbangkan ekstensi nama domain yang berbeda. Apabila .com sudah digunakan, opsi nama domain lain, seperti .net atau .co mungkin masih tersedia.

Nah, itulah cara cek pemilik domain yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

20 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 days ago