HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Ampuh! Begini 10+ Cara Menulis Blog yang Bisa Mengundang Banyak Traffic

Saat ini blog banyak diminati untuk berbagai kebutuhan, seperti bisnis dan pendidikan. Oleh karena itu, blog tidak lagi hanya sekedar tempat menulis cerita pribadi sehari-hari, tetapi juga untuk keperluan personal branding dan pemasaran bisnis.

Lantas, bagaimana cara menulis blog yang benar agar bisa menarik perhatian audiens? Ingin tahu selengkapnya? Yuk, itu beberapa tips berikut ini ya!

Apa Itu Postingan Blog?

Postingan blog adalah artikel, berita, atau panduan yang dipublikasikan ke bagian blog di website. Postingan blog biasanya menampilkan konten 600 hingga lebih dari 2.000 kata tentang topik edukasi tertentu, bersamaan dengan ditambahankannya gambar, video, infografis, dan bagan interaktif.

Postingan blog ini memudahkan kamu memposting sebuah gagasan atau cerita tentang topik apa pun di website. Blog dapat membantu bisnis meningkatkan kesadaran merek, kredibilitas, konversi, dan pendapatan. Selain itu,juga dapat membantu meningkatkan traffic ke website.

Cara Menulis Blog yang Benar

Agar dapat menulis dengan benar, menarik dan mendidik. Blog kamu harus berisi konten yang menjawab pertanyaan dan membantu memecahkan masalah audiens.

Namun sebenarnya, menjawab pertanyaan seseorang saja tidak cukup, kamu juga perlu memberikan langkah-langkah yang dapat diikuti oleh audiens. Misalnya, dengan membuat konten artikel yang jelas dan lengkap dengan informasi tertentu, kamu dapat membuat audiens untuk terus membaca postingan kamu.

Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan contoh nyata terkait dengan informasi yang kamu berikan agar audiens dapat memhaminya dengan lebih cepat. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kredibilitas blog kamu di mata audiens.

Perlu diingat bahwa postingan blog yang bagus dan menarik untuk dibaca dapat memberikan informasi yang jelas dan detail kepada audiens. Berikut cara membuat blog yang benar:

1. Pahami Audiens

Cara menulis blog yang pertama adalah memiliki pemahaman yang jelas tentang audiens. Cobalah untuk lebih memahami apa yang ingin diketahui audiens dan apa yang menarik bagi mereka.

Di sinilah proses penciptaan persona audiens, dimana kamu harus mempertimbangkan minat dan kebutuhan mereka sehingga bisa menjadi topik postingan blog kamu.

Misalnya, jika pembaca blog kamu adalah kaum milenial yang ingin memulai bisnis, sebaiknya sediakan artikel seputar hal tersebut, seperti informasi cara memasarkan melalui media sosial.

2. Lakukan Riset Kompetitor

Cara menulis blog selanjutnya adalah dengan melakukan riset terhadap kompetitor atau pesaing kamu. Pastikan untuk meneliti blog populer lainnya, ini karena strategi dan eksekusi mereka akan membantu kamu membangun kredibilitas di mata audiens.

Tujuannya bukan untuk meniru unsur konten, tetapi untuk lebih memahami minat sudiens. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan analisis kompetitif, yaitu:

    • Visual: untuk melihat branding, palet warna, dan tema blog.
    • Copy: analisis nada dan gaya penulisan pesaing untuk mengetahui apa yang menarik bagi audiens.
    • Topik: perhatikan materi pembahasan mana yang digemari audiens untuk berinteraksi.

3. Tentukan Topik Apa yang Akan Dibahas

Sebelum kamu menulis apa pun, pilihlah topik yang ingin kamu tulis. Ini karena hal terpenting saat menulis blog adalah menentukan topik. Jika masih bingung, cobalah memilih topik dengan menanyakan beberapa pertanyaan, seperti berikut ini:

    • Untuk siapa konten ini ditujukan?
    • Seberapa baik kamu memahami topik yang kamu tulis?
    • Apakah topik ini relevan dengan kebutuhan dan minat audiens?

4. Identifikasi Sudut Pandang yang Unik 

Cara menulis blog yang benar juga harus mencerminkan cara pandang kamu sebagai penulis blog. Ini adalah kunci untuk menentukan fokus topik blog. Renungkan mengapa kamu yakin bahwa kamu adalah ahli atau bisa menjadi pakar dalam topik penulisan blog tersebut.

5. Beri Nama Blog yang Unik dan Mudah Diingat

Memberi nama blog juga merupakan bagian dari pembuatan blog dan merupakan hal yang penting. Berikut beberapa tips membuat nama blog:

    • Pastikan nama blog kamu mudah diucapkan dan dieja.
    • Pikirkan tentang apa yang diinginkan audiens.
    • Alternatifnya, kamu dapat menggunakan generator nama blog.

Pastikan juga nama blog yang kamu buat tidak digunakan oleh orang lain karena dapat mengurangi visibilitas dan membingungkan pembaca saat mencari konten milik kamu.

6. Sesuaikan Tampilan Blog 

Setelah kamu menyelesaikan beberapa hal di atas, sekarang waktunya kamu menyesuaikan tampilan blog agar menarik dan mencerminkan tema konten. Misalnya, jika kamu membuat konten artikel tentang lingkungan maka kamu bisa menambahkan elemen visual, seperti gambar atau video untuk memberikan gambaran kepada audiens.

Selain itu, pastikan juga logo dan halaman about blog kamu sudah dilengkapi. Ini karena keduanya memegang peranan yang sangat penting.

    • Logo dapat mengingatkan pembaca blog bahwa kamu mempublikasikan konten tersebut.
    • Halaman about digunakan untuk memberikan informasi lengkap tentang visi dan misi blog, yang berfungsi untuk mendukung tujuan perusahaan.

7. Buatlah Perencanaan Posting Konten

Kamu juga harus mempunyai perencanaan tentang postingan blog. Misalnya, jenis postingan apa yang akan dipublikasikan dan berapa kali waktu posting dalam sebulan. Jika kamu memiliki target dengan traffic website, buatlah perencanaan untuk jumlah posting konten setiap harinya.

Contoh lain dari perencanaan posting konten ini adalah membuat kategori topik tulisan, waktu, dan jumlah dalam jangka waktu tertentu. Ini akan memudahkan kamu untuk mempublikasikan konten di blog.

8. Buat Outline Konten

Postingan blog dapat berisi banyak informasi, jadi sebaiknya buat garis besar atau outline konten kamu terlebih dahulu. Sederhananya, kamu perlu membuat catatan terkait garis besar pembahasan suatu topik. Cara penulisan blog ini diperlukan bila topiknya terlalu panjang.

Trik mudahnya adalah dengan mengatur informasi sedemikian rupa agar pembaca tidak bosan atau terbebani saat membaca konten artikel yang panjang.

9. Perhatikan Gaya Penulisan di Konten Blog

Untuk menulis blog yang bagus dan menarik, kamu perlu memperhatikan gaya penulisannya. Meski kamu mempunyai kebebasan untuk mengemukakan berbagai macam ide, namun pastikan gaya penulisan yang kamu gunakan tidak sembarangan.

Pada dasarnya blog memang bukan tugas sekolah, namun sejak resmi dipublikasikan di website tentu banyak orang yang membacanya. Oleh karena itu gaya penulisannya harus sesuai dengan kaidah kebahasaan atau EYD.

Tujuannya adalah untuk membuat konten lebih mudah dibaca dan dipahami oleh audiens. Sebagai tips tambahan, sebaiknya gunakan tone yang khas dalam tulisan kamu, seperti sindiran atau komedi.

10. Pastikan Format Konten dengan Benar

Untuk menulis blog dengan benar, jangan lupa untuk memastikan format konten kamu. Format konten yang baik biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup.

Namun tingkat konsentrasi pembaca online tidak sebesar ke beberapa media cetak, seperti buku, koran, dan majalah. Jadi, tulislah pendahuluan yang memuat tulisan yang menarik pembaca atau memberikan gambaran singkat tentang isinya. Hal ini akan merangsang keingintahuan audiens untuk membaca lebih lanjut.

11. Tambahkan Gambar atau Video 

Seperti yang kita ketahui, elemen visual menjadi hal yang paling menarik perhatian saat melihat konten postingan blog. Oleh karena itu, penting untuk menambahkan elemen visual pada konten blog kamu untuk menarik minat pembaca.

Visual dalam isi blog ini dapat berupa foto atau ilustrasi yang diambil dari internet. Namun, jika kamu ingin mendownload gambar tertentu, harap perhatikan hak ciptanya terlebih dahulu. Untuk memuat gambar dan video dengan cepat di website kamu, sebaiknya gunakan hosting dengan sistem cloud.

12. Gunakan Target Kata Kunci atau Keyword

Saat ini, penggunaan kata kunci berdampak besar pada konten postingan blog. Pasalnya, penggunaan kata kunci yang tepat dapat membantu halaman blog kamu mendapatkan di mesin pencari, seperti Google.

Oleh karena itu, targetkan dan optimalkan kata kunci bervolume rendah. Mengapa bervolume rendah? Karena secara umum, topik dengan volume kata kunci yang rendah memudahkan postingan blog baru untuk mendapatkan peringkat. Oleh karena itu, lakukan riset kata kunci dengan mengidentifikasi topik umum terlebih dahulu.

13. Posting Konten Secara Konsisten

Selanjutnya, dalam menulis blog kamu harus konsisten dalam menerbitkan konten. Tidak harus setiap hari, namun memiliki intensitas yang teratur. Inilah pentingnya merencanakan publikasi konten kamu karena memudahkan pembuatan dan penerbitan artikel baru.

Tentunya, dengan kamu mengikuti perencanaan jadwal posting blog, audiens blog kamu akan sangat menantikannya.

14. Melakukan Promosi Konten Blog di Sosial Media

Beberapa tecara menulis blog yang disebutkan di atas merupakan kunci untuk menciptakan konten yang menarik dan dibaca banyak orang. Namun jangan lupa untuk membagikan dan mempromosikan konten blog kamu di media sosial.

Kamu hanya perlu membagikannya beberapa kali saja atau bagilah konten yang sedang banyak dibicarakan.

Nah, itulah cara menulis blog yang dapat mendatangkan banyak audiens. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

5 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

6 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

7 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

1 day ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

1 day ago

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah "reboot". Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan,…

1 day ago