HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah “Pop Up”  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop Up itu? Pop-up adalah halaman kecil yang melayang di halaman website atau aplikasi, biasanya dengan fungsi dan tujuan tertentu.

Masih belum terbayang seperti apa pop up itu? Oke, kalau belum, Hosteko akan coba kasih contoh penggunaannya. Jadi, saat kamu mengakses suatu website berita, namun ada iklan yang menutupi kontennya. Itulah yang disebut sebagai iklan pop up.

Contoh pop up lainnya adalah ketika kamu menggunakan aplikasi perpesanan, seperti WhatsApp di smartphone, kamu pasti pernah menerima notifikasi pesan baru yang muncul saat kamu tidak mengakses aplikasi WhatsApp itu sendiri, kan? Nah, notifikasi itu adalah pop-up dan kamu bisa membalas pesan melalui pop-up tersebut.

Bagaimana? Apakah kamu paham apa yang dimaksud dengan pop-up? Kalau belum, yuk, pahami lebih jauh tentang pop-up karena ada beberapa fungsi dan cara membuat pop up yang perlu kamu ketahui.

Apa itu Pop Up?

Secara teknis, pop up merupakan antarmuka yang muncul pada tampilan UI dengan fungsi dan tujuan tertentu. Pop up biasanya ditemukan di website dan aplikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi atau notifikasi pesan.

Kapan pop-up muncul? Pop-up adalah jendela kecil yang muncul atas permintaan pengguna atau atas permintaan pemilik website. Kehadiran pop-up membantu pengguna dalam mengoperasikan aplikasi dan website.Jika kamu merasa tergangu dengan kehadiran pop up, kamu bisa tutup pop-up yang muncul setelah mengetahui informasi yang disampaikan.

Selain contoh iklan pop up yang telah dibahas sebelumnya, ada juga contoh iklan pop-up saat kamu klik kanan di desktop PC. Itu juga dikenal sebagai pop-up yang berfungsi untuk melakukan tindakan tertentu, seperti pengaturan sistem.

Fungsi Pop Up

Selain memberikan informasi, ada beberapa fungsi pop up lain yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

  • Untuk Media Promosi

Fungsi pop-up adalah menyampaikan informasi kepada pengguna yang salah satunya digunakan untuk media promosi. Saat kamu membuka sebuah website atau aplikasi, sering kali iklan muncul di jendela kecil. Hal ini terutama berlaku jika website atau aplikasi tersebut memiliki fitur penjualan.

Kamu tidak perlu jauh-jauh untuk mencari contoh. Setiap kali kamu membuka aplikasi, seperti Tokopedia atau Shopee, kamu akan selalu melihat iklan pop up dengan penawaran, seperti gratis ongkos kirim. Contoh iklan pop-up ini juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis lain. Ini karena pemilik website menggunakan jasa Google, yaitu Google Adsense.

  • Memberikan Peringatan

Fungsi popup berikutnya adalah untuk mengingatkan pengguna tentang apa yang terjadi dengan sistem atau aplikasi yang digunakan. Pada sistem operasi Windows, pop up peringatan ini biasanya menampilkan ikon peringatan berwarna kuning.

Contoh pop up peringatan, yaitu saat kamu bermain ponsel, namun baterai ponsel lemah, kamu akan melihat pop up peringatan yang memberi tahu kamu bahwa baterai ponsel kamu hampir habis.

  • Menyampaikan Notifikasi

Fungsi lain dari pop up adalah digunakan untuk menyampaikan notifikasi mengenai sistem. Notifikasi tersebut dapat berupa notifikasi pesan baru, notifikasi proses download berhasil, notifikasi penerimaan cookies pada saat mengunjungi suatu website, dan sebagainya.

Pop up notifikasi biasanya memiliki tombol yang memungkinkan kamu mengambil tindakan lebih lanjut, seperti membalas pesan.

  • Menampilkan Menu

Saat kamu klik kanan di Google Chrome, kamu akan melihat berbagai menu untuk dipilih. Misalnya, kamu mungkin ingin membuka menu inspect element yang biasa digunakan oleh web developer. Atau, saat kamu membuka file explorer di Windows dan kamu klik kanan untuk melihat berbagai menu dan pengaturan yang biasa kamu gunakan.

Nah, dari sini dapat kita simpulkan bahwa salah satu fungsi pop up adalah menampilkan menu-menu untuk melakukan berbagai tindakan dan berinteraksi langsung dengan sistem.

Jenis-Jenis Pop Up

Ada banyak jenis pop up yang dikategorikan berdasarkan tujuan dan bentuknya, di antaranya:

  • Pop up Pengaturan

Popup pengaturan adalah jenis pop up pertama. Pop up pengaturan dapat kamu temukan dengan klik kanan di desktop PC atau komputer kamu. Tujuan dari pop up ini adalah untuk menampilkan menu dan pengaturan yang bisa diakses dengan cepat.

Semua pop up pengaturan ini dapat ditemukan di semua sistem operasi, termasuk Windows. Jika pada Windows kamu bisa menemukan menu, seperti View, Refresh, Sort By, dan New. Sementara jika di MacO, kamu bisa melihat menu New Folder, Get Info, Show View Options, dan Change Desktop Background.

  • Pop Up Dialog Box

Pop up ini biasa dilihat oleh pengguna PC, laptop, bahkan smartphone. Pop up dialog box ini menunjukkan bahwa ada aktivitas pada sistem yang memerlukan konfirmasi pengguna, dimana akan disediakan dua tombol untuk menyetujui atau menolak aktivitas. Misalnya, saat kamu ingin menghapus file atau aplikasi, pop up dialog box pasti akan muncul untuk melakukan konfirmasi.

  • Pop Up Notifikasi

Pop up jenis ini merupakan pop- notifikasi yang muncul di PC, laptop, atau smartphone kamu. Kehadiran popup jenis ini membantu menginformasikan informasi penting kepada pengguna tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. Misalnya, notifikasi pesan baru.

  • Pop Up Iklan

Jenis pop-up berikutnya adalah pop up iklan. Pop up iklan berisi ajakan atau promosi yang disajikan dalam infografis, poster, atau pamflet yang dibuat untuk mempromosikan suatu produk atau layanan.

Kamu harus berhati-hati dalam mengklik iklan di website ilegal, seperti website nonton film ilegal. Sebab iklan tersebut dapat menjadi sarana virus dan hacking. Namun tidak semua iklan berbahaya.

Satu-satunya iklan yang perlu diwaspadai adalah iklan di website ilegal. Ini karena iklan pada webiste legal aman untuk dikunjungi. Contoh pop up iklan adalah penawaran yang muncul ketika kamu mengunjungi suatu website.

  • Pop Up Aplikasi

Jenis pop up yang terakhir adalah pop up aplikasi. Pop up aplikasi muncul untuk menunjukkan proses atau aktivitas di dalam aplikasi yang diinstal pada gadget kamu.

Selain menunjukkan aktivitas, pop up ini juga dapat menandakan ada pesan masuk atau notifikasi untuk memperbarui aplikasi yang terinstal. Popup ini biasanya muncul secara otomatis di gadget pengguna.

Cara Mudah Membuat Pop Up

Pop-up adalah bagian dari antarmuka pengguna yang memiliki banyak fungsi dan tujuan. Beberapa orang yang belum familiar mungkin akan kesulitan membuat popup. Kalau kamu juga berpikir begitu, kamu salah. Karena Hosteko akan menjelaskan cara membuat pop up dengan mudah. Yuk, langsung saja simak sampai akhir ya!

Cara Membuat Pop Up Notifikasi pada Whatsapp

Aplikasi chatting seperti WhatsApp dapat menampilkan notifikasi pesan baru dalam bentuk pop-up. Berikut cara membuat pop up notifikasi di WhatsApp yang bisa kamu coba langsung:

1. Klik titik tiga pada bagian kanan atas lalu pilih Settings.

2. Pilih menu Notifications dan pilih Pop up notification.

3. Pada menu ini ada tiga pilihan, yaitu:

    • Only when screen “on”: memunculkan pop up saat layar menyala.
    • Only when screen “off”: memunculkan pop up saat layar mati.
    • Always show popup: memunculkan pop up saat layar hidup dan saat mati.

4. Pilih sesuai kebutuhanmu.

Cara Membuat Pop Up Notifikasi pada Instagram

Sama seperti WhatsApp, kamu juga bisa menambahkan pop up di Instagram

  1. Buka Instagram dan buka halaman profil.
  2. Klik ikon tiga garis di pojok kanan atas dan pilih Settings.
  3. Pilih menu Notifications dan kamu akan melihat berbagai jenis notifikasi, lalu klik On.

Nah, itulah apa yang dimaksud pop up, fungsi hingga cara membuatnya. Semoga bermanfaat!

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Dwi H

Recent Posts

Kenali Canva Sebagai Web Tools Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Cara Membuat Desain Gratis dengan Web Canva untuk Pemula – Saat ini, konten visual menjadi…

2 hours ago

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas…

22 hours ago

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet.…

1 day ago

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

3 days ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

3 days ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

4 days ago