HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ini Dia! Cara Cek Penghasilan YouTuber!

Penghasilan yang didapat oleh seorang YouTuber sangatlah menjanjikan. Bahkan YouTuber pemula pun bisa mendapatkan uang jika memenuhi beberapa persyaratan dasar.

Sebelum memulai karir sebagai YouTuber, kamu perlu mengetahui jumlah minimum subscriber yang diperlukan untuk memonetisasi pendapatan tersebut. Syarat utamanya, yaitu minimal harus ada 1.000 subscriber dengan 4.000 jam tayang.

Selain itu, perlu diketahui bahwa perhitungan gaji seorang YouTuber pemula dengan 1.000 subscriber ditentukan oleh jumlah viewer atau jumlah orang yang mengklik iklan di dalam video. Nah, penasaran bagaimana cara menghitung atau mengecek penghasilan YouTuber? Yuk, simak pembasannya berikut ini!

Cara Cek Penghasilan YouTuber

Jika kamu ingin terjun sebagai YouTuber, tidak ada salahnya untuk melakukan riset mendalam pada channel tertentu dan membandingkan pendapatan yang bisa mereka peroleh. Berikut cara cek penghasilan YouTuber menggunakan tools gratis dari Influencer Marketing Hub:

1) Kunjungi Website Influencer Marketing Hub

Sebagai langkah awal, kamu dapat melihat berapa penghasilan YouTuber dengan mengunjungi halaman YouTube Money Calculator.

2) Masukkan Alamat Channel atau Konten Video YouTube yang Ingin Kamu Cek

Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan bagian input untuk memeriksa pendapatan YouTuber dengan mencantumkan URL atau channel yang dituju.

3) Lihat Hasil Pengecekan Pendapatan YouTuber

Jika sudah, nantinya tools gratis dari Influencer Marketing Hub ini akan secara otomatis menunjukkan total pendapatan dari channel YouTube tersebut.

Sumber Penghasilan YouTuber

Angka pennghasilan YouTuber yang luar biasa tinggi tentu sangat menggiurkan sehingga profesi ini menjadi diminati oleh banyak orang. Namun, kamu mungkin bertanya-tanya, “Dari mana sebenarnya penghasilan seorang YouTuber?” Seperti yang kita ketahui bahwa untuk menjadi seorang YouTuber atau konten kreator harus mendapatkan subscriber sebanyak-banyaknya terlebih dahulu.

Semakin banyak jumlah subscriber maka semakin banyak juga jumlah penonton suatu konten video YouTube. Faktor tersebut juga dapat meningkatkan jumlah iklan AdSense yang disertakan dalam video. Mengingat iklan merupakan sumber pendapatan terbesar bagi sebagian besar YouTuber. Sehingga YouTuber pemula biasanya mendapatkan uang berdasarkan iklan AdSense yang ada.

Penghasilan seorang YouTuber biasanya dihitung dengan metode Cost per Mil atau CPM. CPM merupakan penghitungan biaya per 1.000 viewers pada sebuah video. Selain itu, seorang YouTuber juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari viewers yang mengklik iklan yang muncul di suatu video.

Jutaan video baru dipublikasikan setiap minggunya di platform YouTube. Baik video baru maupun lama masih bersaing mendapatkan viewers. Oleh karena itu, YouTuber profesional biasanya menargetkan untuk mengupload setidaknya 2-3 konten per minggu, bahkan terkadang satu video setiap hari.

Namun pada kenyataannya, besaran gaji seorang youtuber tidak serta merta bergantung pada jumlah viewer atau view iklan saja. Namun, bisa juga didukung oleh faktor lain, seperti program afiliasi atau endorsement terhadap produk tertentu

Jenis-jenis Konten Video Pada YouTube yang Paling Populer

Seperti yang sudah dibahas bahwa penghasilan seorang YouTuber bergantung pada jumlah viewers videonya. Oleh karena itu, kamu juga harus pandai mengikuti tren video yang sedang tren di YouTube.

  • Video Ulasan atau Review Produk

Saat ini, video review suatu produk tertentu sangat penting bagi konsumen yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan pembelian. Sehingga konten video seperti itu sangat dibutuhkan oleh banyak orang karena mereka dapat melihat kinerja suatu produk secara nyata dengan mendengarkan review setelah pemakaian.

  • Vlog

Konten vlog juga sangat populer di kalangan masyarakat umum karena hanya dengan menonton video mereka bisa melihat gambaran sekilas tentang kehidupan sehari-hari seseorang.

  • Video Game

Selain itu, konten game juga menjadi salah satu format video terpopuler di YouTube. Kebanyakan orang belajar dan mencari informasi tentang game hanya dengan melihat konten ini.

  • Video Edukasi

Tidak ketinggalan bahwa video pendidikan juga merupakan konten yang populer. Sebab pembelajaran online memudahkan untuk mempelajari topik tertentu.

  • Video How To

Terakhir, ada juga konten video how-to di mana pembuat konten memperkenalkan tips dan trik khusus tentang cara menggunakan barang. Video  how-to ini merupakan kombinasi sempurna antara edukasi dan utilitas sehingga penonton tidak akan pernah bosan melihatnya.

Nah, itulah cara mudah melihat penghasilan YouTuber dengan menggunakan tools gratis. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

8 hours ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

11 hours ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

2 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

2 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

3 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

3 days ago