HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Begini Cara Cek Backlink Domain Untuk Pantau Perkembangan Website!

Cara Cek Backlink Termudah – Backlink kini menjadi cara tercanggih untuk meningkatkan SEO mesin pencari. Banyak platform pemasaran mesin pencari populer mempublikasikan fakta bahwa Google Ranking sangat dipengaruhi oleh link.

Sekitar 50 hasil memiliki setidaknya satu link eksternal yang akan menyebabkan banyak pengguna Internet mengeklik suatu website. Jika Anda memiliki banyak backlink, peluang Anda mendapatkan lebih banyak pencarian di mesin pencari Google lebih besar. Hanya saja algoritma Google menambahkan beberapa logika situs mana yang asli dan mana yang palsu.

Berkat algoritma ini, pencari informasi lebih mungkin menerima konten berkualitas tinggi sesuai dengan permintaan pencarian mereka. Ada banyak situs web yang sebelumnya nomor satu perlahan-lahan tersingkir karena algoritma ini. Elemen algoritmik ini memastikan Wikipedia selalu muncul pertama kali saat Anda perlu mencari informasi.

Cara Cek Backlink Paling Mudah

Saat membahas cara cek backlink terbaik, sebaiknya simak daftar lengkapnya di sini. Ada banyak cara untuk mengecek backlink, namun beberapa hasilnya mungkin tidak akurat. Hasil yang tidak akurat dapat menyebabkan administrator situs web mengambil keputusan yang buruk saat meningkatkan konten.

Jika Anda ingin menggunakan website yang sama dan memeriksa backlink Anda, Anda akan langsung melihat yang berikut:

MOZ

Website MOZ dengan domain berformat Moz.com banyak digunakan oleh para pakar SEO saat mencari informasi verifikasi backlink. Informasi ini pasti akan berguna saat membuat konten Anda. Kekuatan algoritmanya menjadikan Moz sebagai pemimpin pasar, karena software website MOZ dapat menampilkan jumlah backlink secara akurat.

Jika Anda familiar dengan dunia pembuatan konten website, Anda mungkin sudah familiar dengan istilah Domain Authority (DA). Istilah DA banyak digunakan oleh pengguna internet ketika mencari parameter utama untuk mengakses website berkualitas melalui backlink. Tentu saja ini bukan acuan sembarangan, sehingga DA menjadi acuan penting yang perlu diperhatikan dalam mengelola SEO website Anda.

MOZ sendiri terus mengupdate algoritmanya untuk mengikuti perkembangan algoritma Google. Websitenya sendiri berani mengklaim bahwa nilai DA adalah kriteria paling akurat untuk memprediksi peringkat suatu domain di Google.

Istimewanya, pengguna tidak perlu login saat menggunakannya. Akses terhadap data lengkap hanya dapat dilakukan jika pengguna telah memberikan alamat email yang valid. Untuk mendapatkan data yang sangat lengkap, Anda perlu berlangganan dan membayar biaya tertentu.

Ahrefs

Cara cek backlink selanjutnya adalah dengan menggunakan Ahrefs. Cara ini dianggap yang terbaik. Anda dapat menggunakan Backlink Checker versi premium dan gratis. Seperti biasa, akses terhadap versi gratis ini sangat terbatas. Jika Anda ingin terus mengecek backlink Anda melalui platform ini, cobalah berlangganan versi premium. Oleh karena itu, website ini mengharuskan Anda mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan data yang lengkap.

Website ini sendiri mempunyai algoritma yang sangat baik untuk mengevaluasi algoritma Google terkait peringkat website di mesin pencari. Salah satu fitur Ahrefs yang diminati banyak orang adalah Domain Rank (DR). Fungsi ini memberikan hasil berupa metrik yang akurat dan dapat digunakan sebagai alternatif fungsi PageRank Google. Fitur ini memungkinkan pemilik website mengidentifikasi apakah ada backlink yang bisa diikuti robot.

SEMrush

Cek backlink selanjutnya yang juga dianggap akurat adalah SEMrush. Cek backlink ini memungkinkan pemasar (marketer) menggunakan fitur SEOquake otomatis. Kelebihan SEOquake adalah pemilik website bisa secara otomatis mengecek jumlah page backlink dan backlink domain tanpa harus mengeceknya satu per satu.

Untuk menggunakan SEMrush, Anda harus menginstal bagian ekstensi SEMrush di browser Anda. Metrik SEO ini akan langsung muncul secara otomatis di link SERP Google Anda. Walaupun penggunaan SEMrush saat ini kurang umum pada pemeriksaan backlink versi berbayar. Namun, banyak orang yang senang menggunakan backlink checker meski dengan versi gratis.

Alexa

Jika Anda ingin mengetahui kinerja pesaing Anda, Anda juga bisa menggunakan Alexa. Alexa Backlink Check memungkinkan pengguna mengetahui website mana yang memiliki backlink berkualitas tinggi dibandingkan kompetitornya.

Dengan informasi yang Anda terima setelah menggunakan Alexa Backlink Checker, Anda dapat merencanakan untuk membangun backlink baru sambil terus memantau apa yang dilakukan pesaing Anda. Anda juga dapat menggunakan analisis backlink pesaing untuk memahami kinerja konten Anda dan berdampak langsung pada peringkat Anda. Anda dapat meniru gerakan pesaing Anda dan memperbaikinya di masa mendatang.

Openlinkprofiler.org

Cek backlink tersedia gratis ini adalah Openlinkprofiler.org. Faktanya, ini memberikan informasi tidak hanya tentang situs web Anda, tetapi juga tentang pesaing Anda. Hal ini memudahkan untuk memeriksa pesaing Anda secara online, dan gaya informasi yang diberikan tidak terlalu berbeda dengan alat pengecekan backlink lainnya.

Bahkan versi gratisnya memiliki batasan berapa kali Anda dapat menggunakannya. Anda tidak bisa leluasa menggunakan fungsi alat pengecekan backlink ini. Pengguna versi gratis dibatasi minimal 1 hari dan tidak lebih dari 5 penggunaan. Jika ingin digunakan kembali, bisa digunakan mulai keesokan harinya. Kami merekomendasikan penggunaan alat ini jika Anda berada pada tahap awal pengelolaan situs web.

SEO SpyGlass

Alat ini gratis digunakan setiap kali Anda memeriksa backlink Anda. Sistem penggunaan yang ditawarkan SEO SpyGlass unik dan mirip dengan aplikasi desktop. Itu sebabnya berbeda dengan alat pengecekan backlink lain yang menggunakan sistem website Anda. Anda dapat memeriksa link ke situs manajemen. Ini membantu Anda memeriksa kualitas backlink yang mengarah ke situs web Anda.

Alat tersebut sekarang dapat mencari setidaknya 7,1 miliar halaman setiap hari. Kecepatan deteksi ini jauh lebih cepat dibandingkan pemeriksa backlink terkenal Ahrefs dan Majestic. Satu hal yang harus diwaspadai terkait backlink adalah spam backlink. Jika backlink tersebut mengarah ke website Anda, reputasi website yang Anda kendalikan bisa saja turun. Alat ini memungkinkan Anda melihat email mana dari pemilik situs web yang dianggap spam backlink.

Anda dapat membandingkan profil backlink Anda dengan pesaing Anda. Jangan berpikir setengah hati. Pengecekan backlink ini dapat meningkatkan nilai SEO dari backlink kompetitor Anda.

SmallSEOTools

SMAllSEOTools bukan hanya website yang bisa digunakan untuk mendeteksi plagiarisme pada konten, tapi juga cocok untuk pengecekan backlink. Diantaranya adalah kemampuan untuk mengecek DA dan PA suatu website. Ini tersedia secara gratis langsung dari situs web.

Cek backlink ini diberikan secara gratis, jadi Anda bisa menggunakannya sepuasnya. Situs web ini memperoleh pendapatan dari iklan. Karena tersedia secara gratis, disarankan juga bagi yang baru pertama kali membuat website.

Majestic

Situs web ini adalah alat yang bagus untuk memeriksa tautan balik di situs web Anda sendiri dan situs pesaing Anda. Banyak internet marketer merekomendasikan Majestic untuk memeriksa backlink. Hasilnya sama akuratnya dengan alat backlink website lainnya. Hasilnya mencakup trust flow dan citation flow.

Selain Trust Flow dan Citation Flow, juga tersedia fitur lain seperti Visibility Flow, Topic Trust Flow, dan Flow Metric Score. Dengan fitur visibility flow, Anda dapat melihat link style editorial dan trust flow tinggi. Di sisi lain, topical trust flow saat ini menunjukkan bagaimana topik terkait dengan halaman situs web. Alat ini mencakup hingga 800 kategori dari beberapa situs web terbaik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk benar-benar memahami hubungan antara topik dan situs web.

Keunggulan terakhir Majestic adalah kemampuannya menampilkan data yang menunjukkan nilai berbeda yang memengaruhi konten situs web Anda. Hal ini akan memungkinkan kita menganalisis secara detail betapa pentingnya menjaga keseimbangan antara setiap fitur Majestic yang telah dibahas sebelumnya. Alat ini menyediakan bilah pencarian dalam versi gratis.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Domain .SITE dan .SPACE! Cocok Buat Kamu yang Ingin Bangun Website Perusahaan Startup

Apakah kamu termasuk anak muda yang kreatif? Punya banyak impian dan ambisi untuk memajukan Indonesia?…

14 hours ago

Ingin Belajar Coding? Ini Dia Rekomendasi Website Belajar Coding Gratis

Belajar coding saat ini menjadi salah satu bidang yang banyak digemari masyarakat, terutama kaum milenial.…

14 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Menggunakan Ping di Windows, Linux, dan Mac

Pernahkah kamu mendengar kata PING? Jika kamu pernah menggunakan handphone bermerek BlackBerry, istilah tersebut mungkin…

1 day ago

SSH vs Telnet! Mana yang Lebih Baik?

Perkembangan teknologi digital berbasis internet terus memukau semua orang. Ini adalah semacam keajaiban yang didasarkan…

2 days ago

Manfaat dan Keuntungan Berbisnis Dengan Akun Pinterest Business

Pinterest masih menjadi salah satu platform berbagi gambar terbesar yang digunakan oleh banyak orang. Sama…

2 days ago

Website Kamu Sepi Pengunjung? Begini Cara Meningkatkan Pengunjung Website dengan Cepat

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap blogger atau pemilik website pastinya ingin mendapatkan banyak pengunjung untuk…

2 days ago