HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Solusi Tepat! Hobi Photographer Juga Bisa Jadi Sumber Cuan!

Bagi Anda yang menyukai fotografi, menjual foto secara online adalah salah satu cara terbaik menghasilkan uang secara online. Entah Anda sekedar memotret sebagai hobi atau sudah mencapai level profesional, Anda dapat menggunakan keterampilan ini untuk menghasilkan uang.

Banyak perusahaan dan agensi kini mencari foto untuk digunakan sebagai elemen visual dalam materi pemasaran dan aset digital mereka. Sejak itu, situs penjualan foto bermunculan untuk memfasilitasi hal tersebut.

Sekarang! Jika Anda ingin terlibat dalam penjualan karya fotografi Anda, Anda bisa menjual foto Anda secara online menggunakan 10 situs jual foto terbaik yang disebutkan dalam artikel ini. Kami mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk tingkat komisi dan detailnya. Sudah tertarik? Waktunya scroll ke bawah!

Website dan Aplikasi Terbaik untuk Menjual Foto Paling Cuan

Bagian ini berisi langkah-langkah dan ketentuan yang harus Anda penuhi untuk menghasilkan uang atau mendapatkan royalti saat menjual foto di internet, pelajari lebih lanjut tentang aplikasi dan situs web yang direkomendasikan untuk membantu Anda.

Berikut beberapa situs dan aplikasi penjualan foto online yang bisa Anda coba:

1. Getty Images

Ada tiga situs web fotografi stok yang dikelola oleh Getty Images Holdings, Inc., yaitu Getty Images, iStock, dan Unsplash.

Getty Images adalah website fotografi stok, sedangkan iStock adalah penyedia fotografi microstock. Keduanya merupakan tempat yang menguntungkan untuk menjual foto secara online, namun berbeda dalam jumlah foto yang terjual dan struktur harga.

Situs fotografi stok menjual lebih sedikit barang dibandingkan situs microstock, namun juga menjual dengan harga lebih tinggi. Kontributor iStock dapat memperoleh komisi sekitar 15-45%, sementara kontributor Getty Images memperoleh 20% untuk gambar dan 25% untuk video.

Diadaptasi dari Getty Images Holdings, Inc. 2021 Unsplash adalah situs web fotografi stok gratis. Situs ini saat ini menawarkan Unsplash+, yang memberi pelanggan akses ke konten pilihan yang dapat digunakan untuk tujuan komersial. Saat Anda menjual stok foto di Unsplash+, Anda bisa mendapatkan komisi satu kali sebesar $5 hingga $30 (kira-kira Rp. 78.000 hingga Rp. 470.000) per gambar.

2. Website Sendiri

Lagi pula, tempat terbaik untuk menjual foto Anda adalah di situs web Anda sendiri. Situs web ini memberi Anda kendali penuh atas bisnis fotografi online Anda, termasuk harga, tampilan, serta syarat dan ketentuan. Salah satu yang terpenting adalah 100% keuntungan menjadi milik Anda.

Ada dua cara utama untuk membuat situs fotografi Anda sendiri. Gunakan CMS (sistem manajemen konten) atau gunakan website builder. CMS sedikit lebih sulit dipelajari dibandingkan website builder, namun CMS menawarkan manajemen yang lebih komprehensif. Jika Anda menggunakan CMS, Anda juga perlu membeli paket web hosting dan domain.

Di sisi lain, sebagian besar paket website builder biasanya menyertakan hal-hal penting seperti hosting, pemeliharaan, dan dukungan. Jika ingin cara yang lebih nyaman, gunakan CMS seperti WordPress, atau untuk cara yang lebih simpel dan mudah, buatlah website sendiri menggunakan website builder.

3. Shutterstock

Shutterstock adalah penyedia stok media, termasuk foto, video, gambar, vektor, dan musik. Selama 15 tahun terakhir, mereka telah membayar lebih dari $1 miliar biaya kepada para kontributor. Platform ini memungkinkan Anda submit konten, membuat dan membagikan portofolio Anda, serta memantau hasil penjualan.

Pendapatan kontributor meningkat seiring dengan semakin banyaknya konten yang dilisensikan. Ada enam tingkatan penghasilan untuk stok foto dan video, di mana kontributor bisa mendapatkan komisi dari 15% hingga 40%.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan uang melalui referensi. Ketika pengguna mendaftar menggunakan link referral Anda, Anda akan menerima komisi sebesar $0,04 (sekitar Rp 600) untuk gambar dan 10% dari video saat karya mereka mendownload. Saat pembeli mendaftar menggunakan tautan Anda, komisi yang Anda terima pada pembayaran pertama mereka bisa mencapai $200 (sekitar Rp. 3,1 juta).

4. Alamy

Alamy adalah situs penjualan foto berbasis di Inggris yang juga menerima konten lain seperti vektor dan video. Mereka membayar komisi hingga lebih dari $1 juta kepada kontributornya setiap bulan. Situs stok foto ini menawarkan berbagai alat untuk memantau kebutuhan pelanggan dan penjualan.

Selain itu, foto yang Anda kirimkan tidak akan diedit, jadi Anda memegang kendali penuh atas karya Anda. Setelah Anda menjadi kontributor Alamy, Anda harus memberi pemberitahuan 45 hari sebelumnya jika Anda ingin berhenti menjadi kontributor, dan Anda dapat mulai menjual foto Anda secara online dalam waktu 24 jam setelah diunggah.

Website ini memiliki tiga model komisi: Alamy Silver, Gold, dan Platinum. Kontributor Alamy Silver memperoleh komisi sebesar 17-20% dari penjualan, kontributor Alamy Gold memperoleh 34-40% dari penjualan, dan kontributor Alamy Platinum memperoleh komisi 40-50%. Selain itu, situs stok foto ini adalah tempat yang baik untuk menjual foto Anda secara online jika Anda seorang pelajar karena Anda bisa mendapatkan komisi 100% selama 2 tahun setelah mendaftar sebagai kontributor.

5. Dreamstime

Dreamstime adalah penyedia media microstock bebas royalti dengan lebih dari 40 juta pengguna dan library besar dengan lebih dari 200 juta file media stok. Selain stok foto, mereka juga menawarkan vektor, klip video, dan file audio.

Model komisinya adalah bagi hasil, dengan kontributor mendapat 25-50% dan bonus tambahan 10% untuk gambar eksklusif. Selain itu, kontributor eksklusif menerima bagi hasil 60% dari seluruh penjualan dan tambahan $0,20 (sekitar Rp 3.000) untuk setiap postingan yang disetujui.

Mereka juga memiliki program rujukan di mana Anda menerima komisi sebesar 10% dari keuntungan perdagangan kotor pengarah. Aturan ini berlaku selama tiga tahun setelah pendaftaran untuk setiap referensi dan berlaku untuk kontributor dan pelanggan yang dirujuk ke Dreamstime. Untuk membantu afiliasi, platform menyediakan alat seperti tautan, lencana, spanduk, dan plugin WordPress.

6. Adobe Stock

Adobe Stock, terintegrasi ke dalam platform Adobe Creative Cloud, adalah penyedia media microstock yang menawarkan berbagai aset berkualitas HD, termasuk gambar bebas royalti, ilustrasi, vektor, templat, musik, video, dan banyak lagi. Situs penjualan foto ini menawarkan banyak manfaat untuk poster.

Upload foto, tambahkan kata kunci, dan jual menggunakan Adobe Machine Learning, atau impor album langsung dari Adobe Lightroom. Selain itu, kontributor Adobe Stock mendapatkan akses gratis ke Adobe Portfolio, alat yang memungkinkan Anda membuat situs web portofolio dengan cepat dan mudah.

Dalam hal bagi hasil, Adobe Stock menawarkan 33% royalti untuk gambar, vektor, dan ilustrasi serta 35% royalti untuk video. Anda juga dapat mendaftar ke program afiliasi Adobe untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Promosikan Adobe Stock di platform melalui spanduk pemasaran dan tautan teks dan dapatkan pembayaran bulanan sebesar $72 (sekitar Rp1,1 juta) atau 8,33% pada setiap pembelian.

7. 500px

 

500px adalah platform berbagi foto bagi para fotografer yang bekerja untuk menjual foto mereka, terhubung satu sama lain, mendapatkan saran, dan mencari peluang kerja di internet. Website ini memiliki banyak fitur berguna, seperti algoritma Pulse yang selalu menampilkan foto dan fotografer baru, dan fitur statistik yang memberikan informasi tentang performa foto Anda. Ada juga Quest, kontes fotografi kreatif mingguan yang bisa Anda ikuti untuk memenangkan hadiah.

500px Ada tiga tingkat keanggotaan. Free, Awesome $3,99 per bulan (sekitar Rp 62.000), dan Pro seharga $7.99 per bulan (sekitar Rp 125.000). Selain itu, 500px menawarkan kesempatan kepada anggota di semua tingkatan untuk menjadi kontributor.

Anggota paket free dapat memperoleh hingga 60% dari penjualan bersih bila Anda melisensikan foto secara eksklusif melalui platform, sedangkan anggota Awesome dan Pro dapat memperoleh komisi 100%.

8. Etsy

 

Penjual di Etsy dikenakan biaya berbeda: biaya iklan, transaksi, dan pemrosesan pembayaran. Biaya iklan adalah $0,20 (sekitar Rp. 3.100), dan setelah penjualan dilakukan, Etsy membebankan biaya transaksi sebesar 6,5 persen dari harga jual, termasuk pengiriman. Jika Anda menerima uang menggunakan Etsy Payments, akan dikenakan biaya sebesar 3% + $0,25 (kurang lebih Rp 3.800).

Anda dapat mendaftar dan membuka toko secara gratis, namun Anda juga dapat membayar biaya bulanan sebesar $10 (sekitar Rp 155.500) untuk berlangganan Etsy Plus untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

Selain itu, penjual dapat berpartisipasi dalam program periklanan di luar situs untuk mempromosikan produk mereka di seluruh web. Semua penjualan melalui program ini dikenakan komisi 15%.

9. Snapped4U

Snapped4U adalah marketplace online yang mengkhususkan diri dalam penjualan fotografi potret dan acara. Fotografer dapat membuat galeri, menetapkan harga sendiri, dan mengunggah gambar dalam format JPEG. Setelah menerima pembayaran dari pelanggan, Anda dapat mengirimkan foto melalui email.

Setiap pemegang akun memiliki halaman pribadi yang menampilkan semua galeri aktif. Pengguna juga dapat menambahkan gambar, profil singkat, dan menyesuaikan URL profil mereka. Ada juga kemampuan untuk mengunci galeri Anda dengan kata sandi.

Platform ini memungkinkan Anda memposting gambar secara gratis, tetapi ada biaya pendaftaran sebesar $10 (sekitar Rp 155.500). Snapped4U juga menerima komisi untuk setiap penjualan.

Akun AS akan dikenakan biaya $0,50 (sekitar Rp. 7,800) untuk foto senilai $5 (sekitar Rp. 78,000) atau kurang dan biaya 10% untuk foto bernilai lebih dari $5. Sementara itu, akun non-AS akan dikenakan biaya $0,60 (sekitar Rp 9.400) untuk foto senilai $5 atau kurang, dan 12% untuk sisanya.

10. FotoMoto

Fotomoto adalah widget e-commerce yang menyediakan layanan print-on-demand untuk menjual produk fotografi digital dan cetakan foto. Platform ini mudah terintegrasi dengan situs web Anda dan mendukung berbagai platform seperti WordPress dan Joomla. Dashboard yang intuitif menyediakan alat penyesuaian dan pemantauan yang berguna.

Untuk menggunakan widget ini, Anda harus mendaftar, menghubungkan metode pembayaran ke akun Fotomoto Anda, dan menyiapkan toko online. Saat Anda menambahkan widget Fotomoto Shopping, tombol Buy “beli” akan muncul di sebelah gambar di situs web Anda. Setelah Anda menerima pesanan, Anda dapat membiarkan jaringan Fotomoto menangani sisa prosesnya untuk Anda, atau Anda dapat memproses sendiri pesanan tersebut.

Platform ini menawarkan tiga paket berlangganan. Paket gratis tidak memerlukan berlangganan, tetapi ada biaya transaksi 22%. Paket Pro tersedia dengan harga $10 per bulan (sekitar Rp 155.500) dan dikenakan biaya transaksi 12%. Terakhir, paket Pro Plus berharga $25 per bulan (sekitar Rp 390.000) dengan biaya 10% per transaksi.

Kesimpulan

Menjual foto secara online memungkinkan Anda mendapatkan uang baik sebagai fotografer profesional maupun amatir. Ada banyak situs web dan aplikasi untuk menjual foto secara online, masing-masing memiliki tarif komisi dan fiturnya sendiri. Website yang paling menguntungkan untuk menjual foto secara online adalah:

  • Website sendiri – ideal bagi mereka yang menginginkan fleksibilitas penuh dan kendali atas penjualan karyanya.
  • Shutterstock – cocok untuk menjual stok foto berkualitas HD berukuran besar untuk signage dan media cetak.
  • Getty Images – sempurna untuk stok foto kreatif atau editorial.
  • Etsy – pilihan bagus untuk menjual hasil cetak foto.
  • Alamy – salah satu platform paling menguntungkan bagi fotografer pelajar.
5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

5 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

6 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

7 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

1 day ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

1 day ago

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah "reboot". Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan,…

1 day ago