HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu Virtual Account? Ketahuilah Perbedaannya dengan Manual Transfer

Pada panduan kali ini kita akan membahas metode pembayaran. Dulu, kamu bisa membayar tagihan melalui transfer ke rekening Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Paypal, atau kartu kredit. Namun, kini kamu dapat membayar tagihan menggunakan Virtual Account (VA).

Apa itu Virtual Account?

Virtual Account adalah rekening yang tidak nyata (virtual). Virtual Account sendiri berisi nomor ID pelanggan yang dibuat oleh bank (atas permintaan perusahaan) untuk melakukan transaksi. Setiap satu transaksi, pelanggan akan menerima satu nomor ID Virtual Account, yang disebut Virtual Account Number.

Virtual Account Number tersebut bersifat unik dan berbeda-beda pada setiap pelanggan. Jadi, jika kamu membayar tagihan menggunakan Virtual Account, konfirmasi pembayaran akan terjadi secara otomatis.

Salah satu keuntungan pembayaran dengan Virtual Account adalah cepat dan praktis. Kamu tidak perlu mengkonfirmasi pembayaran dengan tanda terima transfer bank.

Pelanggan akan mendapatkan nomor ID Virtual Account (Virtual Account Number) unik untuk setiap transaksi yang sesuai dengan nominal transaksi sehingga pembayaran tagihan menjadi lebih mudah.

Perbedaan Virtual Account dengan Manual Transfer

Perbedaan pembayaran tagihan melalui Virtual Account dengan Manual Transfer adalah kamu perlu mengirimkan bukti transfer atau screenshot m-Banking untuk mengonfirmasi pembayaran setelah proses transfer selesai.

Namun dengan Virtual Account ini, kamu tidak perlu lagi mengirimkan bukti transfer. Ini karena kamu bisa langsung membayar tagihan sesuai dengan nilai yang tercantum pada Proforma Invoice.

Proforma Invoice adalah dokumen tagihan sementara untuk suatu transaksi jual-beli. Proforma Invoice akan dikirimkan ke pembeli sebelum pembayaran. Proforma Invoice biasanya berisi informasi tentang jenis dan jumlah barang atau jasa yang dibeli.

Nantinya, setelah pembayaran selesai, kamu akan menerima invoice resmi yang menandakan bahwa pembayaran kamu telah berhasil diselesaikan. Setiap produk atau layanan yang kamu beli biasanya terdapat biaya administrasi yang harus kamu bayarkan.

Biaya administrasi digunakan untuk memudahkan pembayaran atas produk atau layanan yang kamu pesan. Jika pembayaran kamu berhasil, billing atau penagihan akan langsung mengenali transaksi tersebut. Tunggu sebentar maka produk atau layanan pesanan kamu akan segera siap digunakan.

Oh ya, satu hal lagi! Jika kamu membayar tagihan menggunakan Manual Transfer maka kamu harus melakukan pembayaran sesuai dengan nomor rekening bank milik penjual. Namun, tidak demikian halnya dengan Virtual Account. Nomor ID Virtual Account akan berubah setiap kali ada transaksi.

Nah, itulah beberapa perbedaan jika kamu membayar tagihan menggunakan Virtual Account dan Manual Transfer. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Domain .SITE dan .SPACE! Cocok Buat Kamu yang Ingin Bangun Website Perusahaan Startup

Apakah kamu termasuk anak muda yang kreatif? Punya banyak impian dan ambisi untuk memajukan Indonesia?…

14 hours ago

Ingin Belajar Coding? Ini Dia Rekomendasi Website Belajar Coding Gratis

Belajar coding saat ini menjadi salah satu bidang yang banyak digemari masyarakat, terutama kaum milenial.…

15 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Menggunakan Ping di Windows, Linux, dan Mac

Pernahkah kamu mendengar kata PING? Jika kamu pernah menggunakan handphone bermerek BlackBerry, istilah tersebut mungkin…

1 day ago

SSH vs Telnet! Mana yang Lebih Baik?

Perkembangan teknologi digital berbasis internet terus memukau semua orang. Ini adalah semacam keajaiban yang didasarkan…

2 days ago

Manfaat dan Keuntungan Berbisnis Dengan Akun Pinterest Business

Pinterest masih menjadi salah satu platform berbagi gambar terbesar yang digunakan oleh banyak orang. Sama…

2 days ago

Website Kamu Sepi Pengunjung? Begini Cara Meningkatkan Pengunjung Website dengan Cepat

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap blogger atau pemilik website pastinya ingin mendapatkan banyak pengunjung untuk…

2 days ago