Pengertian Afiliasi

Menurut Wikipedia, Afiliasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, bada usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama. Dalam psikologi Afiliasi diartikan sebagai kebutuhan manusia untuk membentuk hubungan dan memiliki kaitan yang erat dengan kebutuhan untuk diakui dan diterima oleh lingkungannya. Sedangkan menurut internet market, Afiliasi adalah salah satu cara mendapatkan uang dengan menjual produk dari perusahaan yang menyediakan jasa Afiliasi. Saat anda bergabung menjadi pemasar produk anda disebut Afiliate marketers dan anda akan dibayar setelah produk terjual.

Sistem  Kerja Afiliasi

Cara kerja Afiliasi hampir mirip dengan broker atau perantara. System kerjanya sangat mudah dan menguntungkan. Anda dapat memasarkan barang melalui situs website anda, media social anda, maupun ke teman-teman anda tanpa perlu menstok barang terlebih dahulu. Perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang akan dipasarkan atau penyedia jasa disebut Afiliasi Merchant. Dalam bisnis Afiliasi cara mendapatkan uangnya ketika anda mendaftarkan diri di marchant lalu anda akan diberi link atau URL khusus untuk mengidentifikasi bahwa nantinya penjualan produk berasal dari anda yang dapat di generate dari link anda. Ada dua hal yang dijadikan pedoman dalam bisnis Afiliasi, yaitu bisnis Afiliasi sangat mudah dilakukan, dan bisnis Afiliasi sangat rendah resiko kerugian karena tidak memproduksi barang.

Ada beberapa hal yang dianggap salah dalam bisnis Afiliasi yang menyebabkan masih banyak orang yang ragu untuk berbisnis Afiliasi, hal-hal tersebut antara lain:

  1. Dalam bisnis Afiliasi, affiliate marketing dapat dijalankan dengan cepat dan mudah

Banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis Afiliasi marketing merupakan proses yang mudah dan cepat. Pada kenyataannya bisnis Afiliasi membutuhkan sebuah proses dan fokus untuk dapat menghasilkan uang. Sebelum memulai bisnis ini, terlebih dahulu anda memilih patner yang benar-benar berkompeten dan benar-benar membayarkan program Afiliasinya.

  1. Agar affiliate sukses, anda perlu memilih website yang memiliki visitor banyak

Banyak orang berfikir jika memiliki website dengan pengunjung banyak maka akan sukse jika berbisnis Afiliasi. Sebenarnya memang benar, jika visitor anda banyak dan website anda terkenal maka baik untuk program affiliate marketing. Namun hal ini tidak menjadi jaminan utama bisnis Afiliasi anda sukses. Banyak pula orang-orang yang memasang banner Afiliasi di websitenya yang tidak terlalu banyak pengunjung namun masih bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis Afiliasi.

  1. Peluang sukses dengan memasarkan dengan banyak situs

Untuk bisa sukse dibisnis Afiliasi yaitu dengan memasang link Afiliasi di banyak media misalnya memasang di website, blog, media sosial facebook, twitter dan lainnya. Semakin banyak tempat anda promosi, semakin banyak peluang orang untuk membeli produk melalui link Afiliasi milik anda. Oleh sebab itu, perbanyaklah jaringan anda untuk menambah penjualan.

Sebenarnya yang perlu anda miliki jika ingin menggeluti bisnis Afiliasi adalah keahlian memasarkan, mempresentasikan produk, bahkan menggunakan internet dengan baik, ataupun menentukan calon pembeli yang benar. Jadi, bukan berarti bisnis Afiliasi bisa dilakukan tanpa skill tertentu, dan  keahlian-keahlian ini relatif lebih mudah dipelajari.

0 Shares