HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik website untuk mengamankan website mereka. HTTPS adalah versi HTTP yang aman. HTTPS menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) saat mengirim dan menerima permintaan terenkripsi SSL/TLS (Transport Layer Security). Salah satu cara untuk mengaktifkan HTTPS adalah dengan mengkonfigurasi SSL dengan Cloudflare. Panduan ini menjelaskan cara mengkonfigurasi SSL dengan Clouflare.

Mengapa Menggunakan SSL di Cloudflare?

SSL atau Secure Socket Layer dikenal sebagai lapisan keamanan untuk melindungi website berdasarkan teknik enkripsi data. Menggunakan SSL membuat website Anda lebih aman dan meningkatkan kepercayaan Anda saat mengakses atau bertransaksi di website Anda. Untuk menerapkan SSL di website Anda, Anda harus memilih antara SSL gratis dan SSL berbayar.

Konfigurasi SSL Cloudflare adalah salah satu perlindungan gratis yang dapat Anda gunakan. Selain SSL, Cloudflare juga menawarkan fitur pencegah serangan hacker seperti DDoS. Ada banyak mode yang dapat diaktifkan untuk memitigasi serangan DDoS.

Tahap Persiapan

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai persiapan sebelum melakukan setting SSL diCloudflare. Anda perlu melakukan beberapa persiapan

1. Memiliki Akun Cloudflare

Pertama, buka https://dash.cloudflare.com/login di browser web Anda. Jika Anda sudah memiliki akun Cloudflare, segera masukkan alamat email dan password akun Cloudflare Anda, lalu klik Sign In. Namun, jika Anda tidak memiliki akun Cloudflare, klik Daftar untuk mendaftar.

2. Sinkronisasi Hosting ke Cloudflare

Selanjutnya pastikan Anda menyinkronkan hosting Anda dengan Cloudflare.

Cara Setting SSL di Cloudflare

Ikuti dua pengaturan ini untuk setting SSL dengan Cloudflare.

Pilih Mode Full Enkripsi

Setelah berhasil login ke akun Cloudflare Anda, Anda akan melihat dashboard pengaturan Cloudflare seperti di bawah ini. Tersedia beragam menu yang bisa Anda pilih. Karena ini menjelaskan cara setting SSL dengan Cloudflare, jadi pilih menu SSL/TLS.

Menu SSL/TLS menampilkan layar pertama yang ditunjukkan pada gambar berikut. Selanjutnya, klik pada tab “Overview” dan aktifkan Mode Full Enkripsi.  Cloudflare memiliki empat mode enkripsi SSL/TLS:

  • Off (not secure) : Mode enkripsi SSL/TLS tidak digunakan atau enkripsi dinonaktifkan di situs web. Ini berarti situs web Anda akan kembali ke HTTP, bukan HTTPS.
  • Flexible : Mengaktifkan mode fleksibel tidak disarankan jika Anda memiliki situs web yang berisi informasi sensitif. Hal ini karena mode fleksibel melakukan enkripsi antara Cloudflare dan browser Anda dan tidak menggunakan layanan SSL di server website Anda.
  • Full : Oleh karena itu, jika website Anda berisi informasi penting, sebaiknya gunakan mode full. Dalam mode ini, enkripsi melindungi website Anda antara browser Anda dan Cloudflare, dan antara Cloudflare dan server situs web Anda. Namun mode full tidak memperhitungkan keandalan SSL yang Anda gunakan dari penyedia SSL Anda.
  • Full (strict) : Mode ini sama dengan mode full. Bedanya hanya keaslian sertifikat SSL yang diverifikasi oleh layanan penyedia SSL.

Jika Anda sudah memiliki SSL di website Anda dari penyedia SSL, Anda dapat menggunakan setting SSL di Cloudflare untuk menyelesaikannya. Ini berarti Anda harus mengaktifkan mode full di Cloudflare SSL. Aktivasinya sangat mudah. Cukup klik ikon di kolom “Mode Full”.

Mengaktifkan HTTPS

Selain mengaktifkan mode enkripsi SSL/TLS di Cloudflare. Anda juga perlu mengaktifkan HTTPS. Cara kerjanya adalah ketika pengguna mengunjungi website Anda, mereka memasukkan protokol HTTP atau HTTPS yang aman. Aktivasinya juga mudah hanya dengan satu klik. Pilih menu SSL/TLS dan klik tab Edge Certificates.

Kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan kolom “Always Use HTTPS”. Cukup aktifkan HTTPS dengan mengklik tombol beralih seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Jika berubah menjadi hijau berarti aktivasi HTTPS berhasil.

Kesimpulan

Selain menggunakan SSL atau SSL milik penyedia hosting Anda, Anda juga bisa menggunakan fitur SSL Cloudflare untuk mengamankan website Anda. Setting SSL Cloudflare mencakup dua hal, yaitu mode enkripsi SSL/TLS dan mengaktifkan HTTPS.

Mengaktifkan kedua Setting SSL di Cloudflare sangatlah mudah. Dilakukan hanya dengan sekali klik saja. Jika Anda tidak memiliki SSL selain Cloudflare, Hosteko menawarkan SSL murah untuk melindungi website Anda. Anda dapat memilih dari berbagai jenis SSL sesuai kebutuhan Anda.

5/5 - (2 votes)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

11 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

14 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

1 day ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

3 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

3 days ago