HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Cara Melacak Smartphone Hilang Dalam Keadaan Mati Terbaru 2022

Cara melacak smartphone yang hilang wajib diketahui oleh para penggunanya. Smartphone merupakan kebutuhan primer masyarakat yang banyak sekali fungsinya. Selain untuk berkomunikasi, sekarang smartphone sudah digunakan sebagai alat transaksi elektronik.

Bayangkan smartphone yang sudah menyimpan banyak momen foto dan dokumen-dokumen penting harus hilang begitu saja. Beruntung bila seseorang yang menemukan langsung mengembalikan kepada pemiliknya. Ada kemungkinan-kemungkinan smartphone digunakan untuk hal-hal negatif.

Cara Melacak Smartphone yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Kasus pencurian semakin marak terjadi, khususnya di daerah Jabodetabek. Dikutip dari Tirto.id, sebanyak 3.138 laporan kasus pencurian yang masuk ke kepolisian pada 2018.

Meski kasus pencurian tak selalu tertuju pada perangkat seperti smartphone, tapi apa salahnya berjaga-jaga. Lagipula memang harus jeli agar smartphone hilang karena teledor meletakkannya. Soalnya, sangat sulit untuk melacak smartphone jika berada di keadaan mati.

Meski sulit masih punya kesempatan untuk melacaknya. Harus melakukan beberapa syarat agar cara ini bisa berhasil. Jaka bakal berikan empat cara untuk memudahkan dalam mencari smartphone yang hilang dalam keadaan mati di bawah ini :

1. Lacak Menggunakan Google Find My Device

Google Find My Device merupakan aplikasi untuk melacak smartphone yang hilang. Aplikasi ini kerap diandalkan sebagai pelacak smartphone yang hilang dalam keadaan mati.

Di aplikasi ini dapat membuat smartphone yang hilang memutar suara dengan volume tertinggi, walaupun smartphone diatur dalam keadaan silent. Tidak berhenti di situ, selain itu juga dapat mengunci pesan dan nomor kontak perangkat yang hilang.

Google Find My Device terkoneksi dengan Google Maps, sehingga dapat menyalakan navigasi yang akan mengarahkan kepada perangkat yang hilang. Unduh aplikasi Google Find My Device di berbagai perangkat. Jangan lupa registrasi dengan login menggunakan akun Google.

Pastikan login menggunakan akun yang sama di tiap perangkat. Maka akun akan secara otomatis terdaftar. Jangan lupa untuk menyalakan fitur Location pada smartphone Sayangnya, fitur pelacak aplikasi ini hanya berfungsi saat smartphone terkoneksi dengan paket internet. Artinya, posisi yang akan terlacak adalah saat smartphone terakhir kali mengirimkan sinyal.

Meski begitu, setidaknya cara ini membantu dalam melacak smartphone yang hilang. Sebab bisa mencarinya mulai dari posisi terakhir smartphone menyala. Siapa tahu menemukan petunjuk di sana.

Untuk mencarinya bisa mengikuti langkah berikut ini :

  • Buka website Google Find My Device
Dapat menggunakan perangkat PC ataupun smartphone. Masuk ke akun lalu perangkat akan muncul di halaman utama.
  • Pilih perangkat yang hilang

Dapat memilih perangkat dari gambar di bagian atas layar. Aplikasi akan membaca lokasi terakhir, sisa baterai, dan IMEI.

  • Sentuh tanda lokasi smartphone untuk melacak
Tanda lokasi HP berwarna hijau, saat menyentuhnya maka akan dialihkan ke aplikasi Google Maps.
  • Klik Direction untuk mulai navigasi

Kini memiliki lokasi terakhir smartphone dan segera hampiri lokasi yang sudah ditujukan. Lokasi yang ditujukan oleh Google Maps akurat hingga 20 meter. Berbeda cerita jika perangkat berada di dalam ruangan, akurasi Google Maps untuk melacak keberadaan smartphone terkadang kurang akurat.

Dari lokasi terakhir ini dapat bertanya kepada orang sekitar. Jika ternyata smartphone masih menyala dan berada di sekitar dapat menggunakan aplikasi Clap to Find.

2. Cari Keberadaan HP dengan Clap to Find

Clap to Find merupakan aplikasi dari Frimus yang berfungsi sebagai alat untuk mencari lokasi smartphone dengan cara menepuk tangan. Aplikasi ini akan menangkap suara tepukan sejumlah tiga kali, lalu memutar lagu. Dengan ini dapat menemukan keberadaan secara spesifik.

Untuk menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah tinggal ikuti langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi Clap to Find, lalu klik Get Started
  • Tepuk tangan 3 kali, lalu pilih yes.

Harus menepuk sebanyak 3 kali untuk mengaktifkan fiturnya. Usahakan untuk mengaktifkan fitur ini di tempat yang sepi, jauh dari kebisingan.

  • Atur jenis alert di Setting
Di halaman pengaturan dapat mengatur mode alert, volume, serta sensitivitas.
  • Kunci smartphone
Saat mengunci smartphone cobalah menepuk tangan 3 kali. Jika berhasil smartphone akan menyalakan lagu secara otomatis.

Cara melacak smarthone yang hilang dalam keadaan mati yang satu ini tidak dapat memberikan lokasi akurat jika berada di gedung bertingkat. Sebagai tips tambahan bisa mengatur sensitivitas suara tepuk tangan hingga 100%. Hal ini bertujuan agar smartphone tetap berbunyi saat menepuk tangan dari lokasi yang agak jauh. Jarak maksimal smartphone bisa berbunyi setelah tepuk tangan adalah 1-2 meter saja.

Jangan mencari smartphone yang hilang sendirian. Usahakan membawa teman atau pihak yang berwajib agar aman. Apalagi jika smartphone tersebut hilang karena dicuri.

3. Cara Melacak Smartphone yang Hilang dengan Email

Ternyata bisa melakukan cara melacak smartphone yang hilang dalam keadaan mati dengan menggunakan email. Cara yang satu ini memang terlihat sepele, tapi dijamin bakal membantu menemukan smartphone yang hilang.

Keberadaan email di smartphone memang sangat krusial. Sebab, email yang ibaratnya menjadi “identitas” dari smartphone. Email yang sudah terpasang di smartphone pun akan menjadi “alat pelacak” jika sewaktu-waktu hilang atau dicuri.

Untungnya, Google saat ini punya sistem operasi Android yang mengharuskan penggunanya untuk membuat email dan menggunakannya untuk mengaktifkan smartphone atau Google Play Store.

Berikut cara melacak smartphone yang hilang dengan email (disarankan Gmail) :

  • Login ke alamat Gmail yang terpasang di smartphone yang hilang.
  • Pilih tampilan Gmail versi web.
  • Pilih ikon titik sembilan di sisi atas kanan.
  • Masuk ke menu Google Account.
  • Pilih opsi Temukan Ponsel Anda.
  • Pilih smartphone yang hilang atau yang memiliki akses ke email.
  • Masukkan kembali password email smartphone yang hilang.
  • Pilih opsi Temukan.
  • Klik Tutup setelah Google Maps muncul.
  • Pilih smartphone yang hilang dan ingin dilacak.
  • Tap ikon Refresh untuk selalu update posisi smartphone yang hilang.

4. Cara Melacak Smartphone yang Hilang dengan Google Maps

Melacak smartphone menggunakan email dikenal boros baterai. Sebab, cara tersebut memaksa smartphone harus dalam keadaan menyala dan selalu bisa mengirimkan sinyal. Makanya harus bergegas mencari smartphone yang hilang tersebut sebelum baterai habis.

Jika cara tersebut rasa kurang efektif bisa melakukan cara lain untuk mencari smartphone yang hilang, yakni Google Maps. Melacak smartphone dengan Google Maps dapat menjadi solusi saat smartphone tidak memiliki koneksi internet atau data. Sebab bisa melacaknya hanya dengan nomor ponselnya. Berikut cara lengkapnya :

  • Buka Google Maps.
  • Pilih Setting.
  • Klik Bagi Lokasi.
  • Pilih waktu pelacakan sesuai keinginan atau waktu perkiraan kehilangan.
  • Pilih Orang.
  • Isi alamat email dan nomor ponsel yang terpasang pada smartphone yang hilang.
  • Klik Bagikan, lalu klik Aktifkan.
  • Lokasi ponsel yang hilang akan terlihat dan terlacak dalam kurun waktu 24 jam.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

8 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

12 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago