PROMO HARI PAHLAWAN, diskon Cloud Hosting 35%. Kode Vocher:PAHLAWAN * Promo terbatas hanya di tanggal 30 NOVEMBER 2023.

Yuk! Kenali Lebih Dalam Apa Sih Visual Studio Code Itu!

Yuk! Kenali Lebih Dalam Apa Sih Visual Studio Code Itu!

Jika Anda bekerja di dunia IT, Anda mungkin familiar dengan code editor. Code editor adalah suatu keharusan yang perlu Anda instal untuk membuat aplikasi. Ada banyak code editor yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi. Namun jika Anda mencari code editor yang kaya fitur dan mendukung banyak bahasa pemrograman, Visual Studio Code adalah jawabannya.

Penasaran dengan keunggulan Visual Code Studio dan fitur-fitur yang ditawarkannya? Hosteko memberikan informasi mendalam tentang Visual Studio Code, mulai dari pemahaman hingga pembelajaran Visual Code Studio. Jika Anda sedang mencari informasi ini, Anda berada di tempat yang tepat. Mari kita mulai diskusi bersama!

Visual Studio Code adalah Code Editor

Visual Studio Code merupakan code editor yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa di bidang teknologi yaitu Microsoft. Visual Studio Code dapat berjalan di perangkat desktop berbasis Mac OS, Windows, dan Linux. Visual Studio Code adalah code editor canggih yang memungkinkan Anda mengedit source code dalam berbagai bahasa, termasuk TypeScript, JavaScript, Java, PHP, dan Python. Code editor ini sangat powerful, namun mudah dan ringan digunakan.

Maka tidak heran jika Visual Studio Code banyak digunakan dan dipilih oleh developer di seluruh dunia. Menurut studi Stack Overflow, pengguna Visual Studio Code memiliki skor 71,06%. Visual Studio Code merupakan code editotr dengan berbagai fitur lengkap dan ekstensi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apa saja fiturnya? Simak pembahasannya dibawah ini.

Apa Saja Fitur Visual Code Studio?

Visual Studio Code adalah code editor dengan fitur hebat yang tidak ditemukan pada pesaingnya. Berikut adalah beberapa fitur Visual Code Studio yang membuat code editor ini begitu populer.

1. Basic Editing

Seperti namanya, Visual Studio Code pasti menyediakan fungsionalitas dasar untuk coding atau membangun aplikasi. Fitur Visual Code Studio seperti keyboard shortcut, multiple selection, dan column selection. Keyboard shortcut Visual Studio Code sangat lengkap dan Anda juga dapat mengedit keyboard shortcut sesuai dengan tombol yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jika sedang editing code namun ada kemungkinan kode hilang, menggunakan fitur Visual Code Studio seperti “Auto Save” dan “hot exit” dapat menyelesaikan masalah ini. Kedua fitur Visual Code Studio ini dapat menyimpan kode Anda secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan perubahan kode Anda.

2. IntelliSense

Fitur selanjutnya di Visual Code Studio adalah IntelliSense. Fitur Visual Code Studio ini sebenarnya mirip dengan Autocomplete, membantu developer dalam proses coding dengan memberikan saran global berdasarkan kata yang Anda ketik.

Baca Juga  Membuka Kunci Aplikasi Yang Lupa Di Hp Android

Pada dasarnya fungsionalitas Visual Code Studio hanya tersedia untuk beberapa bahasa pemrograman terkenal, seperti TypeScript, JavaScript, HTML, CSS, dan JSON. Tapi jangan khawatir. Anda dapat menambahkan lebih banyak bahasa pemrograman dengan mengunduh extension pada extension marketplace yang tersedia.

3. Debugging

Debugging adalah fitur selanjutnya dari Visual Code Studio. Fungsi ini berguna untuk menjalankan, mengedit, dan mengkompilasi kode berulang kali. Ini biasanya disebut looping. Fitur Visual Code Studio ini hanya mendukung Node.Js, dan jika ingin menambahkan bahasa pemrograman lain, Anda dapat terus menggunakannya dengan mendownload Extension dari Extension Marketplace.

4. Extension Marketplace

Selanjutnya, Extensions Marketplace adalah fitur paling penting dari Visual Code Studio dan fitur hebat dibandingkan pesaingnya. Anda dapat dengan mudah mengunduh dan menginstal berbagai extension yang diperlukan seperti debugger dan tools. Menariknya, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahasa pemrograman, loh!

Jadi jika ingin menggunakan bahasa pemrograman lain tidak perlu menggunakan code editor lain. Produsen extension dapat berkontribusi langsung secara fungsional untuk memecahkan masalah ini, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang masalah kompatibilitas.

5. Github Integration

Github adalah salah satu platform manajemen proyek terpopuler di dunia yang memungkinkan Anda berkolaborasi dengan tim Anda. Jadi fitur Visual Code Studio yang terakhir ini memungkinkan Anda menghubungkan code editor Anda dengan Github.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengubah software saat menghubungkan ke Github. Cukup unduh dan instal tools Issues dan Github Pull Request dari Extensions Marketplace. Anda akan segera terhubung ke Github. Sangat keren!

Keunggulan Visual Code Studio

Setelah membahas alasan mengapa Visual Code Studio populer. Hosteko menjelaskan keunggulan Visual Code Studio yang perlu Anda ketahui. Apa saja keunggulan Visual Code Studio? Simak pembahasannya!

1. Gratis digunakan

Jika Anda seorang pemula dan ingin menghemat biaya pengembangan aplikasi, Visual Studio Code adalah solusinya. Visual Studio Code memiliki banyak manfaat dan fitur, namun tetap gratis untuk digunakan.

2. Fitur lengkap

Menyediakan fitur lengkap merupakan keunggulan Visual Code Studio. Seperti yang telah kami sebutkan, fungsionalitas Visual Code Studio sangat lengkap bahkan memiliki fitur yang tidak dimiliki pesaingnya, yaitu Extension Marketplace. Extension Marketplace memberi Anda kebebasan untuk menambahkan berbagai tools.

3. Performa cepat

Performa adalah keunggulan lain dari Visual Code Studio. Saat menggunakan suatu aplikasi, Anda selalu menilainya berdasarkan performanya bukan! Visual Studio Code adalah code editor yang menawarkan performa secepat kilat karena ukurannya yang kecil.

Baca Juga  Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Visual Studio Code berjalan optimal meskipun Anda mengunduh dan menginstal banyak extension. Alasannya adalah karena code editor ini dioptimalkan agar tetap ringan, dan banyak extension yang disertakan dalam code editor tidak berdampak nyata pada performa aplikasi ini.

4. Mendukung banyak bahasa pemrograman

Visual Studio Code merupakan code editor yang mendukung banyak bahasa pemrograman. Keunggulan Visual Code Studio adalah code editor yang sangat populer karena memfasilitasi pengembangan aplikasi. Contohnya termasuk Electron, yang berguna untuk Node.js dan JavaScript, dan Monaco Cloud Editor, yang mendukung HTML, .NET, Roslyn, dan banyak lagi.

5. Multiplatform

Meski dikembangkan oleh Microsoft, keunggulan Visual Code Studio adalah dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Mac OS, Windows, dan Linux. Artinya, dapat dengan mudah digunakan di platform apa pun.

Tutorial Visual Code Studio

Jika anda sudah memahami pengertian, fitur, dan keunggulan Visual Code Studio. Kali ini saya sarankan untuk memperhatikan pembahasan tutorial Visual Code Studio berikut ini, seperti Instal Visual Code Studio dan instal juga extensionnya. Sekarang mari kita lihat pembahasannya!

Cara Install Visual Code Studio

Sebelum melanjutkan instalasi Visual Code Studio , Anda harus membuka halaman resmi Visual Studio Code terlebih dahulu dan mendownload installernya sesuai platform yang Anda gunakan. Misalnya saja Hosteko akan mengunduh untuk platform windows. Tunggu beberapa saat hingga installer terdownload sepenuhnya dan proses selesai.

Jika sudah, klik installer yang diunduh dan klik “Run” untuk menyelesaikan proses instalasi. Ikuti berbagai instruksi yang muncul. Setelah selesai maka akan muncul tombol Finish dan proses instalasi Visual Code Studio akan selesai.
Selamat, proses instalasi Visual Code Studio selesai!

Cara Install Visual Code Studio Extension

Setelah Anda berhasil menginstal code editor ini, Anda dapat langsung menggunakannya untuk menginstal berbagai extension yang Anda perlukan. Gimana metodenya?

Langkah pertama adalah mengklik ikon extension di menu sidebar yang tersedia. Setelah Anda diarahkan ke halaman Extension Marketplace, Anda perlu mencari extension yang Anda inginkan dengan memasukkannya ke dalam kotak pencarian. Setelah Anda menemukan hasilnya, klik “Install”. Silakan tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai. Jika instalasi berhasil, extension akan muncul di tab “Installed”. Menginstal extension Visual Code Studio itu mudah bukan!.

Baca Juga  Cara Mudah Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Pelajari Visual Code Studio

Code editor dan extension berhasil diinstal. Pelajari dasar-dasar Visual Code Studio. Dengarkan diskusinya.

Mengubah Tema

Hal pertama yang perlu Anda pelajari tentang Visual Code Studio adalah mengubah tema. Visual Studio Code memungkinkan Anda mengubah tema. Caranya sangat sederhana, yaitu cukup tekan Ctrl + K dan Ctrl + T secara berurutan. Anda dapat memilih dari berbagai tema default yang disediakan, tetapi Anda juga dapat mengunduh tema lain di Extension Marketplace.

Menjalankan Hasil Coding

Langkah selanjutnya dalam mempelajari Visual Code Studio adalah menjalankan hasil coding Anda. Setelah membuat dan mengedit source code, Anda selalu ingin melihat hasilnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengklik “Run” pada toolbar untuk menjalankan source code.

Ada dua opsi untuk dipilih di sini, yaitu “Start Debugging” dan “Run Without Debugging”. Sebenarnya sama, yang membedakan hanya apakah Anda menjalankannya di debugger atau menggunakan software lain seperti web browser.

Saat ini fitur tidak tersedia dalam bahasa pemrograman tertentu seperti React Js. Untuk menjalankan aplikasi yang Anda buat, Anda perlu menulis command di terminal.

Membuka dan Membuat File Baru

Untuk membuka file, Anda dapat menekan Ctrl + O untuk “open”. Namun jika Anda ingin mencari file yang ingin dibuka, gunakan Ctrl + P dan klik file yang muncul. Jika ingin membuat file baru, klik Ctrl + N dan pilih “new file”, lalu klik Ctrl + S untuk menyimpan file yang ditambahkan.

Mengganti Bahasa Pemrograman

Anda dapat mengganti bahasa pemrograman yang Anda gunakan dengan menekan Ctrl + K lalu M. Jadi tinggal pilih bahasa pemrograman yang ingin digunakan.

Mendeteksi Error

Pelajaran terakhir dalam Visual Code Studio adalah deteksi error. Error tidak lepas dari proses pengkodean. Jadi, tekan Ctrl + Shift + M untuk melihat error yang terjadi.
Jika beberapa kesalahan terdeteksi, Anda dapat menggunakan F8 untuk berpindah dari satu kesalahan ke kesalahan lainnya.

Apakah Anda Tertarik Menggunakan Visual Studio Code?

Visual Studio Code merupakan code editor dengan beragam fitur dan manfaat, itulah sebabnya aplikasi ini begitu populer. Pesaing-pesaingnya tidak memiliki fitur unggulan seperti Extension Marketplace dan IntelliSens, loh! Selain itu, keunggulan performa Visual Code Studio dan sifatnya yang gratis juga menjadi alasan mengapa banyak developer memilih editor kode ini. Semoga penjelasan ini dapat membantumu agar tidak kebingungan lagi ya sobat!

5/5 - (2 votes)

Share this post