HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mudah Tanpa Ribet! Begini Cara Membuat Website dengan WordPress di LocalHost

Pernahkah kamu mendengar tentang WordPress? Bagi para blogger, WordPress pasti sudah tidak asing lagi. Banyak blogger yang menggunakan platform WordPress untuk membuat blog.

Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada dua jenis WordPress? WordPress ada dua jenis, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Lalu apa perbedaan kedua jenis WordPress tersebut? Jenis WordPress apa yang harus digunakan jika ingin membuat website?

Nah, artikel ini akan memandu kamu dalam cara membuat website dengan WordPress. Ingin tahu selengkapnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini ya!

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuat Website dengan WordPress

Sebelum kamu mempelajari cara membuat website dengan WordPress, kamu perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

Menentukan Topik/ Niche Website atau Blog

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah mengidentifikasi dan menentukan topik/niche untuk website kamu. Kamu dapat memilih topik/niche yang sesuai dengan keahlian dan minat kamu.

Dengan menentukan niche terlebih dahulu, tentu saja kamu dapat fokus pada pengembangan website. Selain itu, kamu juga dapat menentukan target pasar atau audiens webiste kamu.

Menentukan Nama Domain

Setelah menentukan niche, langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain. Ada berbagai jenis nama domain yang dapat mendukung niche website kamu. Misalnya kamu ingin memulai bisnis desain dan percetakan. Kamu dapat memilih ekstensi domain, seperti .com, .site, .id, .web.id, dan sebagainya.

Nah, kamu dapat memilih ekstensi domain internasional atau domain Indonesia yang ada di Hosteko ya!

Menyiapkan Hosting

Selain itu, jika kamu ingin membuat WordPress, pastikan kamu juga sudah memiliki hosting ya! Pasalnya, hosting ini digunakan sebagai tempat penyimpanan website. Sederhananya, hosting adalah penyewaan sebuah server. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tutorial cara membuat WordPress, pastikan kamu memiliki hosting ya!.

Cara Membuat WordPress di LocalHost

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat WordPress. Namun, kamu harus memperhatikan tujuan pembuatannya.

Kamu dapat membuat website WordPress di LocalHost atau di komputer kamu sendiri. Karena disimpan di LocalHost, kamu harus mengunggah webiste WordPress ke hosting setelah selesai membuatnya.

1. Download File WordPress

Unduh file WordPress dari https://wordpress.org/download/. Selanjutnya, lakukan unzip.

2. Persiapkan Database

Pastikan kamu telah menyiapakan web server, PHP, dan MySQL di komputer kamu. Hal ini dikarenakan pembuatan website memerlukan database. Bagi pengguna Windows bisa menggunakan XAMPP.

Jika sudah, silahkan buat databasenya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mencatata nama database, nama pengguna, dan kata sandi ya!

3. Taruh di Web Server

Pada tahap ini tempatkan folder WordPress yang kamu unzip tadi. Kamu dapat menggunakan XAMPP atau LAMPP. Pastikan Apache dan MySQL telah diaktifkan. Jika kamu menggunakan XAMPP, letakkan di folder C:\xampp\htdocs.

4. Akses WordPress

Selanjutnya, buka browser web kamu dan akses http://localhost/name_folder_wordpress. Jika kamu tetap menggunakan folder default maka alamatnya adalah http://localhost/wordpress.

Jika berhasil, klik “Create a Configuration File”. Kemudian klik “Let’s go!”. Jika sudah, silakan masukkan nama database, nama pengguna, dan kata sandi kamu. Masukkan “localhost” di database host. Lalu klik “Submit”. Jangan lupa klik “Run the install”.

5. Lakukan Pengelolaan WordPress

Setelah memasukkan pengaturan database kamu, selanjutnya tentukan nama website, nama pengguna WordPress, dan kata sandi WordPress kamu. Ingatlah untuk menuliskan alamat email yang valid ya!

Setelah semuanya terisi, klik “Instal WordPress.” Kemudian, silakan login menggunakan nama pengguna dan kata sandi WordPress kamu.

6. Install Tema Website

Untuk menginstall tema webiste WordPress di LocalHost, buka tab menu “Appearance” dan pilih “Themes” maka halaman Themes akan terbuka. Untuk menambahkan tema WordPress, klik “Add New”.

Ada beberapa kategori tema WordPress yang dapat dipilih, mulai dari Featured (tema yang memiliki variasi fitur), Popular (topik yang banyak digunakan pengguna), Latest (tema terbaru), Favorites (tema favorit dari pengguna itu sendiri), dan Feature Filter (memilih tema berdasarkan warn , tata letak, fitur, dan subjek).

Kamu juga dapat mencari tema/template dengan mencari di kotak pencarian. Jika sudah, silakan pilih tema yang kamu inginkan dan instal. Setelah selesai, silakan klik “Activate” untuk mengaktifkan tema pilihan kamu.

7. Menambahkan Konten Website

Langkah selanjutnya adalah menambahkan konten atau isi website kamu. Ini biasanya berbentuk postingan di website. Di WordPress, kamu dapat mengaturnya di tab menu “Post”. Selain itu, kamu dapat mengatur halaman webiste kamu dari tab menu “Pages”.

Nah, itulah serangkaian cara membuat website WordPress di LocalHost. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

6 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

7 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

7 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

1 day ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

1 day ago

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah "reboot". Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan,…

1 day ago