HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Membuat Stiker WhatsApp Dengan Mudah

Whatsapp adalah aplikasi pesan untuk lintas platform yang memungkinkan bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet. WhatsApp Messenger lebih populer disebut dengan Whatsapp atau WA. Sekarang bisa menggunakan stiker yang tersedia di aplikasi Whatsapp secara mudah dan gratis. Beberapa bulan yang lalu Whatsapp merilis fitur stiker terbarunya.

Jadi bisa menggunakan berbagai stiker menarik ketika melakukan aktivitas chatting. Selain itu, cara membuat stiker di WA juga cukup mudah. Kehadiran fitur stiker di Whatsapp, membuat aplikasi ini semakin digemari. Ada beragam jenis stiker yang dapat dipilih. Bahkan sekarang ada juga stiker dengan gambar wajah atau orang lain yang bisa dibuat stiker sendiri.

Oktober 2018, Muncul Stiker di Whatsapp

Dikutip dari Phone Arena, Whatsapp memang sedang gencar-gencarnya untuk melakukan update fitur seperti video call banyak user, durasi menghapus pesan serta fitur stiker. Fitur stiker ini dapat dinikmati oleh pengguna Android dan iOS agar aktivitas chatting semakin seru. Untuk menikmati fitur terbaru dari Whatsapp ini harus melakukan update WhatsApp ke versi 2.18.329 di Google Play Store untuk pengguna Android. Sedangkan untuk pengguna iOS, silahkan untuk memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi 2.18.100. Ada beberapa stiker lucu dan menarik yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu juga bisa membuat stiker sendiri dengan berbagai ekspresi foto orang lain. Cara membuat stiker di Whatsapp juga cukup mudah. Banyak tutorial di internet yang bisa di temukan. Whatsapp Messenger memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya.

Keunggulan WhatsApp

Dikutip dari Whatsapp dan Wikipedia, adapun beberapa fitur unggulan dari Whatsapp Messenger misalnya :

  • Pesan reliable dan sederhana.
  • Kirim pesan ke teman dan keluarga menggunakan koneksi internet telepon.
  • Memiliki fitur chat grup hingga 256 orang sekaligus.
  • Berbicara dengan gratis menggunakan panggilan suara dan video Whatsapp.
  • Terdapat fitur Whatsapp Web dan desktop.
  • Keamanan terjamin karena menggunakan enkripsi end-to-end.
  • Membagikan momen yang penting secara realtime dengan kamera bawaan Whatsapp.
  • Foto dan video akan dikirim dengan cepat meskipun sedang berada dalam koneksi yang lambat.
  • Terdapat fitur voice note.
  • Membagikan dokumen dengan mudah hingga 100 MB.
  • Memiliki fitur untuk mengirim lokasi GPS. Bukan hanya berupa link, tetapi dapat langsung ditampilkan.
  • Terintegrasi ke dalam sistem.
  • Memiliki status pesan tertentu. Misalnya jam merah ketika loading, tanda centang ketika terkirim ke jaringan, tanda centang ganda jika pesan telah terkirim ke teman chat serta silang merah apabila pesan gagal.
  • Memiliki fitur broadcasts ke personal ataupun group chat.
  • Menghapus pesan atau menarik kembali pesan yang telah terkirim.
  • Simpel dan ringan.
  • Terdapat fitur Whatsapp for Business.

Stiker Whatsapp vs Stiker Line

Persaingan aplikasi Line dan Whatsapp memang cukup berat. Dulu walaupun memakan RAM yang cukup banyak, Line lebih digemari masyarakat karena memiliki banyak stiker yang bisa diunduh secara gratis. Berbeda dengan Whatsapp yang bertahan dengan tampilan simpel, minimalis yang tetap berfokus pada keperluan chatting. Namun sekarang, Whatsapp telah merilis fitur stiker yang dapat dinikmati banyak orang. Bahkan ada juga stiker yang bisa dibuat sendiri. Cara membuat stiker di Whatsapp juga mudah. Stiker dengan foto orang lain atau foto diri sendiri.

Dikutip dari CNN Indonesia berikut ini keunggulan stiker Whatsapp dengan stiker Line, yaitu :

1. Gratis

Di Whatsapp, ada beberapa stiker lucu yang bisa kamu gunakan dengan gratis seperti, Cuppy by Minseung Song, Salty by Alisa Kryzhanovska, Komo by Sanat Rath, Bibimbap Friends by Pete Ellison, Unchi & Rollie by nu1t, Shiba Inu by Aiko Kuninoi, The Maladroits by Cole Ott, Koko by Hanasake Picture Inc., Fearless and Fabulous by Ann Shen, Banana by Jayde Fish, Biscuit by Ghostbot dan Hatch by Hatch.

Jika di Line, ada beberapa stiker gratis dan berbayar. Untuk stiker dengan berbagai macam bentuk dan fitur hanya dapat didapatkan dengan membeli didalam toko Line. Namun untuk stiker yang bisa bergerak dan stiker yang mengeluarkan suara sendiri, belum tersedia di Whatsapp.

2. Membuat Stiker Sendiri di Whatsapp

Di Whatsapp tidak perlu membeli stiker yang dibuat orang lain seperti halnya Aplikasi Line. Bisa mendapatkan berbagai stiker secara gratis atau buat stiker sendiri sesuai keinginan. Cara membuat stiker sendiri di whatsapp sangatlah mudah. Yang diperlukan hanyalah beberapa aplikasi pendukung seperti aplikasi editing foto serta aplikasi pengunggah stiker. Pertama, aplikasi editing foto digunakan untuk untuk menghapus latar belakang foto, menambahkan kreasi lain, menambahkan kata-kata, dan sebagainya. Bisa install aplikasi Background Eraser, PicsArt ataupun aplikasi editing foto lain yang biasa digunakan.

Kedua, untuk cara membuat stiker di whatsapp bisa melakukan instalasi Aplikasi Personal Sticker for Whatsapp. Aplikasi ini bertujuan untuk memasukkan foto yang telah diedit sebelumnya. Foto yang telah diedit, dapat diunggah langsung ke Whatsapp melalui aplikasi ini. Harus menyediakan minimal 3 foto agar paket stiker dapat diunggah ke WhatsApp.

3. Melakukan Salin Stiker WhatsApp

Selain gratis, stiker di Whatsapp juga dapat disalin atau dicopy pengguna lain. Dapat dengan mudah menyalin stiker milik orang lain jika dirasa lucu atau harus disimpan. Jika melihat stiker lucu milik teman atau pengguna lain, silahkan beri tanda bintang pada stiker yang dipilih. Nanti stiker tersebut akan muncul di daftar koleksi stiker dan dapat digunakan ulang. Cara membuat stiker di Whatsapp dan salin stiker adalah kelebihan yang dimiliki Whatsapp. Berbeda dengan Line dimana harus membeli stiker yang diinginkan.

Cara Membuat Stiker di Whatsapp

Berikut ini akan memberikan tips dan trik cara membuat stiker di whatsapp dengan mudah. Bahkan pemula pun bisa. Dikutip dari Kompas, berikut merupakan cara membuat stiker whatsapp, yaitu :

1. Persiapkan Foto Yang Ingin Dibuat Stiker

Saatnya membuat stiker di Whatsapp harus mempersiapkan beberapa foto yang ingin dibuat stiker. Bisa foto teman, saudara, pacar ataupun bahkan musuh. Pilih 3 foto atau lebih karena Whatsapp mewajibkan minimal 3 stiker yang dapat ditambahkan ke aplikasi.

2. Menghapus Background Foto

Sekarang saatnya hapus background foto dengan menggunakan aplikasi editing foto yang tadi telah dijelaskan. Bisa unduh dan lakukan instalasi aplikasi Background Eraser yang ada di Play Store. Jika telah berhasil di install silahkan load images dengan memilih ikon Eraser lalu pilih foto yang ingin dihapus backgroundnya. Silahkan hapus background. Bisa memotong foto terlebih dahulu baru menghapusnya dengan fitur auto atau magic yang dimiliki. Atau jika ingin menghapus manual juga bisa. Setelah itu, klik Save untuk menyimpan hasil editing foto.

3. Mempersiapkan Foto Yang Ingin Diupload

Silakan hapus background untuk minimal 3 foto. Karena paket stiker yang dapat ditambahkan ke Whatsapp minimal 3 foto. Pastikan foto memiliki ekstensi .PNG.

4. Mengunggah Stiker Foto Pilihan

Saatnya mengunggah foto yang ingin dibuat menjadi stiker. Silahkan melakukan instalasi Aplikasi Personal Sticker for WhatsApp yang ada di Play Store.

Setelah itu, buka Whatsapp dan lalu pilih opsi menambah emoji yang terletak di sebelah kiri kolom untuk ketik pesan. Kemudian pilih ikon “Stickers” lalu akan muncul tampilan stiker. Untuk menambahkan foto yang dibuat, pilih tanda tambah (+) di pojok kanan atas. Silahkan scroll kebawah lalu klik “Get more stickers”, pilih opsi tersebut untuk menambah foto yang dibuat tadi.

Secara otomatis, aplikasi Personal Sticker for WhatsApp akan terbuka. Kemudian pilih foto-foto yang telah diedit tadi. Kemudian klik Add. Foto-foto tadi akan dikemas dalam bentuk paket stiker dan dapat segera digunakan untuk menemani keseruan chatting.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

23 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 days ago