HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software, dan brainware. Hardware adalah perangkat keras atau elemen yang mewakili seluruh komponen fisik suatu mesin. Sederhananya, jika Anda dapat melihat dan menyentuh sesuatu, itu adalah perangkat keras.

Sebaliknya, software dapat didefinisikan sebagai kumpulan program yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan user. Ini adalah aplikasi atau jaringan tempat Anda ingin menjalankan perintah. Software bertindak sebagai program perintah yang menjalankan sistem operasi. Contoh software utama antara lain Windows 10, Windows 8, Windows Vista, Linux, IOS, dll.

Brainware adalah orang yang mengoperasikan dan menjalankan komputer. Brainware adalah prioritas karena komputer tidak dapat melakukan apa pun tanpa interaksi manusia. Oleh karena itu, Brainware mengacu pada siapa pun yang terlibat dengan komputer. Lalu apa saja jenis dan contoh masing-masing perangkat komputasi khususnya hardware? Simak artikel ini!

Apa yang Dimaksud dengan Perangkat Komputer (Hardware)?

Perangkat keras (Hardware) adalah perangkat komputer berwujud yang mempunyai kemampuan untuk mengoperasikan komputer. Semua perangkat keras atau hardware komputer adalah objek fisik. Terbuat dari bahan yang berbeda, mempunyai dimensi dan bentuk tertentu, dan dapat digunakan untuk tujuan berbeda.

Perangkat keras dibagi menjadi empat bagian yaitu perangkat input, perangkat output, perangkat pemrosesan, dan perangkat penyimpanan.

Perangkat Output

Perangkat output adalah komponen hardware yang digunakan untuk menampilkan data yang diproses atau mencetak informasi. Secara umum, tiga komponen keluarannya adalah monitor, printer, dan speaker.

Monitor

Monitor, juga dikenal sebagai VDU atau Visual Display Unit, adalah perangkat output utama komputer. Tampilannya disusun dalam empat baris berbentuk titik-titik yang membentuk suatu gambar yang disebut piksel. Ketajaman gambar yang ditampilkan di monitor Anda ditentukan oleh jumlah piksel pada area gambar.

Monitor diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan warna yaitu monitor monokrom yang hanya menampilkan hitam putih, dan monitor berwarna yang menampilkan gambar dalam berbagai warna. Berdasarkan jumlah pikselnya, monitor diklasifikasikan menjadi beberapa jenis seperti CGA, MDA, HGA, EGA, VGA, dan SVGA.

Printer

Printer merupakan suatu alat komputer yang fungsinya untuk mencetak hasil perhitungan pada kertas. Printer terbagi menjadi dua jenis yaitu printer impact dengan pita dan printer non impact tanpa pita.

Printer Ribbonless atau tanpa pita kini semakin populer, baik laser maupun inkjet. Printer inkjet sering digunakan untuk mencetak pada kertas maupun kain dan media berukuran besar.

Perangkat Input

Perangkat input adalah alat untuk memasukkan data, informasi, dan instrusi ke dalam komputer. Perangkat ini tergolong perangkat input karena kemampuannya dalam memasukkan perintah dan data dengan menekan tombol menggunakan keyboard atau dengan menggerakkan kursor dengan mouse.

Keyboard

Keyboard adalah bagian dari perangkat input yang memiliki kemampuan memasukkan data secara manual. Papan ketik atau keyboard tidak hanya berisi huruf dan angka, tetapi juga tombol fungsi, tombol kontrol, dan karakter khusus.

Pengguna dapat memahami fungsi setiap tombol saat menggunakannya. Ketika tombol apa pun ditekan, sinyal dihasilkan yang memberikan hasil tertentu. Papan ketik paling populer adalah 101.

Mouse

Mouse adalah suatu perangkat komputer yang fungsinya mengontrol pergerakan kursor pada layar. Benda-benda kecil ini dapat terguling pada permukaan yang datar dan keras. Saat Anda menggerakkan mouse, kursor di layar juga bergerak ke arah yang sama. Mouse biasanya memiliki dua tombol, masing-masing dengan fungsi berbeda.

Perangkat Prosesor

Perangkat device atau perangkat prosesor adalah perangkat yang membantu memproses data dalam jumlah besar dari perangkat input (input device). Contoh unit pemrosesan termasuk CPU (Central Processing Unit), mother board, RAM, ROM, dan Hardisk.

Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit yang merupakan fondasi penting komputer Anda. Motherboard biasanya terletak di bagian bawah belakang komputer Anda. Fungsi utama motherboard adalah menghubungkan CPU, RAM, dan komunikasi antar seluruh komponen perangkat keras komputer. Sejak ditemukan pada tahun 1981, motherboard telah mengalami banyak perkembangan, termasuk informasi tambahan ATX.

CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah bagian komputer yang memproses semua instruksi yang diterimanya baik dari perangkat keras maupun perangkat lunak saat menggunakan komputer. CPU adalah chip persegi dengan ratusan pin di bagian bawah. Komponen utama CPU adalah arithmetic logic, yang secara langsung menampilkan hasil matematika, logika, dan operasi.

Graphics Processing Unit

GPU sering disebut sebagai video card yang digunakan untuk menampilkan gambar dan video. Biasanya para gamer menggunakan video card tersendiri agar grafisnya terintegrasi dan memiliki kualitas yang lebih baik. Hal ini karena ketika Anda menggunakan komputer untuk bermain game, suplai power dan RAM meningkat secara signifikan.

RAM

Selanjutnya adalah Random Access Memory (juga dikenal sebagai RAM). Alat ini merupakan hardware yang digunakan untuk menyimpan informasi sementara yang kemudian diproses oleh prosesor. RAM memiliki kecepatan pemrosesan yang sangat tinggi karena digunakan untuk menjalankan program software yang sedang berjalan. Misalnya saat Anda membuka aplikasi Google Chrome, data sementara disimpan di RAM dan kemudian diproses oleh CPU.

Yang perlu anda ketahui adalah jumlah RAM pada komputer anda berbanding lurus dengan kecepatan komputer anda memproses program. Oleh karena itu, menjalankan program berukuran besar membutuhkan RAM dalam jumlah besar. Misalnya mengedit video, bermain game, mengedit gambar resolusi tinggi, dan lain-lain.

Saat ini ada dua jenis RAM yang digunakan dalam dunia IT diantaranya adalah SRAM (Static Random Access Memory) dan DRAM (Dynamic Random Access Memory). RAM jenis SRAM biasanya digunakan dalam memori cache CPU. SRAM dirancang untuk menggunakan transistor tanpa kapasitor. Oleh karena itu, tanpa kapasitor, SRAM akan anti bocor dan sistem tidak akan refresh secara berkala. SRAM juga dirancang untuk menggunakan desain cluster enam transistor. Keenam transistor ini digunakan untuk menyimpan informasi apa pun, sehingga lebih cepat dan aman.

Desain yang rumit ini membuat SRAM sangat mahal, namun harga yang Anda bayarkan berbanding lurus dengan kecepatan sistem komputer Anda. Perlu Anda ketahui bahwa biaya pembuatan chip SRAM hampir 30 kali lipat dari DRAM. Dengan SRAM, memori yang tersimpan otomatis hilang saat daya dimatikan, sehingga tidak perlu menyegarkannya setiap saat. Akses acak ke SRAM juga menunjukkan apakah memori dapat diakses, dibaca, dan ditulis sesuai dengan alamat data di RAM.

Perangkat jaringan

Komponen berikut ini biasanya digunakan untuk keperluan jaringan komputer:

Router

Router adalah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk mengirimkan paket data dari jaringan Internet ke beberapa perangkat lain melalui proses routing. Proses routing adalah proses penerusan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Hub

Hub sering disebut dalam jaringan Internet lokal atau jaringan LAN. Peran hub adalah membagi jaringan menjadi server yang identik.

Bridge

Bridge sama seperti namanya. Bridge merupakan jembatan dalam suatu jaringan yang menghubungkan satu jaringan lokal dengan jaringan lokal lainnya. Selain bertindak sebagai koneksi jaringan, jembatan juga dapat bertindak sebagai pemutus jaringan ke beberapa jaringan kecil di suatu area lokal.

Repeater

Repeater adalah komponen jaringan komputer yang memiliki kemampuan untuk menambah dan memperkuat sinyal jaringan. Repeater dapat memperkuat sinyal dengan rentang sinyal yang sulit, seperti terhalang oleh tembok, pohon, atau bangunan.

Kesimpulan

Inilah jenis-jenis perangkat komputer dan fitur-fiturnya yang perlu Anda ketahui. Perangkat keras atau hardware adalah item yang mewakili semua komponen fisik suatu mesin. Hardware atau perangkat keras komputer terdiri atas input, output, proses, dan perangkat jaringan. Semua perangkat komputer berfungsi paling baik bila perangkat lunaknya ada.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

49 mins ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

21 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago