HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Mengatasi Touchscreen Hp Android Error

Apa itu Touchscreen ?

Touchscreen : sebuah perangkat input pada smartphone dan komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan pada layar menggunakan jari pengguna atau pena digital yang mampu menggantikan fungsi tombol dan mouse pada perangkat smartphone dan komputer.Fitur Touchscreen di masa kini sudah terpasang pada beberapa teknologi konsumen yang di produksi secara massal seperti laptop,pemutar musik (iPod),iPhone,Blackberry Storm dan perangkat lainnya.

Komponen Pada Touchscreen

  • Panel Sensor : Komponen ini berada di lapisan luar layar berupa sensor yang mengaliri aliran listrik tertentu dan sensitive saat di sentuh oleh jari pengguna.
  • Controller : Komponen ini berfungsi untuk memproses sinyal yang di terima panel sensor, kemudian menerjemahkannya ke dalam data sentuhan yang di salurkan ke dalam prosesor komputer.
  • Driver Software : Komponen ini berfungsi menerjemahkan data yang di simpan prosesor menjadi layaknya gerakan kursor (mouse) dan menyediakan antarmuka pada system operasi computer (windows) & smartphone (android).

Penyebab Touchscreen Rusak & Error

  • Ponsel Terkena Air.
  • Ponsel Terjatuh.
  • Charger Tidak Sesuai.
  • Baterai Ponsel Rusak.
  • Penggunaan Berlebihan.
  • Virus.

Cara Mengatasi Touchscreen Hp Android Error

Memeriksa Kapasitas RAM

Memeriksa Kapasitas RAM,hal ini dikarenakan bila kapasitas ruang penyimpanan RAM kepenuhan maka smartphone akan mengalami lag (hang).Bila sudah hang maka layar smartphone tidak akan merespon saat disentuh dan touchscreen jadi eror.

Cara Mengecek Kapasitas dan Penggunaan RAM Hp Android

  1. Buka Menu Pengaturan/Setelan di Hp Android.
  2. Pilih Menu Device dan Pilih Opsi Apps.
  3. Setelah berada di halaman Apps,Geser ke Kiri untuk menampilkan halaman SD Card.
  4. Setelah berada di halaman SD Card lalu Geser ke Kiri untuk menampilkan tab Running.
  5. Selesai.Pada Halaman Running bisa melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di hp beserta sisa ruang RAM yang masih kosong.

Jika benar kapasitas RAM kepenuhan,maka untuk mengurangi beban kerja RAM,bisa menguninstal (menghapus) aplikasi yang dirasa tidak penting sehingga Smartphone tidak akan mengalami hang lagi dan touchscreen kembali berfungsi dengan normal

Restart Smartphone

Cara pertama untuk memperbaiki touchscreen hp android error dan tidak berfungsi yakni merestart ponsel.Hal ini perlu di lakukan jika penyebab touchscreen error dikarenakan smartphone mengalami lag (ngehang) karena banyaknya aplikasi yang berjalan dan juga ada aplikasi yang crash.

Sehingga setelah smartphone di restart maka semua aplikasi yang berjalan dan pengaturan akan di refresh kembali ke awal dan touchscreen smartphone kembali berfungsi dengan baik.Cara restart yaitu Tekan tombol power lalu pilih opsi restart dan setelah Hp menyala,maka touchscreen dapat berfungsi lagi.

Masuk Safe Mode

Safe mode adalah salah satu mode yang disediakan oleh system operasi (windows & android) dan bisa digunakan untuk memecahkan masalah system yang tidak bisa dilakukan saat membukanya dengan normal.Karena saat safe mode hanya aplikasi bawaan saja yang bisa berjalan pada smartphone.

Cara Masuk ke Safe Mode di Hp Android

  1. Tekan dan Tahan Tombol Power Smartphone Android.
  2. Munculah beberapa pilihan seperti Power Off,Restart dan Mode Pesawat.
  3. Tekan dan Tahan Power Off hingga Muncul Popup Reboot to Safe Mode.
  4. Klik Tombol OK hingga berhasil masuk ke Safemode.
  5. Selesai.Setelah berhasil masuk ke safemode lalu cek apakah touchscreen kembali berfungsi dengan baik atau tidak.

Force GPU 2D Rendering

Cara selanjutnya untuk mengatasi touchscreen error dan tidak bisa di sentuh dengan melakukan force GPU Rendering.Force GPU Rendering merupakan sebuah Unit Pemrosesan Grafis yang di program untuk menangani masalah informasi grafis pada layar smartphone.

Dengan cara ini,system akan merender animasi UI lebih baik karena system akan memaksa aplikasi untuk merender hardware 2D.Sehingga smartphone tidak mengalami hang dan touchscreen kembali berfungsi.

Cara Mengaktifkan Force GPU 2D Rendering

  1. Klik Menu Pengaturan/Setelan.
  2. Gulir ke Bawah dan Pilih Menu Opsi Pengembang (Developer Option).
  3. Gulir ke Bawah dan Pilih Menu Hardware Accelerated Rendering (Perenderan Berakselerasi Perangkat Keras).
  4. Aktifkan Tombol Force GPU Rendering yang ada di bawahnya.
  5. Selesai.Kini GPU 2D Rendering berhasil di aktifkan pada smartphone dan CPU smartphone kembali ringan dan touchscreen tidak lagi lag & error.

Kalibrasi Layar Smartphone

Kalibrasi Touchscreen adalah suatu proses dan upaya yang dilakukan untuk mengkondisikan ulang fungsi smartphone seperti saat pertama kali di beli.Sehingga layar smartphone kalian kembali sensitive dan berfungsi dengan baik.Untuk melakukan proses kalibrasi layar smartphone,kalian harus mendownload dan menginstal aplikasi tambahan sehingga proses kalibrasi dapat berjalan dengan baik.Salah satu aplikasi yang bisa pengguna download dan gunakan secara gratis di playstore adalah aplikasi bernama Touchscreen Calibration.

Cara Kalibrasi Layar Smartphone Menggunakan Aplikasi Touchscreen Calibration

  1. Download dan Instal Aplikasi Touchscreen Calibration.
  2. Setelah terinstal.Lalu Buka Aplikasi Touchscreen Calibration.
  3. Klik Tombol Calibrate (Kalibrasi) yang berwarna biru.
  4. Selanjutnya di haruskan mengikuti beberapa perintah yang disediakan pada layar untuk mengetes berfungsinya touchscreen hp seperti : TAP (Klik 2 kali Tombol Hijau), 2 TAP (Tekan dan Tahan Tombol Selama 2 Detik),LONG & SWIPE (Sentuh layar dengan 2 jari secara bersamaan).
  5. Setelah semua perintah berhasil berjalan dengan baik,maka Muncul Tulisan di layar Calibration Successful.
  6. Lalu Restart Hp Android.
  7. Selesai.Kini Touchscreen Hp Android kembali normal dan berfungsi dengan baik setelah berhasil di kalibrasi.

Menggunakan Charger Hp Asli

Cara selanjutnya yakni menggunakan charger (casan) ponsel yang asli.Hal ini dikarenakan banyaknya para pengguna menggunakan charger Hp palsu bila charger asli telah rusak.Padahal jika menggunakan charger ponsel dengan asal maka berpotensi merusak baterai ponsel karena tegangan yang dihasilkan tidak sesuai.Bila sudah begitu maka ponsel cepat panas yang menyebabkan beberapa komponen pada ponsel jadi rusak termasuk panel sensor layar sehingga touchscreen jadi error.

Untuk itu,jika charger ponsel bawaan sudah rusak lebih baik membeli yang asli di toko ponsel resmi.Meski harga charger ponsel asli lebih mahal namun daya yang dihasilkan sesuai takarannya dan hp android jadi lebih awet.

Menggunakan Aplikasi MultiTouch Tester

Menggunakan aplikasi bernama Multitouch Tester,hal ini dilakukan bila penyebab layar smartphone error dan lag (ngehang) adalah karena masalah multi touch pada touchscreen.

Nantinya aplikasi ini bisa mengetes berapa jumlah sentuhan maksimum saat menyentuh layar ponsel kalian secara bersamaan (multi touch).Untuk menggunakan aplikasi ini,kalian bisa mengunduh terlebih dahulu di Google Playstore secara gratis.

Cara Mengatasi Touchscreen Hp Android Error Menggunakan Aplikasi Multitouch Tester

  1. Download dan Instal Aplikasi Multitouch Tester.
  2. Selesai di Instal.Buka Aplikasi Multitouch Tester.
  3. Setelah aplikasi terbuka maka akan muncul angka 0 besar dengan background berwarna hitam di layar aplikasi.Lalu Tempelkan semua jari ke titik layar ponsel yang biasanya sering mengalami error secara bersamaan.Contohnya seperti menempelkan 5 jari.
  4. Setelah jari di sentuh ke layar ponsel maka beberapa titik yang disentuh akan menampilkan Lingkaran dengan Warna berbeda (contoh warna merah,hijau,biru,ungu,ping dll) yang menandakan semua titik touchscreen layar ponsel masih berfungsi dengan baik.
  5. Namun jika ada salah satu titik yang tidak memiliki warna,maka bisa dipastikan titik touchscreen tersebut sudah error yang bisa kalian tandai dan di tindak lanjuti.
  6. Selesai.Kalian pun tahu tentang kinerja fungsi touchscreen pada smartphone melalui aplikasi.

Diagnosa Display Smartphone

Cara selanjutnya dengan cara mendiagnosa diplay smartphone.Untuk menggunakan cara ini,kalian bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama Display Tester.Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa menguji fungsi layar dan mencari tahu apakah layar smarthpone mengalami gangguan.Adapun fitur yang di miliki aplikasi ini seperti Dead Pixel Test,Color Test, Gamma Calibration Test, Multi-touch Test,Display Performance Test dll.Sehingga nantinya kalian bisa mengetahui apa masalah pada layar smarthpone.

Membeli LCD Hp yang Baru

Cara selanjutnya bisa dengan mengganti LCD Hp smartphone android dengan LCD yang baru.Jika ingin membeli LCD baru maka sebaiknya meriset terlebih dahulu harga satu paket LCD sebagai gambaran sebelum menuju toko ponsel.Hal ini dikarenakan harga satu paket LCD ponsel android biasanya memiliki rentang harga antara Rp 300 ribuan-jutaan tergantung jenis Hp.

Usahakan untuk membelinya di gerai resmi ponsel tersebut agar kualitas LCD yang diberikan bagus.(contoh : Samsung center).Karena selain akan mendapatkan suku cadang asli kalian juga mendapatkan garansi meski harganya cenderung lebih mahal.

Melepas Pelindung Layar Ponsel

Jika ternyata touchscreen kalian sudah mengalami error,maka sebaiknya melepas pelindung layar tambahan (Tempered Glass) yang terpasang.Meski tidak bisa memperbaiki sepenuhnya,namun hal ini mampu meningkatkan tingkat sensifitas dan respon touchscreen pada layar smartphone yang mengalami masalah saat disentuh.

Mengeringkan Ponsel

Cara ini khusus dilakukan bila penyebab touchscreen rusak karena tersiram air.Baik itu terkena air hujan,tidak sengaja tercuci di mesin cuci,tersiram minuman di tas meja dan faktor lainnya.Cara untuk mengeringkan ponsel yang terkena air sendiri cukup mudah baik menggunakan lap biasa maupun menggunakan meteri penyerap air.

Cara Mengeringkan Layar Ponsel Yang Terkena Air

  1. Matikan Ponsel,Kemudian Lap bagian luar ponsel dengan handuk kering atau lap micro fiber.
  2. Selanjutnya Buka Casing Ponsel dan Lepas Baterai Ponsel.
  3. Kemudian Taruh dan Benamkan ponsel ke wadah yang sebelumnya telah terisi material pengering seperti beras maupun silica gel.
  4. Diamkan selama 2 x 24 jam hingga ponsel kering sempurna.
  5. Selesai.Setelah Ponsel kering sempurna.Lalu Cek apakah fungsi touchscreen pada ponsel kembali berfungsi dengan baik lagi atau tidak.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Touchscreen beserta penyebab touchscreen error dan beberapa cara mengatasinya.Semoga artikel ini bermanfaat.

4.5/5 - (2 votes)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago