HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pelajari Mengenai Afiliasi dari Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

Apakah Anda ingin menjadi Affiliate? Atau Anda bingung apa artinya afiliasi? Jangan khawatir artikel ini akan membahas topik yang terkait afiliasi. Segala sesuatu tentang pemasaran afiliasi dijelaskan secara rinci di artikel ini.

Sedikit informasi untuk memulai artikel, affiliate marketing adalah salah satu hal yang paling menguntungkan. Lalu apa saja keuntungannya? Jadi simak uraian afiliasi di bawah ini.

Apa Itu Afiliasi?

Afiliasi adalah metode meningkatkan pendapatan dengan mendaftar pada suatu perusahaan atau organisasi, yang melaluinya terbuka peluang untuk menjual kembali produk, memungkinkan perusahaan dan individu memperoleh keuntungan yang disepakati bersama, menurut Wikipedia.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata afiliasi merujuk pada hubungan antar anggota atau cabang, seperti hubungan antara universitas negeri Indonesia dengan universitas asing atau bentuk kerjasama antara dua lembaga pendidikan. Setiap organisasi bersifat independen, meskipun salah satu organisasi biasanya lebih besar dari yang lain.

Definisi afiliasi, di sisi lain, adalah cara bagi pemasar Internet untuk menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan yang menyediakan layanan afiliasi. Saat Anda mendaftar sebagai pemasar produk, biasanya disebut marketer afiliasi, Anda dibayar setelah produk terjual. Hal ini sangat terkenal di luar negeri karena banyak pemasar afiliasi memperoleh rata-rata 20 juta yen per bulan dari hasil afiliasi marketing mereka.

Cara Kerja Afiliasi

Kita telah membahas tentang afiliasi yang merupakan kolaborasi sederhana antara dua komponen, namun kolaborasi dapat dilakukan antara perusahaan dan juga individu. Sistem afiliasi adalah yang paling sederhana. Anda bisa menjual produk Anda di berbagai media seperti website, media sosial, atau teman Anda tanpa harus melakukan stok terlebih dahulu.

Berbeda dengan reseller dan dropshipper yang harus melakukan sesuatu dalam hal penjualan, sistem kerja afiliasi hanya mengharuskan Anda untuk mempromosikan link afiliasi Anda di media yang tercantum di atas.

Apakah afiliasi ini merupakan bisnis kecil? Tidak, ini adalah bisnis yang sangat besar. Dalam bisnis afiliasi, Anda pasti akan menjumpai satu istilah:

1. Daftar Program Afiliasi

Yang pertama adalah penyedia layanan atau disebut affiliate merchant, yaitu perusahaan yang menawarkan produk dan layanan untuk dijual di Internet. Jika Anda belum pernah mendengar tentang bisnis afiliasi ini, Anda mungkin akan sangat bingung.

Bagaimana Anda menghasilkan uang? Cara Anda menghasilkan uang dalam bisnis ini adalah ketika Anda mendaftar sebagai penjual, Anda menerima tautan atau URL khusus untuk mengetahui bahwa penjualan produk Anda berasal dari Anda. Ini dapat dihasilkan melalui tautan afiliasi.

Bagi yang berminat dengan bisnis afiliasi, ada beberapa merchant yang menawarkan program afiliasi, antara lain:

  • Afiliasi Shopee
  • Markethealth
  • ShareAsale
  • Amazon
  • CJ.com
  • Clickbank
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • UCbrowser

2. Promosikan Produk Afiliasi

Setelah Anda mendaftar sebagai Afiliasi dan Akun Afiliasi Anda aktif, promosikan Produk Afiliasi. Promosi produk afiliasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu pilihannya adalah beriklan menggunakan banner di website Anda.

3. Tunggu Pengguna Menggunakan Kode Referral Afiliasi

Kemitraan afiliasi mengharuskan perusahaan untuk memberikan link atau kode referral tertentu kepada afiliator. Link atau kode referral ini digunakan untuk menunjukkan bahwa isi link atau kode referral tersebut merupakan produk yang memenuhi syarat untuk afiliasi. Oleh karena itu, jika pengunjung atau pengguna mengklik link atau kode referral Anda dan melakukan pembayaran, Anda adalah afiliasi yang berhasil dan tentu saja menerima komisi.

4. Menerima Komisi

Jika pengunjung membayar untuk produk afiliasi, tentu saja afiliasi tersebut menerima komisi. Biaya biasanya bervariasi tergantung produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda akan menerima komisi yang berbeda untuk setiap produk.

Keuntungan Program Afiliasi

Berikut adalah beberapa manfaat yang Anda dapatkan ketika memulai bisnis Anda dengan pemasaran afiliasi.

Banyak pemilik program afiliasi yang tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mendapatkan link afiliasi. Bahkan jika seseorang melakukan pembelian melalui link Anda, Anda akan segera menerima sisa saldo di akun Anda.

Oleh karena itu, Anda tidak memerlukan modal yang besar untuk mengikuti program ini. Anda bisa menjadi affiliate yang sukses hanya dengan kemauan dan pengetahuan Anda.

Kerja dari Mana Saja

Jika Anda ingin menjadi afilitor atau memarketingkan link, Anda tidak perlu pergi ke kantor untuk mendapatkan uang. Yang Anda butuhkan untuk menjual produk Anda hanyalah koneksi internet dan website atau media sosial.

Penghasilan Pasif

Hal yang paling menarik dari pemasaran afiliasi adalah penghasilan pasif, kemampuan menghasilkan uang tanpa harus bekerja. Menurut penulis terkenal Rich Dad Poor Dad, semakin banyak passive income yang dimiliki seseorang, semakin kaya pula dia.

Jam Kerja Fleksibel

Untuk menjadi affiliate, Anda tidak dibatasi jam kerja, seperti karyawan yang bekerja dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Program ini memungkinkan Anda bekerja dan mendapatkan uang kapan saja, di mana saja.

Hasilkan Banyak Uang

Banyak orang yang menjadi affiliate sukses. Salah satunya Anne Ahira, Habibie Afsyah, Berto Saksono Jati. Dia memulai program ini lebih awal dari yang lain dan bisa mendapatkan puluhan juta rupiah melalui program ini. Dengan hanya memasarkan produk orang lain.

Contoh Affiliate yang Menguntungkan

Bagi yang masih bingung mengenai Affiliate Marketing bisa memulainya dengan berafiliasi dengan perusahaan-perusahaan berikut ini.

Program Afiliasi Amazon

Anda juga dapat berafiliasi dengan Amazon. Jika ingin terhubung ke Amazon, Anda harus memenuhi beberapa syarat:

  • Anda harus memiliki website sebagai sarana promosi link afiliasi Amazon
  • Anda harus memiliki akun media sosial yang aktif

Link afiliasi akan diaktifkan. Nanti akan disediakan oleh Amazon. Jika pengunjung mengklik link dan membayar, itu berarti mereka menjadi afiliator Amazon dan bisa mendapatkan uang.

Program Afiliasi GSuite

Tidak semua negara dapat terhubung secara eksklusif ke program afiliasi GSuite ini. GSuite hanya menerima program afiliasi ini di beberapa negara.

Anda masih bisa mencoba! Prosesnya sama, pertama Anda mendaftar sebagai afiliator di GSuite, kemudian GSuite akan mengirimkan Anda link atau kode referral ke alamat email yang Anda masukkan.

Program Afiliasi Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu penyedia e-commerce terbesar di Indonesia. Kebanyakan orang mengetahui tentang Tokopedia dan sering berbelanja di sana. Artinya, Tokopedia sendiri memiliki banyak pelanggan.

Namun, sebagai perusahaan e-commerce besar, Anda perlu menarik pelanggan melalui program afiliasi dan sejenisnya. Jika Anda ingin menjadi afiliasi Tokopedia, caranya mudah. Cukup mendaftar sebagai afiliasi dan pilih produk yang ingin Anda bagikan kepada orang lain. Komisi yang diterima juga sebesar 30%. Siapa pun bisa mengikuti program afiliasi Tokopedia selama memiliki akun Tokopedia dan akun media sosial yang aktif.

Program Afiliasi Tiket.com

Bagi yang menganggap bisnis travel sangat menguntungkan. Anda bisa mencoba mengikuti program afiliasi yang diselenggarakan oleh Tiket.com. Produk afiliasi dari Ticket.com ini sudah pasti tiket perjalanan.

Pertama, Anda bisa mendaftar menjadi afiliasi Ticket.com. Namun penyambungan khusus ini hanya dapat dilakukan oleh badan hukum yang mempunyai platform online berupa website atau aplikasi.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Domain .SITE dan .SPACE! Cocok Buat Kamu yang Ingin Bangun Website Perusahaan Startup

Apakah kamu termasuk anak muda yang kreatif? Punya banyak impian dan ambisi untuk memajukan Indonesia?…

14 hours ago

Ingin Belajar Coding? Ini Dia Rekomendasi Website Belajar Coding Gratis

Belajar coding saat ini menjadi salah satu bidang yang banyak digemari masyarakat, terutama kaum milenial.…

15 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Menggunakan Ping di Windows, Linux, dan Mac

Pernahkah kamu mendengar kata PING? Jika kamu pernah menggunakan handphone bermerek BlackBerry, istilah tersebut mungkin…

1 day ago

SSH vs Telnet! Mana yang Lebih Baik?

Perkembangan teknologi digital berbasis internet terus memukau semua orang. Ini adalah semacam keajaiban yang didasarkan…

2 days ago

Manfaat dan Keuntungan Berbisnis Dengan Akun Pinterest Business

Pinterest masih menjadi salah satu platform berbagi gambar terbesar yang digunakan oleh banyak orang. Sama…

2 days ago

Website Kamu Sepi Pengunjung? Begini Cara Meningkatkan Pengunjung Website dengan Cepat

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap blogger atau pemilik website pastinya ingin mendapatkan banyak pengunjung untuk…

2 days ago