HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Kerja Composer Dan Mengapa Developer Perlu Dependency Manager ?

Bagi yang sudah berkecipung di dunia pemrograman khususnya PHP,tentu mengenal apa itu Composer.Singkatnya,Composer adalah aplikasi untuk membuat proses coding PHP lebih terstruktur dan rapi.

Pada artikel ini kita membahas salah satu tools yang wajib digunakan dalam pemrograman PHP.Supaya tidak penasaran,mari simak penjelasan apa itu Composer,fungsi hingga cara kerjanya sebagai dependency manager bagi PHP berikut ini :

Pengertian Composer

Composer yakni alat dependency manager untuk bahasa pemrograman PHP atau dengan kata lain,Composer adalah aplikasi yang diinstal ke perangkat untuk memfasilitasi developer menggunakan library open source milik orang lain ke dalam project yang sedang dibangun.

Apa kaitannya dengan dependensi manager yang disebutkan di atas ? Simak “Dependency Manager.”berikut ini :

Composer merupakan project open source yang pertama kali dikembangkan oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano.Sejak awal rilis tanggal 1 Maret 2012,project Composer di-host di Github dan masih terus dikembangkan hingga sekarang.

Dalam sebuah project PHP,penggunaan library memudahkan dalam proses penulisan kode.Namun library terkadang satu dengan yang lainnya saling membutuhkan agar bisa digunakan.Hal ini disebut dependensi atau ketergantungan.Di sinilah peran Composer untuk menghubungkan project PHP dengan library eksternal yang dibutuhkan.Composer membantu mengatur ketergantungan (dependency) atau penggunaan library luar project PHP.Proses penulisan kode menjadi lebih cepat dan terstruktur sebab kemampuannya dalam mengelola instalasi dan mengupdate library yang digunakan.

Kenapa Developer Perlu Dependency Manager ?

Programmer atau developer disarankan menggunakan dependency manager guna memudahkan pengerjaan project.Selain membantu dalam penggunaan library external,ada beberapa alasan mengapa developer butuh dependensi manajer :

  • Proses coding menjadi lebih terstruktur dengan konsep MVC.
  • Memudahkan dalam mengupdate library eksternal yang digunakan.
  • Package yang dibutuhkan akan langsung terinstal dan diupdate secara otomatis.
  • Terdapat autoload yang akan melakukan include terhadap semua file PHP atau class PHP yang dibutuhkan dalam project kalian.
  • Jika menggunakan dependency manager yang terhubung dengan packagist,kalian bisa menggunakan ribuan package yang tersedia.

Mengenal Cara Kerja Composer

Composer merupakan platform untuk mendownload library yang kalian butuhkan sebagai dependensi aplikasi.Jadi,bagaimana cara kerja composer untuk membantu hal tersebut ? Composer membutuhkan repository atau tempat seluruh library beserta informasinya bisa ditemukan. Packagist merupakan server tempat tersimpannya semua library/paket dependency PHP.Jadi, Packagist akan menyerahkan fitur atau integrasi dengan GitHub dan bitbucket.

Berikut cara kerja dari Composer :

  1. Composer membantu menemukan paket yang tersedia pada Packagist.
  2. Sebelum mengunduh library-library yang diperlukan,composer memeriksa beberapa hal berikut :
    • Apakah library tersebut membutuhkan library lainnya sebagai dependensi.
    • Versi PHP.
    • module yang diperlukan untuk library tersebut.
  3. Setelah proses pengecekan selesai,Composer mendownload library-library yang diperlukan ke dalam project pada direktori “vendor.”

Contoh,ketika developer sedang mengembangkan aplikasi dan membutuhkan paket library A, B dan C, maka tahapan yang dilakukan Composer :

  • Pertama,Composer akan mengecek dependensi paket A, B, dan C tersebut serta spesifikasi PHP-nya.
  • Jika Composer menemukan dependensi paket A,B, dan C berupa paket D, E, F, maka Composer akan mendownload semua paket/library tersebut.
  • Sebelum mendownload paket tersebut, Composer juga akan mengecek dependensi paket D, E, dan F.
  • Composer akan mendownload paket-paket yang diperlukan beserta dependensinya

Kenapa Menggunakan Composer?

Kehadiran Composer sebagai dependency manager membuat pengembangan project jadi lebih mudah. Mengapa?

Fitur-fitur yang dibutuhkan untuk sebuah proyek akan memakan waktu lama bila semua dibuat sendiri dari nol. Nah solusinya, gunakan library yang sudah dibuat orang lain.

Contohnya, kamu sedang membangun project e-commerce yang memerlukan fitur Shopping Cart, Invoice, dan Metode Pembayaran. Maka kamu tentu harus membuat fitur-fitur itu agar situs e-commerce tersebut bisa berjalan.

Ternyata, ketiga fitur tersebut sudah pernah dibuat oleh orang lain pada situs e-commerce mereka. Tentunya akan lebih mudah bila kamu hanya tinggal mengambil script library buatan mereka dan menggunakannya di projectmu ‘kan?

Composer akan membantu mendapatkan library-library PHP milik orang lain untuk digunakan dalam project yang sedang dibuat. Asalkan dieksekusi dengan tepat, hal ini juga bisa mengurangi terjadinya error dalam proses penulisan kode.

Cara Install Composer

Sebelum menginstall Composer,kalian perlu memiliki PHP pada perangkat yang digunakan.Berikut tutorial cara install Composer di Windows :

  • Install PHP ke perangkat kalian.Bisa menggunakan XAMPP,MAMP atau aplikasi sejenis lainnya.
  • Lalu download file Composer.Setelah selesai mengunduh,buka dan jalankan file Composer dengan klik Run pada installation wizard.
  • Kemudian lanjutkan proses instalasi dengan klik Next.
  • Tentukan lokasi file instalasi.Akan muncul jendela yang meminta kalian mencari baris perintah PHP.Pastikan pilih lokasi instalasi Composer di C:/xampp/php/php.exe.Setelah itu,klik Next jika sudah benar.
  • Kemudian muncul permintaan Proxy Settings.Jika ingin menggunakan proxy,beri centang dan masukkan URL proxy kalian. Lewati bagian ini dan klik Next jika kalian tidak menggunakan proxy.Jika sudah,klik Install.
  • Akan ada tampilan pemberitahuan perubahan Windows environment.Hal ini dimaksudkan agar Composer bisa dijalankan di command prompt.
  • Instalasi selesai.Composer berhasil terinstall di perangkat Windows kalian.Klik Finish untuk menutup jendela instalasi.

Untuk mengetahui panduan dan cara install Composer selengkapnya bisa kamu lihat pada situs resmi mereka di getcomposer.org.

Sudah bisa mengetahui apa itu Composer ? Composer merupakan aplikasi yang memudahkan developer mengelola library-library yang digunakan dalam projek PHP. Composer merupakan dependency manager yang bertugas menghubungkan proyek PHP dengan library eksternal yang dibutuhkan.Semoga artikel ini bermanfaat !

5/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

7 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

9 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

1 day ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

1 day ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

2 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

2 days ago