HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ide Promosi Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Tahukah kamu bahwa promosi dan pemasaran memiliki arti yang berbeda? Singkatnya, perusahaan perlu menjalankan promosi sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Pemasaran mencakup semua strategi dan aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk menarik perhatian audience.

Metode pemasaran melibatkan riset bisnis dan audience untuk memastikan pesan yang disampaikan tepat sasaran. Promosi biasanya bersifat jangka pendek dan hanya berlangsung selama jangka waktu tertentu untuk meningkatkan penjualan.

Ide Promosi Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Jika kamu ingin meluncurkan produk baru, membuka toko baru, atau mengumumkan tawaran bisnis, kamu perlu berpromosi untuk memastikan audience mengetahui semua informasi tersebut.

Lalu bagaimana cara berpromosi secara kreatif untuk menarik perhatian audience atau pesaing? Nah, berikut beberapa ide promosi kreatif untuk meningkatkan penjualan perusahaan kamu.

Gunakan Harga Normal dengan Tambahan Produk atau Jasa

Cara ini sangat cocok untuk model bisnis B2B (Business to Business). Kamu bisa memberikan harga dasar untuk produk atau layanan kamu dan menambahkan berbagai barang gratis.

Ide periklanan kreatif seperti ini memungkinkan kamu memanfaatkan add-on gratis atau produk dan layanan tambahan sehingga bisa mentrigger atau merangsang psikologis target audience kamu daripada harus menggunakan kata “diskon” dalam promosi.

Tawarkan Program Member

Loyalitas pelanggan adalah kunci pemasaran. Banyak perusahaan mengelompokkan pelanggannya ke dalam klub loyalitas atau member. Namun, selain menjadikan pelanggan sebagai member, kamu juga harus memberikan promosi, seperti hadiah saat pendaftaran atau penawaran khusus yang hanya tersedia melalui program member, seperti harga khusus member.

Promosi dengan Target Tertentu

Pelanggan pasti lebih menyukai sesuatu yang berbau diskon, penawaran khusus, dan lain semacamnya. Kamu dapat meningkatkan penjualan dengan menargetkan kelompok sasaran tertentu, misalnya promosi berdasarkan riwayat pembelian mereka.

Ide promosi kreatif ini tidak bermaksud untuk mendiskriminasi. Namun, ide promosi ini bisa kamu gunakan jika kamu sudah memiliki data pelanggan sebelumnya dan sudah menganalisanya sehingga kamu bisa menargetkan jenis promosi yang ingin kamu jalankan.

Giveaway di Media Sosial

Saat kamu membuat sebuah acara, kamu dapat mengadakan kontes atau giveaway sebelum memulai acara dengan berbagai ketentuan yang bisa diterapkan. Hadiah bisa berupa tiket gratis atau diskon tertentu.

Jangan lupa sertakan hastag dan ajak teman lainnya untuk mendapatkan perhatian lebih dari targeta audience kamu. Semakin menarik hadiahnya maka hal ini bisa menjadi ide promo kreatif untuk penjualan acara tersebut.

Membuat Review Acara

Kamu dapat mempromosikan acara yang akan kamu buat dengan mengadakannya di jalan atau di tempat populer dan kemudian memberikan sedikit bocoran atau preview dari acara itu nantinya.

Preview ini memberi kamu kebebasan untuk berkreasi mempromosikan acara yang akan kamu buat dan nantinya kamu juga bisa mengundang beberapa pengisi acara untuk berpartisipasi. Booth tiket juga dapat dibuka di lokasi untuk memfasilitasi pembelian tiket. Jangan lupa tetapkan harga tiket spesial dalam acara preview ini agar mereka tergiur untuk membeli.

Bekerjasama dengan Influencer

Berkolaborasi dengan influencer dan brand ambasador bisa menjadi ide promosi kreatif untuk menjual produk atau suatu acara. Di mana, nantinya brand atau acara kamu akan dikenal oleh banyak orang, termasuk para pengikut influencer dan brand ambasador tersebut.

Namun, kamu perlu memilih influencer dengan bijak, tergantung pada jenis produk atau acara yang ingin kamu promosikan. Pastikan followers mereka sesuai dengan target audience kamu.

Menawarkan Sampel Makanan

Kita sering melihat buku menu di pintu masuk restoran, namun pernahkah kamu mencoba menawarkan sampel makanan kepada calon pelanggan? Ide promosi kreatif ini cocok untuk bisnis perhotelan dan F&B (food and beverage).

Yang penting kamu harus menyajikan makanan yang enak dan berkualitas agar mereka mau masuk ke restoran kamu dan memesan sesuatu dari menu yang sudah mereka coba. Kamu juga dapat menawarkan sampel makanan saat mereka sedang mengantri.

Beberapa orang mungkin tergoda dengan tampilan atau aroma makanan yang kamu promosikan dan ingin segera memesannya. Pastikan makanan yang disajikan tetap segar dan lezat meski didiamkan dalam jangka waktu lama.

Promo dengan Public Figure

Salah satu cara terbaik untuk mendorong orang membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan adalah dengan mengundang public figure. Sebenarnya ini hampir sama dengan bekerja sama dengan influencer. Karena pada akhirnya, kamu akan promosi di media sosial.

Namun, tidak semua perusahaan memiliki anggaran untuk membayar influencer besar. Oleh karena itu, kamu dapat mengundang mikro-influencer lokal ke lokasi bisnis kamu untuk meningkatkan promosi yang sedang berlangsung. Selain itu, program public figure yang dipadukan dengan bentuk charity juga bisa menjadi ide promosi yang kreatif dan menarik untuk bisnis kamu.

Check-in Lokasi Bisnis

Ini adalah cara paling hemat biaya untuk mempromosikan bisnis, karena konten dan check-in lokasi yang diunggah pelanggan kamu ke media sosial akan terlihat oleh pengikut mereka dari berbagai lokasi dan latar belakang.

Untuk acara tertentu, seperti Christmas, kamu dapat mengadakan acara berhadiah bertema kostum untuk pengunjung restoran dengan syarat mempostingnya di media sosial, like dan check-in lokasi di media sosial mereka.

Mensponsori Komunitas Lokal

Mensponsori dan mendukung komunitas lokal adalah cara kreatif untuk mempromosikan brand atau bisnis kamu agar semakin dikenal oleh banyak orang. Hal ini juga menunjukkan bahwa perusahaan kamu memiliki semangat dan kepedulian terhadap masyarakat.

Dengan cara ini, kamu dapat mensponsori tim olahraga lokal dengan mempertimbangkan untuk memasang logo perusahaan kamu pada kostum dan peralatan olahraga yang mereka gunakan.

Ajak Karyawan

Media sosial kini menjadi tempat berpromosi. Beda orang, beda followers, itulah yang menciptakan keberagaman. Hal yang sama berlaku untuk karyawan kamu, jika program promosi kamu memiliki target audience yang cocok dengan pengikut mereka, ajak mereka untuk membagikan konten bisnis kamu. Sehingga bisnis kamu akan lebih dikenal banyak orang.

Nah, itulah beberapa ide promosi kreatif untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

4 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

6 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

1 day ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago