HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Begini Cara Membuat Giveaway yang Bisa Membantu Kamu Meningkatkan Penjualan

Kamu orang Indonesia, kan? Pasti kamu sudah familiar dengan perkataan Bung Karno berikut ini “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Perkataan tersebut juga bisa berlaku untuk hal berikut “Berikan pelanggan 1000 produk, niscaya akan terjadi banyak penjualan. Berikan pelanggan 1 giveaway, niscaya akan kau guncangkan penjualan.” Hal ini tidak berlebihan karena strategi giveaway merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif.

Giveaway merupakan tren yang terus memberikan dampak positif. Bagaimana giveaway bisa meningkatkan penjualan? Bagaimana hal itu terjadi? Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut pernah terlintas di benak kamu. Nah, jawaban atas pertanyaan tersebut dapat kamu temukan pada artikel berikut:

Apa itu Giveaway?

Apakah kamu sering melihat giveaway di timeline media sosial? Atau kamu salah satu pengguna internet yang tidak suka ketinggalan setiap ada giveaway? Jika iya, kamu harus simak teknik ini untuk diterapkan pada strategi pemasaran perusahaan atau bisnis kamu.

Jangan anggap remeh teknik pemasaran ini. Menurut Easypromos’ survey, 92,6% pemasar telah merencanakan atau membuat giveaway di media sosial. Strategi yang paling umum adalah dengan mengadakan giveaway di Facebook atau Instagram. 45,5% brand telah merencanakan dan membuat giveaway di dua saluran tersebut.

Giveaway adalah salah satu teknik strategi pemasaran digital. Pada dasarnya giveaway adalah suatu kegiatan pemberian hadiah dengan syarat tertentu. Tentunya syarat dan ketentuan yang ditawarkan memiliki tujuan dan sasaran yang dapat menguntungkan perusahaan atau bisnis.

Bagaimana dan mengapa begitu banyak perusahaan melakukan giveaway? Karena hal tersebut efektif dalam menarik leads (pelanggan potensial). Teknik giveaway menggabungkan pemasaran dan psikologi.

Teknik giveaway menyasar aspek psikologis manusia, yaitu pada afeksi. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang lebih bersedia membeli suatu produk jika memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih emosional.

Cara Membuat Giveaway

Setelah kamu paham apa yang dimaksud dengan giveaway, kini saatnya kamu mengetahui cara membuat giveaway. Nah, di bawah ini Hosteko akan menjelaskan cara membuat giveaway.

Tentukan Tujuan

Langkah pertama dalam membuat giveaway adalah menentukan tujuan giveaway. Tujuan giveaway adalah men-trigger positif saluran pemasaran sehingga berdampak pada peningkatan penjualan. Misalnya, kamu mungkin ingin melakukan hal berikut:

    1. Meningkatkan leads yang mengunjungi landing page.
    2. Meningkatkan interaksi media sosial.
    3. Menerima email dari calon pelanggan

Rencanakan Giveaway

Cara membuat giveaway selanjutnya adalah merencanakan mekanisme giveaway.

Tentukan Hadiah

Hadiah untuk program giveaway harus berkaitan dengan bisnis atau brand kamu. Jangan membagikan iPad hanya untuk menarik lebih banyak peserta karena itu tidak akan mendatangkan peserta berkualitas tinggi yang benar-benar menguntungkan bisnis kamu.

Kamu bisa memilih hadiah yang memiliki nilai cukup untuk menjamin tingkat partisipasi. Semakin berharga hadiahnya, semakin banyak pula peserta yang akan kamu dapatkan.

Tentukan Syarat dan Ketentuan

Kamu juga perlu memutuskan bagaimana pengguna dapat berpartisipasi dalam program giveaway tersebut.

Kamu bisa memberikan syarat kepada peserta untuk mengikuti akun bisnis kamu, menyukai postingan, @mention satu atau lebih pengguna lain dalam komentar, memposting sesuatu dengan hashtag, dan mengunjungi website bisnis kamu. Yang terpenting adalah tetap memudahkan pengguna untuk berpartisipasi.

Jadwalkan Giveaway

Untuk mempermudah perencanaan giveaway, jadwalkan dengan jelas kapan kamu memulai, mempromosikan, dan mengakhirinya.

Tentukan Hashtag Kampanye yang di Tonjolkan

Hashtag kampanye (#namakampanye) sangat penting untuk mempromosikan giveaway, menemukan konten untuk dibagikan sebagai entri giveaway , dan melacak kesuksesan dan analisis kamu.

Pilih hashtag yang relevan dengan kampanye, tema, produk atau layanan, dan/atau bisnis kamu. Hashtag kampanye harus eksklusif untuk kampanye individual ini. Selain itu, pastikan tidak ada orang lain yang menggunakannya.

Cara Mengumumkan Pemenang

Kamu juga perlu memutuskan bagaimana pemenang akan dipilih dan bagaimana mereka akan diberitahu. Apakah kamu akan menggunakan generator acak atau menilainya? Apakah kamu akan mengirim email kepada pemenang atau mengirimkannya melalui DM Instagram? Atau kamu ingin menggunakan cara lain?

Setelah kamu memberi tahu pemenang, kamu dapat mempostingnya secara publik di Instagram. Ini adalah cara tebaik untuk memberi tahu pemenang secara pribadi sebelum mengumumkannya secara publik di Instagram.

Luncurkan Giveaway

Cara membuat giveaway selanjutnya adalah dengan memulai atau meluncurkan giveaway. Kamu dapat mengumumkannya dengan gambar yang menarik. Dengan cara ini, ketika orang menelusuri feed Instagram mereka, mereka tidak akan melihatnya hanya sebagai foto biasa.

Silakan pilih gambar yang sesuai dengan tema dan konten kampanye kamu. Sertakan syarat dan ketentua dalam deskripsi postingan kampanye kamu. Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar giveaway tidak akan menjadi viral dan menghasilkan keuntungan yang besar untuk bisnis kamu.

Kontes pertama kamu mungkin hanya memiliki beberapa peserta. Jika audiens kamu tidak terbiasa dengan kontes yang kamu selenggarakan, mereka mungkin ragu untuk berpartisipasi.P engulangan dan konsistensi saat merencanakan giveaway akan membantu membangun momentum.

Evaluasi

Lacak hasil semua giveaway untuk mengukur partisipasi, peningkatan pengikut, klik ke webiste kamu, dan kriteria lainnya. Kamu dapat memulai dengan membandingkan data untuk setiap giveaway untuk menentukan jenis hadiah, waktu, konten, dan jenis partisipasi mana yang akan memberikan hasil terbaik untuk bisnis kamu berdasarkan tujuan.

Nah, itulah cara membuat giveaway yang bisa mendatangkan keuntungan untuk bisnis kamu. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Domain .SITE dan .SPACE! Cocok Buat Kamu yang Ingin Bangun Website Perusahaan Startup

Apakah kamu termasuk anak muda yang kreatif? Punya banyak impian dan ambisi untuk memajukan Indonesia?…

14 hours ago

Ingin Belajar Coding? Ini Dia Rekomendasi Website Belajar Coding Gratis

Belajar coding saat ini menjadi salah satu bidang yang banyak digemari masyarakat, terutama kaum milenial.…

15 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Menggunakan Ping di Windows, Linux, dan Mac

Pernahkah kamu mendengar kata PING? Jika kamu pernah menggunakan handphone bermerek BlackBerry, istilah tersebut mungkin…

1 day ago

SSH vs Telnet! Mana yang Lebih Baik?

Perkembangan teknologi digital berbasis internet terus memukau semua orang. Ini adalah semacam keajaiban yang didasarkan…

2 days ago

Manfaat dan Keuntungan Berbisnis Dengan Akun Pinterest Business

Pinterest masih menjadi salah satu platform berbagi gambar terbesar yang digunakan oleh banyak orang. Sama…

2 days ago

Website Kamu Sepi Pengunjung? Begini Cara Meningkatkan Pengunjung Website dengan Cepat

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap blogger atau pemilik website pastinya ingin mendapatkan banyak pengunjung untuk…

2 days ago