HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Membuat Website Fotografi Dengan Mudah

Cara membuat website fotografi keren bisa dilakukan dengan mudah. Menurut kami, foto-foto atau gambar yang bagus perlu ditunjukkan kepada dunia. Dengan membuat website akan merasakan beberapa manfaat untuk perjalanan karir sebagai seorang fotografer handal.

Membuat website fotografi bukanlah hal yang rumit, namun harus menginvestasikan waktu untuk membuatnya menjadi website fotografi yang ciamik.

Manfaat Website Fotografi untuk Karir Fotografer

Berkarir menjadi seorang fotografer merupakan hal yang menyenangkan. Berangkat dari hobi atau kegemaran bisa menghasilkan uang dan dikenal oleh banyak orang.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika membuat website fotografi karena :

1. Semakin Dikenal

Kesempatan agar dikenal masyarakat umum atau orang yang bergerak di bidang fotografi akan semakin besar bila memiliki website. Pengguna Google di tahun 2021 hampir mendekati 4 miliar pengguna. Sedangkan pengguna internet sendiri sekitar 4 miliar.

Bayangkan jika ada ribuan orang yang mengetahui dari website yang muncul di halaman pertama mesin pencarian.

2. Menjual Karya dengan Mudah

Menjual karya adalah hal umum yang dilakukan dan bisa melakukannya melalui website pribadi yang dikembangkan. Hanya perlu menyediakan halaman khusus yang memungkinkan pengunjung untuk membeli karya-karya tersebut.

Website hanya perlu dilengkapi dengan plugin-plugin yang memungkinkan untuk melakukan transaksi jual beli dan biarkan pemasukan datang ke kantong.

3. Mengkomersialkan Website

Selain mendapatkan uang dari menjual karya bisa juga memasang ads di website. Kegiatan ini disebut dengan adsense. Hal ini merupakan cara yang sangat wajar untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari website.

Bisa membuat banner khusus di bagian footer atau sisi-sisi website asal tidak terlalu mengganggu pandangan pengunjung saat ingin menikmati karya. Namun jika tidak ingin mengganggu pengunjung dengan ads, bisa bergabung dengan bisnis afiliasi.

Cara Membuat Website Fotografi Keren

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari membuat website untuk fotografi, maka saatnya belajar untuk membuat website. Berikut ini merupakan cara membuat website fotografi yang keren, yaitu :

1. Tentukan dan Daftarkan Nama Domain

Nama domain ternyata berpengaruh terhadap kesuksesan website fotografi. Semakin unik dan mudah diingat, semakin besar kemungkinan website di-notice dan dikunjungi oleh banyak orang.

Oleh sebab itu, membuat nama web fotografi haruslah dipikirkan secara matang. Untuk membantu menentukan nama domain website, kami menyediakan beberapa tips berikut ini :

  • Buat nama domain yang singkat

Nama website yang panjang akan sulit diingat. Sementara website yang singkat jauh lebih mudah diingat oleh pengunjung.

  • Hindari angka dan tanda penghubung 

Menggunakan kombinasi angka dan tanda penghubung untuk sebuah nama website bukanlah ide yang bagus. Hanya akan membuat nama website yang sulit untuk diingat. Penggunaan tanda penghubung juga sulit untuk dieja. Jadi, hindari penggunaan tanda hubung pada nama website.

  • Pilih ekstensi domain yang tepat 

Untuk membuat nama website bisa menggunakan ekstensi domain yang populer dan sering digunakan, misalnya .com, .co.id, .co dan lain-lain. Namun, karena populer, nama website mungkin telah dipakai lebih dulu oleh pihak lain. Mau tidak mau harus mengganti nama website. Bisa gunakan fitur cek domain di Hosteko.

Jika tetap ingin memakai nama yang telah dipersiapkan bisa mengganti ekstensi domainnya.

2. Memilih Layanan Web Hosting

Mendaftarkan domain dan membeli layanan web hosting. Dalam memilih layanan web hosting, pilihlah hosting yang terbaik untuk website.

Untuk website fotografi, pilihlah hosting dengan performa server yang tinggi, aman, dan mempunyai support 24 jam. Hal ini penting agar website dapat selalu diakses oleh pengunjung. Tentu tidak ingin website down saat calon klien mengunjungi website. Bisa-bisa kehilangan kesempatan mendapatkan pelanggan.

3. Install WordPress 

Banyak platform CMS yang bisa digunakan untuk membuat website. Hal itu karena ada banyak sekali keunggulan WordPress dibanding CMS lainnya.

Nah ini dia beberapa keunggulan WordPress yang layak dijadikan pilihan CMS untuk website.

  • Mudah disetup – proses install dan setup WordPress secara manual dapat dilakukan sendiri dengan mudah.
  • Gratis – WordPress merupakan CMS open source yang dapat digunakan secara gratis.
  • Tersedia banyak tema – WordPress juga menyediakan ribuan tema yang dapat memudahkan mengatur tampilan website tanpa perlu coding sama sekali.
  • Bebas install plugin – Bisa menambahkan fitur website sesuai kebutuhan dengan menginstall beragam pilihan plugin yang disediakan oleh WordPress.

4. Pilih Template yang Menarik

Setelah bisa mengakses Dashboard WordPress bisa mulai mengatur website, mulai dari tema hingga konten. Mari mulai dengan memilih tema website yang menarik. Terlebih website fotografi ditujukan untuk portofolio atau mencari klien. Bisa-bisa reputasi atau brand langsung terjun bebas. Jadi kehilangan kesempatan mendapatkan pekerjaan atau klien baru.

Tenang tidak perlu khawatir karena WordPress menyediakan banyak varian template menarik dan gratis untuk di install. Namun mungkin bingung menentukan template yang sesuai dengan web fotografi.

Untungnya, WordPress telah membagi template sesuai dengan kategorinya. Beberapa template fotografi yang bisa dipilih di antaranya,

  • Uncode.
  • Seos Photography.
  • Bard.

Dan masih banyak lagi tema fotografi yang bisa dipakai di WordPress. Untuk cara menginstallnya :

  1. Login ke Dashboard » Appearance.
  2. Klik Add New.
  3. Pilih tema dan klik install.
  4. Klik Activate untuk menerapkan tema pada website.

Selanjutnya cukup mengatur dan sedikit mengedit side identity, header, footer, dan background image.

5. Install Plugin yang Dibutuhkan

Untuk membantu meningkatkan performa fitur WordPress perlu menginstall beberapa plugin. Berikut ini beberapa plugin WordPress yang perlu di install untuk mengoptimalkan kinerja website.

  • Yoast SEO – mengoptimasi SEO pada konten website dengan mudah dan gratis.
  • Jetpack – Satu plugin untuk semua, terutama meningkatkan keamanan website.
  • Tinypng – mengkompres gambar secara otomatis agar loading website cepat.
  • UpDraftPlus – membantu proses backup website secara otomatis agar selalu aman.

Untuk dapat mengaktifkan plugin di WordPress pun sangat mudah dilakukan. Berikut ini langkah-langkah untuk install plugin.

  • Di tampilan dashboard, pilih menu Plugins » Add New.
  • Ketik nama plugin di kolom pencarian.
  • Klik Install Now.
  • Kemudian klik Activate untuk aktifkan plugin.

6. Tambahkan Foto dan Konten 

Setelah memilih template yang sesuai dan menginstall beberapa plugin bisa mulai menambahkan foto dan konten di website. Namun, jangan asal menambahkan gambar saja perlu membuat konsepnya terlebih dahulu. Akan lebih bagus jika foto yang diupload dikelompokkan sesuai kategori atau temanya. Misalnya foto-foto project wedding, company brand, dan tema alam.

Untuk memudahkan dalam mengupload foto, kami menyarankan untuk membuat gallery terlebih dahulu. Galeri adalah media yang dibutuhkan oleh setiap fotografer untuk menampilkan karya mereka. bisa membuat gallery foto yang bagus dengan Envira galeri. Caranya cukup mudah.

  • Pilih menu Envira Gallery » Add New pada dashboard.
  • Tambahkan judul untuk galeri.
  • Upload foto dari komputer (atau media lain).
  • Lalu klik Publish; galeri foto sudah jadi.
  • Copy shortcode galeri tersebut.
  • Paste shortcode tersebut pada postingan di Add New Post agar galeri dapat ditampilkan di website.

Hasilnya, galeri foto tampil di halaman website. Selain menambahkan foto-foto terbaik juga bisa menambahkan beberapa artikel mengenai fotografi.

Buatlah satu halaman khusus untuk memposting beberapa artikel tentang fotografi. Bisa membuat artikel ringan tentang tips setting kamera, persiapan foto di ruang terbuka, atau indoor. Artikel tersebut dapat meningkatkan kualitas SEO website, sehingga website bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

7. Buat Halaman “About” dan “Contact”

Perlu menampilkan deskripsi tentang profil di website yang sudah dibuat. Deskripsi profil ini sangat penting. Bahkan saking pentingnya perlu membuat satu halaman khusus tentang ini. Biasanya halaman ini diberi nama “About Me”, “About Us”, atau “About”. Di halaman ini bisa mengisi keahlian dan project apa saja yang pernah ada tangani di bidang fotografi.

8. Lakukan Optimasi SEO 

Mengoptimasi SEO website sangat penting supaya website bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian. SEO sendiri sebenarnya dapat dipisah lagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on-page dan off-page. Seperti namanya, optimasi tersebut melibatkan aspek di dalam dan di luar halaman website.

Dalam mengoptimasi SEO on-page website fotografi, hal yang tidak boleh terlewat adalah mengoptimasi image SEO. Banyaknya foto pada web fotografi akan mempengaruhi performa website, sehingga perlu mengoptimasi setiap foto di website fotografi.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

12 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago